JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Motivasi » Change Your Password Regularly!

Change Your Password Regularly!


Password in Our Lives

Mendengar kata ‘password’ kita langsung nyambung dengan halaman pertama ketika mau membuka inbox email, mau login ke facebook, mau login ke internet banking, mau login ke blog, mau login ke admin website dan masih banyak lagi. Dalam bahasa Indonesia, password diterjemahkan menjadi ‘kata sandi’. Sandi berarti rahasia. Makanya password berarti kata rahasia yang bisa berfungsi untuk membuka akses.

Dalam zaman teknologi seperti sekarang ini, rasanya kita tidak bisa lepas dari yang namanya password. Andaikan password-password yang ada dalam ingatan kita itu dibuka semua dan dituliskan, bisa jadi akan menjadi sebuah paragraph atau mungkin sebuah artikel.

 

Dalam keseharian kita saat ini tak lepas dari yang namanya password. Dalam dunia perbankan dikenal dengan PIN [Personal Identification Number]. PIN biasanya digunakan untuk mengakses kartu ATM atau kartu kredit. Bisa juga PIN untuk mengunci atau membuka handphone. Atau mungkin PIN untuk membuka lemari besi atau brankas yang berisi uang jutaan bahkan triliunan rupiah di bank.

 

PIN bisa dikategorikan sebagai password karena dengan PIN kita bisa membuka brankas atau handpohone. Dengan PIN kita bisa mengambil uang dari mesin ATM. Dengan adanya PIN, kartu kredit yang mungkin unlimited bisa dijebol oleh para hacker [penjahat cyber].

 

Banyak sekali program-program atau software baik yang berbayar atau gratisan yang bisa kita download. Banyak juga fasilitas penyimpan data online yang menawarkan space besar seperti google document, yahoo, 4shared dll. Tapi lagi-lagi, sebelum menikmati fasilitas penyimpanan online yang gratis ini, kita harus mengikuti aturan mereka.kita harus menjadi member dulu sebelum bisa memanfaatkan online storage tersebut. dan tak ketinggalan, salah satu dari proses registrasi itu pasti ada yang namanya password.

 

Semakin banyak akun-akun dunia maya, jumlah password pun semakin banyak. Satu hal untuk menghindari lupa password, banyak yang membuat password sama atau mirip dari berbagai akun yang berbeda. Atau mungkin membuat password yang dikaitkan dengan tanggal lahir, kota kelahiran, nama anak, nama orang terkasih dan lain-lainnya yang mengarah sangat dekat dengan diri si pemilik password. Resikonya adalah password kita bisa ditebak oleh para hacker dan bobol lah akun kita. Apes nya, email atau akun facebook kita bisa digunakan oleh para hacker untuk mengirim sesuatu [yang biasanya berisi virus atau hal-hal jahat lainnya] diluar sepengetahuan pemilik password.

 

Maka dari itu, sering-seringlah ganti password anda. Jangan biarkan para intelektual teknologi namun jahat moralnya [baca: hacker] menjebol gawang password kita. Jangan biarkan password kita diambil oleh orang lain yang tidak berhak. Jangan biarkan password kita digunakan untuk mengirim sesuatu diluar pengetahuan atau keinginan kita. Amankan akun anda, amankan password anda, seringlah ganti password anda.

 

Dukhan, 11 Januari 2012

Sugeng Bralink

riyadi.sugeng@gmail.com

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: