JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » DI LUAR NEGERI, PERLUKAH LAPOR RT?

DI LUAR NEGERI, PERLUKAH LAPOR RT?


image

Ilustrasi Republika

Rukun Tetangga, yang kemudian disingkat menjadi RT ternyata hanya ada di Indonesia. Inilah fungsi organisasi kemasyarakatan yang mewakili pemerintahan desa dalam menjalin kedekatan sesama warganya.

Di lingkup RT, sering kita temui papan pengumuman bertuliskan ‘Tamu wajib lapor 1 x 24 jam”. Sebuah aturan yang sudah menjadi keumuman dimana saja. Warga pendatang di sebuah RT, sudah menjadi kewajiban baginya untuk melapor ke RT. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan, disisi lain mempunyai arti yang sangat penting ketika tiba-tiba terjadi bencana alam dan kondisi emergency lainnya.

Jika di dalam negeri saja kita perlu lapor RT, bagaimana bagi para TKI yang baru sampai di negeri orang atau Luar Negeri, apakah perlu lapor? Kalau perlu lapor, kemana harus melapor? Untuk apa pentingnya melapor? Bukannya itu tanggung jawab pemerintah, ngapain repot-repot lapor?

LAPOR DIRI

image

Foto by aSugeng Bralink

Bagi para TKI yang baru sampai di Luar Negeri, ketika nomer handphone Indonesianya diaktifkan, akan menerima SMS dari kedutaan atau konsul jenderal negara tersebut. SMS tersebut berisi pesan singkat dari KBRI atau KJRI tentang alamat dan nomor telepon kedutaan atau konsulat RI.

Lantas dengan dikirimnya SMS tersebut berarti KBRI atau KJRI sudah tahu keberadaan kita di negara tersebut. Bisa jadi sudah tau, akan tetapi sangatlah bagus bagi kita sebagai warga yang baru datang untuk melakukan lapor diri.

image

Foto by KBRI Doha

Lapor diri itu sederhana kok. Di KBRI Doha, kita sebagai TKI atau Dispora Indonesia di Qatar cukup datang ke kantor KBRI saat jam kerja. Sesampai disana kita mengambil nomer antrian dan menunggu sesuai giliran. Yang dilakukan saat lapor diri itu mengisi data-data tentang diri kita, kontrak kerja, alamat domisili di Luar Negeri, alamat domisili di Indoesia, dan kontak serta alamat yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu terjadi kondisi emergency.

Proses lapornya tak butuh waktu berjam-jam. Kita cukup mengisi sendiri formulir isian yang tersedia di desktop KBRI Doha. Jika semua sudah diisi, lampirkan dokumen pendukung kemudian klik kirim.
Setelah itu passport asli diserahkan ke bagian teller KBRI Doha untuk melakukan data entry ke halaman terakhir paspor beserta tanda tangan diplomat KBRI.

Lapor diri itu sangat simpel namun manfaatnya sangat besar. Data lapor diri akan sangat bermanfaat bagi KBRI jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan terkait pekerjaan, permasalahan kriminal, atau permasalahan lainnya. KBRI lebih mudah dalam memberikan bantuan atau pendampingan.

Jika sampai terjadi konflik internal negara tersebut, KBRI akan sangat terbantu jika sewaktu-waktu memerlukan evakuasi.

Selain itu, dalam kondisi sakit yang parah (dirawat lama/perlu rujukan/perlu pendamping dari pihak keluarga) atau hingga kematian menjemput (yang mungkin tak diinginkan, namun bisa terjadi kapan saja dan siapa saja), maka lapor diri merupakan data yang sangat penting arti dan manfaatnya. Dalam kondisi normal maupun emergency.

Makanya, bagi para TKI yang masih baru mendarat di Doha, sempatkan waktu melaporkan diri ke KBRI Doha. Bagi anda yang bekerja di negeri-negeri lainnya, saya kira lapor diri bagi TKI juga sangat penting!

LAPOR RT

Di Qatar memang tak ada RT seperti di Indonesia. Jika anda tinggal di sebuah komunitas yang banyak orang Indonesianya, mereka biasanya punya organisasi kemasyarakatan. Yang paling basic adalah organisasi kemasyarakatan berdasarkan wilayah. Walaupun banyak lagi ormas-ormas lainnnya yang berdasarkan kesamaan hobby, profesi, atau alumni.

Di setiap ormas itu akan ada ketuanya, yang biasa dipanggil Pak RT. Ada juga yang menyebutnya sebagai Pak Kades dan Pak Camat. Beda wilayah beda sebutan. Intinya sama. Berfungsi sebagai orang yang mewakili warga jika sewaktu-waktu dari KBRI Doha, Perusahaan dan atau Pemerintah Qatar membutuhkannya untuk bekerjasama dalam sebuah kegiatan.

Kesimpulanya adalah sedia payung sebelum hujan. Sisihkan waktu sebentar untuk lapor diri dan lapor RT. Bagi anda yang sudah lama tinggal dan kerja di Qatar namun belum lapor diri, ayo luangkan waktu. Ini bukan hanya kepentingan pemerintah RI saja, tapi yang akan banyak mengambil manfaat adalah kita sebagai TKI.

Dukhan, 15 Juni 2016
@sugengbralink
#RamadhanDiQatar
#KBRIDoha

Foto by Republika, KBRI Doha, & Sugeng Bralink

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: