JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » Bukan Supir Ambulance Biasa

Bukan Supir Ambulance Biasa


by Sugeng Bralink

Mendengar kata supir, apa yang ada dalam pikiran kita mengarah pada sebuah pekerjaan mengemudi kendaraan. Baik menyetir kendaraan pribadi atau umum. Menyetir kendaraan pribadi mungkin merupakan hal biasa bagi kebanyakan orang. Bagaimana dengan mengendarai ambulance?

Supir ambulance, ya inilah nama pengemudi ambulance. Saya teringat dahulu ketika masih bekerja di sebuah rumah sakit di purbalingga antara tahun 1999 sampai 2001. Pekerjaan setir menyetir kendaraan pengangkut orang sakit ini banyak dihandle oleh petugas satpam (security). Jadi satpam yang bertugas waktu itu juga selalu siap jikalau ada yang membutuhkan ambulance. Memang sih, nggak semuanya satpam. Ada juga yang memang kerjanya nyupir tok.

Sewaktu saya bekerja di puskesmas tahun 1995, supir ambulance nya malah seorang yang bekerja di kantor. Dia seorang admin officer. Sementara 2 lainnya adalah seorang petugas kebersihan puskesmas. Selain bertanggungjawab terhadap kebersihan, kedua orang ini juga harus siap kapan saja jika dibutuhkan untuk mengendarai ambulance, baik untuk merujuk pasien ke rumah sakit, kegiatan puskesmas keliling atau hanya sekedar untuk kondangan.

Menurut teman kerja saya yang pernah bekerja di layanan emergency Dubai, seorang yang bertanggungjawab mengendarai ambulance adalah police. Ambulance team dan police bekerja bersama. Ketika ada emergency call, seorang polisi akan segera melompat ke bangku setir sementara 2 orang Emergency Medical Technician (EMT) akan segera menyertainya merespon panggilan tersebut.

Pembaca…
Pekerjaan terkait ambulance service sering disebut dengan Emergency Medical Services (EMS) atau dalam bahasa kita disebut dengan layanan gawat darurat.

Layanan ambulance sering kita kenal dengan layanan gawat darurat pra rumah sakit atau pre hospital care emergency services.

Di negara-negara maju, seperti Amerika, Australia dan sebagian besar negara-negara di kawasan Eropa, layanan EMS diberikan oleh para EMT. Dari level EMT Basic, Intermediate sampai level Paramedic.

Pembaca…
Di Qatar, layanan EMS diberikan oleh layanan emergency yang dikelola oleh Hamad Medical Corporation yang bekerjasama dengan Ministry of Interior. Yaitu memberikan layanan baik police atau ambulance. Dengan nomer yang bisa dikontak dari nomer telepon rumah atau handphone yaitu 999.

Saat ini, saya juga menekuni profesi sebagai EMS provider tapi bukan dibawah HMC. Layanan kami langsung dibawah kendali Medical Services Department di sebuah perusahaan milik pemerintah Qatar.

Profesi kami memang nurse. Jabatan saya dan sebagian teman-teman disini disebut dengan Ambulance Nurses. Namanya memang bukan EMT, akan tetapi kami juga mendapatkan training sebagai EMT dan bekerja sebagai EMT. Kami juga mempunyai EMT license dari Supreme Council of Health, Qatar. Tidak hanya itu, sebagian dari kami teregister di USA sebagai National Registry Emergency Medical Technician (NREMT).

Tidak hanya sebagai tenaga EMT, pekerjaan kami di Qatar juga sebagai sebagai ambulance driver. Namun bukan sembarang driver lho!

Untuk bisa mengendarai ambulance ini, kami harus mengikuti 2 macam kursus menyetir. Yang pertama adalah kursus sehari bertitel Defensive Driving. Kami diharuskan lulus ujian tulis dan ujian prakteknya.

Kursus yang kedua adalah Emergency Response Driving Cource (ERDC). Kursus selama 5 hari ini diberikan oleh lembaga training terakreditasi dengan trainer dari Inggris. Lagi-lagi, kami pun harus lulus ujian teori dan prakteknya. Kalau nggak lulus berarti kami tidak diijinkan mengendarai ambulance.

ERDC mengajari kita bagaimana cara mengendarai kendaraan emergency dengan aman. Dalam kondisi tertentu kami harus berpacu dengan waktu menuju lokasi kecelakaan atau lokasi si pemanggil ambulance. Biar Cepat tapi Selamat.

Drive Safely, Your Family is waiting at Home.

Dukhan, 15 September 2012
riyadi.sugeng@gmail.com

Advertisements

3 Comments

  1. didaytea says:

    Kalau saya, di lab iya, fire fighter iya, EMR iya, and assigned person buat nyetir Fire Engine(yang ada ambulancenya juga)..borongang… 😀

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: