JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » Golden Shower Blossoms

Golden Shower Blossoms


JelajahQatar.com | Lama banget nggak nulis. Tak terasa sudah musim panas lagi. Waktu memang berjalan begitu cepat. Bak derasnya air terjun yang terus menggerus usia dan waktu. Di Qatar, ketika musim dingin banyak sekali kita lihat bunga-bunga bermekaran di pinggir-pinggir jalan. Bunga-bunga itu memang sengaja ditanam menjelang musim dingin tiba. Makanya jangan heran ketika musim dingin tiba, bunga warna warni banyak menghias sepanjang jalan dan taman.

Ketika musim panas tiba, inilah musimnya pohon kurma berbuah. Nah, di musim panas ini selain suhunya yang sangat panas menyengat kulit, ada keindahan lain yang ditampakkan oleh Sang Maha Pencipta. Apa itu? Bermekarannya bunga Golden Shower. 

Barangkali ada diantara kita yang belum familiar dengan bunga yang berwarna kuning ini. Saya sendiri sudah terkesima dengan bunga ini sejak beberapa tahun yang lalu, namun baru kali ini menemukan informasi yang tepat melalui wikipedia dan beberapa sumber lainnya.

Nama latinnya Cassia Fistula, istilah Indianya disebut dengan Laburnum. Dalam berbagai bahasa di India, bunga ini dinamai: Aragvadha, Suvarnaka, Kritamala, Chaturangula, Amaltas, Bandarlauri. Terdapat bermacam nama di berbagai wilayah Indonesia, namun satu nama yang bisa mewakili adalah Tengguli (Trengguli). Pohon yang berbunga lebat ini masuk ke dalam keluarga Fabaceae.

Pohon berbunga kuning ini banyak tumbuh di kawasan Asia Selatan, diantaranya India bagian selatan (Kerala), Pakistan, Srilanka dan Asia Tenggara: Indonesia, Myanmar, dan Thailand. Di Thailand, bunga ini dijadikan sebagai Bunga Nasional. Sementara di Kerala, India, bunga ini digunakan dalam acara Vishu Festival.

Selain keindahannya, bunga ini juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Golden shower memiliki banyak kegunaan. Situs herbpathy.com menyebutkan puluhan manfaat golden shower. Tapi dari kesekian manfaat, manfaat yang paling efektif adalan untuk mengatasi penyakit kulit. Bicara soal rasa, bunga ini memiliki rasa manis (seperti dikutip herbpathy). Saya sendiri belum sempat mencobanya.

Dalam situs himalayawellness.com, golden flower sangat efektif untuk mengatasi 3 masalah kesehatan yaitu penyakit kulit, gangguan pencernaan dan penyakit jantung.

  • The roots of Golden Shower are useful in treating skin diseases and alleviating burning sensation in the stomach.
  • The fruits of Golden Shower are beneficial in cardiac disorders.
  • A herbal formulation containing Golden Shower extracts can facilitate the treatment of gastrointestinal disorders like colic, flatulence, acidity and dysentery. [himalayawellness.com]

Bagi anda yang masih penasaran dengan tampilan bunga golden shower, berikut ini saya sempat ambil video GOLDEN SHOWER BLOSSOMS.

Berikut ini foto-foto yang  saya ambil. Ada yang tampilan utuh satu pohon, ada yang satu tangkai dan tampilan zoom pada bunga dan bijinya. Selamat menikmati keindahan Bunga Golden Shower yang tumbuh di Qatar.

 

 

Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: