JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » Camping & Crabing di Wakrah Mangrove Beach

Camping & Crabing di Wakrah Mangrove Beach


Udara di Qatar kian dingin. Sore hari ditengah jalanan ibukota yang sangat padat lalu lintasnya, suhunya hanya 32 derajat. Itulah monitor suhu yang ada di kendaraan yang saya tumpangi ketika menuju ke sebuah kota yang tak jauh dari Kota Doha, yaitu Wakrah.

Memenuhi undangan seorang teman, saya bersama seorang teman bernama Ria Budi yang mempunyai nama panggilan Budi atau Riboed. Kendaraan yang kami tumpangi Dobel Gardan, begitu orang Indonesia menyebutnya. Dalam bahasa inggrisnya disebut Four Wheel Drive (4WD). Kami sengaja mengendarai 4WD karena lintasan yang akan kami lalui memang berpasir.

Selepas jamaah maghrib di Masjid dekat rumah teman saya di Wakrah, laju kendaraan segera kita pacu menuju Pantai Wakrah. Sebuah pantai yang katanya ditumbuhi pohon mangrove. Dan yang membikin tertarik adalah disana kita bisa menemukan banyak ikan dan kepiting. Khususnya ketika air laut sedang surut. Dengan air yang dangkal kita bisa asyik menangkap ikan dan kepiting.

Bekal peralatan untuk camping pun kami siapkan. Dari lampu emergency, head lamp, tenda, makanan dan minuman, baju ganti, celana pendek, barbeque set dan peralatan lain untuk camping. Inilah saatnya berpetualang dan mengisi liburan.

Jalanan kian gelap ketika kendaraan kami melewati jalanan yang tak beraspal lagi. sekitar 3 KM dari Messaied-Wakrah Highway ke arah kiri, sampailah kami di ujung aspal. Melaju ke arah kiri, kami menyusuri garis pantai. Sesekali kami temui kendaraan yang sedang terparkir di tepi pantai. Ada yang kendaraan tok, ada juga yang membawa Rumah Mobil (Caravan) lengkap dengan penerangan dan generator set nya.

Yang menarik perhatian, tiba-tiba didepan kami ada kendaraan sedan yang sedang berusaha menyusuri gurun pasir di tepi pantai wakrah. Dengan kendaraan 2WD pun mereka berani menyusuri jalanan yang tak beraspal.

Kendaraan kami terus melaju perlahan, sambil memperhatikan tetumbuhan mangrove. Tibalah saatnya kita merasakan sensasi ngedune ketika kendaraan melewati padang berpasir tebal. Sesuai pesan dari kawan kami yang sudah berpengalaman berkendara di gurun pasir, laju kendaraan harus melaju dan steady. Ini merupakan pengalaman pertama bagi Riboed mengendarai 4WD di padang pasir.

Malang tak dapat ditolak, 4WD yang kami tumpangi akhirnya berhenti di jalanan berpasir tebal. Sisi bawah mobil sudah dipenuhi dengan pasir gurun yang sangat tebal.

Malam kian larut, dengan melepas sandal yang kami pakai. Serok demi serok pasir kami buang dari bawah kendaraan CRV yang kami tumpangi malam itu. Bermodal 3 lelaki, kendaraan pun tak melaju sedikitpun, yang ada hanya roda depan yang kian berputar ditempat dan masuk ke kedalaman pasir.

Alhamdulillah, dengan segala keikhlasan kami menerima ini semua. Tiba-tiba dari kejauhan kami mendengar suara yang sudah tidak asing ditelinga. Suara rekan-rekan satu profesi. Memang betul, ternyata ada 5 orang dengan peralatan komplit untuk menderek kendaraan. Wah, perasaan dari tadi kami tidak memanggil bantuan??!!

Ternyata betul, mereka memang tidak secara sengaja mau menolong kita, mereka datang kearah kami karena mereka mendapat telpon dari rekan kami yang lain, dimana disaat yang sama juga mobilnya sedang terjebak pasir gurun. Tapi itulah rezeki kami, kami pun dengan semangat segera mendorongnya. 1,2,3 Gooooo, alhamdulillah, akhirnya CRV pun segera lolos dari jebakan padang pasir.

Pak Tana, teman kami beserta keluarganya segera membimbing kami ke tempat yang sudah dari tadi kami tuju. Alhamdulillah, akhirnya sampai juga kami di Wakrah Mangrove Beach. Sudah ada lebih dari 4 kendaraan 4WD yang terparkir dengan ibu-ibu dan anak-anaknya. Para ibu sedang asyik ngobrol beralaskan tikar seadanya. Sementara anak-anak sedang asyik berlarian dan bermain dibawah temaramnya lampu emergency yang kami bawa.

Tawaran makan malam pun segera datang dari ibu-ibu yang sudah menyiapkan menu makan malam sedari siang. Sate lontong segera kami santap. Rasa cape dan lapar yang bercampur aduk, akhirnya sirna sudah. Kenyang!

Its time for adventure!

Sebagian bapak-bapak ada yang sedang membakar ikan. Sebagian lagi sedang asyik bermain catur dengan Grand Master Dodi atau dengan nama bekennya Mang Kokon.

Tapi bagi kami bertiga, Its time to adventure. Kami pun segera menyiapkan peraalatan untuk segera menikmati asyiknya CRABING. Kang Rois, seorang teman dari Messaied yang memang hobi sekali Mancing dan Crabing, segera memandu kami menyusuri sungai yang sedang surut. Kanan kiri, tanaman mangrove pun nampak lebat. Tapi suasana hijau tak terlihat karena memang tak ada cahaya bulan malam itu.

Tiba-tiba terdengar suara dari Kang Rois, Ini..ini..iniiiiii!!!….Ternyata, itulah kata kunci kami ketika tiba-tiba menemukan kepiting (crab). Dengan peralatan capit sampah, jaring ikan portable dan serok penggorengan, acara crabing pun kian asyik. Satu demi satu, crab kami tangkap dan masuklah ke ember yang sudah kami siapkan.

Tak terasa lebih sejam kami crabing. Celana dan baju yang kami pakaipun turut basah kuyub. Dari air yang setinggi betis, akhirnya sampai setinggi pusar. Basah kuyup tapi asyik.

Acara camping crabing malam itu kita lanjut dengan bercanda tawa ria. Mang Kokon dan Cak Gufron yang memang pakarnya guyonan, segera mengeluarkan jurus-jurus guyonannya. Suasana malam itupun kian rame dan meriah.

Tapi karena besok mesti beraktivitas kembali sebagai karyawan perusahaan, sekitar jam 11 malam kami segera berkemas. Tak lupa kami jaga kebersihan lingkungan pantai dengan membersihkan sampah-sampah di sekitar. 2 plastik besar sampah kami angkut dan kami buang di sebuah kotak sampah besar di pinggir pantai wakrah.

Camping & Crabing in the weekend, Its really enjoyful!

Dukhan, 12 November 2012

riyadi.sugeng@gmail.com

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: