JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Religi » Ramadan in Qatar: Day 7

Ramadan in Qatar: Day 7


JELAJAH QATAR | Doha – Hari ini selasa, memasuki ramadan hari ke tujuh. 3 hari lagi kita akan memasuki akhir 10 hari yang penuh rahmah.

Jam enam pagi dalam perjalanan pulang dari ummbab menuju kota dukhan, kabut menyelimuti. Kabut terlihat jelas ketika memasuki batas wilayah Dukhan. Suhu udara diluar berkisar 29-30 derajat celcius. Walau tak dingin, kabut pagi membuat suasana terasa sejuk dan nyaman. Saya sempat berpikir, wah musim dingin lagi nih!

Meriam ramadan

Memasuki ramadan, banyak kita dengar suara dentuman meriam bambu dan sejenisnya sewaktu masa kecil dulu di Indonesia. Terutama di waktu menjelang berbuka, malam hari dan waktu sahur.

Tak jauh beda dengan tradisi Indonesia, di Qatar ada juga. Namanya “ramadan canon”.

Meriam ini milik tentara dengan operator juga tentara disulut tiap senja di bulan suci ramadan.

Dentuman meriam sebagai pertanda bahwa waktu berbuka puasa sudah tiba. Sebuah pertanda bahwa maghrib sudah masuk waktunya.

Kemarin sore di komplek yang saya tempati, ada acara semacam. Anak-anak mulai berdatangan ketika waktu mendekati maghrib. 3 orang tentara Qatar sudah bersiaga dengan meriamnya. 3 menitan menjelang waktu azan maghrib, satu tentara lengkap dengan seragam dengan corak warna padang pasir memasukan selongsong mesiu ke lobang canon.

Begitu waktu azan maghrib tiba, canon pun segera berdentum keras.

Duuuuaaaarrrrrr!!!

Satu kilatan berwarna pelangi meluncur membumbung tinggi ke langit. Asap putih tebal mengepul menyelimuti pengunjung ramadan canon sore itu.

Para pengunjung sempat dibuat kaget. Sampai anak-anak ada yang menangis saking kagetnya.

Gendang sahur

Di koran lokal beberapa hari yang lalu juga disebutkan tentang sebuah tradisi arab lama. Tradisi memukul drum oleh anak-anak muda arab sambil berkeliling untuk membangunkan orang sahur.

Mereka berkeliling menyusuri gang-gang perumahan. Layaknya anak-anak di kampung saya dulu, sambil membawa berbagai macam alat perkusi seadanya guna membangunkan sahur.

Tenda ramadan

Ramadan memang bulan yang penuh keberkahan. Tidak hanya bagi yang berpuasa saja, tapi bagi orang-orang yang kurang beruntung.

Lembaga-lembaga pemerintah dan swasta menyelanggarakan acara buka bersama. Tenda-tenda berdiri di beberapa titik. Bisa kita temui di souq waqif (kawasan pasar tradisional di ibukota Doha) dan banyak didirikan didekat masjid besar di berbagai wilayah di Qatar.

Ramadan Kareem.

Ramadan canon

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: