JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » Ngadem di Lereng Slamet

Ngadem di Lereng Slamet


image

Sudah hampir 20 tahun tak pernah saya kunjungi Gucci. Sebuah kawasan wisata air hangat di lereng gunung Slamet. Kawasan wisata yang sangat ramai, khususnya di akhir pekan.

Hawa udaranya memang sudah tak sedingin dulu. Namun jauh lebih segar ketimbang hawa udara perkotaan yang sudah dipenuhi polusi. Bukit kanan kiri menghiasi perjalanan menuju obyek wisata. Jam 11.30 siang waktu itu, nampak hehijauan hutan pinus sebagian masih berselimut kabut.

Melewati gerbang utama kawasan wisata,  berjejer pemondokan, home stay, motel hingga hotel. Beberapa hotel menyiagakan satu orang berdiri di depan hotelnya untuk menawarkan ke wisatawan yang sedang lewat.

Sepanjang jalan mendekati kawasan wisata dipenuhi dengan pedagang sayur-mayur dan buah-buahan. Manggis, alpokat, sirsak, pete, wortel, ganyong, welok, dan aneka hasil bumi lainnya. Masih segar dan tentunya harga bersahabat. Tersedia juga krupuk khas Tegal. Renyah dan gurih.

Di hari Minggu pagi, jalanan menuju kawasan parkir wisata penuh sesak. Mobil yang lewat harus rela bersabar. Jalanan penuh orang dan kendaraan.

Menurut saya, ada 3 tempat titik wisata yang bisa anda pilih. Pertama adalah kawasan pemandian air hangat Gucci. Lokasinya terbuka. Aliran air hangat dari sumber mata air pegunungan. Kanan kiri rimbun pepohonan. Dari tempat ini kita bisa menaiki perbukitan, dari sana kita bisa menikmati keindahan Gucci dari ketinggian.

Kemudian yang kedua adalah Wana Wisata Gucci. Letaknya tepat sebelum area parkir wisata Gucci. Tiket masuk ke wana wisata cukup 15 ribu per orang. Terdapat Villa untuk menginap.

Di kawasan ini kita bisa menikmati keindahan alam dengan menunggang kuda. Rute menunggang kuda dimulai dari kawasan pemandian air hangat berputar ke kampung Gucci, air terjun, wana wisata dan kembali lagi. Tarifnya 50 ribu per kuda yang bisa dinaiki satu dewasa dan satu anak.

Tempat pemandian ketiga yang nyaman adalah di Guci-ku waterboom. Tempat ini berada tak jauh dari gerbang pintu masuk Gucci. Sekitar 200 M kemudian belok kanan. Berjalan lurus menyusuri jalan yang menurun, menyeberang jembatann dan setelah 2 KM maka anda akan sampai di Guci-ku waterboom.

Di Guci-ku anda bisa menginap. Tersedia villa dan hotel. Namun jangan lupa booking dulu jauh-jauh hari. Bagi anda yang cuma pingin berenang dan berendam air hangat, juga bisa. Buka dari jam 06.30 dan tutup jam 22 malam.

Qatar, 30 Maret 2016
@sugengbralink

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: