JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » 15 Benda Penting Saat Gowes

15 Benda Penting Saat Gowes


image

Foto by Irfan

JelajahQatar | Bagi anda pecinta gowes, tentu tak ingin mengalami masalah ketika sedang asyik nggowes. Baik permasalahan teknis sepeda, atau permasalahan fisik anda sendiri.

Untuk mencegah munculnya permasalahan yang mungkin muncul selama perjalanan gowes, ada baiknya kita membuat checklist tersendiri. Bisa kita namai “biker checklist”.

Berikut ini 15 benda yang perlu kita bawa selama gowes:

1. Botol Air Minum atau Camel Bag
Gowes adalah olahraga yang akan menguras banyak keringat. Apalagi kalau banyak trek yang menanjak atau suhu udara yang ekstrim, keringatpun akan semakin banyak keluar. Akibatnya banyak energi yang terbuang, utamanya elektrolit.
Jika tak diimbangi dengan asupan cairan, resikonya kita bisa mengalami kehausan, kram otot, pusing kepala, kurang energi, bahkan bisa dehidrasi (kekurangan cairan dan elektrolit).
Banyaknya air yang kita isi ke dalam botol air minum atau camel bag tergantung berapa jauh perjalanan kita. Semakin jauh rencana perjalanan, ada baiknya jumlah air minum kita tambah. Lebih baik lebih daripada kehabisan air di tengah jalan.

image

Foto by Irfan

2. Alat navigasi
Alat navigasi bisa berupa hardware atau software. Bentuk hardware misalnya odometer. Sebuah alat yang mampu mengukur jarak yang kita tempuh, kecepatan minimum dan maksimum, dan kecepatan rata-rata.
Pada odometer yang mutahir, sudah dilengkapi dengan fasilitas pengukur detak jantung. Sehingga pesepeda bisa tau sudah berapa banyak dentuy jantung selama gowes berlangsung.
Jikapun kita tak mau membeli hardware, kita bisa mendownload  aplikasi di android, windows atau apple store. Berikut yang banyak dipakai diantarany: endomondo, mapmyride, runtastic, cycledroid dan banyak lainnya.

3. Helmet
Nyepeda itu bisa bersifat santai atau full kompetisi. Walaupun santai sekalipun, yang namanya melakukan perjalanan pasti ada resikonya mengalami jatuh atau tertabrak. Apalagi kalau kita nyepeda di jalan raya, maka resiko kecelakaan semakin besar.
Helmet adalah salah satu alat pelindung diri, khususnya kepala. Untuk mengantisipasi injury yang lebih parah, maka penggunaan helmet bagi pesepeda sangat penting artinya. Jangan sampai gara-gara jatuh dari sepeda, injury kepala, dan hobby sepeda nggak bisa berlanjut esok hari.

4. Kaca mata (glasses)
Jika anda menyukai gowes pagi atau siang hari, kaca mata sangat membantu ketika sinar mentari mulai meninggi atau disaat cuaca berdebu. Dengan kaca mata membuat pesepeda rileks saat nggowes dibawah terik mentari.

5. Lampu
Penggunaan lampu sepeda tak hanya gowes malam hari saja. Pemasangan lampu sepeda penting artinya sebagai tanda bagi pengendara lainnya di jalan raya.
Lampu baiknya dipasang di depan dan belakang. Lampu depan pilih yang berwarna putih, sementara yang belakang berwarna merah.
Dengan adanya lampu sepeda yang menyala, kita turut mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

6. Pompa
Ban kempes bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Pompa sepeda menjadi benda wajib dipunyai oleh pecinta hobby sepeda.
Alat kecil nan kaya manfaat ini, bisa dipakai sebelum berangkat gowes atau ditengah perjalanan ketika ban berkurang angin.
Nggak mungkinlah ketika ban kempes kita tiup pake mulut. Hehhehe.

7. Makanan (something to eat)
Disamping rasa haus, olahraga sepeda juga mempunyai efek rasa lapar. Makanan yang dibawa tak harus makanan yang mengenyangkan, akan tetapi lebih sebagai pengganti kalori yang sifatnya cepat diserap. Contoh mudahnya, bisa kita bawa coklat, pisang, atau kurma.

8. Handphone
Alat komunikasi ini bisa berfungsi ganda. Disamping sebagai pengoperasi aplikasi navigasi sepeda, handphone jiga bisa digunakan in case of emergency. Jangan lupa simpan baik-baik nomer emergency di handphone, ketika tiba-tiba terjadi kondisi emergency yang tidak kita inginkan, kita bisa menelpon sesegera mungkin. Jika anda di Qatar, jangan lupa menyimpan nomor 999 di handphone anda. Karena walau tiga digit, bisa saja kita lupa mengingatnya ketika emergency sedang menimpa diri kita.
Simpan juga nomor emergency contact (istri, teman dekat, kakak, adik atau orangtua) di handphone. Sebagai penanda bisa kita namai ICE (In Case of Emergency).

9. Dompet plus isinya
Sedekat apapun gowes, wajib kita membawa dompet plus isinya. Isi yang wajib dibawa adalah kartu identitas, kartu ATM dan uang. Ketiganya sangat penting jikalau terjadi kondisi emergency atau tidak. Dalam kondisi emergency, kartu identitas menjadi sangat penting sebagai penanda diri kita. Begitupun uang cash dan kartu ATM sebagai cadangan dana.
Dalam kondisi biasa saja, uang penting dipunya untuk sekedar mampir restoran di ujung gowes menggowes.

10. Sarung tangan
Kedua tangan mempunyai job istimewa selama bersepeda. Keduanya sering nempel di handle bar, efeknya bisa kesemutan. Memakai sarung tangan menjadi salah satu pencegah terjadinya kesemutan atau slip saat memegang handle bar. Memakai sarung tangan juga menjadi alat pelindung bagi tangan itu sendiri jikalau jatuh dari sepeda.

11. Kunci rumah
Jangan lupa bawa kunci rumah. Jangan hanya tinggalkan dibawah keset, siapa tau ada tangan usil yang mengambil. Tapi jika ada istri dirumah, ya nggak usah dibawa ya.
12. Gembok sepeda (lock)
Pengunci atau gembok sepeda bisa kita tempelkan ke body sepeda. Jika sedang istirahat di warteg, jangan lupa sepeda digembok.

13. Spare ban dalam
Ban kempes atau bocor bisa kapan saja. Spare ban dalam menjadi cara tercepat mengatasi masalah tersebut. Ketimbang menembel yang belum tentu berhasil, mengganti dengan ban baru akan super cepat dan andapun super happy.

14. Multitools
Saddle kurang tinggi, setang kendor, rantai lepas atau masalah lainnya bisa terjadi ketika gowes. Multitools yang kita bawa akan sangat membantu ketika masalah itu hadir di hadapan kita. Jadi no worry lah yauw!

15. Jersey
Walaupun bukan pesepeda profesional, memakai pakaian yang tepat akan nyaman. Jersey sepeda sudah menggunakan bahan khusus yang bisa menyerap keringat secara cepat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh pesepeda.
Berbeda jika anda memakai kaos biasa, apalagi yang tebal, maka kita mendapatkan berat tambahan dari keringat yang tertumpuk di kaos. Di badan pun jadi nggak nyaman.
Jersey sepeda juga sudah dilengkapi saki yang bisa untuk menyimpan botol air, sebagai cadangan air minum ketika sedang ikut race.

Demikian 15 checklist barang sebelum bergowes ria.
Nikmati gowesnya, nikmati sehatnya!

Salam Gowes!
Dukhan, 29 September 2014
@sugengbralink

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: