JelajahQatar.com

Home » 2015 » February (Page 2)

Monthly Archives: February 2015

Benahi Diri dengan Shalat Tepat Waktu

Dipublikasi atas rangkuman dari berbagai sumber

Seorang Bapak berbincang dengan penjaga keamanan.

Penanya : “Kerja disini digaji pak?”

Satpam : “Iya dong pak.”

Penanya : “Alhamdulillah ya, masih bisa kerja dan digaji. Sementara ada orang lain yang nggak punya pekerjaan apalagi digaji”

Satpam : “Iya sih, pak. Tapi, Saya bosan Pak, sudah 7 tahun begini terus … jadi satpam aja. Gaji pun naik ala kadarnya.”

Penanya : “Ooo begitu ya Pak. Ohya, sudah sholat Pak?”

Satpam : “Belum. Nanti aja, tanggung. Jam 5-an aja deh.”

Penanya : “Wah, sekarang jam 3-an, waktunya Ashar. Kalau Bapak sholat jam 5 berarti menunda sholat 2 jam. Kalau satu hari ada 5 waktu sholat, rata-rata Bapak menunda 5 x 2 jam = 10 jam. Artinya Satu minggu Bapak menunda 7 x 10 jam = 70 jam. Satu bulan 4 x 70 jam = 280 jam. Satu tahun Bapak menunda 12 x 280 jam = 3360 jam. Dan akhirnya selama 7 tahun Bapak telah menunda sholat selama 7 x 3360 jam = 23.520 jam atau sama dengan 3 tahun. Nah, jadi dari 7 tahun yang Bapak merasa bosan itu, Bapak telah kehilangan 3 tahun menunda sholat.”

Satpam : “Wah, iya-ya Pak. Banyak banget ya.” (more…)

SAHABAT ABU HURAIROH RODHIYALLÒHU ‘ANHU WA ARDHÒHU

Oleh Mochammad Fuady bin Abdullah

Nama sahabat mulia ini adalah Abdurrahman bin Shokhr Ad-Dausy…berasal dari Yaman.

Ibunya bernama Umaimah binti shufaih bin Harits,juga dari Ad-Dausy,Yaman.

Abu Hurairah RA berkata:”Rosulullah SAW memanggilku Abu Hirr,sedangkan para sahabat memanggilku Abu Hurairah”.(HR.Alhakim 3/506 dan Ibnu Asakir 67/313).

Abu Hirr artinya bapaknya kucing.Sedangkan Abu Hurairah artinya bapaknya kucing cilik/(tashghir).

Abdullah bin Rofi’ RA bertanya kepada Abu Hurairah RA,bagaimana engkau bisa dipanggil Abu Hurairah?.Kemudian dijawab bahwa aku adalah pengembala kambing dari salah seorang keluargaku,aku punya kucing kecil.Kalau malam menjelang,aku taruh kucing itu diatas pohon dan ketika pagi tiba,aku ambil dia dan ku ajak main bersamaku.Maka mereka menyebutku Abu Hurairah”.(HR.At-Tirmidzi 3840,Ibnu Sa’d 4/329 dan Ibnu Asakir 67/312-313). (more…)

PARA BUDAK YANG DIMERDEKAKAN SAYYIDINÀ ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RODHOYALLÒHU ‘ANHU

Oleh Mochammad Fuady bin Abdullah

Sebagaimana diketahui bahwa Abu Bakar RA adalah seorang sahabat yang paling tinggi imannya kepada Allah dan Rosulullah SAW.Seluruh harta bendanya digunakan untuk perjuangan agama dan membantu sesama.

Dikenal mempunyai jiwa yang sangat lembut.Hingga Nabi SAW mengatakan bahwa hati Abu Bakar RA lebih lembut daripada susu.Ilustrasi yang menggambarkan bagaimana subur dan bercahayanya hati sahabat mulia ini.

Kepekaan sosialnya tinggi.Ringan tangan membantu mereka yang membutuhkan.Kesantunan akhlak dan prilakunya membuat orang-orang disekitarnya menaruh hormat dan cinta.Abu Bakar RA sangat menyayangi orang2 lemah,fuqoro dan masakìn.Sikap seperti ini memang sudah ada sejak beliau belum mengenal Rosulullah SAW,dan ketika sudah beriman kepada Allah dan Rosul-Nya,sifat2 terpuji sahabat mulia ini semakin nampak dan mengkristal,sesempurna iman yang Allah anugerahkan kepada beliau Rodhiyallòhu ‘anhu wa ardhóhu. (more…)

Wejangan Bob Sadino dari Masa ke Masa

Wejangan alm. Bob Sadino (1933-2015)

• Membawa selusin bodyguard bukan jaminan keamanan. Tapi rendah hati, ramah, dan tidak mencari musuh, itulah kunci keamanan.

• Obat dan vitamin bukan jaminan hidup sehat. Jaga ucapan, jaga hati, istirahat cukup, makan dengan gizi seimbang dan olahraga yang teratur, itulah kunci hidup sehat.

• Rumah mewah bukan jaminan keluarga bahagia. Saling mengasihi, menghormati, dan memaafkan, itulah kunci keluarga bahagia.

• Gaji tinggi bukan jaminan kepuasan hidup. Bersyukur, berbagi, dan saling menyayangi, itulah kunci kepuasan hidup. (more…)