JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Olahraga » Indonesian Mendominasi Badminton di Qatar

Indonesian Mendominasi Badminton di Qatar


Pembagian hadiah di Alkhor Badminton Tournament 2011

Badminton merupakan olahraga yang terbilang cukup lawas. Olahraga ini biasa dikenal di Indonesia dengan istilah-istilah Bulu Tangkis, Tepok Bulu, Bultang dan Minton.

Mari kita tilik sejarah permainan tepok bulu ini, dalam situsnya wikipedia disebutkan kemungkinan berkembangnya sekitar 2000an tahun yang lalu di Mesir Kuno. Akan tetapi juga disebut-sebut di India dan RRC. Tapi secara resmi diberi nama badminton tercatat pada tahun 1850an dengan nama aslinya: Badminton Battledore. Rancangan tentang peraturan shuttlecocks game pertama kali ditulis oleh Klub Badminton Bath pada tahun 1877. Asosiasi bulu tangkis nya sendiri baru terbentuk 16 tahun kemudian. Pertandingan internasional pertama kalinya pada tahun 1899 yang tentu sangat dikenal oleh para penggemar badminton. Nama ajangnya adalah Kejuaraan All England.

Federasi bulu tangkis internasional yang disebut dengan International Badminton Federation dibentuk pada tahun 1934 dan mengalami perubahan nama pada tahun 2006 menjadi Badminton Wold Federation [http://id.wikipedia.org]

Di Qatar, badminton dibawah kendali Qatar Badminton Association [QBA]. Namun ketika saya browsing sana sini dibantu Mbah Google dan wikipedia gak ketemu juga website resminya QBA. Yang saya temukan satu berita tentang event badminton tingkat nasional Qatar tahun 2011, itupun ada di website Qatar squash. Ya..mungkin saja website resminya masih under construction.

Tono sedang menerima tropi di Messaied Badminton Tournament

Badminton merupakan olahraga favorit kedua setelah sepakbola di Indonesia. Rasanya setiap warga Negara Indonesia bisa lah nepok kok. Ya walaupun gak njamin tepokannya bagus. Tapi minimal bisa nepok. Masalah masuk atau enggaknya urusan belakang. Ha ha ha..

Di Qatar, olahraga ini memang awalnya tidak favorit. Hanya orang-orang Indonesia dan India yang menggemari olahraga ini.Tapi seiring berjalannya waktu, orang-orang kebangsaan lain seperti Filipina pun menjadi tertarik menggeluti permainan tangkis bulu ini.
Prestasi Badminton Indonesia di kancah internasional saat ini menduduki peringkat ketiga setelah Cina dan Korea [http://www.bwfbadminton.org]. Prestasi yang cukup membanggakan tentunya. Walaupun akan lebih afdhol jikalau Indonesia berada di posisi puncak atau number ONE!

Keinginan itu Alhamdulillah bisa terwujud di Qatar. Di tingkat nasional Qatar, beberapa kali nama-nama pemain Indonesia walaupun bukan pemain professional selalu terpampang menjadi juara baik juara 1, 2 atau 3. Event-event yang sering diselenggarakan di Qatar beralih dari satu wilayah ke wilayah lain. Tiap tahunnya, Dukhan sebagai kota minyak juga menggelar ajang spektakuler ini yang dinamai Dukhan Operations Open Badminton Tournament. Di wilayah lain seperti Alkhor, ada juga turnamen serupa yang dinamai Alkhor Community Oil & Gas Badminton Tournament. Dan masih banyak lagi turnamen-turnamen yang gak bisa saya sebut semuanya.

Raihan pemain-pemain Indonesia dari berbagai kelompok umur begitu mendominasi. Seperti terlihat dalam gambar, dari kelompok pemula, junior dan veteran. Semuanya didominasi atau dirajai oleh pemain-pemain badminton asal Indonesia. Pemain-pemain ini adalah Tenaga Kerja Indonesia [TKI] professional yang bekerja di Qatar beserta anak-anaknya.

Selamat buat Pak Rusmin, Pak Syukri, Gilang Budi atas prestasinya meraih juara 1. Dan juga buat Fadila Budi yang dinobatkan sebagai The Youngest Player dalam ajang yang digelar di Alkhor 17-26 November 2011. Dan juga buat Kang Tono Gustana yang menjadi Juara Badminton di nomor Single di Messaied beberapa bulan yang lalu.

Maju Terus Badminton Indonesia! Indonesia, BISA!

Dukhan, 8 Desember 2011
Sugeng Bralink for JQ

riyadi.sugeng@gmail.com

Referensi:

http://www.qatar-tribune.com/data/20110421/content.asp?section=sports2_4

http://www.akcommunity.org/community-news/468-9th-oil-a-gas-open-badminton-tournament-2011.html

http://qqq.qatar-tribune.com/data/20110425/content.asp?section=Sports2_2

http://id.wikipedia.org/wiki/Bulu_tangkis

http://id.wikipedia.org/wiki/Badminton_World_Federation

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: