JELAJAH QATAR

Home » Jelajah Negeri » MINAT KERJA KE QATAR, CARI INFO KEMANA? 

MINAT KERJA KE QATAR, CARI INFO KEMANA? 

Advertisements

Saya, seorang Nurse. Alhamdulillah sudah lebih 8 tahun merantau di Qatar. Menjadi seorang TKI. Buruh migran (begitu temen-temen di Hongkong biasa menyebut dirinya). Senang susah, itu bagian kehidupan setiap anak manusia. Yang jelas, kami sebagai perantau di negeri orang, tentu turut merasa senang, karena kami merasa turut menjadi solusi bagi Bangsa Indonesia. Dengan cara apa? ya dengan cara menambah jumlah devisa negara. Selain itu, kami yakin bahwa kami mampu mengurangi jumlah pengangguran di tanah air.

Alhamdulillah pula jika blog ini telah dibaca puluhan ribu kali. Hingga hari ini, 19 Juni 2017 jam 05:00 waktu Qatar telah dibaca sebanyak 163.445 kali. Terima kasih kepada para pembaca setia blog Jelajah Qatar ini. Pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan baik di laman FORUM maupun laman-laman lainnya telah menambah khasanah blog ini, semakin rame dan semakin bermanfaat, Inshaa Allah.

 

 

Dari puluhan ribu Diaspora Indonesia di Qatar, masing-masing memiliki kisah tersendiri. Sebelum akhirnya bisa bekerja di Qatar, tentu harus melalui serangkaian proses rekrutmen. Begitulah lumrahnya seorang calon karyawan sebelum ia direkrut menjadi seorang karyawan.

Dari bermacam cerita yang saya dengar, saya baca maupun saya alami sendiri, bisa disimpulkan bahwa metodenya ada 3 cara:

  1. Rekrutmen melalui PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia).

PJTKI biasanya akan mengumumkan peluang kerja yang ada melalui website resmi, email maupun sosial medianya. Lantas kapan peluang kerja itu cocok dengan profesi kita, tergantung seberapa rutin kita mengikuti informasi yang dirilis oleh PJTKI terkait.

Selain itu, kita bisa mengirimkan CV kita ke website mereka, jika ada peluang kerja maka PJTKI terkait akan mengirimkan ke email address yang kita cantumkan di CV. Berikut contoh PJTKI yang biasa memberangkatkan ke Timur Tengah:

  1. Rekrutmen oleh Perusahaan Pengguna (Direct User).

Rekrutmen metode kedua ini, kita tak perlu repot-repot mencari informasi lowongan pekerjaan dari PJTKI. Cara kedua ini bisa didapat dengan rajin mencari peluang kerja ke website resmi Perusahaan Pengguna jasa kita. Contohnya, jika kita berminat di sector migas, maka kita harus rajin mencari peluang kerja di website-website perusahaan migas. Jika profesi kita di bidang kesehatan, maka rajinlah mencari job vacancy di website rumah sakit, klinik dan semacamnya. Begitupun dengan profesi lainnya, carilah website-website perusahaan atau instansi pemerintah yang kemungkinan merekrut sesuai dengan profesi yang kita jalani. Contoh websitenya:

  1. Mencari informasi melalui website pencari kerja (job seeker).

Selain mencari informasi lowongan pekerjaan di PJTKI atau Perusahaan pengguna, kita bisa mencari informasi peluang kerja di website-website penyedia lowongan pekerjaan. Jika anda berminat bekerja di Qatar atau Timur Tengah, berikut ini contoh website yang bisa menjadi referensi, diantaranya:

Ketiga cara mencari informasi peluang kerja diatas saya kira bisa menjawab segudang pertanyaan tentang peluang kerja ke Qatar pada khususnya, maupun ke Timur Tengah pada umumnya.

Kita tak hanya bisa berharap akan dikontak kawan, saudara atau siapa saja untuk kemudian memberikan informasi peluang kerja. Namun kita harus membuka jendela informasi seluas-luasnya. Kemudahan sosial media saat ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan informasi peluang kerja sesuai dengan profesi dan pengalaman kerja yang kita punyai.

Yakinkan bahwa CV yang dibuat berformat Bahasa inggris. Jangan sampai anda melamar untuk bekerja di Luar Negeri, tapi CV dan lamaran yang anda buat masih berbahasa Indonesia. Buatlah CV sebagus dan semenarik mungkin. Anda harus yakin bahwa ketika karyawan personalia (HR) membuka dan membuka CV anda, dia akan dibuat terkesima dan langsung memutuskan untuk memilih CV anda dalam proses rekrutmen selanjutnya.

Berikan contact address sejelas-jelasnya didalam CV. Jangan sampai pihak Employer kesulitan untuk menghubungi anda. Bayangkan saja jika CV anda bagus, namun lupa memiliki contact address. Usaha anda yang berkeringat itupun akan sia-sia. Yakinkan CV nya memuat semua informasi tentang anda, data diri, pengalaman kerja, pelatihan yang pernah diikuti, riwayat pendidikan, penghargaan yang pernah diraih mungkin, dan sesuatu nilai tambah dari diri anda yang akan membuat HRD klepek-klepek dibuatnya.

Masih ngarep dicekoki informasi lowongan pekerjaan? Stop Now! Mulailah bergerak. Googling informasi loker sebanyak-banyaknya. Gunakan kata yang tepat sesuai apa yang diinginkan didalam hati anda. Selamat berselancar di dunia kerja Qatar dan sekitarnya.

Doha, 18 Juni 2017 jam 21:45, menunggu shift endorsement.

 

Advertisements

66 Comments

  1. Noviyanthy says:

    Assalamualaikum,
    Saya Novi.. Mau tanya, saya tdk pernah mengirimkan CV kerja kemana pun. Tapi saya dpt panggilan kerja di salam satu company menjadi Cheff di Doha,Qatar namun company tsb menghubungi saya melalui email dan Whats App dan mereka blg tau saya dari Instagram.
    Kira2 apa yg harus saya lakukan dan cari tau ya? Berhubung sy blm ada pengalaman untuk kerja di luar negri, trima kasih..

    • Bilhaqqi says:

      Waalaikum salam, Saya Bilhaqqi. Saya pekerja di negara Brunei Darussalam. Berdasarkan pengalamn saya setiap awaran kerja, itu ada Job description, visa kerja dan kontrak kerja.

      • Hamba sederhana says:

        Pak boleh saya minta nomor telpon bapak… bisa kirim lewat email saya pak… makasih pak…

    • Hendi Sutiawan says:

      Assalamualaikum…..Saya punya suami mau kerja d Qatar gmana caranya,suami saya bisa berbahasa Arab dan prnah kerja sebagai supir d Arab saudi selama 15 th,umur nya 39 thn paspor Redy dan SIM saudi ada…. terimakasih

  2. Bilhaqqi says:

    Terima kasih atas informasi yang telah diberikan. sedikit banyak kami paham untuk mendapat peluang kerja di Negeri Qatar.

  3. firman says:

    Selamat sore,mau tanya apakah jika dengan keterbatasan bahasa inggris bisa bekerja di qatar?? dan apakan gaji di sana lebih besar dari fresh graduet di indonesia

    • Utk bhs inggris mmg bagusnya yg fasih. tp minimal sdh bisa nyambung untuk bahasa komunikasi di dlm pekerjaan sehari2. sambil belajar bisa saja. yang penting yg basic sudah paham lah.

  4. pin ridho says:

    Slmt siang,,sy umur udah diatas 40 thn,,tp sy punya keinginan yg kuat untuk bekerja di qatar,apa masih ada peluang kerja untuk saya

  5. Ocha says:

    Adalah rekanan resmi Dari Jakarta yg resmi untuk TKI yg akan kesana

  6. adiirfan says:

    Salam’alaikum warahmatullah…. Saya dari aceh… Tamatan sd… Umur sya 31 thun… Apakah ada lowongan buat sya kerja di qatar…?? Apa aja boleh…… Saya sangat2 butuh kerjaan…. Kalau ada mohon kira nya dengan kerendahan hati kabari sya….. 081214731801 no wa sya. …

  7. imam fauzan says:

    saya minat untuk kerja di Qatar, apa ada yang bisa bantu..

  8. Mamahmandu says:

    Susah nyari lowongan kerja ke qatar….ada yang bisa bantu harus ke PT mana ya..tmksh

  9. abidin dari sukabumi says:

    asalamualaikum pa saya ex saudi sekarang saya pingin kerja ke katar di pt mana saat ini yang ada pisa katar tolong di kasih tau buat tkl

  10. daniambon says:

    Assallamu’alaikum, saya mahasiswa smt 3 di salahsatu universitas negeri Bandung jurusan sastra inggris. Saya berkeinginan bekerja di qatar, kira-kira untuk di qatar sendiri apa ada pekerjaan paruh waktu (part time) biar bisa sambil meneruskan kuliah? Atau sebaiknya mencari dulu pekerjaan yang memungkinkan saya bekerja disana?
    Terima kasih sebelumnya, ada banyak pertanyaan yang ingin disampaikan saya harap bisa dapat contact bapak/ibu, ini email saya : mr98069@gmail.com

  11. pebrin says:

    assalamu’alaikum, apa ada info loker dari loker mba?

  12. Rizky says:

    Klw website resmi job vacancy ke eropa apa ya ???

      • Rizky says:

        Saya mau nanya,
        Jadi gini 2 bulan lalu saya ketemu agent tenaga kerja, kemudian saya melamar dan sudah lulus interview dengan perushaan oryx doha company di qatar buat jadi waiter. Trs dari pihak agent kami di suruh prepare pasport untk mengurus job letter katanya pertama dlm 3 minggu setalah komplit pasport semua kandidat job letter akan turun, tp sampai sekarang job letter belum datang juga, info terakhir kemarin dari pihak agent mengatakan pihak oryx doha company menghabiskan bulan april ini untuk mengurus kuota kandidat dri singapura krn dlu kandidat singapura lebih dulu menyelesaikan pasport nya.. dan pihak agent mengatakan pihak orxy doha company memerlukan 2 bulan lagi untk mengurus kandidat indonesia hingga supaya bisa job letter nya turun .. nah pertanyaan saya adlah … apakah benar job letter lama dateng nya sampai berbulan bulan .. atau kami hanyalah korban php atw penipuan pihak agent ??? Mohon pencerahan nya

      • @Rizky, utk proses visa kerja itu kan urusan agency yg diurus di ministry of interior. Pengalaman sy di tahun 2008, sy menunggu hingga 3 bulan. Nggak tau apakah sekarang …apakah butuh waktu lama atau tidak.

        Sepanjang tdk mengeluarkan uang utk bayar ke agency..sy kira ngga masalah. Jangan keluar dulu dari pekerjaan sekarang. Pastikan visa kerja sdh jadi baru keluar.

      • Elina says:

        Pak,, bisa hubungi saya?
        Whtsapp sy,, 082379290212
        Tlg pak hubungi sy,,

      • @Erlina, apakah msh memerlukan bantuan? sy lama baru buka blog ini

  13. Asmaun says:

    Halo admin, terimakasih atas infonya. Saya mau tanya; apakah ada lowonga sebagai driver di qatar? Saya pria berusia 42 tahun. Mampu mengendarai mobil jenis apa saja. Manual maupun matic. Sedan, suv, jeep dll.

  14. Asmaun says:

    Halo admin, terimakasih atas infonya. Saya mau tanya; apakah ada lowonga sebagai driver di qatar? Saya pria berusia 42 tahun. Mampu mengendarai mobil jenis apa saja. Manual maupun matic. Sedan, suv, jeep dll. Bisa bahasa inggris semi aktif

  15. Indah says:

    Kira kira ada lowongan kerja apoteker di qatar nggak ya? Kemaren cuma transit ada di qatar

  16. Wahyuningsih says:

    Lowongan posisi di daerah pertanian utk di qatar,, boleh tolong bantu info

  17. Pajar says:

    Permisi… Maaf mau nanya apakah ada lowongan kerja machine shop fabrikasi or repaire pump di qatar.

  18. Deddy Subandi says:

    Berapa batasan umur untuk bisa kerja di Qatar…? Mohon penjelasannya ya mas..Terima kasih banyak.

  19. Siti hernina says:

    Assalamualaikum…saya siti, maaf saya mau tanya,tolg bantuanya, saya minat skli ingin kerja di Qatar, usia saya 34 ,kerja sbgai apa saja tidak masalah. Kira kira harus datang ke PT mana ya? Apakah ada PT yg ada di Jakarta yg ska ngbrangkatin k Qatar? Mohon bantuanya. Thnks

  20. Riyanti says:

    assskamu`alaikum wr wb ,,mhn maaf saya tertarik krja di qatar tp yg formal,,caranya gmn y?

  21. rosanna says:

    syalom,saya seorang perawat klu mau jadi perawat di qatar buka website nya apa ia???????

  22. Asep Noviawan says:

    Bapak Admin, saya berminat kerja di qatar, kualifikasi saya: bekerja di bank dan lembaga pembiayaan selama 15 tahun, dengan posisi manajer. Apakah bisa di bantu untuk bekerja di bank atau di perusahaan lain? Terima kasih.

    • @AsepNoviawan, jika memang berminat bekerja di sektor perbankan Qatar..bisa langsung cek di website2 mereka… berikut bank2 di Qatar: QIB, QIIB, RAYYAN BANK, MASHRAF BANK, BARWA BANK, DOHA BANK, QNB, dan lainnya.

  23. Heri says:

    Assalamu’alaikum wr wb. Saya sudah usia 63tahun, ingin bekerja di Qatar. S1 teknik sipil dan S2 manajemen. Pekerjaan apa yang sesuai dengan usia, kemampuan dan basic saya?
    Mohon balasan. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb.

    • @Heri, wa’alaikumsalam. untuk seusia bapak saya rasa susah untuk memulai pekerjaan baru di Qatar. Jika bisapun untuk posisi konsultan atau memang bener2 dibutuhkan sebuah perusahaan. karena perlu diketahui bahwa usia pensiun bagi ekspatriat sekitar 55-60 an….

  24. Arifin Maulana says:

    ASSALAMualaikum
    SAYA mahir d bhasa arab dan inggria
    DAN bisakah bekerja di qatar

  25. lenihijab says:

    Assalamualaikum
    Maaf saya numpang bertanya:
    1. Biasanya test apa saja untuk dapat bekerja di Qatar?
    2. Apakah pengalaman kerja / background yang kurang relevan masih memiliki kesempatan untuk bekerja di Qatar? Saya berminat untuk bekerja di bidang migas (plant) di Qatar. Hanya saja background kerja saya saat ini di bidang migas, tapi tidak secara langsung / utuh berhubungan dengan plant. Saya saat ini bekerja di perusahaan inspeksi surveyor untuk ekspor/impor migasnya.

    • @Lenihijab, wa’alaikumsalam. 1. test untuk bekerja di sektor formal biasanya ada beberapa tahapan. tahap pertama tentu seleksi dokumen/administrasi yang dilakukan oleh pihak agency atau User. jika lolos maka akan masuk tahap berikutnya. artinya anda terpilih menjadi kandidat yang masuk ke tahap seleksi selanjutnya. tahap kedua adalah seleksi tertulis dan atau wawancara. artinya bisa saja dengan test tulis, ada jg yang test tulis dan wawancara. jika anda dinyatakan lulus maka tahapan tes terakhir adalah tes kesehatan. jika test di Indonesia, maka tes kesehatan biasanya di Indonesia jg melalui RS atau Klinik yang biasa melakukan medical check up. Jika tahap ini sudah lulus, maka tahap terakhir adalah menunggu visa kerja dari pihak User. Biasanya memakan waktu 1-3 bulan.

      2. Pengalaman pendidikan dan pekerjaan tentu berpengaruh dengan posisi kerja yang dilamar. Karena User tentu ingin memiliki karyawan yang siap secara pendidikan dan siap secara pekerjaan (dalam artian dia sudah berpengalaman di bidangnya).

      Mengenai lowongannya silahkan browse saja ya….googling saja dengan kata kunci pekerjaan yang anda cari di Qatar.

      Semoga bermanfaat.

  26. Adi says:

    Assalamualaikum,

    Saya berangkat ke Doha awal Agustus 2018,apa bagian immigrasi menanyakan KTKLN ? Saya sudah mendaftarkan diri di SISKOKTKLN,sesudah itu ingin membuat KTKLN di Bandung,tapi bagian kantor BP3TKI di bandung mensyaratkan offer letter harus di cap stempel Indonesian Embassy di Qatar.

    Mohon pencerahannya,sedangkan pihak perusahaan sudah booking tiket pesawat untuk saya.

    Terimakasih.

    • Mas @Adi, wa’alaikumsalam, saya kemarin sempat chat dengan Atase Tenaga Kerja KBRI Doha mengenai hal ini. KTKLN secara hukum memang masih harus dimiliki oleh setiap tenaga kerja indonesia yang akan ke luar negeri.

      Kemudian mengenai offer letter yang dicap stempel Indonesian Embassy di Qatar itu memang benar. Jadi Mas Adi tinggal meminta saja ke pihak employer nya untuk mengurus surat tersebut. Pak Yusuf (Atase Naker KBRI Doha) yang saya hubungi menyampaikan bahwa proses pengesahan (stempel) nya nggak makan waktu lama. Akan selesai di hari yang sama Mas.

      Demikian infonya semoga bermanfaat.

  27. Ahmad says:

    Salam pak Admin, seminggu lalu saya dapat offer letter dari QP dan meminta saya untuk atestasi ijasah d kedutaan qatar, by email saya tanyakan kapan estimate time saya bisa join di qatar atau proses entry visa saya berapa lama dan dari pihak HR bilangnya blm tidak tau esyimate join karena mereka cuman apply visa dan dari imigrasi yg approve dan normalnya 1-3minggu, masalahnya saat ini saya juga ada tawaran temporary job 2 bulan di negeri jiran saya jadi bingung apakah harus ngurus atestasi atau berankat untuk temporary job.
    Yang ingin saya tanyakan apakah setelah offer letter dari perusahan qatar langsung di buatkan entry visa atau entry visa di buatkan setelah kita kirim attestasi ijasah ke perusahan qatar, soalnya dari HR juga di email untuk tidak keluar kerja sebelum dapat notifikasi dari mereka
    Terimakasih sebelumnya atas informasi.

    • @Ahmad, wa’alaikumsalam. Untuk proses work visa biasanya kisaran maksimum 3 bulan (pengalaman sy dulu th 2008). nggak tahu apa skg lbh cepat atau msh sama. Perusahaan akan memberitahu utk tidak keluar kerja sampai ada pemberitahuan.

      Utk atestasi ke embassy Qatar kan bisa dilakukan oleh Jasa terjemah/atestasi.

      Monggo sbg bahan pertimbangan.. keputusan akhir di pak ahmad.

      • Ahmad says:

        Salam pak Admin, trimakasih atas saranya..🙏 hari ini visa saya keluar dan karena minggu depan liburan idul adha jadi keberankatan di arrange pada tgl 1 sept.
        Apakah ktkln msh d butuhkan untuk kerja keluar negeri(Qatar)..thn 2012 saya pernah punya ktkln dengan negara tujuan UAE dan sudah expire…mohon informasinya pak terimakasih🙏

      • Selamat ya mas atas visa kerjanya yg sudah keluar. smg berkah.
        Info terakhir yg sy dapat dari Atase Naker KBRI Doha…KTKLN masih ttp diurus mas. tinggal datang ke BP3TKI terdekat saja.

  28. Hery Wahyudi says:

    Assalamu’alaikum,
    Saya hery, pada juli 2018 lalu saya ikut tes dan interview untuk posisi ‘instrument technician’ di Qapco recruitment campaign in Jakarta oleh PT Gunamandiri. 4 minggu kemudian ada email dari Gunamandiri bahwa 93 orang menjadi kandidat dan akan dipilih lagi jika ada vacancy dari Qapco pada 3 tahun mendatang.
    Apakah prosedur seleksi rekrutmen yg berbasis ‘campaign’ seperti itu sehingga kandidat tidak langsung ‘bekerja’ di Qapco dan musti dipilih lagi padahal sudah menjadi kandidat?
    Dan kira2 berapa sallary (QR) untuk posisi teknisi instrument san benefit yg di dapat dari Qapco Pak.
    Terima kasih Pak. 😊

    • @HeryWahyudi, wa’alaikumsalam. Mas Hery..terkait kenapa GM menginfokan bahwa akan memilih kandidat terpilih pd masa 3 thn mendatang, yang bisa menjawab secara pasti tentu pihak GM. Karena GM lah yang punya komunikasi langsung dengan QAPCO sbg partner nya.

      Utk campaign yang sblm2nya…ya biasanya langsung proses visa..mgkn butuh waktu 3 bulanan. Tp untuk kasus bapak diatas…lbh baik tanya langsung ke pihak GM nya ya.

      Sbg tambahan info dr rekan sy yg kerja di QAPCO, beliau jg tdk bisa menjawab secara pasti terkait hal tsb. Namun bisa saja ada kemungkinan terkait dg proses merger QAPCO dan QVC tahun lalu. Ada kemungkinan mereka masih proses transisi. Beritanya bisa dibaca http://www.gulf-times.com/story/554220/QP-completes-Qapco-QVC-integration-to-boost-ahead-

      Untuk kisaran gaji basic untuk level teknisi…kisaran 6000 QAR/bln. benefitnya biasanya ada tiket cuti, dan tunjangan lain.

      Demikian smg membantu.

Please Leave Your Comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: