JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » Bunga Flamboyan, Pesona di Ibukota Doha

Bunga Flamboyan, Pesona di Ibukota Doha


Bagi anda yang berusia remaja di tahun 70-an tentu tahu dengan lagu Flamboyan yang dipopulerkan oleh Grup music Bimbo. Lagu itu didendangkan oleh Acil Hardjakusumah. Liriknya tak begitu banyak, namun mampu menjadikan lagu ini melegenda. Yuk kita simak liriknya bareng-bareng:

Senja itu
Flamboyan berguguran
Seorang dara memandang
Terpukau … 

Satu-satu
Daunnya berjatuhan
Berserakan di pangkuan bumi 

Bunga flamboyan itu diraihnya
Wajahnya terlihat sayu
Flamboyan berguguran
Berjatuhan, berserakan


Sejak itu sang dara berharapkan
Esok lusa kan bersemi kembali

Era 70-an adalah era dimana Aku dilahirkan. Maka Aku-pun tak paham seperti apa keindahan bunga flamboyan itu. Hingga suatu masa Aku bisa melihat lebih dekat seperti apa bunga flamboyant itu di bulan Mei-Juni. Dimana itu? Di Qatar tentunya.

Selain menjadi judul lagu karya Bimbo, Flamboyan juga menjadi salah satu lukisan besar Sang Maestro Basuki Abdullah. Hingga menjadikan dirinya dikenal sebagai Pelukis Flamboyan.

Kata Flamboyan berasal dari Bahasa perancis yang berarti Cemerlang. Nama latinnya Delonix regia, yang masuk dalam kelompok Fabaceae. Daunnya mirip dengan daun pohon sengon. Daunnya kecil-kecil. Dan semua daunnya akan berguguran ketika bunga flamboyan mulai bermekaran. Hijaunya daun akan tergantikan dengan anggunnya bunga flamboyan yang merah merona.

Bunga ini banyak tumbuh di hampir seluruh belahan bumi. Kita bisa jumpai di banyak negara di empat benua. Dari Amerika, Eropa, Asia, hingga Australia. Bunga ini mempunyai sebutan lain, diantaranya: Royal Poinciana, Flame Tree, Peacock Flower, and Gulmohar. Di Puertorico, flamboyant menjadi icon negara. Rasanya belum lengkap jika anda berkunjung ke Puertorico tanpa singgah di tempat ini. Peñuelas, sebuah kota yang terletak 12 mile West of Ponce, dikenal dengan “El Valle de los Flamboyanes” atau Lembah Pohon Flamboyan.

Bagi anda yang sedang berada di Qatar, bisa menikmati keindahan bunga flamboyant di Aspire Park. Di taman ini banyak dijumpai pohon flamboyan. Tepatnya disisi jalan-jalan setapak di sekeliling taman. (@sugengbralink)


Advertisements

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: