JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » CARA KIRIM REMITTANCE DARI QATAR KE INDONESIA

CARA KIRIM REMITTANCE DARI QATAR KE INDONESIA


Mengirim uang ke Indonesia bagi TKI merupakan kesenangan tersendiri. Bagi anda yang di Qatar, ada beberapa metode alternatif pengiriman uang (remittance) ke Indonesia. Untuk bisa mengirimkan uang dari Qatar Riyal, kita bisa menggunakan jasa Money Exchange atau Bank. Ada yang dari Qatar Riyal ke US Dollar dulu baru ke Rupiah, ada yang dari Qatar Riyal langsung ke Rupiah.

Jasa pengiriman uang di Qatar, difasilitasi oleh beberapa Bank dari Indonesia yang bekerjasama dengan beberapa Money Exchange.

1. Bank BNI punya layanan BNI Remittance dan BNI Wesel Pos. BNI remittance bisa didapatkan layanannya di City Exchange dan Gulf Exchange. Dengan BNI Remittance, uang yang kita kirim akan menjadi rupiah secara langsung. Saat kita ngirim, kitapun langsung tahu berapa uang yang akan masuk ke rekening. Jika rekening tujuan rekening Bank BNI, maka biasanya uang akan sampai di hari yang sama. Total rupiah yang masuk akan dipotong biaya administrasi sebesar 30 ribu rupiah. Jika ke Bank lain akan kena potongan total 45 ribu rupiah.

image

Photo by CE Qatar

2. Mandiri Remittance. Layanannya bisa didapatkan di Alfardan Exchange. Uang akan dirubah menjadi US Dollar, baru kemudian dirubah menjadi Rupiah. Jika rekening anda Bank Mandiri, maka uangpun akan cepat sampai.

3. BCA Remittance. Penghubung yang dipakai adalah Fire Cash. Kursnya plus minus aja dengan BNI Remittance.

4. Western Union. Layanan ini merupakan layanan pengiriman uang yang tidak memerlukan rekening Bank. Pengirim cukup memberikan nama penerima sesuai KTP yang dimiliki. Penerima uang cukup menunjukkan KTP dan nomor resi pengiriman saat mengambil uang di gerai Western Union terdekat.

5. Ooredoo. Melalui perusahaan telkom milik pemerintah Qatar, kita bisa mengirim uang dengan jasa Moneygram. Layanannya mirip dengan western union sepertinya. Saya sendiri belum pernah nyoba.

6. Mengirim melalui e-banking. Satu bank yang pernah saya alami fasilitasnya adalah Doha Bank. Langkah awalnya adalah kita daftarkan nomer rekening bank yang akan kita kirimi uang ke pihak doha bank. Nomer rekening bank tersebut akan diperiksa sebelum dimasukan ke Beneficiary List di akun ebanking dohabank kita. Jika sudah diapprove, maka kita sudah bisa memulai pengiriman uang melalui ebanking Dohabank. Selamat mencoba!

Demikian yang bisa saya share, semogabermanfaat.

Dukhan, 3 Maret 2016
@sugengbralink

Advertisements

1 Comment

  1. muchsinhamid says:

    Informasi yg sangat bermanfaat šŸ™‚

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: