JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Religi » PARA BUDAK YANG DIMERDEKAKAN SAYYIDINÀ ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RODHOYALLÒHU ‘ANHU

PARA BUDAK YANG DIMERDEKAKAN SAYYIDINÀ ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RODHOYALLÒHU ‘ANHU


Oleh Mochammad Fuady bin Abdullah

Sebagaimana diketahui bahwa Abu Bakar RA adalah seorang sahabat yang paling tinggi imannya kepada Allah dan Rosulullah SAW.Seluruh harta bendanya digunakan untuk perjuangan agama dan membantu sesama.

Dikenal mempunyai jiwa yang sangat lembut.Hingga Nabi SAW mengatakan bahwa hati Abu Bakar RA lebih lembut daripada susu.Ilustrasi yang menggambarkan bagaimana subur dan bercahayanya hati sahabat mulia ini.

Kepekaan sosialnya tinggi.Ringan tangan membantu mereka yang membutuhkan.Kesantunan akhlak dan prilakunya membuat orang-orang disekitarnya menaruh hormat dan cinta.Abu Bakar RA sangat menyayangi orang2 lemah,fuqoro dan masakìn.Sikap seperti ini memang sudah ada sejak beliau belum mengenal Rosulullah SAW,dan ketika sudah beriman kepada Allah dan Rosul-Nya,sifat2 terpuji sahabat mulia ini semakin nampak dan mengkristal,sesempurna iman yang Allah anugerahkan kepada beliau Rodhiyallòhu ‘anhu wa ardhóhu.

Kekayaan yang Allah titipkan kepadanya,semua berpulang dijalan Allah,untuk dakwah dan membantu orang lain,termasuk mereka yang terdzolimi seperti kehidupan para hamba sahaya atau budak.

Sayyidah ‘Aisyah RA berkata bahwa Ayahnya (Abu Bakar RA) telah memerdekakan 7 hamba sahaya (budak) yang semua di siksa dijalan Allah.Bilal,Amir bin Fuhairoh,Zinnìroh,Nahdiyyaj dan anak perempuannya,seorang budak wanita bani muammal dan Ummi Ubais.(lihat Ibnu Asakair,no:157-158,Alma’rifatu wattarikh 3/263 dan Mushonnaf Ibnu Syaibah 7/473).

Tujuh budak yang dimerdekakan Abu Bakar RA adalah:

1- ‘Amir bin Fuhairoh RA.
Beliau termasuk assàbiqunal awwalun atau barisan pertama masuk islam.

Sebelum dimerdekakan oleh Abu Bakar RA,beliau adalah budak dari Thufail bin Abdillah bin Sakhbaroh.Thufail ini adalah kakak kandung Aisyah RA,satu ibu,lain bapak.Dari ibu bernama Ummu Ruman.

Ummu Rumman (zainab nama aslinya) sebelum dinikahi Abu Bakar RA adalah janda dari Abdullah bin Harits bin Sakhbaroh.Dari pernikahan Ummu Rumman dan Abdullah,lahirlah thufail.

Sedangkan pernikahan Abu Bakar RA dengan Ummu Rumman lahirlah Abdurrahman dan Aisyah RA.

‘Amir bin Fuhairoh RA setelah dibeli oleh Abu Bakar RA dan dimerdekakan,beliau ikut serta hijrah bersama Nabi SAW dan Abu Bakar RA,ikut perang badar dan uhud.Wafat sebagai syahid waktu perang bi’ru ma’ùnah,tahun 4 H.

2- Ummu Ubais.(maaf belum menemukan profil Ummu Ubais ini,mungkin ada temen FB yang punya sedikit biografinya..silahkan di share).

3- Zinnìroh.
Wanita ini berasal dari romawi.Termasuk golongan pertama masuk islam.Sebelum dimerdekakan Abu Bakar RA,dia adalah budak Abu Jahal dan terus disiksa hingga kedua matanya buta.

Setelah di merdekakan dalam keadaan buta,orang-orang quroisy mengatakan bahwa matanya yang buta tidak akan bisa disembuhkan kecuali oleh tuhan latta dan ‘uzza (sesembahan orang quroisy).Lalu Zinnìroh berkata:”Mereka adalah pendusta.Latta dan Uzza sedikitpun tidak bisa memberi manfaat ataupun madhorot”.

Tidak lama kemudian matanya yang buta itupun terbuka kembali dan sehat sebagaimana semula.(lihat Al-ishobah 4/305 dan Siroh Ibnu Hisyam 1/318).

4-Nahdiyyah dan putrinya.

Mereka dari bani An-Najjar.Pada suatu hari ketika mereka sedang disiksa majikannya,Abu Bakar RA lewat.Melihat keduanya sedang di tindih karung yang berisi tepung,Abu Bakar RA langsung meminta kepada sang majikan agar menurunkan tepung itu dari tubuh keduanya.

Namun sang majikan itu menolaknya dan berkata:”aku tidak berhenti menyiksa mereka dan selamanya tidak aku merdekakan”.

Lalu Abu Bakar RA berkata:”bagaimana kalau aku mau membeli mereka berdua?,berapapun harganya aku beli”.

Akhirnya sang majikan menjualnya,tentunya dengan harga yang sangat tinggi.

5-Budak wanita bani muammal.

Dia adalah budak Umar bin Khoththob (sebelum masuk islam).Umar menyiksanya agar dia meninggalkan islam.Pada saat penyiksaan terjadi inilah,Abu Bakar RA datang dan membelinya.(lihat Siroh An-Nabawiyyah Ibnu Hisyam 1/318-319,Sabilul Huda wa arrosyad 2/478-479,489-483).

6-Abu Fukaihah.
Dia adalah maula Shofwan bin Umayyah bin Kholaf.Termasuk golongan pertama masuk islam.

Umayyah bin Kholaf sebagai tuannya selalu menyiksa tiap saat.Dengan kaki di ikat lalu Abu Fukaihah ditarik oleh Umayyah digurun tandus,bahkan rantainyapun di ikatkan dari kaki hingga ke lehernya.Saat itu datanglah saudara Umayyah bin Kholaf yaitu Ubay bin Kholaf dan berkata:”terus dan tambah lagi siksanya,biar dia mau kembali dari ajaran muhammad”.

Hampir saja Abu Fukaihah mati.Dalam keadaan yang sangat mengenaskan,lewatlah Abu Bakar RA,lalu Abu Bakar RA membelinya,setelah itu,iapun dimerdekakan Abu Bakar RA.(Lihat Al-Ishobah 4/155).

7-Bilal bin Abi Robah.

Beliau adalah Muadzdzin Rosulullah SAW.Dan termasuk golongan pertama masuk islam.

Beliau dibeli Abu Bakar RA pada saat beliau disiksa oleh tuannya Umayyah bin Kholaf dengan menindihkan batu besar dipunggung beliau pada saat cuaca begitu panas.Kalimat “Ahad” tetap terus terucap ketika Umayyah terus menekannya agar keluar dari islam.

Harga Bilal bin Abi Robah ketika di beli Abu Bakar RA adalah 5 Awàq (Uqiyah).(lihat Ibnu Abi Syaibah 8/448,Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya 1/38,Ibnu Sa’d 3/323,7/385).

Menurut Syekh Abu As-Sattar dalam karyanya “Abu Bakar RA Kholífatu Rosulillah SAW”,hal:120 mengatakan bahwa 1 uqiyah = 119 Gram Emas.Jadi Abu Bakar RA membeli Bilal bin Abi Robah seharga 595 Gram Emas.Subhànallóh….

Note:

Apapun yang Allah titipkan kepada kita,pergunakanlah sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya.Inilah aplikasi syukur kita kepada Allah.

Mudah2an sekelumit catatan diatas menjadi spirit agar kita lebih punya tanggung jawab lagi pada agama kita yang hanif ini.

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: