image
Screen capture @kbridohacom

JelajahQatar.com | Jika saat ini paspor anda 6 bulan lagi kedaluarsa, maka sebaiknya segera diperbarui. Masa 6 bulan adalah masa berlaku terpendek untuk pemegang paspor bisa melakukan perjalanan internasional (antar negara).

Kalaupun diloloskan oleh pihak imigrasi bandara, sebenarnya mempunyai resiko bagi pemegang paspor. Yang namanya kondisi emergency tidak pernah tau. Maka dari itu ada baiknya jika sudah hampir kedaluarsa, segera ddiperbarui.

Bagi masyarakat Indonesia yang berdomisili di Qatar, kita bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh KBRI Doha. Kunjungi website KBRI DOHA kemudian isi semua kolom yang tersedia. Selain untuk perbaruan paspor, formulir tersebut juga berfungsi bagi LAPOR DIRI.

Jangan lupa lampirkan dokumen-dokumen yang diminta pihak KBRI. Pastikan lampiran tidak melebihi 300 KB dan dalam format yang sesuai.

Setelah semua kolom terisi, cek sekali lagi dan pastikan semua benar. Kalau benar-benar sudah OK, klik SUBMIT/UPLOAD.

Lakukan konfirmasi ke pihak KBRI Doha dengan cara mengirim email ke consular@kbridoha.com.

Setelah 3 hari anda bisa datang ke KBRI dengan membawa paspor yang akan kedaluarsa tersebut. Jangan lupa membawa biaya perbaruan paspor sejumlah 100 Qatar Riyals.

Manfaatkan kemudahan yang diberikan Bangsa Indonesia melalui KBRI Doha. Jika bisa online, kenapa mesti repot offline.

Dukhan, 11 Desember 2015
@sugengbralink

Follow Us @JelajahQatar