JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » Qatar Rail, The Future of Qatar Public Transport

Qatar Rail, The Future of Qatar Public Transport


http://www.constructionweekonline.com/

Qatar Metro in the Future [Photo by http://www.constructionweekonline.com/%5D

Qatar Rail, sebuah mega proyek yang diawali sejak tahun 2009 yang diawaki oleh 4 orang. Saat ini sudah mencapai 480 karyawan. Demikian disampaikan oleh CEO Qatar Rail, Mr. Saad Ahmed Al Muhannadi dalam sebuah video yang diunggah di youtube.

Qatar Rail terdiri dari 4 proyek yaitu Metro, Passenger Rail, Freight Rail and Light Rail. Metro yang terdiri dari 4 lines (jalur) yaitu: Red Lines, Green lines, Golden lines and Blue lines. Passenger & Freight Rail akan menghubungkan kota-kota di seputar Doha dan menghubungkan kota-kota di kawasan Middle East. Light rail akan berada di kawasan Lusail dan West Bay.

Qatar Rail akan dimulai di kota doha, yang kemudian disebut sebagai Doha Metro. Proyek ini akan berada dalam 2 tahap, yaitu Doha Metro Phase 1 sepanjang 131 Km. Underground sepanjang 63 KM, Elevated 48 KM, dan at Grade 20 KM. Keseluruhan stasium dalam phase ini sejumlah 48 stasiun kereta.

Doha Metro phase 2 sepanjang 100 KM. Underground 37 KM, Elevated 53 KM, dan at Grade 10 KM. Keseluruhan stasiun dalam phase ini sejumlah 44 stasiun kereta.

Proyek selanjutnya, Passenger & Freight Rail untuk jarak jauh. Proyek ini menempuh jarak sepanjang 400 KM. Proyek ini dikerjakan dalam 3 phase, phase 1 sepanjang 135 KM yang akan menghubungkan Qatar dengan Saudi Araia, phase 2 sepanjang 173 KM akan menghubungkan dalam negeri Qatar dan phase 3 92 sepanjang KM akan menghubungkan Qatar dengan Bahrain. Kereta penumpang dan barang ini akan memiliki 7 stasiun, 5 yards, dan 1 depo.

Proyek Light Rail berada di Kota Lusail dan West Bay. Jalur Lusail akan menempuh jarak sepanjang 39 KM dan memiliki 38 stasiun dan 1 depo. Sementara West Bay proyek akan menempuh jarak sepanjang 9 KM, 1 jalur dan 15 stasiun.

Qatar Rail Project adalah sebuah proyek besar yang sejalan untuk mencapai Qatar National Vision 2030. Proyek ini ditangani langsung oleh Qatar Railways Company bekerjasama dengan beberapa konsorsium.

Metro Network phase 1 diharapkan mulai beroperasi pada bulan Oktober 2019. Kemudian phase 2 akan mulai beroperasi pada Q1 2026. Demikian disampaikan oleh Mr. Saad dalam tayangan video promonya di Youtube.

Anda bisa mengakses website resmi The Middle East’s largest rail show 2014 untuk informasi terkait proyek pembangunan kereta api di kawasan Timur Tengah.

Info lengkap bisa diakses di website resmi Qatar Rail. Untuk melihat video presentasi tentang Qatar Rail oleh Shaikh Saad Ahmed Al Muhannadi, silahkan klik 

Video berikut ini akan memberikan gambaran lebih nyata tentang Qatar Rail Project .

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: