Technical Inspection for Private Vehicles|@jelajahqatar
Technical Inspection for Private Vehicles

JelajahQatar | Pemeriksaan fisik kendaraan (Technical Inspection for vehicles) menjadi hal yang wajib bagi pemilik kendaraan, baik roda dua, empat maupun yang lebih dari itu. Pemeriksaan ini merupakan kegiatan tahunan. Pemeriksaan akan dilakukan oleh pihak ketiga (bukan instansi kepolisian), dengan biaya 75 Qatar Riyal.

Di setiap wilayah disediakan tempat-tempat pemeriksaan kendaraan. Ada yang jam bukanya setiap hari, ada juga yang cuma sebulan sekali.

Kendaraan akan diperiksa secara fisik (technical), dari mulai body, lampu, rem, alat pemadam, kaca film dan lainnya. Kelulusan akan dikategorikan kedalam dua hal yaitu technical dan legal.

Setelah kendaraan dinyatakan lulus secara technical dan legal, maka kita tinggal mengurus asuransi kendaraan, bisa full insurance atau third party.

Dengan berbekal bukti lulus inspeksi kendaraan disertai bukti asuransi kendaraan, maka kita tinggal mengurus pembaharuan istimara (STNK) dengan biaya 100 Qatar Riyal. Prosesnya mudah dan gak butuh waktu lama. Tinggal datang ke kantor pelayanan perpanjangan istimara, ambil antrian, membayar pakai kartu kredit atau ATM, gak sampai 10 menit istimara baru pun sudah jadi.

#EnjoyQatar #IstimaraQatar

Doha, 27 September 2014
@sugengbralink @jelajahqatar