JELAJAH QATAR

Home » Wonderful Indonesia » Merapi Volcano Adventure, Melihat Lebih Dekat Saksi Bisu Kedahsyatan Letusan Merapi

Merapi Volcano Adventure, Melihat Lebih Dekat Saksi Bisu Kedahsyatan Letusan Merapi


image

Foto by @sugengbralink

JelajahQatar.com | Pagi itu cuaca begitu cerah. Hari Ahad pagi di Kota Jogja.

Selepas aktivitas rutin pagi yang dilengkapi dengan sarapan bubur ayam rasa kota gudeg, kami sekeluarga segera meluncur ke Lereng Gunung Merapi.

Bermodalkan informasi dari Jeep Wisata Merapi (JWM), rasanya kian tak sabar untuk segera melihat lebih dekat sisa-sisa kedahsyatan letusan merapi.

Sebelum berangkat, saya sempatkan bertanya ke resepsionis hotel. Alhamdulillah, dapat peta kota jogja lengkap dengan nama-nama jalan dan beberapa destinasi wisata yang ada, termasuk arah ke gunung merapi. Tentu dibantu juga dengan peta Google yang up to date via gadget android. Ya itung-itung untuk back up kalau sinyal internet ngedrop.

image

Foto by @sugengbralink

Sekitar satu seperempat perjalanan akhirnya kami sampai di gerbang wisata Merapi Lava Tour. Kami dua dewasa dan dua anak membayar 14 ribu rupiah. Petugas loket menginformasikan bahwa banyak provider petualangan. Terdapat disisi kanan dan kiri jalan tak jauh dari gerbang tersebut.

Hasil janjian via whatsapp, akhirnya kami putuskan memakai jasa JWM. Seorang petugas di base camp segera menjelaskan tentang 4 paket wisata yang tersedia. Yaitu paket short, medium, long dan sunrise.

Paket short adventure akan mengajak anda berpetualang menyusuri wilayah-wilayah bekas tumpahan material akibat letusan merapi tahun 2010 lalu.

Kita akan diajak berkeliling menggunakan mobil jeep. Kapasitas penumpang maksimum 5 orang termasuk supir.

Paket short dimulai dari Base Camp, dilanjut ke Kali Opak, Mini Musium Sisa Hartaku, Batu Alien (Batu Wajah), Bunker Kali Adem, dan Material Panas Merapi. Paket ini menempuh waktu sekitar 1 – 1,5 jam.

Dengan biaya 300 ribu rupiah maka anda berempat berhak mencicipi Merapi Volcano Adventure paket pendek.

Jika anda nambahi 100 ribu lagi, maka anda akan mendapatkan paket medium, yaitu paket short ditambahi kunjungan ke Kali Gendol dan Makam Mbah Maridjan. Jarak tempuhnya 2 – 2,5 jam.

Untuk paket long, anda akan mendapatkan paket medium plus Bukit Glagah Sari dengan waktu tempuh 3 – 3,5 jam. Bayarannya 500 ribu saja.

Jika anda ingin menikmati Sunrise di Kaki Merapi, anda harus sudah ada di base camp jam setengah lima pagi.

image

Foto by @sugengbralink

Jauhnya perjalanan dan hawa udara yang kian panas di siang hari, jangan lupa bawa air minum. Lumayan untuk penghilang dahaga dalam perjalanan. Namun jika anda tak membawanya juga nggak apa, karena di beberapa titik pemberhentian ada penjual makananan/minuman serta oleh-oleh.

Untuk mengabadikan momen, seperti biasa, jangan lupa kamera dan handycam.

Petualangan Merapi memang mantab. Dengan uang 300 ribu saja, anda akan merasakan sensasi digoyang mobil jeep. Area jalanan naik turun dan berbatu, membuat badan anda bergoyang-goyang. Tapi Inshaa Allah nggak sampai bikin muntah.

Supirnya sudah berpengalaman dalam urusan ini. So..jangan khawatir! Sudah gitu, supirnya juga bisa anda minta tolong untuk menjepret anda saat dalam perjalanan nanti. Pokoknya supirnya jago mbawa mobil, baik hati dan jago njepret foto.

Mas Andi, supir jeep yang membawa kami banyak bercerita tiap kali melewati area-area yang terkena efek letusan merapi. Disamping diajak berpetualang, anda juga diajak melihat betapa dahsyat efek letusan gunung teraktif di Indonesia ini.

Kondisi lingkungannya sudah menghijau. Jauh berbeda ketika baru saja terkena letusan 5 tahun lalu. Dulu semua serba abu-abu, kini sudah menghijau kembali. Alhamdulillah!

Sesampai di destinasi akhir yaitu lokasi bunker kali adem, kami sempatkan masuk ke bekas bunker tersebut. Bunker yang tak begitu besar itu kini tak dipakai lagi karena area sekitar bunker sudah tak dihuni lagi penduduk.

Siang itu jarum jam sudah jam setengah sebelas. Ratusan mobil jeep dan merk lainnya terparkir disana. Dipenuhi penumpang dari penjuru nusantara. Bahkan sesekali kita lihat pengunjung expatriat.

‘Merapi Tak Pernah Ingkar Janji’. Sebuah kalimat yang tertulis besar dalam musium mini sisa hartaku. Saya nggak tau apa makna sebenarnya kalimat tersebut.

Namun yang jelas Inna ma’al ‘usri yusro (Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan). Selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian.

Wallohua’lam Bisshowab.

Kaliurang, 15 November 2015
Sugeng Bralink
JWM +62 819-3172-8691 (Call/SMS/Whatsapp)

Follow Us @JelajahQatar

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: