JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » ORMAS DIASPORA INDONESIA DI QATAR

ORMAS DIASPORA INDONESIA DI QATAR


JelajahQatar.com | Masyarakat Indonesia di Qatar atau disebut juga dengan Diaspora Indonesia di Qatar sudah eksis sejak tahun 1995. Angkatan perdana (Perintis) rata-rata datang dari Aceh. Tampilan mereka seperti apa? lihat kedua foto berikut yang saya ambil dari FP PERMIQA

Angkatan Perintis 1995 (Foto by Permiqa)

Angkatan Perintis 1995 (Foto by Permiqa)

Foto by Permiqa

Foto by Permiqa

Waktu terus bergulir. Tahun demi tahun populasi masyarakat Indonesia di Qatar pun terus bertambah. Walaupun jumlahnya tak bisa menyaingi populasi masyarakat India dan Filipina di Qatar, tapi masyarakat Indonesia di Qatar mampu membawa nama baik bangsa Indonesia di kancah Internasional. Banyaknya pekerja profesional khususnya di sektor minyak dan gas bumi mampu membuktikan bahwa Tenaga Kerja Indonesia tidak hanya mampu bekerja di sektor informal atau sektor rumah tangga.

Masyarakat Indonesia dimanapun berada memang suka berkumpul. Dari hasil kumpul-kumpul itu selanjutnya sering terbentuk organisasi kemasyarakatan, entah karena kesamaan hobi, profesi, daerah asal, dan kesamaan-kesamaan lainnya yang menjadikan mereka satu visi. Tak terkecuali masyarakat Indonesia di Qatar, banyak bermunculan organisasi-organisasi kemasyarakatan.

Hingga 18 Juli 2016, dari hasil penelusuran yang saya lakukan terdapat lebih dari 20 organisasi kemasyarakatan (Ormas) Diaspora Indonesia di Qatar. Dari kesekian banyak ormas yang ada, ada satu ormas induk yaitu PERMIQA (Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar).

permiqa

Berikut ini daftar lengkapnya:

Organisasi kemasyarakatan Diaspora Indonesia di Qatar.
1. Wong Kito

KOMPAQ

Profil singkat WONG KITO: Sumatera Selatan adalah propinsi yang dikenal dengan lumbung energi, yang memiliki potensi sumber daya energi yang beragam, mulai dengan minyak bumi, gas bumi, batu bara dan panas bumi. Tidak heran, banyak orang dari Bumi Sriwijaya yang menjadi bagian diaspora Indonesia di Qatar. Ekspatiat tersebut bisa jadi memang asli Sumsel, maupun yang memilki ikatan emosial dengan Sumsel, dimana masa kecilnya dihabiskan di salah satu kota di Sumsel atau memang pernah bekerja di salah satu perusahaan minyak ataupun tambang di Sumatera Selatan.

Pertemuan-pertemuan informal sudah sering dilakukan antar “diaspora Sumsel” tersebut. Memangwong kito ini terkenal besak kelakar (omong besar), dimana mereka memang suka berkelakar dan bercanda saat berkumpul bersama. Dengan cara ini mereka merasa dekat dan menjadi keluarga, walaupun mungkin diantara mereka belum pernah saling kenal sebelum tiba di Qatar.

Akhirnya pada tanggal 16 Desember 2005, ajang silaturahmi ini diformalkan dengan nama Komunitas Masyarakat Palembang di Qatar (KOMPAQ). Hal ini dilakukan atas inisiatif beberapa sesepuh wong-kito, seperti Pak Yusuf dan Pak Ahmad Rifai, serta beberapa warga lainnya, antara lain Nurzain Aini, Nazarrudin Somad, Ahmad Lahmudin, Garnizun M, M Pohairo, Asnawi K, Bambang dari semua sudut Qatar, baik Doha, Ummsaeed, Wakra, Dukhan dan Al-Khor.

Pada pertemuan tersebut disepakati bahwa anggota KOMPAQ terdiri dari masyarakat Indonesia di Qatar yang memiliki ikatan emosional dengan Sumatera Selatan dan sekitarnya. Forum ini yang bersifat sosial dan bertujuan mempererat silaturahmi serta menggalang persaudaraan, persatuan dan kesatuan sesama warga Indonesia yang berasal dari Sumatera bagian selatan yang berada di Qatar.

Dalam rangka menjaga tali silaturrahmi, pertemuan perdana tersebut juga menyepakati untuk melakukan pertemuan rutin setiap 2 atau 3 bulan sekali. Selanjutnya, sebagai sarana komunikasi dan ajang tukar informasi secara virtual maka dibuatlah grup email yang diberi nama wong-kito, yang pada awalnya beranggotakan hanya sekitar 25 kepala keluarga. Jumlah ini terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Saat ini, dengan berkembangnya teknologi, diskusi dilakukan lebih intensif dengan menggunakan grup Whatsapp.

Kepengurusan sekarang periode 2014-2016 sbb: Ketua: Edi Ujang, Wakil Ketua: Syarnubi Fatah, Sekretaris (sekjen): Kgs. M. Rizal, ST dan Bendahara: Nazarudin Somad.
2. Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA) Qatar

KAGAMA

3. Kaifa Doha

KAIFA

Profil KAIFA: Tempat berkumpulnya siswa siswi KAIFA, guru dan orangtua maupun seluruh warga Indonesia di Qatar. Sarana informasi dan diskusii ttg proses belajar mengajar & kegiatan KAIFA ataupun tanya jawab mengenai masalah keIslaman baik yang diajarkan di KAIFA ataupun lainnya. Untuk berdiskusi dengan guru2 KAIFA, Bapak dan Ibu dapat berkirim email ke: guruputra@kaifadoha.com atau guruputri@kaifadoha.com

Untuk berdiskusi dengan pengurus KAIFA mengenai masalah administrasi dan lainnya dapat berkirim email ke administrasi@kaifadoha.com atau pengurus@kaifadoha.com. Fanspage KAIFA DOHA.

4. Indonesian Ladies Bowling in Qatar (ILBQ).


5. Komunitas Katolik Indonesia di Qatar (KKI).


6. Indonesian National Nurses Association – Qatar (INNAQ)

INNAQ

Profil INNAQ: Organisasi INNAQ lahir saat digelarnya MUBESMA Pertama tanggal 29 Agustus 2008 di Messaeed yang dihadiri langsung oleh Dubes RI untuk Qatar waktu, Alm. Bapak Rozy Munir. INNAQ merupakan organisasi PERAWAT INDONESIA yang bekerja di Qatar. Kemudian di bulan Desember 2012 bertempat di Garden Village Resto, Bapak Duta Besar Deddy Saiful Hadi mengukuhkan kepengurusan resmi INNAQ sebagai PPNI PERWAKILAN LUAR NEGERI DI QATAR periode 2012-2017. Saat ini diketuai oleh Bapak Joko Winarno. 

Info lainnya bisa disimak di website PPNI Qatar Fanspage FP PPNI Qatar Email ppniqatar@gmail.com.


7. Indonesian Mountain Bikers – Qatar.


8. Ikatan Alumni ITB Qatar (IA-ITB)

IAITB

9. MTC Qatar.
10. Paguyuban Keluarga Dukhan (PKD)

PKD

Profil singkat PKD: Paguyuban Keluarga Dukhan merupakan organisasi masyarakat Indonesia di Dukhan, Qatar. Sebelumnya dinamai Indonesian Family Forum Dukhan. Sejak 2016 dirubah nama menjadi PKD. Anggotanya terdiri dari masyarakat Indonesia yang bekerja dan berdomisili di Dukhan. Sebuah kota industri yang berjarak sekitar 80 KM dari jantung kota Doha. Jumlah anggotanya sekitar 100 an KK. 

Info lainnya bisa disimak di Group FB PKD Fanspage PKDQatar Blog Blog PKD

11. Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Qatar (ICMI-Q)

ICMI

12. Nusa-Q Divers.
13. Baraya Sunda Qatar (BSQ)

BSQ

14. Komunitas Indonesia di Qapco (KOMIQ)

KOMIQ

15. Garuda Indonesia Rider Brotherhood in Qatar (GIRBOQ)

GIRBOQ

16. Angklungers Qatar.
17. Indonesian Golf Association Qatar (IGAQA).
18. Indonesian Moslem Society in Qatar (IMSQA)

IMSQA adalah sebuah organisasi sosial keagamaan bagi masyarakat Indonesia yang tinggal dan bekerja di negeri Qatar. IMSQA memiliki visi untuk menghidupkan nilai-nilai Islami bagi masyarakat Muslim Indonesia yang tinggal di Qatar, dengan tetap mempertahankan nilai budaya Indonesia yang positif dan menerima nilai-nilai positif dari budaya negeri Qatar.

IMSQA meyakini bahwa sarana utama dalam mencapai visinya tersebut adalah dengan membangun dan mendidik sumber daya masyarakat muslim Indonesia di Qatar. IMSQA bekerja guna mencapai misinya tersebut melalui berbagai aktivitas pengajaran, dakwah dan pendidikan yang terhubung erat secara spiritual, berakar kuat didalam keimanan, dan termotivasi untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Islam universal di segala tempat dan kesempatan.

Dengan demikian, IMSQA berfungsi ibarat wadah bagi para ekspatriat dan masyarakat muslim Indonesia di Qatar dalam belajar tentang Islam, berbagi tentang wacana-wacana Keislaman Indonesia, dan saling menasehati dalam kebaikan.  Dasar filosofisnya Al Quran Surat Al Ashr, “Demi Masa Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal soleh, saling nasehat-menasehati tentang kebenaran, dan saling menasehat dalam kesabaran.”

Indonesian Muslim Society in Qatar Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan kembali sebuah bangsa. Agama tiada lain adalah cahaya kehidupan.

19. Indonesian Community in Qapco & Qatofin (INDOQAPCO)

INDOQAPCO

Group FB FB INDOQAPCO Website INDOQAPCO.


20. Indonesian in Qatar Anglers Community (IQAN)

IQAN

Profil singkat IQAN: Komunitas pecinta mancing warga indonesia di qatar, terbentuk sejak 16 mei 2012 … ketuanya Daeng Igo, wakil ketua Bambang, anggotanya ada 100an. Rutin melakukan dhow dan boat fishing trip di lautan wakra atau alkhor setiap bulannya. Kebersamaan dan kekeluargaan adalah motonya … ngarak & ngorok di tengah laut. Setiap kali fishing trip berbagai jenis makanan nusantara tersedia.


21. Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI)

ILUNI

22. Ikatan Alumni Universitas Muhammadiyah Semarang (IKAMUS)

23. Puspa Kinarya

24. Paguyuban Wong Banten

PWB

Group FB GROUP FB PWB

25. Qatar Indonesian Students Association (QISA)

QISA

Profil: A community for Indonesian students studying in universities in Education City, Doha, Qatar (HBKU). FP QISA

Informasi yang ada masih terbatas. Akan terus diupdate jika ada informasi terbaru. Jika ada yang ingin menambahkan atau melengkapi artikel diatas, saya ucapkan terima kasih. Silahkan kirimkan ke email jelajahqatar@gmail.com. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Qatar, 18 Juli 2016.

@JelajahQatar

Advertisements

12 Comments

  1. Joko Purnomo says:

    Pingin kerja di qatar lagi, adakah yang bisa ngasih referensi? Thanks.

  2. maskun says:

    Ada univ di Qatar penyedia beasiswa gak kang?

  3. AHY84 says:

    Apakah bisa bekerja di Qatar sambil Kuliah alias ekstensi?

  4. Saya mendoakan saudara-saudara yang di Qatar sehat dan selamat. Saya dapat kabar dari republika.com, bahwa qatar aman-aman saja pasca diputus hubungan diplomatik dari banyak negara teluk.

    Saya mau bertanya, apa yang perlu dipersiapkan jika ingin bekerja di Qatar? Saya mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Riau yang berencana tamat kuliah tahun 2018.

    Terima kasih.

    • @HarrisHartman, makasih doanya. Alhamdulillah kita aman2 saja disini. Bekerja seperti biasa. Hidup sehari2 seperti biasa.

      Untuk persiapan, saya kira belajar yg baik saja..dan raih yg terbaik. Utk bisa di Luar Negeri, rata2 mereka mencari yg sdh berpengalaman di sektor yg sama.

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: