JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » MUSIM PENYERBUKAN KURMA

MUSIM PENYERBUKAN KURMA


image

Musim dingin berangsur pergi. Musim panas akan datang menjelang. Inilah musim peralihan dimana pohon-pohon kurma mulai berbunga di Timur Tengah.

Pohon kurma ada dua macam, jantan dan betina. Hanya kurma betina yang nantinya akan menjadi buah kurma. Buah yang kita tentu sudah pernah memakannya, khususnya ketika bulan ramadhan tiba.

Untuk menjadi buah kurma yang besar, bunga-bunga kurma betina diserbuki oleh bunga kurma jantan. Ada bermacam cara untuk penyerbukan, diantaranya dengan cara menaruh beberapa tangkai kecil bunga jantan ke dalam untaian bunga betina, ada juga dengan cara mengoleskan serbuk bunga jantan ke untaian bunga-bunga kurma betina. Hal ini dilakukan secara manual oleh campur tangan manusia.

Pada jaman dahulu, mungkin saja hanya mengandalkan terbangnya serbuk bunga-bunga jantan yang dibawa angin dan kemudian menempel ke bunga-bunga kurma betina. Wallohua’lam.

image

Bunga kurma jantan berwarna krem. Sementara bunga kurma betina itu kehijauan. Bunga kurma jantan berisi serbuk, yang kian lama akan habis diterpa angin. Sementara bunga kurma betina akan terus membesar menjadi biji-biji kurma yang kecil, ukuran sedang hingga ukuran besar dan matang ketika musim panas sedang memuncak suhunya.

Puncak musim panas menjadi musim panen kurma. Kurma-kurma yang masih segar bisa kita temui di pasar-pasar tradisional. Bahkan mungkin bisa langsung petik di pohon.

Terdapat banyak macam jenis kurma. Ada yang hijau, ada yang merah. Ada yang manis biasa, ada yang manisnya mak cleng.

Kurma, inilah salah satu berkah bumi padang pasir. Ditengah padang tandus, ada pohon yang menghasilkan buah yang manis dan penuh khasiat. Maha Besar Alloh atas segala ciptaanNya.

Qatar, 26 Maret 2016
@sugengbralink

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: