JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Religi » One Day One Juz, Why Not!

One Day One Juz, Why Not!


Source: onedayonejuz.org

Source: onedayonejuz.org

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Daru Quthni dari Anas r.aRasulullah saw memerintahkan: “Perbanyaklah membaca Al Qur’andi rumahmu, sesungguhnya didalam rumah yang tak ada orang membaca Al Qur’an, akan sedikit sekali dijumpai kebaikan dirumah itu, dan akan banyak sekali kejahatan, serta penghuninya selalu merasa sempit dan susah.”

Semangat membaca Qur’an akan sangat meningkat ketika ramadhan tiba, tapi sering sekali semangat itu kian menurun ketika ramadhan sudah pergi meninggalkan kita, maaf terutama saya. Maaf bukan bermaksud riya’, ketika bulan ramadan biasanya minimum membaca satu kali khatam selama ramadhan. Ini artinya saya mampu membaca 1 juz dalam sehari. Tapi ketika ramadhan pergi, jangankan satu juz, terkadang membaca satu lembar pun tidak. Nau’dzubillah. Ya Allah, maafkan hambaMu yang tak bermaksud jauh darimu, tapi hati ini sering sekali banyak alasan untuk tidak membaca ayat-ayat suciMu.

Alhamdulillah, 5 hari yang lalu saya diperkenalkan dengan komunitas One Day One Juz (ODOJ) oleh seorang teman. Awalnya saya pikir-pikir diantara mau gabung dan tidak. Ada kepikiran mau gabung, tapi takut nggak bisa istiqomah. Tapi ada kepikiran ingin gabung karena keinginan meningkatkan diri. Sempat terpikir, mungkin dengan cara ini saya bisa menjauhkan diri dari segala macam alasan untuk tidak membaca Qur’an.

Dua hari kemudian akhirnya saya putuskan untuk bergabung dengan komunitas ODOJ Qatar yang kedua, yang menjadi komunitas ODOJ ke 101. ODOJ #101 dibimbing oleh Ustadz Saharuddin. Termasuk bagi rekan-rekan yang ingin bergabung dengan ODOJ Qatar bisa kontak ke +97455378097.

Bagi yang belum tau dengan teknis pelaksanaan ODOJ Qatar, berikut ini tata tertibnya:

PERATURAN GRUP ONE DAY ONE JUZ :

1. Grup beranggotakan 30 orang.

2. Tiap anggota bertugas tilawah 1 juz per hari, dimulai dari nomor juz sesuai dengan nomor urut pada daftar absen. Kemudian dilanjutkan ke juz berikutnya esok harinya, dst. Ex : si A mulai juz 19. Besok si A lanjut ke juz 20. Dst.

3. Jika ada anggota berhalangan, harus segera dilaporkan agar jatah tilawahnya dapat dilelang untuk diselesaikan oleh anggota lain yang bersedia.

4.Batas setoran tilawah adalah pukul 19.00. Jika masih belum selesai tapi berkomitmen untuk menyelesaikan, diberi penangguhan waktu hingga pukul 20.00

5. Jika sampai pukul 20.00 jatah tilawah tidak bisa diselesaikan, maka akan dilelang untuk segera diselesaikan oleh anggota lain yang bersedia.

6. Grup ini akan khataman AlQuran 1 kali per hari.

7. Doa Khatam Qur’an dibaca setelah semua anggota menyetorkan juznya.

8. Setoran dan lelang dilakukan dengan menggunakan format yang sudah tersedia.

9. Petugas rekap setoran dan rekap lelang berganti perhari.

Demikian peraturan grup one day one juz. Semoga kita senantiasa diberkahi Allah SWT. Aamiin

One Day One Juz bukanlah sebuah kemustahilan. Setiap kita mempunyai kesempatan yang sama yaitu 24 jam sehari. Dari 1440 menit waktu dalam sehari yang diberikan Allah kepada kita, mari sisihkan 30-60 menit untuk membaca ayat-ayat Al Qur’an.

Banyaknya aktifitas keseharian semoga tidak menjadi penghalang untuk tidak membaca kitab suci Al Qur’an. Semoga hati ini selalu dijauhkan dari sifat riya’ dan selalu mempunyai niat yang lurus untuk dekat dan mengkaji ayat-ayatNya. Aamiin.

Sekedar informasi, komunitas ODOJ yang basisnya di Indonesia, akan mengadakan Grand Launching di Masjid Istiqlal pada 14 Mei 2014. Informasi lebih lanjut bisa diakses pada website ONEDAYONEJUZ.ORG

Source: onedayonejuz.org

Source: onedayonejuz.org

Advertisements

4 Comments

  1. Edi Padmono says:

    Setuju banget mas, dirumah harus diterangi dengan bacaan Al-Qur’an walaupun baru bisa separuh juz seharinya soalnya baru bisa selepas mahrib baca Al-qur’an

  2. aina says:

    Setuju•dgn membaca al Qur’an hati menjadi tenang

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: