JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » Begitu Mudahnya Lapor Diri & Buat Paspor di KBRI Doha

Begitu Mudahnya Lapor Diri & Buat Paspor di KBRI Doha


dok.pribadi: Passport Republic of Indonesia

by Sugeng Bralink

Hari Sabtu minggu lalu saya menemani seorang teman ke Doha. Kami berdua pagi itu menuju ke KBRI Doha. Tak lain dan tak bukan untuk memperbarui paspor teman saya yang akan kedaluarsa dalam waktu 5 bulan lagi. Trus gimana sih caranya memperbarui paspor di KBRI Doha? Nggak susah lho!

Pagi itu teman saya menyiapkan paspornya yang akan diperbarui disertai 2 photo ukuran paspor dengan latar belakang merah. Sampai di KBRI Doha sekitar setengah sembilan waktu Doha. Pun sudah ada beberapa orang yang sedang mengantri pelayanan di KBRI.

Seorang petugas KBRI segera meminta teman saya mengisi data-data secara online di desktop. Ada 2 desktop yang tersedia.

Teman saya pun segera memasukkan data-data dirinya ke dalam formulir online yang berjudul FORMULIR LAPOR DIRI DAN PERMOHONAN PASPOR BARU. Formulir ini berisi kolom-kolom isian tentang:

1. Data-data paspor yang meliputi nomor paspor, nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, tempat lahir, tanggal dikeluarkan, tanggal kedaluarsa, kantor yang mengeluarkan, jenis paspor, kewarganegaraan, kode negara, jumlah halaman paspor dan registrasi nomor paspor.

2. Info Umum yang meliputi agama dan status nikah

3. Info di Qatar yang meliputi Qatar ID, alamat di Qatar, telephone, mobile/HP, email aktif dan PO Box di Qatar.

4. Info bekerja di Qatar yang meliputi status anda, sponsor, pekerjaa/jabatan, nomor surat kerja, tanggal surat kerja, tanggal mulai kerja di SP kerja dan tanggal mulai kerja.

5. Info di Indonesia yang meliputi nomor KTP Indonesia, nama yang bisa dihubungi, telp/hp di Indonesia, alamat di Indonesia, kelurahan, kecamatan, kabupaten dan pekerjaan di Indonesia.

6. Permohonan paspor baru, dengan 2 pilihan Ya atau tidak. Data-datanya meliputi jenis paspor, karena apa dan ada perubahan data atau tidak, kemudian data-data tentang orangtua dan suami/istri yaitu: nama ibu, kewarganegaraan, tempat lahir, tanggal lahir, nama ayah, kewarganegaraan, tempat lahir, tanggal lahir, alamat orangtua, nama suami/istri, kewarganegaraan, tempat lahir, tanggal lahir, alamat suami/istri, jika terjadi masalah harap hubungi: nama lengkap, alamat luar negeri, telp luar negeri, hp luar negeri, nama lengkap, alamat di Indonesia, telp di Indonesia dan Hp di Indonesia.

7. Upload file. Untuk yang terakhir ini bisa diupload langsung atau bisa saja tinggal serahkan paspor kita ke petugas KBRI. Kalau yang mau mengupload diantaranya halaman depan paspor (yang ada fotonya), resident permit Qatar  (ada di halaman paspor anda), Qatar ID sponsor (jika sponsor anda perseoranganm bukan perusahaan), dan semua lembar surat perjanjian kerja. File yang bisa diunggah yaitu PDF dan JPG/JPEG saja.

Biaya pembuatan perpanjangan/pembuatan paspor baru hanya 80 Qatar riyal atau senilai 200 ribu rupiah saja. Kalau lapor diri, setahu saya GRATIS.

Sesuai info petugas KBRI waktu itu, paspor akan jadi besoknya. Artinya hanya memakan waktu 1 hari saja. Salut buat KBRI Doha yang terus meningkatkan layanan publiknya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Dukhan, 4 Oktober 2012

riyadi.sugeng@gmail.com

Advertisements

1 Comment

  1. titin kurniawati says:

    saya sdg mencari info ttg perusahaan kapal di Qatar ( jenis kapal suplai). krn anak sy ada yg ngajak kerja disana.( temannya ngaku dah kerja disana & sdg mencari ABK) sy ragu dan mau cari info ttg perusahaan ini. krn sy kuatir akan penipuan ttg abk yg ingin kerja di kapal luar. trimss

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: