JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » DAPATKAH DIPERCAYA?

DAPATKAH DIPERCAYA?


TRUST ILUSTRASI

Sejak dua bulan lalu, Saya terlibat dalam sebuah upaya pendirian koperasi yang berlatar belakang kesamaan profesi. Saya didaulat sebagai bendahara. Sebuah tanggung jawab yang sangat berat.

Hari demi hari berlalu. Satu per satu rekan-rekan bergabung. Mendaftarkan diri secara online. Mentransfer uang secara online. Semua dikelola online. Dengan jarak yang begitu jauh, karena kebanyakan rekan-rekan tinggal di Indonesia, sementara saya sedang merantau di negeri seberang.

Saya meyakini bahwa saya bukan manusia sempurna. Banyak kekurangan sana sini. Namun beban tanggung jawab menjadi seorang bendahara menjadikan saya harus benar-benar mengembannya dengan baik.

Semua saya laporkan tiap hari dengan bekal handphone dan koneksi internet. Alhamdulillah sehari menjelang pelaksanaan Musyawarah Nasional pendirian koperasi, sudah terdaftar dan diterima simpanan pokok dan simpanan wajib koperasi sejumlah 89 orang.

Puluhan juta terkumpul. Mereka tau bahwa koperasi itu belum resmi berdiri, belum ada akta notarisnya, belum ada rekening resmi milik koperasi, namun semangatnya luar biasa. Mereka transfer saja uangnya, mereka kirimkan bukti transfernya, dan saya berusaha sekuat tenaga mencatatnya.

Saya sendiri tak pernah tau apakah saya bisa dikategorikan manusia amanah atau belum. Saya hanya sebatas berusaha semampu yang saya bisa. Jika masih ada yang meragukan, wajar saja. Tapi yang berhak menentukan amanah atau tidak itu Yang Maha Kuasa. Karena sebaik-baik atau seburuk-buruk penilaian manusia masih ada peluang salah dan peluang benar di hadapan Ilahi.

Alhamdulillah, 15 Mei 2016 telah resmi berdiri Koperasi Perawat Nasional Indonesia. Sebuah pencapaian luar biasa (menurut saya). Betapa tidak, ide-ide yang dikomunikasikan secara online akhirnya bisa menghasilkan sebuah karya nyata sebuah lembaga koperasi. Yang Presiden Soekarno pernah menyebutnya sebagai Soko Guru perekonomian.

Teman-teman dalam tim pendirian koperasi begitu kuat dan hebat semangatnya. Begitu kuat langkah nyatanya. Padahal sebagian besar dari kita belum pernah ketemu. Hampir tiap hari selalu diisi dengan semangat berbagi dan berdiskusi tentang koperasi milik profesi ini.

Ada yang langsung tertarik, ada yang tidak tertarik sama sekali, ada yang masih pikir-pikir, dan banyak lagi respon yang muncul.

Setelah resmi berdiri, Saya coba lontarkan ajakan ke teman yang juga kerja di negeri seberang. Ada sebuah pertanyaan menarik buat saya. “Apakah koperasinya bisa dipercaya?”

Menjawab pertanyaan begini tidak mudah. Menjawabnya mesti melihat dari berbagai sisi. Saya tidak akan menjawab pertanyaan itu disini. Saya hanya ingin menginformasikan tentang apa yang sudah kita lakukan dan apa yang kita lakukan.

Tim kerja online yang menyatukan teman-teman seantero Nusantara dan segelintir perawat di Luar Negeri ini memang belum membuahkan keuntungan secara finansial. Tapi menurut pengamatan dan apa yang saya rasakan, teamwork ini telah menunjukkan tentang pentingnya memegang amanah. Masing-masing bergerak dan bekerja sesuai kemampuan dan pengalamannya untuk sama-sama mendirikan Koperasi berbasis kesamaan profesi, yaitu profesi perawat.

Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Masih banyak mimpi-mimpi besar KPNI yang harus diwujudkan dalam karya nyata.

Yang perlu diketahui pula bahwa KPNI ini independen. KPNI bukan merupakan bidang kerja di internal organisasi PPNI. Tapi KPNI akan senantiasa menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan organisasi profesi yang sudah berdiri sejak 1974 ini.

Jikalau Kita sebagai penggerak KPNI tidak membuahkan hasil di kemudian hari, itu merupakan resiko sebuah usaha. Tapi jika Kita tidak melakukan langkah-langkah perjuangan saat ini, terus perubahan apa yang Kita harapkan terjadi di kemudian hari?

Qatar, 17 Mei 2016
@sugengbralink
‪#‎KPNI‬
‪#‎KoperasiPerawat‬
‪#‎DariPerawatUntukPerawat‬

Foto by Globoforce

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: