JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Motivasi » Multilingual, Why Not!

Multilingual, Why Not!


Foto by ykai.net

Foto by ykai.net

Kita tentu ingat dengan Presiden RI pertama, Bapak Ir. Soekarno. Beliau adalah seorang pemimpin besar, seorang proklamator, The Founding Father of Indonesia. Pidatonya yang berapi-api mampu membakar semangat rakyat Indonesia hingga tercapainya kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Salah satu yang istimewa dari Bung Karno adalah kemampuannya berbicara dalam berbagai bahasa (multilingual).

Sukarno was fluent in several languages. In addition to the Javanese language of his childhood, he was a master of Sundanese, Balinese and of Indonesian, and especially strong in Dutch. He was also quite comfortable in German, English, French, Arabic, and Japanese, all of which were taught at his HBS. He was helped by his photographic memory and precocious mind (wikipedia).

Presiden Soekarno mampu berbicara dalam 9 bahasa. Luar Biasa!

Tahukah anda, saat ini ada seorang generasi muda Indonesia juga memiliki kemampuan multilingual yang boleh dibilang sepadan dengan beliau. Dalam usianya yang masih 16 tahun, Gayatri Wailissa menguasai 9 bahasa diluar bahasa ambon dan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibunya. Bahasa yang dikuasainya adalah bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, Mandarin, Jepang, Italia, Spanyol dan Arab. Kesemua bahasa yang Gayatri kuasai tidak hanya dalam bahasa verbal saja, tapi juga dalam bahasa tulis.

9 Bahasa yang dikuasainya saat ini tidak membuatnya puas. Gayatri terus belajar menambah perbendaharaan bahasanya. Gayatri berkomentar dalam sebuah acara reality show, Kick Andy MetroTV, “ada 3 bahasa yang masih dalam proses pembelajaran, ada bahasa rusia, bahasa korea selatan dan bahasa hindi nepal”.

Gadis muda belia kelas 2 SMA ini, pernah menjadi delegasi tunggal Indonesia tahun 2012 dalam konferensi Convention of the right of the children di Thailand. Selanjutnya dia juga menjadi wakil tunggal Indonesia mewakili ASEAN untuk mengikuti sebuah konferensi tingkat Asia Pasifik di tahun 2013.

Gadis ambon manise adalah peraih medali perunggu dalam lomba Science Astronomi tahun 2012. Prestasi lainnya, menjadi Duta Tunas Muda Pemimpin Indonesia tahun 2013 dan juga sebagai delegasi anak di beberapa konferensi internasional tingkat Asia.

Menurut Gayatri, “bahasa itu media untuk komunikasi, karena kita menggunakan bahasa untuk alat komunikasi, saya belajar dengan tiga metode: Lewat buku (menghafal kata, tata bahasa), Mengulang percakapan di depan kaca sendiri, lewat lagu, kemudian nonton film, dengan pronounciation yang mereka ucapkan”.

Tahukah anda, Gayatri berasal dari keluarga sederhana. Tinggal di di Ambon, wilayah Indonesia timur. Ayahnya seorang pedagang kaki lima, pengrajin kaligrafi.

Gadis multilingual ini aktif menjadi instruktur theater untuk mengisi waktu luangnya. Sosialisasinya juga tidak terbatas pada rekan-rekan seumurannya saja, bahkan dia tidak canggung dengan rekan-rekan yang lebih tua darinya. Kesibukan lainnya, menjadi penyiar radio, penterjemah bahasa, meneliti dan juga menulis berbagai karya sastra. Serta seabreg kegiatan lainnya.

Motto hidupnya “Tidaklah penting siapa kita, yang terpenting apa yang bisa kita lakukan untuk menunjang apa yang mampu kita perbuat”.

Sulit, itu yang ada dalam benak saya ketika mencoba mempelajari bahasa asing. Tapi yang menurut saya sulit, ternyata menjadi hal sangat mudah bagi Gayatri untuk bisa menguasai berbagai bahasa.

Bilingual itu mudah, tapi multilingual itu ternyata nggak sulit. Semua itu menjadi mungkin asal ada upaya untuk mencapainya. Semoga apa yang dicapai dan dipelajari Gayatri dalam bidang bahasa dan seabreg kegiatan lainnya mampu menginspirasi kita, khususnya generasi muda Indonesia.

Ada pepatah mengatakan “Bahasa adalah jendela dunia”. Jadi mulai sekarang, semangat terus untuk mempelajari bahasa asing, utamanya bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Sebagai umat islam yang taat, penting juga untuk mempelajari bahasa arab.

Kalau Gayatri yang masih anak SMA bisa, mengapa kita tidak!

Dukhan, 30 Juli 2013
Sugeng Bralink

Referensi: Kick Andy MetroTV_Inspirator Muda Indonesia

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: