image
Foto by Google

Sejak akhir 2011 lalu, iseng-iseng Saya buat blog pribadi yang berisi oret-oretan sendiri seputar kehidupan dan pekerjaan di Qatar. Blog ini saya namai JelajahQatar. Tujuan utamanya sekedar sharing pengalaman dan informasi tentang kehidupan Diaspora Indonesia di Qatar beserta pernak-perniknya.

Terkadang, ketika lagi miskin ide untuk menulis, saya unggah tulisan-tulisan orang lain (dengan tetap mencantumkan nama sang penulis) untuk mewarnai isi blog. Sekaligus mengisi kekosongan artikel yang lama tidak saya tulis.

Seiring waktu, muncul ide untuk menambahkan laman khusus yang saya kasih judul FORUM (jelajahqatar.com/forum). Laman ini bertujuan menampung para pembaca blog yang ingin meninggalkan jejaknya, komentarnya, sarannya, kritiknya, pernyataannya atau pertanyaannya. Alhamdulillah, responnya luar biasa!

Bermacam pertanyaan muncul. Dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi pembaca. Dari sekedar nanya lowongan kerja, nanya kehidupan di Qatar, nanya biaya hidup, nanya biaya sekolah, TKW bermasalah yang sedang kebingungan, mahasiswa nyari beasiswa, dan bermacam pertanyaan lainnya.

Alhamdulillah, dengan tersambungnya notifikasi dari blog ke handphone, saya bisa meluangkan waktu mencoba menjawabnya di sela-sela kesibukan sebagai seorang TKI di Qatar.

Terkadang saking bingungnya dalam menjawab, saya lempar ke forum whatsapp Komunitas Indonesia di Qatar yang saya ikuti. Terima kasih untuk rekan-rekan yang turut berkontribusi memberikan pencerahan untuk saudara-saudara kita yang mungkin ingin ke Qatar.

Tak hanya itu, terkadang ada juga pertanyaan yang masuk email. Ada juga yang minta nomer PIN BBM. Semuanya demi kelanjutan pertanyaan yang mungkin mereka kurang sreg untuk mengungkapkannya di blog. Akhirnya saya publikasikan PIN 55BDF1B4 ke para pembaca.

Saya bukanlah manusia sempurna. Mohon maaf jika belum bisa menjawab apa yang menjadi harapan atas pertanyaan para pembaca. Saya hanya seorang Nurse yang seneng di dunia blogging. Jika belum pas jawabannya, harap maklum.

Semoga kebaikan dan keberkahan hidup senantiasa menghiasi kehidupan para pembaca blog JelajahQatar. Tak ada gading yang tak retak, kesempurnaan hanya milik Allah Azza Wajala. Mohon dimaafkan atas segala kekurangan saya dalam memberikan jawaban-jawaban di blog yang berlabel Enroll, Explore & Enjoy.

Dukhan, 11 Juni 2016
@sugengbralink
#RamadhanDiQatar

Foto: Google (ilustrasi only)