JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » RISET: EFEK POLLEN KURMA TERHADAP PARAMETER SPERMA & SEXUAL HORMONES

RISET: EFEK POLLEN KURMA TERHADAP PARAMETER SPERMA & SEXUAL HORMONES


image

Sebuah riset kurma berikutnya dipublikasikan tahun 2014 oleh US National Library of Medicine – National Institute of Health dengan judul “Effects of date palm pollen (Phoenix dactylifera L.) and Astragalus ovinus on sperm parameters and sex hormones in adult male rats”.

Penelitian tersebut membandingkan efek pollen kurma dengan astragalus ovinus pada parameter sperma dan hormon seksual pada tikus jantan dewasa. Astragalus sendiri adalah genus besar dari sekitar 3000 spesies tumbuhan dan semak-semak kecil, milik keluarga kacang-kacangan Fabaceae dan subfamili Faboideae.

Penelitian dilakukan pada tiga puluh enam tikus, yang dibagi menjadi enam kelompok (n = 6) termasuk kontrol dan lima kelompok perlakuan. Date Palm Pollen (DPP) (120, 240 dan 360 mg / kg) dan A.ovinus (100, 500 mg / kg) yang diberikan secara oral kepada kelompok perlakuan.

Setelah tiga puluh lima hari, sampel darah diambil untuk menentukan kadar serum FSH, LH, testosteron dan estradiol. Berat testis dan epididimis, jumlah sperma, motilitas sperma, diameter tubulus seminiferus (STD), ketebalan lapisan sel germinal (GCLT), Sertoli, leydig dan sel spermatogonium juga dievaluasi.

DPP di 120 dan 240 mg/kg dosis secara signifikan meningkatkan rasio testis atau epididimis ke berat badan, jumlah sperma, motilitas sperma, dan tingkat estradiol dibandingkan dengan kelompok kontrol (p <0,05).

LH dan testosteron hanya terasa meningkat pada 120 mg/kg DPP (p <0,01 dan p <0,001 masing-masing). STD meningkat dalam tiga dosis terapan (p = 0,001).

A. ovinus ekstrak pada dosis yang ditunjukkan menghasilkan penurunan yang signifikan dalam rasio testis atau epididimis ke berat badan dan motilitas sperma (p <0,05). jumlah sperma, spermatogonium, sel-sel leydig dan tingkat FSH menurun pada dosis 500 mg / kg.

Selanjutnya, GCLT, sel spermatogonium, dan tingkat serum estradiol meningkat pada 100 mg/kg dosis A. ovinus.

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah bahwa DPP bisa meningkatkan faktor kesuburan, sementara A.ovinus dapat menunjukkan efek merusak pada gonad dan sperma parameter pada tikus.

Selama ini kurma muda dianggap mampu mempengaruhi kesuburan (tapi saya belum menemukan hasil penelitiannya), namun membaca penelitian diatas, yang memiliki kemungkinan pengaruh pada kesuburan laki-laki adalah pemberian pollen kurma.

Sumber: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4248157/
Photo by: JelajahQatar & Google.

Dukhan, 11 Juni 2016
@sugengbralink 
#RamadhanDiQatar
#ManfaatKurma
#DatesBenefits

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: