JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Olahraga » Badminton: Timing, Accuracy and Speed

Badminton: Timing, Accuracy and Speed


Ready for The Badminton Match

Memasuki minggu ketiga bulan Januari 2012, Qatar masih diselimuti musim dingin. Suhu udara pagi hari berkisar 17-190 C. Suhu yang sangat nikmat untuk berada dibalik selimut. Tapi pagi ini saya bangunkan diri melawan rasa malas dibalik hangatnya selimut tebal.

Malam jumat adalah menjadi malam rutin di komunitas saya bekerja dan tinggal saat ini untuk mengkaji ilmu-ilmu ilahi bersama seorang ustadz dari Indramayu. Kajian mingguan ini adalah sebagai salah satu sarana untuk memberikan nutrisi bagi rohani. Disamping mengkaji ilmu Ilahi dan ajaran Rasulullah saw, ajang ini juga menjadi saat untuk saling bersilaturahmi antar sesama pekerja migran yang sebangsa dan setanah air, Indonesia. Memenuhi ajakan teman semalam saat acara kajian, pagi ini sehabis mandi pagi saya segera meluncur menuju lapangan badminton. Kegiatan rutin mingguan untuk memberikan nutrisi bagi jasmani.

Badminton merupakan olahraga popular di Indonesia setelah sepak bola. Walaupun tak pintar-pintar amat, saya dan ke-5 rekan kerja menikmati badminton pagi ini. Boleh dibilang bahwa kami ini memang masih kelas pemula, masih jauh dari kelincahan rekan-rekan lainnya yang lebih lincah dan tangkas dalam urusan olahraga tepok bulu angsa ini. Dibalik usaha  untuk menyehatkan jasmani, ada 3 hal yang menarik perhatian untuk kita ambil pelajaran dari olahraga badminton ini yaitu Timing, Speed dan Accuracy dan kita terapkan dalam kegiatan kita sehari-hari.

 

  1. Timing [waktu]

Dibalik faktor bakat yang bisa mempengaruhi kepintaran atau kelincahan seseorang dalam berolahraga, timing menjadi faktor penting. Timing saya artikan sebagai frekuensi dan disiplin dalam bermain atau berlatih yang akan meningkatkan ketrampilan dan kelincahan dalam bermain badminton. Setumpul-tumpulnya pisau kalau diasah terus suatu saat akan tajam juga. Tapi setajam-tajamnya pisau kalau tak pernah diasah akan tumpul juga.

Urusan waktu menjadi hal sangat penting dalam hidup kita. Allah swt menyebutkan dalam firman Nya QS Al ‘Asr ayat 1-5, Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.

Tidak hanya penting dalam urusan ukhrowi tapi waktu menjadi hal yang sangat penting artinya dalam berbagai macam kegiatan kita didunia ini. Kegiatan sehari-hari di rumah, belajar di kelas, bekerja di kantor, berbisnis, olahraga, wisata dan semua kegiatan didunia ini pasti berkaitan dengan waktu. Dengan jumlah waktu yang sama bagi setiap orang yaitu 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun, maka hendaknya masing-masing kita bisa mengaturnya dengan baik. Baik untuk urusan jasmani dan rohani maupun urusan ukrowi dan duniawi.

  1. Accuracy [ketepatan]

Disamping rutinitas berlatih, faktor kedua yang bisa kita ambil pelajaran dalam permainan badminton adalah ketepatan atau accuracy. Seorang pemain badminton harus memukul bola disaat yang tepat dan ditempatkan di tempat yang tempat. Dalam keseharian hidup, pintar-pintarlah menempatkan diri.

  1. Speed [kecepatan]

Dengan timing yang tepat dan ketepatan dalam memukul dan menempatkan bola, pemain badminton juga harus bisa mengatur speed atau kecepatan. Speed tidak harus dimaknai dengan kecepatan yang tinggi. Terkadang dalam bermain badminton, kita tidak harus selalu memukul shuttlecock dengan kecepatan tinggi. Ada kalanya dengan pukulan yang lambat bisa mendapatkan poin. Ada istilah drop shot atau netting, dua gaya pukulan yang tidak memerlukan energy berlebih untuk memukul bola. Tapi dengan dua gaya pukulan lambat ini, terkadang bisa mengecoh lawan dan membuat poin untuk memenangkan pertandingan. Maka pandai-pandailah mengatur kecepatan dalam kehidupan ini, kecepatan berpikir, kecepatan dalam memutuskan atau decision making.

Bermainlah badminton untuk kesegaran dan kesehatan jasmani kita. Jadikan timing, accuracy dan speed untuk mempertajam skill bermain bola berbulu ini. Jadikan timing, accuracy dan speed untuk menumbuhkan diri kita dalam segala bidang.

 

Dukhan, 20 Januari 2012

Jelajah Qatar: Enroll | Explore | Enjoy

by Sugeng Bralink

 

Advertisements

4 Comments

  1. Vhetty says:

    kak mau tanya “faktor faktor apa yang mempengaruhi ketepatan memukul sutlecock ??”

    • Vhetty…sebenarnya saya sendiri bukan pemain badminton expert. Tapi yg jelas…untuk bisa memukul akurat kita harus mempunyai penglihatan yang jelas (nggak memakai kaca mata akan lebih bagus). Faktor kedua adalah seringnya latihan. Semakin sering latihan maka akan ada reflek yang bagus. Yang akhirnya akan meningkatkan akurasi dalam memukul shuttle cock.

      Thanks

  2. Vhetty says:

    iya makasih .
    kalau menurut anda saat melakukan preposition itu kan ada hal hal yang harus diperhatikan sebelum melakukannya .
    sama kah dengan faktor faktor memukul sutlecok tersebut ?

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: