JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Olahraga » Valentine Day No, Sport Day Yes!

Valentine Day No, Sport Day Yes!


14 Februari, bagi sebagian orang dirayakan sebagai hari kasih sayang atau yang biasa mereka namai dengan Valentine Day. Dalam hal ini ada perbedaan pendapat. Ada yang setuju untuk dirayakan, tapi ada juga yang menolak. Ditengah perbedaan pendapat ini, Qatar sebagai negara modern namun masih menjaga asas keislaman memilih untuk tidak memperingatinya secara khusus.  Pemerintah Qatar mempunyai perayaan nasional yang lain dari yang lain, apa yang mereka rayakan? Ya, Hari Olahraga Nasional atau National Sport Day.

Mulai tahun 2012, tiap hari selasa kedua bulan Februari diperingati menjadi Qatar National Sport Day atau hari olahraga nasional di Qatar. Hal ini berdasarkan Dekrit Deputy Emir dan Heir Apparent [Putra Pangeran], Shaikh Tamim bin Hamad Al Thani. Emiri Decree [Dekrit Emir] No.80 tahun 2011 yang dikeluarkan tanggal 6 Desember 2011.

Munculnya dekrit ini menjadi dasar peringatan olahraga seluruh Qatar. Dekrit ini merupakan inisiatif dari Sang Putra Pangeran, Shaikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Bagi sebagian orang, tanggal 14 Februari diperingati menjadi Valentine Day. Tapi tahun ini valentine day seolah hilang dan sirna oleh kemeriahan peringatan hari olahraga nasional di Qatar. Berbagai perlombaan olahraga diadakan. Dari tingkat wilayah sampai tingkat nasional.

QNB Mini Marathon at Aspire Park

Koran harian di Qatar, Gulf Times dan Peninsula Qatar pun tak ketinggalan turut memberitakan Qatar National Sport Day menjadi headlines. Seluruh kementerian Negara, Badan-badan milik pemerintah dan pihak swasta menyelenggarakan berbagai acara olahraga di hari ini. Hal ini selaras dengan pesan yang disampaikan oleh Qatar Olympic Committee, “ Celebrating the National Sports Day reveals the importance of sport as a significant factor to help domestic institutions achieving their goals by creating a healthy community at both physical and psychological levels.” Pemerintah Qatar dalam hal ini diwakili oleh Komite Olahraga-nya, mempunyai tujuan mulia agar penduduknya menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani melalui berbagai kegiatan olahraga.

Berbagai macam kegiatan pun diadakan untuk memeriahkan perayaan nasional ini. Ada bola voli, walkathon, marathon, memancing, tenis meja, lari, sepak bola, basket, cricket, sepeda, penyuluhan kesehatan dan berbagai kegiatan anak-anak. Jadi tua muda, keluarga ataupun bujangan, semua tumpah ruah ke ruang publik. Saya pun tak ketinggalan turut meramaikan perayaan ini dengan mengikuti lomba Mini Marathon 3KM yang disponsori oleh QNB. Lomba marathon jarak pendek ini bertempat di sebuah taman publik di tengah kota, Aspire Park.

Jumlah pesertanya pun ribuan orang. Pria wanita, tua muda, dewasa anak-anak, kulit hitam maupun putih, yang hidungnya mancung maupun yang pesek. Semua melebur menjadi satu merayakan Hari Olahraga Nasional. Tak ketinggalan para peserta mendapatkan souvenir berupa kaos, topi, botol minuman dan juga sertifikat partisipasi. Pokoknya rame dan menyehatkan.

Qatar yang akan menjadi tuan rumah piala dunia 2022, sangat konsen dengan berbagai kegiatan olahraga. Dalam kalender tahunan nya, berbagai olahraga tingkat internasional diselenggarakan disini. Diawali tiap tahun nya dengan penyelenggaraan Qatar Tennis Open. Dilanjut dengan MotoGP di bulan ketiga atau keempat. Pertandingan persahabatan sepak bola, juga sering digelar. Tim-tim besar seperti Brazil, England, Bayern Munich, Argentina juga pernah bertandang ke Qatar.

Qatar benar-benar menjadikan olahraga menjadi ajang yang spektakuler. Olahraga dijadikan sarana untuk mengenalkan Qatar itu sendiri kepada dunia. Mengenalkan negeri yang notabene sangat kecil dibanding dengan luasnya Indonesia. Tapi Qatar mampu bersaing di dunia internasional, Qatar mampu menjadi penengah di berbagai konflik yang terjadi akhir-akhir ini. Melalui momen Qatar national sports day, Qatar ingin agar penduduk negeri nya baik yang lokal maupun expatriates menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani.

Happy Qatar National Sports Day 2012.

Dukhan, 14 Februari 2012.

Sugeng Riyadi [Bralink]

Advertisements

2 Comments

  1. campurandom says:

    valentine bukan budaya islam,,tp budaya kafir say no to valentine

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: