JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » Jalan-jalan ke Goa Pindul

Jalan-jalan ke Goa Pindul


image

JelajahQatar.com | Lagi bingung mau jalan-jalan kemana? Jika anda di sekitar Jogja, ada salah satu obyek wisata alam yang menarik, namanya Goa Pindul.

Untuk mencapai lokasi ini terbilang cukup mudah. Dengan kehadiran teknologi Google Maps, rasanya urusan perjalanan menjadi lebih mudah.

Dari Kota Jogja, kita memerlukan waktu sekitar 1 sampai 1.5 jam. Kondisi jalan raya sudah sangat bagus. Rambu-rambu penunjuk jalan sangat membantu selama dalam perjalanan.

Memasuki kawasan wisata Goa Pindul, terdapat banyak pilihan pemberi jasa layanan wisata. Tinggal pilih yang disuka.

Waktu itu, saya bersama keluarga (berempat) langsung menuju ke lokasi terujung. Karena efek google maps akhirnya kami diarahkan ke jalan yang cenderung sepi, walau konsekuensinya lewat jalan sempit. Alhamdulillah pengendara kendaraan roda dua (dua orang boncengan) mendekati kami.

Mereka tanya “Pak, mau ke Goa Pindul ya?”

Iya Mas, jawab saya.

Monggo dianter sampe lokasi pak, gratis kok!”

Dengan kearifan kota Gunung Kidul, kami mempercayai mereka berdua. Inshaa Alloh tak ada niat jahat dari keduanya.

Akhirnya kami mengikuti mereka, sampailah ke jalan yang lumayan lebar. Hingga di ujung perjalanan kami sampai ke pemberi jasa wisata Pindul yang paling ujung. Lokasinya tak begitu jauh ke Goa.

Kios-kios penjaja makanan, minuman, jajan dan keperluan basah-basah berjejer. Kamar mandi dan toilet tak ketinggalan. Nampak bersih dan rapi.

Untuk mengabadikan momen, penjaja kios menawarkan wadah handphone tahan air. Wadah ini sangat bermanfaat ketika anda menyusuri goa nantinya.

Tiket susur goa pindul dibandrol 35 ribu rupiah per orang. Sementara untuk paket Pindul River Rafting dibandrol 45 ribu rupiah saja. Setelah diskusi sama istri dan anak-anak, akhirnya kami beli keduanya. Info paket wisata lengkapnya, langsung cek ke TKP di GoaPindul.com

It’s adventure time!!!

Segeralah kami berkemas untuk menikmati petualangan menyusuri goa.

Koper kecil berisi pakaian ganti yang sudah kami siapkan, kami titipkan ke pos penjualan tiket, Gratis.

Seorang pemandu lengkap dengan life jacketnya mendatangi kami. Memberikan life jacket (jaket pelampung), untuk kami pakai.

Kami diajaknya berjalan untuk mengangkat ban dalam mobil ukuran jumbo yang sudah dipasang tali ditengahnya.

image

Akhirnya susur goa dimulai. Satu per satu menaiki ban dengan posisi duduk santai diatasnya. Kita diminta untuk saling memegang tali ban sebelahnya. Jadi berjajar memanjang. Pokoknya asyik deh!!

Pemandu dengan sangat detail menjelaskan bagian demi bagian dalam goa. Sambil sesekali diselingi guyonan yang renyah.

Goa pindul sendiri terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian terang, remang-remang dan gelap.

Tak terasa 45 menitan waktu berlalu, sampailah kami di ujung petualangan susur goa pindul. Terdapat kolam air yang bersih, pemandu pun siap membantu para pengunjung ketika turun dari ban.

Perjalanan selanjutnya adalah Pindul River Rafting. Kami diajaknya menaiki mobil bak terbuka yang sudah siap dengan ban-ban serupa tadi.

Seorang supir membawa kami menyusuri pedesaan Pindul. Rumah di kanan kiri jalan. Hingga kami sampai ke kawasan perkebunan yang ditanami kayu putih. Kayu yang dari daunnya diproduksi menjadi minyak kayu putih yang sering dipakai anak-anak ketika masih bayi.

Alhamdulillah, perjalanan sekitar 10 menitan, sampailah kami di landing zone untuk petualangan sungai Pindul.

image

Pemandu membantu kami satu per satu menuruni sungai kemudian naik ke atas ban yang sudah disiapkan. Berbeda dengan susur goa pindul, di titik awal kami langsung dilepas diatas ban satu per satu. Kebetulan juga sungainya lagi tak bearus kencang, maklum masih awal musim penghujan.

Anak kami yang masih kelas 1 SD yang tadinya takut air pun, enjoy banget disini.

image

Di musim saat ini disaat elevasi air masih rendah, kita bisa melihat keindahan dinding sungai pindul yang menakjubkan. Dinding batu alam yang terukir indah oleh gerusan air ketika musim penghujan. Subhanallah, Maha Suci Allah atas segala ciptaanNya yang begitu indah dan mempesona.

Sekitar 1 jam kami susuri sungai, hingga sampailah diujung perjalanan.

Mobil yang mengantar kami tadi sudah siap mengantar ke tempat semula.

Petualangan Pindul yang mengesankan, bahkan anak kami pingin ngajak balik lagi kesini 🙂

Follow Us @JelajahQatar

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: