image

JelajahQatar.com – Doha | Untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya, pemilik kendaraan bermotor di Qatar diwajibkan memeriksakan kendaraannya setahun sekali. Hasil kelulusan inspeksi kendaraan merupakan salah satu syarat untuk memperbarui STNK (dalam istilah arab disebut dengan ISTIMARA).

Kendaraan (mobil/motor) akan diperiksa kelayakannya. Inspektor dari pihak ketiga akan memeriksa diantaranya, pemeriksaan ada tidaknya kerusakan body (cat yang tergores, body yang penyok dan kerusakan body lainnya), pemeriksaan fungai rem (baik rem kaki maupun rem parkir), pemeriksaan wiper, pemeriksaan klakson, pemeriksaan ban kendaraan, pemerikaan emisi bahan bakar, pemeriksaan kaca film, pemeriksaan lampu (lampu dekat jauh, lampu rem, dan lampu sinyal). Diperiksa juga  tersedianya alat pemadam kebakaran.

image

Biaya pemeriksaan membutuhkan biaya 75 QAR (atau sekitar 275 ribu rupiah) untuk sekali pemeriksaan.

Jika dinyatakan lulus, kita tinggal mengurus asuransi kendaraan (bisa full insurance atau third party insurance). Bisa bayar online maupun offline di kantor cabang asuransi terdekat.

Bukti pembayaran asuransi kemudian dilampirkan dengan bukti kelulusan inspeksi kendaraan, Qatar ID/Residence Permit, dan istimara yang lama. Dokumen-dokumen ini kemudian diserahkan ke Traffic Police Headquarter untuk mendapatkan istimara yang baru.

Kelulusan inspeksi kendaraan secara umum ada dua hal yaitu kelulusan uji fisik kendaraan (technical) dan kelulusan dari sisi hukum/legal (misal terkait dengan pemasangan kaca film yang tidak sesuai standar).

Jika ada technical failed, maka kita harus segera memperbaiki kerusakan yang dimaksud. Jika sudah OK, kita bawa kembali ke tempat technical inspection.

Jika ada legal failed, maka kita mengurus ke Polisi yang khusus menanganinya. Jika sudah dinyatakan OK oleh polisi, maka tinggal mengurus ke Traffic Police Headquarter.

Jadi untuk memperlancar technical inspection kendaraan, yakinkan kendaraan dalam kondisi bersih dan kinclong. Periksa semua bodi kendaraan beserta fungsi-fungsinya termasuk tersedianya fire extinguisher.

Dengan kesiapan kendaraan kita sebelum diperiksa maka proses inspeksi pun akan lancar dan terhindar dari technical failed yang mungkin terjadi. Jika sedang tidak antri banyak, membutuhkan paling lama 1 jam untuk semua prosesnya, dari mendaftar, antri, pemeriksaan hingga pengambilan hasil inspeksi.

Qatar, 12 Agustus 2015
#SummerinQatar
#LivinginQatar

@EnjoyYourDay