JELAJAH QATAR

Home » Forum

Forum

Dear Pembaca Blog Jelajah Qatar,

Assalaamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh…

Salam Sejahtera untuk Semuanya….

Saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya ke Blog Jelajah Qatar. Semoga apa yang saya publikasikan di Blog ini bisa bermanfaat.

Saya sediakan Forum ini untuk mengakomodasi banyaknya pertanyaan yang muncul seputar kehidupan di Qatar, lowongan kerja, proses interview, dan berbagai macam pertanyaan lainnya.

Silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar dibawah ini. Setiap pengunjung Blog Jelajah Qatar dipersilahkan untuk berpartisipasi dalam forum diskusi online ini. Semoga halaman ini bisa memberikan kemanfaatan bagi siapapun juga yang membacanya.

Jangan sungkan untuk membagi informasi Blog Jelajah Qatar kepada rekan-rekan anda.

Wassalaamu’alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh…

Jelajah Qatar: Enroll | Explore | Enjoy

Advertisements

1,087 Comments

  1. HIMBAUAN DARI KBRI DOHA UNTUK WARGA NEGARA INDONESIA DI QATAR

    Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha menghimbau kepada seluruh Warga Negara Indonesia yang berada di Qatar untuk selalu mematuhi segala bentuk hukum dan peraturan, baik yang berlaku di Indonesia maupun juga hukum yang berlaku di Negara Qatar serta senantiasa menghormati adat dan tradisi yang berlaku di Qatar.

    Hukum serta peraturan-peraturan penting Negara Qatar yang harus dipahami, dimengerti serta dipatuhi oleh Warga Negara Indonesia yang berdomisili dan/atau bekerja di Negara Qatar antara lain sebagai berikut :

    1. Qatar Law No. 4 of 2009 Regulating The Entry and Exit of Expatriates in Qatar and Their Residence and Sponsorship, yaitu peraturan yang mengatur tentang ketentuan masuk dan keluar ke/dari negara Qatar, ketentuan tentang ijin tinggal serta ketentuan sponsorship bagi warganegara asing yang berada di Qatar;

    2. Qatar Labour Law No. 14 of 2004, yaitu peraturan tentang perburuhan di Qatar.
    Himbauan ini dikeluarkan mengingat masih ada sementara WNI yang mempekerjakan/bekerja tanpa melalui ketentuan dan prosedur yang berlaku, antara lain:

    a. Mempekerjakan Tenaga Kerja kaburan dari sponsor resmi atau bekerja di luar sponsor resmi.

    b. Mempekerjakan Tenaga Kerja tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku atau bekerja non prosedural (undocumented).

    c. Mempekerjakan Tenaga Kerja yang telah selesai masa kontraknya namun tidak memperbaharui Perjanjian, dokumen kerja dan ijin tinggal atau bekerja tanpa dibekali dengan pembaharuan perjanjian, dokumen kerja dan ijin tinggal.

    Pelanggaran terhadap setiap hukum dan peraturan yang berlaku menyebabkan konsekuensi serta akibat yang dapat menyebabkan pelaku terkena hukuman, baik kurungan maupun denda sampai kepada tindakan deportasi serta larangan untuk masuk kembali ke Negara Qatar.
    Jika ada hal-hal yang tidak / belum jelas dapat menghubungi KBRI Doha.

    KBRI Doha, 2 Juli 2012

    Sumber: kbridoha.com

    • Assslamualaikum, bulan kemarin saya mengirimkan cv/lamaran ke slah satu company di qatar dengan job cashier dan saya dapatkan tanggapan dari vompany tersebut yg menawarkan basic salary dan accommodation provided akan tetapi ini baru pertama kali saya ke qatar tapi sebekumnya saya sudah pernah ke dubai dan hongkong, taiwan lewat agency yg ingin saya tanyakan disini
      1.document apa saja yg perku kita bawa untuk masuk ke qatar selain pasport, visa kerja ,dan ticket?
      2.adakah perjanjian kerja / employment contract harus ditanda tangani sebelum visa dikirim atau emploment contract dikirim beserta visa dan
      ticket.
      3.setelah saya menerima email visa kerja dari dan ticket apakah yg harus saya lakukan.
      4.Dalam interview online company/perusahaan menawarkan gaji,dan accommodation dan saya penerima penawaran itu akan tetepi lewat lisan artinya belum tanda tangan apapun ,apakah itu sudah merupakan bagian dari kontrak kerja?
      5.terima kasih untuk jawabannya.

      • @IrtibaturRohmi: Wa’alaikumsalam wr wb.. Semoga penawaran kerja tersebut menjadi yang terbaik dan berkah buat Rohmi dan keluarga.

        1. Dokumen yang perlu dibawa selain passport, visa kerja dan ticket; perlu membawa uang rupiah (siapa tau nanti diperlukan saat akan cuti/jadi nggak perlu repot-repot ke exchange saat pulang cuti), bagus juga punya uang US Dollar (bisa digunakan in case of emergency – nggak harus sih). Bawa juga data-data diri (ijazah terakhir, pengalaman kerja) siapa tau ditanyakan pihak agency untuk klarifikasi data dengan pihak user.

        2. Jika proses rekrutmen online, biasanya akan dikirim penawaran kerja resmi via email yang selanjutnya jika disetujui pihak kandidat, ditandatangani dan dikirim scan nya ke pihak agency atau user.

        3. Selain menyiapkan dokumen2 diatas, bagus juga membuat KTKLN (karena hingga hari ini KTKLN sepertinya masih menjadi dokumen bagi TKI ke TimTeng.

        4. Seperti disebutkan di poin nomer 2, bagusnya tetap ada kontrak hitam diatas putih. Yakinkan bahwa pihak pemberi kontrak dalam komunikasi online itu adalah pihak resmi, bukan pihak hacker atau oknum kejahatan. yakinkan bahwa mereka mempunyai alamat yang bisa dilacak (biasanya ada website resmi atau nomor telpon yang benar/bukan palsu.

        Think positif dan tetap waspada dengan penawaran kerja online. Semoga bermanfaat.

    • Iwan says:

      Assalamu’alaikum
      Pak saya mau tanya kira2 kisaran gaji tuk operator machine di sana berapa dan kalau tuk bisa bawa istri satu anak kira 2 range salary nya harus berpapa

      • @Iwan, wa’alaikumsalam. Operator machine di sektor apa pak? Sy sendiri ga tau apa ada loker utk posisi tsb. Utk sektor migas kisaran gaji pokok 6000-7000 real..utk non migas…kisaran 2000-3000 real.

    • lala says:

      Assalamualaikum wr wb
      mas, nama saya lala.sy mau tanya kalau mau mencari sponsor untuk kerja di qatar bagaimana? suami sy lulusan smk teknik mesin tapi pengalaman kerja sebagai supir.ingin bekerja di qatar akan tetapi setelah meliahat info loker di qatar kok banyak yang persyaratannya tinggi.suami sy mau kerja di bidang apa saja asalkan ada sponsor yang mau menangung semuanya.mungkin setelah bekerja disana bisa potong gaji dll. mungkin mas itu saja mas.terima kasih byk sebelumnya.wassalamualaikum wr.wb

      • @Lala, wa’alaikumsalam. Utk sponsor kerja yg dimaksud ya biasanya user (pengguna) nya. Nah…utk yg seperti itu sy ga paham gmn caranya Mbak Lala. Mgkn coba tanya ke agency saja. Coba buka FB punya PT. lansima…itu banyak loker ke Timteng.

    • Ady says:

      Makasih banyak pak ya pak 🙂

    • Assalamu’allikum.
      Perkenalkan saya Helzan Davitsyah fresh garaduate tahun 2017 Politeknik Akamigas Palembang. Mohon saran dan bantuan dari teman-teman semua supaya saya bisa bekerja di prusahan Migas di Qatar.

      • @Helzan, wa’alaikumsalam. Utk lapangan kerja di Qatar, setahu saya mereka banyak yg mencari yg sdh berpengalaman atau sdh pernah bekerja di sektor yg sama. Tp tdk ada salahnya mencoba. Buat CV yg bagus..trus googling aja job vacancy di Qatar dan apply.

  2. Rustanti Evi says:

    Suami saya ber minat utk bekerja di qatar dan ingin membawa serta keluarga(saya dan anak2) , tlg infonya ttg kehidupan di qatar dan apa sj yg hrs disiapkan berhbg kami blm prnh tinggal diluar negri sebelumnya. Terima kasih

    • Ibu Rustanti, kalau boleh tahu di perusahaan mana kerjanya? Kalau kerja di perusahaan migas, dengan fasilitas boleh membawa keluarga, maka jangan khawatir. Perusahaan akan menyediakan perumahannya atau housing allowance.
      Lain-lain mengenai school allowance, leave allowance, dan allowance lainnya tergantung perusahaan tempat suami ibu bekerja nantinya.

  3. anggi nur cahya trivi says:

    tahun depan saya insya allah lulus sma. rencananya sanya ingin mengambil beasiswa kuliah di qatar dengan jurusan kedokteran. saya ingin tanya fk terbaik di qatar itu dimana y?lalu biaya hidup di sana itu bagaimana?

    • Anggi, untuk Fakultas kedokteran di Qatar, saat ini baru ada satu yaitu ada di Well Corneill Medical College Qatar. Silahkan kunjungi websitenya untuk informasi lebih lanjut tentang rencana mencari beasiswa di Qatar http://qatar-weill.cornell.edu/

      Tapi kalau ada peminatan lain, misalnya studi ekonomi islam, bisa mencoba mendapatkan beasiswa dari Qatar University (Qatar Foundation).

      Mengenai biaya hidup, itu relatif saja antara satu dengan yang lain. Kalau mendapatkan beasiswa dari Qatar, biasanya sudah termasuk dengan akomodasi dan biaya hidupnya.

      Semoga membantu.

      • ahmad says:

        saya sungguh berminat kerja di qatar dengan cara apa cita-cita (kerja di qatar) sy terwujud ?? background sy maintenance mechanical technician experiences 10 years.

      • @Ahmad, great experiences. Silahkan dicari via jobseeker wbsite atau ke perusahaan konstruksi di Qatar atau via PJTKI di Indonesia.

  4. Dian Puspitasari says:

    halo semua…
    ada yg bisa bantu saya gak ya…
    saya mahasiswa dari Medan, Indonesia.
    saya sedang mengerjakan tugas akhir yang berhubungan dengan plat mobil yang berbahasa arab.
    apakah di qatar plat mobilnya numerik arab?
    kalau memang iya, bisakah ada yang membantu saya memfotokan beberapa plat mobil disana? platnya saja, tidak usah foto mobilnya, bagian depan/belakang saja.
    kalau ada yang bisa bantu tolong email saya ya
    diansebayang@gmail.com

    terimakasih 🙂

  5. Annur Indah Sari says:

    perkenalkan saya Annur Indah Sari, mahasiswa STAIN Salatiga program Kelas Khusus Internasional, di program ini, setiap mahasiswa diwajibkan PPL ke luar negeri, bolehkah saya dan teman2 saya PPL ke Qatar?lalu bagaimana birokrasinya?

  6. vida says:

    maaf mau tanya kalau mau cari beasiswa pascasarjana untuk islamic studies di qatar bagaimana caranya? terimasih sebelumnya atas jawabannya.

  7. Haidar says:

    Asslamualaikum, klo saya ingin kuliah s1 fakultas syariat di qatar, bgmn syarat dan carany

    • Wa’alaikumsalam…di Qatar ada fakultas syariah di Qatar University. Silahkan Mas Haidar bisa berkomunikasi dengan salah satu mahasiswa aktif disana yaitu Mas Taufik Affandi (Admin GontorTV-youtube), silahkan add fb nya di https://m.facebook.com/taufiq.affandi.92?refid=46

      Semoga membantu

    • Mas Haidar…berikut saya ambilkan informasi dari website Qatar Faculties of Islamic Studies seputar International Students di QFIS.

      “International students may apply for all degrees offered by QFIS. They must meet the minimum admission requirement to be able to enter the country and have all their required documents. The equivalency letter can be obtained immediately after their arrival.”

      “Minimum Admission Criteria:

      Prospective International students are invited to contact the Admission Department to inquire about QFIS programs, admissions, and available financial grants.

      Admission and Scholarship applications of prospective International students are processed only for those who satisfy the minimum program admission requirements.

      Admission to postgraduate programs is predicated by the applicant holding a bachelor’s degree, a demonstration of proficiency in English and passing the Arabic placement test in the language center and any other requirements that the academic program deems relevant. At a minimum, to be considered for admission into a post graduate program in Qatar Faculty of Islamic Studies, the applicant must have:

      A bachelor’s degree from an accredited University with a minimum Grade of VERY GOOD or its equivalent;

      A TOEFL score of 550 or 79 on the Internet-Base test or ILETS score of 6.0, except the Master of Arts in Islamic Studies with a Specialization in Contemporary Fiqh and Master of Arts in Islamic Studies with a Specialization In Comparative Religions, which require a score of 5.5 in the IELTS or 500 in the TOEFL.

      A passing grade in the Arabic Placement Test.

      A phone interview to ensure Arabic language skills prior the final admission decision.”

      “Required Documents for Admission

      Qatar Faculty of Islamic Studies Graduate Admission Application.

      Copy of the passport.

      Certified copy of the Bachelor degree certificate (Minimum Grade Very Good) from an accredited university or college or equivalent in that country.

      Final, official certified university transcript(s).

      Two recent passport size photographs.

      Score report of English proficiency based on the program admission requirement.

      Pass Arabic Test with minimum score 80% in language center after arrival in Qatar.”

      “Certification of documents

      Admitted students are requested to certify their documents before their arrival to Qatar, otherwise their registration will be cancelled.

      Bachelor degree Certificates obtained abroad must be certified by the Ministry of Higher Education where the Certificate was delivered, and by,

      The Ministry of Foreign Affairs of the country of origin, and Qatar Embassy of that country.”

      “International Scholarship

      The students with financial support are compelled to meet admission requirement in order to maintain the scholarship, which will be certainly renewed every semester with the following criteria:

      A Student has to be in a Good academic standing i.e. a semester GPA not less than 3.0 out of 4.0.

      A student has to complete thier course of study and graduate in a minimum of 2.5 years and a maximum 4 years.

      A student has to register formally putting registration on hold is allowed only after the approval of the Dean, in which case all the services included in the scholarship will be restricted , so that the student will not be allowed to have the student allowance dorm or transportation services.

      The minimum number of courses registered during the fall / spring are 3, and the maximum are 4.

      The summer registration is compulsory if the student is graduating.

      The scholarship will be withdraw immediately if the student decide to terminate their studies before completing the degree or if they are terminated by QFIS for an academic or non-academic reason.

      The scholarship awarded to the student does not include any family expenses.

      The student should keep the Admission Department informed of their most recent contact information including address, email, and phone numbers.”

      More details, click http://www.qfis.edu.qa/prospective-students/international-students

      Thanks

  8. Bani Bayhaki says:

    ASS…
    Salam kenal nama saya bani,saya laki2 berusia 27 tahun sudah menikah punya 1 anak :p,seiring pekerjaan di Indonesia tak kunjung membaik..saya mencobo apply pekerjaan di semua perusahaan di qatar,selama 1 bulan penuh cuma apply2 ajah,akhirnya hari ini ada yang interview melalui telepon,dari Hilton hotel memang akhir2 ini saya sering apply sebagai waiters/roomboy/steward di Hilton melalui website resminya..kira2 gmn yah kalo kontrak kerja sudah ada saya bingung mau kemana dulu ke kedutaan qatar atau ke bpn2tki??soalnya saya ke qatar secara mandiri surat apa yang harus diurus terlebih dahulu?terus apakan kerja di Hilton dapat tempat tinggal&makan?terima kasih..

    • Wa’alaikumsalam..wr wb…salam kenal kembali. Pengalaman saya dulu setelah lulus wawancara via telepon, perusahaan akan mengadakan wawancara ulang di Qatar. Tapi tergantung perusahaan itu, kalao memang langsung dapat kontrak kerja ya bisa saja. Yang penting perhatikan alamat pengirim emailnya, kalau memang email resmi perusahaan, ya in shaa Allah betul itu.
      Sebagai TKI Mandiri, ngga usah khawatir. Dokumen yang diperlukan nanti kalo sudah ada kontrak kerja, untuk keberangkatan pertama kali ke Qatar cukup mengurus KTKLN di kantor BNP2TKI atau BP3TKI terdekat. Cukup menyertakan copy surat kontrak kerja, membayar asuransi, copy passport (lengkapnya bisa dilihat atau ditanyakan di kantor BP3TKi setempat.

      Untuk akomodasi, makan dan minum, bisa ditanyakan langsung ke pihak hotel hilton sebagai user. Demikian semoga bisa menjawab pertanyaan mas bani. Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

  9. sari purwaningdyah says:

    Assalamu’alaikum wr.wb…..salam kenal mas..sy Sari dr jkt kebetulan suami sy sedang mendpt tawaran dr agent u/bekerja d ras gas. Dg penawaran gaji 50000 QR/bln, medical insurance suami istri, housing allowance, leave allowance, blh membawa anak tp u/medical insurance+biaya sklh kami hrs tanggung sendiri. Anak kami yg sulung usia 8th yg bungsu 4th. Pertanyaan kami….
    a. brp biaya u/medical insurance?
    b. tanpa medical insurance apakah pasien dilayani dg baik bila berobat lsg byr cash?
    c. mahalkah biaya pendidikan disana u/anak seusia anak2 kami?
    d. cukupkah salary yg ditawarkan u/living cost disana?
    e. mahalkah biaya berobat ke dokter disana?

    makasih sblmnya sdh membuat forum ini……wassalam

    • Wa’alaikumsalam wr wb Ibu Sari…

      Senang sekali bisa berkenalan walau hanya di dunia maya. Sebuah penawaran yg bagus buat suami ibu. Alhamdulillah saya langsung dapatkan informasi dari rekan yg bekerja di rasgas terkait berbagai pertanyaan yg ibu ajukan. Berikut ini jawaban yg semoga bisa membantu…

      ” Ini unUsual case, biasanya all rasgas employee got all benefit from school n medical insurances.
      Kalo tdk, berarti mrk hrs tanggung sendiri: u skolah if doha base dg sklah international min 30 rb/th seperti newton international school, medical insurances bs pake hamad card with 100 qr pertahun.
      Private hospital d most expensive one like al ahli hospital, family medicine 200 QAR per konsultasi, kalo specialist 500 QAR @doha clinic all dr,,150 real more recommended

      u anak,, government hospital recommended ke all clinic n specialist, immunization available

      50rbu QAR perbulan dg sklah anak make sense n kalo dihitung hanya perbulan 3000an n 2 anak 6000 aje so still more extra to get…”

      Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan. Welcome to Qatar.

  10. deswandim says:

    ミ★αѕѕαℓαмυ’αℓαιкυм..★彡
    *slm knl gan.saya berniat pgn
    krj di qatar tp bingung cari
    informasi lowongan di
    qatar..kebetulan thn 2008-2013
    saya krj di saudi..sy pnya
    keahlian di bidang IT
    programer software/
    hardware..tp krj apa jga saya
    terima asalkan di qatar.
    nah pertanyaan sya:
    1.untuk cari lowongan di qatar
    gmn?
    2.apa harus migas/nonmigas
    aja, atw ada jg krj ϑ
    ¡ hotel,supir,restourant?
    3. apa harus pergi lewat PT
    sponsor untuk prg ke qatar?
    4. berapa biaya untuk krj ke
    qatar sampai kita siap terbang
    ke qatar
    5. untuk jam kerja di qatar.brp
    jam kira” perhari? hari apa aja
    liburnya
    untuk jawaban sy tunggu pak
    lwt email bisa. atw disini jg
    bsa..terima kasih banyak ats
    bantuanya.wassalam

    • Wa’alaikumsalam wr wb…

      Lam kenal kembali Sdr.Deswandim…

      Pasar kerja Qatar memang sedang booming. Hal ini dikarenakan negara ini sedang membangun infrasuktur disana sini.

      1. Untuk bisa masuk pasar kerja Qatar ada yang melalui direct hire dengan company/user, ada juga yang melalui PJTKI. Satu yang saya tau, silahkan coba hubungi PT. GUNA MANDIRI.

      2. Melihat background anda di bidang IT, sebenarnya bisa masuk pasar kerja migas atau non migas.

      3. Kalau nantinya via direct hire, maka seluruh biaya visa, akomodasi, medical akan menjadi tanggung jawab user. Kalau lewat PJTKI, mungkin akan dikenakan biaya. Besarannya saya kurang paham.

      4. Jam kerja di Qatar sebenarnya sama dengan peraturan perburuhan international yaitu 40 jam per minggu. Liburnya setiap jum’at dan sabtu. Tapi jika anda nantinya masuk kerja shift, itu tergantung employernya. Ada yang menjadwal kerja 6 hr kerja 2 hr off, ada jg yang 4 krj 4 off. Tapi pada intinya 40 jam kerja per minggu. Lebih dari itu biasanya akan ada lembur.

      Demikian semoga bermanfaat!

      Salam dari Qatar

      • juanda says:

        ass,saya mau tanya,kemarin saya dapat e-mail dari totat qatal. aggrement sudah,terakhir saya suruh bayar1.900USD,TO BIAYA EMIGRASI PERTANYAANNYA! BENAR KAH ITU?

      • @Juanda, bolehkah tahu alamat email yg mengaku Total? Setau saya, utk oil n gas company…dlm proses rekrutmen tak pernah meminta uang sepeserpun. Berhati2lah. Waspada Spam!

  11. umm shaleh says:

    Bisakah saya mendapat info tentang belajar bahasa arab dan al quran selama liburan diqatar ? Yaitu tgl 20 januari sampai ahir februari

    • Umm Saleh…untuk bisa mengikuti belajar bahasa arab dan alqur’an bisa menghubungi alfanar (islamic center) yang letaknya tak jauh dari souq waqif. Langsung saja kesana atau bisa kunjungi website resminya. Jika anak ibu ingin belajar ke orang indonesia (para mutawa) nanti saya bisa kasih infonya jg. Semoga membantu.

  12. umm shaleh says:

    Oh iya yg ingin berangkat,anak saya. Laki2 dia kuliah semester 3.

    • Umm shaleh….barusan saya dapat info…ibu juga bisa mengirim anaknya ke Indonesian Mutawa Association Qatar (IMAQ) untuk belajar bahasa arab dan alQur’an. Silahkan hubungi nomer berikut 55378156. Syukran

  13. deswandim says:

    ミ★αѕѕαℓαмυ’αℓαιкυм..★彡
    terima kasih untuk jwbanya pak.
    boleh tanya Ĺªģ¡ kan…
    berarti lebih enak lewat direct here ya pak? soalnya klo lwt PJTKI di kenakan biaya yg lumayan…untuk kebudayaan atw pola hidup org” qatar apa sama seperti org saudi pak? yg sy tau org saudi kebanyakan keras kepala dan besar kepala.
    wassalam trims

  14. buyung ajie says:

    Assalamu’alaikum wr.wb…..salam kenal mas..sy buyung dgn 2 anak (5 and 3 thn) dr jkt, saya mendapatkan tawaran bekerja di qatar airways doha dgn penawaran sebagai berikut ;
    Gaji pokok QR 16500
    Tunjangan rumah QR 8000
    Tunjangan transportasi QR 1000
    Tunjangan listrik & air QR 300
    total ; QR 25.800
    Asuransi kesehatan sekeluarga di tanggung, dapat biaya sekolah QR. 35.000/thn/anak
    apakah penawaran itu cukup untuk memulai hidup di doha dan saving money.

    • Wa’alaikumsalam wr wb..

      Mas Buyung…sebelum tau lebih lanjut tawaran ini pas atau nggak, kita perlu tau tawaran ini utk posisi kerja apa? Kalau untuk level staff biasa (bukan supervisor level atau pilot) maka tawaran ini sudah lebih dari cukup. Tawaran ini bahkan sudah lebih dari gaji rata2 karyawan nurses dan migas di Qatar (employee level staff).

  15. azizah says:

    Salam, saya berniat mau lanjut studi ke qatar. Mau info tentang beasiswa kedokteran ke qatar atau keperawatan atau apa saja dibidang kesehatan.

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam wr wb..

      Dear Azizah…di Qatar utk pendidikan kedokteran ada di Well Corneill medical college Qatar, silahkan buka informasinya lebih lanjut di website resminya. Kemudian untuk nursing ada di Calgary University Qatar, buka website nya juga ya…semoga membantu.

  16. davi says:

    selamat sore, melalui lap top teman saya ini saya mohon bantuan kepada sesama warga negara indonesia di doha,,saya mohon bantuan untuk saya pulang ke indonesia, saya tidak punya cukup dana unuk beli tiket ke tanah air,,,mohon bantuannya,,,no telp saya 74020643

    • JQ says:

      @Davi, Saran saya silahkan hubungi pihak KBRI Doha atau menghubungi staff KBRI bidang ketenagakerjaan berikut:

      Staf Teknis Ketenagakerjaan
      Choirul Huda
      Tel. +974-44657945, 44664981 ext. 104
      Fax. +974-44657610
      Email. choirul_h@kbridoha.com

      Semoga membantu

  17. wahyu says:

    Assalamualaikum…salam kenal Mas…tolong informasi mengenai aturan hukum bagi WNA yang stay atau hanya transit di QATAR soalnya kita punya teman yang kena musibah. Jd teman sy menemukan sejumlah uang dikantong plastik pada saat di toilet Bandara Doha lalu dia memasukannya ke dalam tas, pada saat keluar kemungkinan yang punya uang tersebut kembali ke Toilet dan segera lapor ke pihak security hingga akhirnya teman kita tsb di tahan utk diproses.dimana dia sebenanya tidak ada niat mengambil uang tersebut.
    Apakh hukum islam disana berlaku mutlak atau sdh ada globalisasi
    mohon infonya terima kasih Wssm…

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam wr wb…innalillahi wainna ilaihi raaji’un…

      Semoga musibah itu akan akan terselesaikan dg baik. Mengenai aturan hukum saya ngga tau banyak. Silahkan kontak pak zaenal (beliau bekerja di pengadilan qatar), nomer hp +974 5567 4714. Emailnya abuhilal006@gmail.com
      Semoga membantu.

  18. Muslichuddin masduqie says:

    Ass ww. sy ingin bekerja di Negara Qatar. sy Sarjan S1 Sipil Konstruksi, sy udah pengalaman dalam pekerjaan bangunan jalan dan jembatan, umur sy 53 th, sy lulus S1 tahun 1980 di Universitas swasta terkenal di malang. sy butuh informasi gimana caranya sy bisa bekerja di Qatar, sy mohon bantuan saudara untuk memberikan Informasi selengkapnya, sy samapaikan banyak terima kasih, salam Muslichuddin masduqie

  19. Haris says:

    Salam
    Saya Haris, kebetulan belum pengalaman keluar negeri, mohn info tntang biaya hidup dan harga tiket Indonesia menuju Qatar atw sebaliknya, kebetulan saya ditawari kerja disana dalam beberapa minggu kedepan, trimakasih,,

    • JQ says:

      Salam..

      Mas Haris…untuk biaya hidup itu relatif. Tergantung jg dg employer yg merekrut nanti. Ada beberapa perusahaan yg sdh memberikan akomodasi dan makan. Ada jg yg tidak. Makanya perlu ditanyakan ke employer yg akan merekrut mas haris.
      Untuk tiket Jakarta-Doha itu tergantung musim. Kalo pas musim liburan sekolah bulan juni juli akan mahal. Musim liburan desember jg sama. Harganya tergantung juga airlines nya. Ada Qatar airways…emirates dan etihad. Kisarannya sekitar 2000 sampai 4000 qatar real.

  20. mr. pahry says:

    Assalamualaikum JQ..
    Sy pahry 24 th.. Ada tawaran bekerja di RS Al Ahli doha sebagai nurse.. Tapi sy khawatir karena gaji yg di tawarkan hny ±3500 QR/month dan blm jelas apkah mkan n akomodasi jg ditanggung.. Sy ingin bertanya tidakkah itu terlalu kecil dan nantinya tdk cukup untk living cost dan saving money?? Apalagi jika tdk d tanggung mkan n akomodasi.. Mohon bantuan perinciannya tntg kira2 biaya hidup d qatar trutama mkan n tmpt tinggal..

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam wr wb…Mas Pahry…Good opportunity! Semoga segera bisa gabung di Qatar. Untuk standar gaji nurse di al ahli berdasarkan info rekan kita yg kerja disana sebenarnya monthly salary nya sudah 4000 QAR. Kalau Mas Pahry dapat tawaran 3500 QAR dengan belum adanya kejelasan tentang akomodasi, maka akan lebih baik tanyakan kembali ke user tentang semuanya, akomodasi, annual leave, airlines ticket, transportation, dan jika perlu terkait makan minum apakah ditanggung apa tidak. Intinya tanyakan secara jelas.

      Untuk living cost mandiri, sebenarnya tergantung ke pribadi masing2. Mungkin rincian gampangnya, kebutuhan mobile phone load ya sekitar 100 sampai 200 QAR per bulan. makan dan minum kalau masak sendiri ya mungkin 750-1000 QAR. Kalau bisa urunan dengan teman lainnya mungkin bisa lebih murah.

      Demikian semoga bisa memberi gambaran.

  21. aldin says:

    assalamualaikum,mau nyanya.di qatar ada uiversitas yg nyediakan full besiswa nggak ya ?

  22. daeng miami says:

    AssalamuAlaikum Mas Sugeng. Sy dapat tawaran kerja d Japanese restaurant d Doha. Apakah ini sdah cukup untuk koki? $1500 total salary. Every 2 years you get one round trip ticket. Every year you get one paid salary and for every year you work you get one paid salary that is paid at the end of your service.
    We have 8 working hours every extra hour you work you get over time. You have 1 meal a day and housing and transport. Tolong infonya Mas Sugeng. Terima kasih.

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam…mhn maaf telat reply….untuk standar koki saya kurang paham berapanya. tapi dengan uang 1500 QAR sebenarnya masih terlalu kecil. karena biaya hidup di negeri ini jg tak sedikit, walau sudah dapat makan sekali sehari.

  23. deswandim says:

    Åssǟlǟmʊ’ǟlǟikʊm…
    maaf mas daeng klo boleh tau, ente ditawarin ϑ¡ restourant jepang dr mana ya? aq jg pgn krj ϑ¡ qatar tp belom ăϑα̲ koneksi.
    buat tmn2 yg ăϑα̲ ϑ¡ qatar, aq minta tolong klo ăϑα̲ visa worker atw ϑ¡ perhotelan atw ϑ¡ rmh sakit tolong hubungi q ya nih email ane deswandi.mahardika@gmail.com atw ϑ¡ no +6281210026474 basic q IT programer bisa bhsa arab n inggris.umur 29 thn.
    trm ksh sbelumnya

    • daeng miami says:

      WailakumSalam mas Deswandi, mohon maaf sy tdak tau masalah koneksi atau kerjaan d Qatar karna sy cuma apply job online. Saran sy coba apply online aja atau cari agency biar lebih gampang. Mohon Maaf mas Deswandi kalo info yg kurang. Terima Kasih, Wassalam.

  24. adda says:

    Assalamualaykum, salami kenal mas saya adda rencananya saya Alan menyusul suami saya yang bekerja di qatar. Masalahnya saya sama sekali tidak mengetahui persyaratan apa yang mesti saya siapkan untuk mendapatkan visa. Saya tinggal do jambi. Kira – kira persyaratan apa yang mesti saya siapkan untuk apply visa qatar dengan sponsor suami saya . Mohon kiranya persyaratannya dkrm ke email saya . Terima kasih sebelumnya.

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam….@ADDA…maaf sekali baru sempat online. Nggak usah khawatir dan ragu untuk relokasi ke Qatar. Jika suami sudah kerja di Qatar, maka setelah melewati masa probation (biasanya 3 bulan) maka karyawan bisa memproses untuk mengajak serta keluarganya ke Qatar. Tentu dengan ijin dari perusahaan.
      Mengenai persyaratan, cukup passport yang berlaku, kartu keluarga yang sudah diterjemahkan dalam bahasa inggris. Lain2nya akan diurus oleh perusahaan tempat suami ibu bekerja.

  25. rahmawati says:

    Saya pernah bekerja Ԃɪ̣̇ Qatar slama 1,9 bln Dan saya kembali ke Indonesia kurang lebih 1 thn yg lalu , apakah saya bisa bekerja kembali ke Qatar dengan company yg berbeda atau bagaimana caranya saya kembali ke Qatar , , , terimakasih

    • JQ says:

      Mba Rahmawati, mohon maaf lama gak buka blog. jadi baru sempat jawab. Kalau memang ada job baru dari company berbeda, kenapa nggak balik lagi ke Qatar. Kalaopun nggak bisa, user akan menginfokan ke kita sebagai kandidat.

  26. mups says:

    Assalamualaikum
    salam kenal pak….saya ada offering di salah satu petrochemical company di qatar sebagai senior staff :
    offering saya basic+allowance, housing, medical, and children education ditanggung.
    saya ingin tanya ,
    – untuk tiket mudik apakah dalam bentuk cash atau tiket?
    – kira2 berapa ya biaya hidup / living cost untuk keluarga dengan dua anak ?
    – apakah housing bisa diganti dalam bentuk cash, lalu kita cari kontrakan sendiri ?

    terimakasih
    Wassalamualaikum

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam…

      maaf baru buka blog, jadi lama tidak menjawabnya.

      membaca offer yang diberikan, itu sudah sangat bagus. dan rata2 perusahan migas di qatar memberikan benefit seperti itu pak.

      untuk tiket mudik, family status biasanya mendapat tiket sekali setahun beserta anak istri, sementara untuk bachelor status (bujang lokal atau bujang beneran) akan mendapatkan dua kali setahun.

      Untuk menjawab kisaran biaya hidup bulanan, saya sendiri statusnya bujangan lokal. jadi nggak tahu pastinya. tapi dapat info dari temen yang family status, kisarannya demikian:

      belanja bulanan 1000-1500 QAR, entertainment keluarga 1000-1500. ini saya dapat dari Employee level staff pak. jadi rata2 3000-4000 QAR per bulan sudah cukup pak.

      Mengenai housing, tergantung perusahaan pak. Jikalau perusahaan sudah mempunyai housing complek sendiri, maka karyawan akan diminta menempati komplek yang sudah ada. Jika perushaan belum mempunyai akomodasi yang cukup, maka perusahaan akan memberikan uang housing per bulan.

      demikian pak, semoga membantu.

  27. aldes agus says:

    Assalamualaikum.
    Mau ikutan diskusi mas,
    Saya tertarik bgt mas hijrah ke qatar .
    Pengalaman saya di perbankan mas udh hampir 5 tahun.
    Ada ga ya mas saudara wni qt yg kerja di bank di qatar untuk saya tanya2 trus itu mas klo mw kerja disana bahasa inggris nya harus ok bgt ya mas?
    Jzkllah khoir ya mas

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam,

      Yang dimaksud mas agus ini, kerja di perbankan Qatar atau perbankan dan ditempatkan di Qatar?

      Saya kenal dengan orang Indonesia yang kerja di bank milik Indonesia dan menjadi representative di Qatar. Sementara untuk yang orang Indonesia bekerja di bank milik Qatar, saya belum ada yang kenal. Tapi sepertinya ada juga.

      Jika anda akan bekerja di Bank milik pemerintah sini, tentunya syarat bisa berbahasa inggris itu wajib. karena customernya rata2 berbahasa inggris. Kalau bisa berbahasa arab malah lebih bagus lagi.

      demikian, semoga membantu.

      salam

  28. Hima Sanjaya bagiaata says:

    Dear Pak Sugeng

    Saya ingin sharing n minta pendapat ama Bpk.
    Saya sdikit crita kronologinya, p’tama saya kirim cv di total e&p qatar exploration n production. Selanjutnya user mengirim form aplikasi online yg selanjutnya saya isi dan kirim kembali. Kemudian pihak perusahaan mengirimkan contract agreement kerja dan kemudian saya tanda tangan dan saya kirim kembali kontrak tersebut.

    Setelah itu saya dpt email lg bahwasannya saya disuruh mengurusi visa, labour permit n entry clearance pada salah seorang imigration lawyer qatar yang telah ditunjuk atas nama sherif ahmed setelah dpt itu visa dll, saya diminta untuk mengirim visa dll tsb ke perusahaan untuk mendapat tiket dan advance gaji selama 2 bulan dibayar pertama dan disitu mereka menyebutkan sesuai dengan kontrak pada point 4 yg menyatakan untuk visa dll dpat di reimburse maksimal 14 hari kerja. Disebutkan di kontrak mengapa visa dll itu td harus diurus sendiri krn mereka b’anggapan setelah dibuatkan visa banyak yg cancel karena urusan keluarganya lah, kesehatan lah…dll. Jd mereka meminta untuk qta yg bkin visa dll stelah itu di reimburse.

    Bagaimana menurut pendapat Bpk dari cerita saya diatas, mohon pencerahan. Terima kasih.

    • JQ says:

      Dear Pak Hima,

      Setahu saya (maaf jika ada hal yg blm sy tahu), visa kerja menjadi tanggung jawab user. Jadi mereka yang menyiapkan semuanya.

      Kalau kita melalui proses direct hire tanpa PJTKI, maka user akan memproses visa kita. Jika sudah siap, maka kita akan dihubungi dan dikirimi visa tersebut.

      Jika melalui PJTKI, sebagai kandidat yang terpilih setelah melalui proses rekrutmen tentu menunggu juga proses visa dari user, yang mungkin akan dikomunikasikan via PJTKI terkait.

      Demikian info dari saya, mohon maaf jika ada yang kurang pas.

      Salam

  29. ennachu says:

    Aslkm.. mohon infonya apakah pembuat an visa utk warga negara indonesia yg akan ke qatar sangat sulit khusunya utk para wanita.. karena seperti yang sy denger visa utk wanita selain utk tkw sangat sulit dan yang saya dengar ada peraturan baru utk visa bagi wni.. mohon infonya… wassalam

    • JQ says:

      wa’alaikumsalam…Visa untuk kepentingan apa ya? Jikalau untuk kepentingan mendatangkan family, sepanjang kita (sebagai employee) yang akan menjadi sponsor memenuhi syarat (salah satunya memnuhi minimal salary), maka urusan pembuatan visit visa nggak sulit.

  30. Sandi says:

    assalamualaikum mas, mohon bantuan informasinya. saya ada tawaran bekerja dibidang telekomunikasi dikota doha melalui agent.
    dimana agent menwarkan 2 paket, yang pertama 4000USD tempt tinggal di tanggung perusahaan, paket ke 2 5000 USD saya tanggung sendiri tempat penginapan. kira2 yang pas untuk tinggal diqatar paket yang mana ya? dan apakah dengan besaran salary tersebut cukup untuk kebutuhan kehidupan disana + untuk tabungan? (saat ini saya masih belum berkeluarga)

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam Mas Sandi, 4000 USD (sekitar 14600 QAR), untuk posisi Staff biasa atau supervisor level? jika staff biasa dengan housing ditanggung sudah bagus banget itu. Untuk biaya sewa rumah/apartemen jikalau mau cari sendiri saya kurang paham. Tapi kisarannya 3000-5000 real untuk bachelor status sudah cukupan itu.

      demikian gambarannya…semoga membantu.

  31. bagus says:

    saya ingin kerja di Qatar di dunia perhotelan. kira2 gaji untuk koki di hotel brp ya? apakah dapat intensif jg?
    terima kasih

  32. asri ratna puspita says:

    Aslkm..salam kenal mas
    Suami saya bekerja di qatar airways, qt baru menikah sebulan ini, saya punya keinginin untuk bisa ikut suami kesana, tapi karena suami hanya staff biasa jd agak susah untuk membawa keluarga..boleh minta info nya atau lowongan pekerjaan yg sesuai dengan saya, biar saya bisa ikut kesana sambil saya kerja..profesi saya sekarang guru, saya lulusan pendidikan tata boga..terima kasih 🙂

  33. aldy says:

    ass.wr.wb
    saya fresh graduate s1 jurusan hukum
    saya berminat kerja di qatar
    mau nanya aja di qatar punya temen/kenalan orang indo yg backgroundnya hukum ga?
    dan kerjanyanya apa ya disana?ga harus kerjanya bidang hukum jg sih
    yg penting backgroundnya dari hukum
    terimakasih

    • JQ says:

      wa’alaikumsalam….ada temen yang kerja di Mahkamah Qatar. Tapi sy kurang paham apakah beliau lulusan SH apa bukan.

    • @Emma, gaji flight attendant sekitar 10,000 an QAR

      • Ini ada info kerja di qatar airways siapa tahu butuh utk teman, atau saudara..

        Recruitment Campaigns for Hamad International Airport 2015
        Here is your ticket to a new career with the World’s Leading 5 Star Airline.
        We need people with passion for service delivery!
        If you have what it takes to deliver 5 star Service with a smile, then we would like to meet you.
        We have lots of opportunities for positions across Hamad International Airport and we are targeting candidates with Information Technology, Airport Operation and Facilities Management maintenance background.

        Your CV should include full details of your career development to date, including relevant training taken and a recent passport-sized photograph.
        Please apply online for one of the below opportunities and if your application is shortlisted, we will send you an invitation for the event with Venue, date and time details. Only shortlisted candidates will be contacted for interviews in these cities.
        Event Name : Recruitment Campaigns for Hamad International Airport (HIA)

        Event Date/ Time: By Invitation only, details will be emailed directly to shortlisted candidates.

        Surabaya, Indonesia 01st June
        Jakarta, Indonesia 02nd & 03rd June

        More info at http://careers.qatarairways.com/qatarairways/NewsEvents.aspx?PageID=12044&&CID=SMALL0678502232000000001104

  34. wasimakram says:

    Im wasimakram Saudi al fanar may jod edector

  35. muhammad zuhaeri says:

    assalamualaikum,,
    saya mau minta informasi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi yang bagus di qatar pa ya pak?
    insya allah kalo memang ada kesempatan, slse kuliah s2 ini ada rencana mau cari kerja d qatar,,smga bapak berkenan memberikan info prusahaannya,,syukron..

    • JQ says:

      wa’alaikumsalam….Qatar mmg lagi gencarnya membangun infrastruktur, karena persiapan menjelang piala dunia 2022. Sbg penjembatan info kerja disini, bisa kontak gunamandiri.com. atau cari di web2 penywdia info loker seperti bayt,,monstergulf dan lainnya.

  36. Jivod says:

    hi pak,

    saya mempunya beberapa pertanyaan nih pak.

    1.bagimana cara kerja disana ya pak? saya sudah melamar beberapa x tapi tetap saja belum dapat nih pak
    2.untuk posisi network engineer disana apakah punya kesempatan yang besar pak?

    mohon jawabannya ya pak

    • JQ says:

      Sdr Jivod,

      alternatif kerja disini bisa melalui pjtki atau direct hire oleh company/user. Network engineer? apakah sdr.jivod spesialist bidang IT? kalo ada info terkait akan sy update di blog ini.

  37. efahroy says:

    Mau tanya pak, apakah bisa sesama WNI menikah di sana? Kalau bs, apa sajakah syaratnya?

    • JQ says:

      Kalo yg satu ini, sy blm pernah tau. Tapi sepanjang memenuhi persyaratan perundangan yg berlaku di negara Qatar tentu akan diperbolehkan. mengenai persyaratan bisa ditanyakan ke pihak kbri doha.

  38. efahroy says:

    Sy mau tny lagi pak. Bagaimana pergaulan laki2 dan wanita yg bukan muhrim disana?

    • JQ says:

      Qatar adalah salah satu negara yang penduduknya multi etnis, dikarenakan banyaknya pekerja expatriat. Banyak ragam budaya dan perilaku manusia disini.

      Pergaulan pria wanita yg blm menikah tentu ada saja yg gak bener. Dimanapun kita berpijak.

  39. Abahabdulloh Thariq says:

    (jq)….bgmn kultur orang2 qatar?

    • JQ says:

      Abah Abdulloh…Kultur orang Qatar ya layaknya kultur orang arab. Tapi dibanding negara arab lainnya, orang2 Qatar lebih santun dan terdidik. Bahkan bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang banyak dikuasai oleh sebagian besar warganya.

  40. Alik says:

    Selamat siang pak, saya ada beberapa pertanyaan masalah kerjaan di sana. saya mendapatkan tawaran bekerja di Qatar Sebagai Barista karena sebelumnya saya bekerja di posisi yg sama di starbucks.
    Gaji saya hanya 3750 QR.
    beberapa benefit yang saya dapatkan
    tiket pesawat free, tinggal di apartement. apa itu cukup? bagaimana living cost di sana?

    • JQ says:

      @Alik, met siang jg. Saya tdk tahu secara jelas mengenai standar minim gaji untuk posisi kerja seperti Mas Alik. Tapi dengan gaji segitu dengan fasilitas apartemen gratis, tiket pesawat PP gratis, ya sudah lumayan mas. Sebagai pembanding, gaji Pekerja Rumah Tangga berkisar 800 QAR/bulan. Gaji karyawan Migas new entry berkisar minimum 6000 QAR/bulan. Silahkan dipertimbangkan.

      Untuk biaya hidup itu relatif sebenarnya. Tapi kisarannya untuk biaya hidup bachelor sekitar 1000 QAR per bulan.

      Semoga membantu.

  41. fachrudin says:

    mas saya dapat tawaran kerja di Emco Qatar dengan sallary 2500 QR dengan biaya makan dan medical di tanggung tapi yang saya bingungkan di tawaran kerjanya tidak disebutkan masalah penginapan,apakah mas punya rekan yg kerja di Emco Qatar? kira2 cukup g biaya segitu buat keperluan sehari hari?

    • JQ says:

      @fachrudin – Boleh tau utk posisi kerja apa? Biaya makan dan medical ditanggung, Alhamdulillah. Untuk akomodasi perlu ditanyakan sekalian, karena untuk nyewa/ngekost disini lumayan mahal. Utk pulsa hp…cukuplah 100 real sebulan, kalo ngirit.

  42. fachrudin says:

    Saya bekerja sebagai teknisi mas..kira2 range sallary disana sebagai teknisi berapa y?trus disini masalah akomodasi free for bachelor akomodation mas tulisannya,tpi lebih detailnya saya belum tau..

    • JQ says:

      @fachrudin, teknisi apa ya mas? sy ada temen kerja jd Maintenance Technician di contractor company….gajinya sekitar 1600 QAR per bulan. Akomodasi (porta cabin), makan ditanggung, tiket cuti setahun sekali…tinggal di kawasan industri.

  43. fachrudin says:

    Sebagai HVAC INSTRUMENT TECHNITION..akomodasinya masih belum jelas mas..

  44. Kami ingin bekerja di Qatar.
    Keahlian Kami adalah sebagai:
    1: massage therapist
    2: spa
    3: hijamah/ bekam, accupressure, accupunktur, kirofraksi, fisio therapist, herbalis, hirudo therapist.
    Kami bersedia ditempatkan di : kapal pesiar, hotel, air port, perusahaan minyak dll.

  45. seto says:

    Biaya kehidupan mahasiswa relatif tinggi atau rendah dari segala segi??
    Apakah mudah bagi WNI dalam beradaptasi dengan pribumi yang memakai bahasa arab… ?kira2 berapa lama?
    Fak. Kedokteran terbaik ada di universitas apa?
    Bagaimana prosedur pendaftaranya?
    Trimakasih…

  46. farah says:

    aku salah satu fans negara qatar…mau tanya karakter masyarakat Qatar gimana ya…?? Aku punya cita cita bisa ke Qatar suatu saat nanti… 🙂 🙂

    • JQ says:

      @farah, Wow! fans Qatar ya:) bidang apanya nih? perlu diketahui, populasi masyarakat Qatar hanya sekitar 300 ribu, sementara sekitar 1,7 juta adalah warga pendatang dari berbagai negara di penjuru bumi.

      Maka kehidupan di Qatar menjadi kehidupan yang multikultural. Kehidupanpun menjadi unik. Kita mesti bisa mengenal satu sama lain dan memahami adat dan budaya orang-orang yang berasal dari berbagai latar belakang.

  47. aan says:

    Bagaimana kalau istri yang mendapat kerja di qatar dan perusahaan menjamin suami dan anaknya juga. Apakah bapak kenal orang yang mengalami ini? yang mungkin bisa saya kontak untuk diskusi lebih lanjut.

  48. aan says:

    maaf, bisa minta kontaknya berupa email, saya tidak punya akses ke facebook. Terimakasih banyak, maap merepotkan …

  49. usman ruhiyat says:

    Assalamualaikum.
    Sukses buat bapak, krn telah berbagI pengalaman terhadap orang yg ingin maju, saya mau bertanya beberapa hal:
    1. Perusahaan diqatar yg bergaji besar + tunjanganya itu perusahaan yg bergerak dibidang apa, dan apa nama perusahaanya?
    2. Berapa gaji untuk level operator disana, atau pelaksana + tunjangan dsb?
    3.Keahlian apa yg dibutuhkan yg paling banyak dicari untuk perusahaan di sana?
    Umur saya 25 tahun, sekarang saya bekerja diperusahaan pembangkit listrik dipabrik baja krakatau steel sebagai operator boiler, dlu saya melamar kerja dipembangkit pakai ijazah D1 elektro & instrument, dan saya jalani kuliah S1 sambil kerja, sekarang sudah lulus S1 jurusan mesin. Skill yg saya punya saat ini baru menyangkut proses dipembangkit listrik, berhubungan dgn logic & loop proses, sedangkan skill dimekaniknya saya belum punya, hanya sebatas pengetahuan yang didapat selama kuliah dan selama bekerja, ijazah S1 saya blum terpakai sekarang, krn awal masuk kerja pakai ijazah D1, mohon saran pak, keahlian apa yang harus saya ambil agar bisa bekerja diqatar mengacu pada demand skill yg dibutuhkan disana dan masa depany bagus, nanti saya belajar lagi dilembaga training dan sertifikasi.
    Terima kasih salam sukses untuk kita.

    • JQ says:

      @UsmanRuhiyat Wa’alaikumsalam wr wb…Makasih do’anya, semoga sukses buat Mas Usman.

      Qatar saat ini masih sibuk2nya dengan berbagai macam pembangunan infrastruktur, dari jalan raya, mall-mall, fasilitas olahraga dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Hal ini tentu membutuhkan banyak tenaga kerja. Dari yang professional skills sampai pekerja labour biasa.

      Di sektor migas, ada Qatar Petroleum, Rasgas, Qatar gas, qafco, qapco, qchem dan perusahaan yang bergerak di bidang migas lainnya. Bicara masalah kerja, itu tergantung peluang yang ada dan adanya Manpower agency yang memfasilitasi.

      Kisaran gaji pokok yang diterima untuk operator migas level biasa/junior staff berkisar 7000 QAR. Kalao untuk operator skill di perusahaan konstruksi saya tak tahu jumlah kisarannya. Mungkin berbeda sedikit dengan operator di perusahaan migas dan subsidiary nya.

      Jikalau kita bekerja di perusahaan migas, rata-rata akan mendapatkan shift allowance, transport allowance, housing allowance, health insurance, school allowance untuk anak-anak dan leave ticket allowance.

      Mengenai keahlian apa yang diperlukan, tentu keahlian yang sesuai dengan bidang kerja yang dilamar. Mungkin bisa ditanyakan ke beberapa manpower agency di jakarta yang menangani rekrutmen karyawan untuk qatar atau middle east.

      Semoga membantu.

      • usman ruhiyat says:

        maaf pak ada satu lg pertanyaan’,
        1. Kalau sepengetahuan bapak, org-org indonesia yang bekerja dimigas itu menangani bagian apa saja yg mencakup ilmu keteknikan, selain HR dan keuangan krn sebagai bayangan dan persiapan saya belajar mencari ilmu untuk persiapan kerja disana? nanti lbh lanjutnya sesuai saran bapak saya akan tanyakan langsung ke agency
        2. Bagaimana masa depanya klo untuk piping enginer, baik diqatar maupun dalam negri dan luar negri lainya, dilihat dari besarnya gaji dan kesejahteraanya, dibanding dengan menjadi karyawan migas, dan apakah perusahaan engineering procurement & contruction (EPC) diqatar ada? Dan apakah banyak jg org indonesianya dan klo dibandingkan perusahaan migas qatar dgn perusahaan EPC diqatar dari segi gajih dan tunjangan lbh besar mana?
        Sekali lg mohon maaf sebelumnya, terima kasih

      • JQ says:

        @UsmanRuhiyat, wah kian mendetail pertanyaannya. Maaf sy tidak terlalu menguasainya hehehe…mungkin bisa sekalian di tanyakan ke manpower agency di Indonesia. salah satu yg sering ngirim ke qatar itu pt guna mandiri di jakarta.

        yang jelas bahwa konstruksi di negeri ini sedang giat-giatnya, tinggal browse di web pencari kerja saja seperti gulf talent.com, bayt.com, naukrigulf.com, monstergulf.com, middleeast.siemens.com, dll. selamat berselancar. Maaf tidak bisa menjawab semuanya, terkait dg keterbatasan informasi yang saya tau.

  50. aan says:

    email ke gmail mas ekomurdoch gak bisa Pak, undeliverable…

  51. usman ruhiyat says:

    Terima kasih pak informasinya semoga bisa berjodoh bertemu bapak disana.
    Wassalamualaikum

  52. widi says:

    Assalamualaikum. .salam kenal mas..saya juga akan berangkat ke qatar untuk bekerja di EMCO qatar seperti bpk fachrudin.Saya mau tanya bagaimana cara masuk ke Qatar? Saya sudah melengkapi documents paspor..visa..tp yg blm saya buat adalah KTKLN. Saya sudah berusaha membuatnya tp dr pihak BNp4tki cilacap tidak mau mengeluarkan dengan alasan kami harus mengurusnya lwt PJTKI. .sedangkan kami kn TKi mandiri.Apakah kami bisa berangkat ke Qatar tanpa memiliki KTKLN. .? Mohon informasinya mas..
    Terimakasih

    • JQ says:

      Wa’alaikumsalam Mas @Widi … Boleh tau, apakah mas widi berencana membawa keluarga ke Qatar? jika iya, sesuai aturan baru di Qatar, ada baiknya menterjemahkan ijazah terakhir ke dlm bhs inggris atau arab, kemudian di atestasi di kemenlu, kemkumham dan qatar embassy di jakarta. Dokumen ini diperlukan sebagai salah satu syarat pengurusan family visa di Ministry of Interior di Qatar.

      terkait KTKLN, memang itu salah satu syarat sbg TKI, baik TKI via PJTKI atau TKI Mandiri. Jikalau BP3TKI setempat nggak mau membuatkan, coba tanya ke BNP2TKI. Kalau memang ngga mau dibuatkan, Bismillah, berangkat saja.

      Pengalaman saya cuti dari Qatar beberapa kali sudah tidak pernah lagi ditanya tentang KTKLN.

      Oh ya…ditanyakan ke perusahaan, apakah perlu dibuat tentang Police Clearance. Semacam SKCK. tapi kalau tidak diminta, ya sudah cukup Passport, Visa, dan KTKLN.

      Good Luck.

      • widi says:

        Saya tidak membawa keluarga mas.SKCK jg dari pihak sana tidak di tanyakan.Saya jg sudah cari informasi lwt internet tentang pembuatan KTKLN di BNP2TKI tp hasilnya sama ..untuk saat ini harus melalui PJTKI.tp saya blm datang langsung ke kantornya.Seumpama saya ditanyakan tentang KTKLN di bandara..jawaban apa yang sebaiknya saya katakan.Mohon sarannya mas..
        Terimakasih

      • JQ says:

        Ya nanti jawab saja bahwa saya TKI Mandiri, sudah berusaha via BP3TKI tapi ga bisa. Insha Alloh mereka gak akan mempersulit. kalo dipersulit, kontak menaker…heheh

      • JQ says:

        @Widi…kalao dipersulit, bisa kontak Abdulrahim Sitorus (Bantuan Hukum TKI) 081229033381 atau 08175419601. https://www.facebook.com/rahimsitorus?fref=ts

  53. Vito says:

    Syalom,.Mas sy mau tanya sy ada tawaran kerja chief cook di Qatar,.sy belum paham salary dsana,.kira2 berapaan ya???masalah tmpat tinggal dan makan semua di tanggung company,.thanks

    • JQ says:

      @Vito…seperti dikutip laman salaryexplorer, berikut range salary untuk Chef professions: Cook 1,250 QAR
      Kitchen Staff 1,700 QAR
      Front Desk Agent 1,800 QAR
      Receptionist 2,200 QAR
      Waiter 2,450 QAR
      Hostess / Host 3,000 QAR
      Hotel Service Supervisor 3,067 QAR
      Chef 3,500 QAR
      Supervisor of Food Services 5,263 QAR
      Food Service Director 5,417 QAR
      Chef ( Executive ) 5,500 QAR
      Travel Agent and Tour Guide 5,954 QAR
      Conference Services Manager 7,000 QAR
      Kitchen Manager 7,000 QAR
      Cafeteria Manager 7,500 QAR
      Restaurant Manager 8,550 QAR
      Food Server 10,000 QAR
      Hotel Manager 14,800 QAR
      Hospitality Director 17,500 QAR
      Motel Manager 50,000 QAR

      http://www.salaryexplorer.com/salary-survey.php?loc=176&loctype=1&job=390&jobtype=3
      Semoga membantu.

  54. asri ratna puspita says:

    Salam pa…maaf mau nanya, kalo suami bisa mensponsori istri, caranya gmn? Saya kebetulan suami kerja di qatar..terima kasih

    • JQ says:

      @Asri…suami bisa mensponsori maksudnya, istri bisa cari kerja/bekerja di qatar dengan sponsor suami. Jadinya nanti tetap tinggal bersama suami.

      • Emma says:

        Mas, kalo ada anaknya yg masih single bekerja sebagai pramugari Qatar Airways. Bisakah membawa orang tuanya tinggal disana?

      • @Emma, sy cari info dari rekan yg kerja di QA. Kisaran gaji flight attendant sekitar 10,000 an QAR dg free akomodasi dan transport. Sudah itu akan ada potongan tiket QA utk karyawan dan keluarganya.

        Utk kemungkinan membawa ortu tinggal lama sbg residence mgkn nggak, tapi kalo utk visit visa OK lah.

        smg membantu.

  55. desy natalia says:

    Sore pak, sy pny tmn orang india kebetulan dia pny restaurant india di doha, tmn sy menawarkan gjih 3000 real apakah ckup untuk hdup d sana dan harga kost di sna brapa ya mas. Trus untuk mengurus visanya bagaimana

    • JQ says:

      @desy, kalau memang sdh dapat penawaran kerja, harusnya yg ngurus visa itu ya calon user. Anda tinggal nyiapin dokumen passport dan dokumen ijazah jika diperlukan. Untuk gaji, untuk posisi apa? dengan gaji segitu, perlu ditanyakan apakah sudah dapat akomodasi dan transportasi?

      Sewa kost untuk apartemen lumayan mahal, tapi kalao bisa sharing mungkin bisa terjangkau.

  56. ibrahim says:

    Hi Ibrahim,I have a poison of maintenance technician on one of our site already they have multimax system, the package is 3500 Qatari reyal plus accommodation and proportion period 6 month and return tickets after 2 years, plus medical insurance,….

    saya mau bertanya kira2 cukup kah biaya hidup di qatar sebulan dengan gaji 3500 qatary….
    sebelum nya terima kasih…

    • JQ says:

      @Ibrahim, posisi maintenance technician dengan tawaran gaji segitu biasanya dari contractor company. Memang kisaran gajinya segitu. Malahan saya ada teman orang Indonesia terima kurang dari itu (cuma 2000-an)…mungkin bisa nambah jika ada lembur. Kalau memang sdh dapat akomodasi dan transport, tentu sudah lumayan.

      Medical insurance jg termasuk nilai lebih. Karena bisa mengcover kalao kondisi emergency atau kita terkena sakit.

      Tapi kalau bisa join dg perusahaan migas, kisaran gaji entry level sekitar 7000 an real.

  57. deko says:

    Dear pak, Salam kenal,,,,saya mendapat penawaran bekerja ke qatar Qafco sebagai field operator :
    yang ingin saya tanyakan :
    – 1 QAR berapa rupiah untuk sekarang ini,….
    – berapa kira2 salery sebagai field operator
    – untuk di Qafco sendiri berapa hari kerja & berapa hari Off
    – berapa bulan kerja kita baru bisa cuti

    termakasih untuk infonya

    • JQ says:

      @Deko, mabrouk atas penawaran kerja yg diterima.

      Info yg saya dpt, gaji basic berkisar 6500-7000 QAR/bulan. Dapat transport allowance, location allowance, asuransi kesehatan dan pendidikan anak, tiket dan annual bonus..shift allowance utk shift workers.

      8 jam 5 hari kerja/week (utk yg daily) 6:2 untuk yg shift workers. cuti general shift 24 office days,..

    • JQ says:

      Karena pelemahan rupiah, kurs real mjd tinggi…sekitar 3500 an rupiah per real (hari INI). Dlm kondisi normal 2500 an rupiah saja.

  58. abdul fattah says:

    Assalamualaikum mas…terima kasih sudah meluangkan waktu berbagi informasi.
    Saya sudah melakukan apply ke beberapa perusahaan diqatar, tp tidak satupun jua ditanggapi, apakah karena saya freshgraduate.
    Sekedar informasi mas, saya lulusan s1 teknik geodesi di universitas negri di yogyakarta.
    mohon saran dan bimbingannya, jika tidak keberatan, kalau ada lowongan utk posisi land surveyor atau hidrographic surveyor mohon dikabari mas….matur sembah nuwun.
    Ini email saya abdulfattahaizzat@gmail.com

    • JQ says:

      @AbdulFatah, wa’alaikumsalam Mas..terima kasih kembali atas kunjungannya ke blog sy. Benar yg dikatakan Mas abdulfatah..rata2 company di Qatar menerima karyawan yg sdh berpengalaman kerja. Utk fresh graduate sy blm pernah dengar infonya. Tapi tdk ada salahnya trs mencoba.

      Bisa jg coba tanyakan ke pjtki yg memberangkatkan TKI ke timteng, siapa tau ada peluang. Good Luck!

  59. moch sholeh says:

    mohon masukannya pak
    saya mendapatkan tawaran kerja di Qatar Airways sebagai equipment operator ground handling dengan basic salary 2810 QR dan transportation allowance 350 QR, akomodasi tempat tinggal di tanggung.
    pertanyaan : apakah dengan salary sebesar itu bisa saving utk kiriman keluarga sebesar 2000 QR

    • JQ says:

      @MochSholeh, walopun blm pernah ngobrol lama dg temen2 Indonesia yg kerja di ground handling Qtr Airways, tp sepertinya banyak jg yg dr Indonesia.

      Kisaran gajinya mmg segitu sepertinya. Kalau akomodasi sdh ditanggung, inshaa Alloh DG biaya hidup 1000 real sebulan bisa lah. Enak lg nanti kalo Ada temen yg bisa buat sharing, lbh berhemat lg. Good Luck!

      • Mega says:

        Mas mau tanya saya juga di terima di qatar airways dan harus kasi medical report dari GAMCA itu cuma di jakarta ya??lokasi saya di bali
        Berapa lama dari hari offer letter di kirim maksimal saya bisa kirim medical reportnya??

      • @Mega, Sy kurang paham ttg lokasi GAMCA..apa ada di jakarta saja atau di lain kota. Tanyakan saja ke user nya. Mungkin bisa ke provider lain utk medical check up nya yg ada di Bali.
        Berapa lamanya MCU dikirim…lebih cepat lebih baik.

  60. moch sholeh says:

    mau tanya lagi nih pak, kalau di doha kira2 sampai saat ini sudah ada berapa komunitas atau paguyuban WNI dan kegiatan rutin apa saja yang biasa dilakukan? dan biasanya komunitas/paguyuban tsb atas dasar spesifikasi pekerjaan atau berbaur?
    mohon maaf kalau banyak bertanya? terima kasih sebelumnya atas semua informasinya, mudah2an mendatangkan kebaikan..aamiin

    • JQ says:

      @MochSholeh, masyarakat Indonesia di Qatar tergabung ke dlm organisasi PERMIQA. Tapi masing2 wilayah jg ada organisasi komunitas. Kegiatan banyak, ada olahraga, sosial kemasyarakatan dan keagamaan.

  61. Rini Sulistyowati says:

    Assalamualaikum Mas

    Salam kenal dari Rini
    Saya kebetulan mendapat panggilan kerja di Child Development Center Qatar sbg spec.education teacher di Al dafna Doha dan belum pernah bekerja keluar negeri sebelumnya. Yang ingin saya tanyakan , kalau pihak Center tsb sudah memberikan visa kerja, langkah2 apa saja yang harus saya tempuh untuk persyaratan bekerja di sana? Terima kasih sebelumnya.

    Wassalam

    • JQ says:

      @Rini, wa’alaikumsalam…Salam kenal kembali mba Rini.

      Mabrouk(selamat) ya. Smg barokah atas tawaran kerjanya di Qatar.

      Langkah selanjutnya jika sdh terima visa kerja tenth persiapan untuk relokasi ke Qatar. Hal2 yg penting adalah dokumen yg terkait dg profesi.

      Siapkan ijazah terakhir yg sdh diterjemahkan ke dlm bhs inggris atau Arab. Lakukan atestasi di kementrian hukum n ham, kemenlu dan qatar embassy di Jakarta.

      Yakinkan passport masih valid.

  62. Fikri says:

    Assalamualaikum..

    Mas JQ, mau tanya nih, saya insyallh pertengahan 2015 ini mau lulus SI Hubungan Internasional. Kira-kira ada nggak ya mas lowongan kerja di IGO / INGO Qatar? mohon rekomendasinya yg menurut mas JQ terbaik,,, sekalian beserta syarat-syaratnya ya mas..,, soalnya dari dulu ingin sekali bekerja disana, ini Email sy mas: Fikrihaikal19@gmail.com
    saya ucapkan terima kasih banyak mas. salam kenal dari saya Fikri

    Wassalamualaikum..

    • JQ says:

      @Fikri, nama saya Sugeng Riyadi (@sugengbralink), bukan JQ ..heheh.

      Untuk info lowongan IGO/ INGO Qatar sy blm punya referensinya utk fresh graduate. coba buka beberapa web job seeker atau qatar government web…siapa tau menawarkan yg ditanyakan. thanks

      • Fikri says:

        Ohh Mas Sugeng Riyadi,, hehe,, Oo gt ya ,, oke mas akan q coba buka webnya,,
        kalau informasi-informasi job di kedutaan ada nggak mas?,, siapa tau masnya punya link kesana gt,, 🙂

      • JQ says:

        Kalo KBRI Doha so far tdk ada info2 lowongan kerja. KBRI Doha lbh ke arah birokrasi dan kemasyarakatan.

      • JQ says:

        @Fikri…ini salah satu infonya m.bayt.com/en/job/community-and-ngo-specialist-in-qatar-1835102/ gak tau msh update apa nggak… 🙂

  63. sy ingin sekali bekerja di qatar, atau menetap dsna, dan bekerja, apakh saya bisa dan mungkin

  64. ika says:

    Salam kenal,
    Bisa minta informasi beasiswa S2 jurusan Study Islam? Terima kasih.

  65. adda says:

    assalamualaykum
    nama saya adda udah hampir 3 bulan saya ikut suami tinggal di Qatar , saya tinggal di ad dawhah doha . saya pengen banget bergabung sama saudara- saudara dari indonesia yang tinggal di doha qatar . tolong informasi nya mas. jazakallah khair.

  66. Mike Silvia says:

    Assalammualaikum mas JQ. Saya mo tanya, kira2 adakah saat ini perusahaan2 di Qatar, terutama Oil & Gas membutuhkan tenaga kerja utk posisi Compensation & Benefit di bidang HR. Kebetulan Suami saya saat ini bekerja di Perusahaan O&G, PetroChina, sudah 1 tahun. Sbelumnya jug sudah berpengalam bidang HR 10 tahun di Perusahaan BUMN ANTAM, tbk.

    Mohon bantuan informasinya ya mas. Ingin juga mencoba tantangan dan peluang di Qatar.

    Terima kasih Sebelumnya.

    Wassalam

    • JQ says:

      @MikeSilvia, Wa’alaikumsalam…Bisa hubungi salah satu pjtki yg biasa memberangkatkan ke Qatar,gunamandiri.com Thank

  67. imad says:

    Assalamualaikum wr wb mas sugeng, salam kenal, saya Imad. saya mau tanya kalo ada tempat kerja di qatar, di konsultan lingkungan kelautan, menawarkan gaji untuk level junior marine scientist (with limited or no relevant experience) dimulai sebesar 2500 QAR dan monthly food allowance of 350 QAR jadi totalnya 2850 QAR perbulan apakah sudah cukup untuk biaya hidup disana (uang makan, tempat tinggal, asuransi,dll) dan apakah sudah bisa untuk menabung juga? lalu ada offering yang mengatakan “Company will provide suitable accommodation” dan “Accommodation is based on bachelor basis” apakah itu artinya perusahaan akan menyediakan tempat tinggal bagi karyawannya atau bisa dikatakan housing allowance?

    mohon sarannya mas, terimakasih

    Wassalamualaikum wr wb.

    • imad says:

      oiya saya masih bujangan / hidup sendiri.

    • JQ says:

      @Imad, wa’alaikumsalam….maaf telat jawab krn terlewat. Sy kurang paham dg basic salaru junior marine scientist. Kalo memang sdh ditawarkan akomodasi, sdh lumayan mengurangi pengeluaran,karena biaya kost/apartemen di Qatar itu lumayan.

      Untuk biaya hidup tergantung perseorangan. Jika bisa sharing dg teman mgkn bisa lbh berhemat atau opsinya menikmati makanan india yg murah harganya disini (tapi rasa ya jangan ditanya heheh).

      Sebagai gambaran, pekerja buruh bangunan berkisar 1000 QAR/bln. Ada kenalan pekerja Housing Maintenance..mereka digaji sekitar 1500-2000QAR/BLN. Gaji TKW 750-800QAR/BLN.

  68. edwardo alamsyah says:

    assalamualaikum .Om kira kira saya bisa ga kerja di qatar . Umur saya 18 tamatan smk pelayaran . Paspor udah ada tapi blum pernah keluar . . Kerja di sini gaji kurag mulu . Boro boro bantu orang tua . Maaf om jadi curhat .
    Makasih om

  69. Sya ingin bekerja d doha qatar, sebagai driver, say bisa bahasa bahasa ARAB, dan inggris,

  70. toto ismanto says:

    assalamualaikum mas sugeng ,saya toto ismanto dari garut.saya mendapat visa dari qatar sebagai desainer landscap ,saya mendapatkannya lewat internet .setelah proses pembuatan passpor yang begitu rumit sampai keluarnya visa .10 hari setelah keluarnya visa dari perusahaan memberi saya tiket qatar .pd tgl 10 maret,langsung ke bandara ternyata harus membuat KTKLN .dengan proses yang begitu rumit saya sudah 3kali ganti jadwal penerbangan .akhirnya dari perusahaan memutuskan saya harus beli tiket sendiri dan akan di ganti setelah saya datang di qatar.bisakah memberi saya saran .sayakan TKI mandiri passpor, visa, KTKLN sudah ada tinggal tiket. haruskah saya masuk pjtki (saya coba hubungi salah satu pjtki minta 1400 $) atau tinggal beli tiket langsung ke bandara.visa saya berakhit 29 juli 2015 .kontak saya 087718073935

    • JQ says:

      @TotoIsmanto…Congratz atas jobnya mas. Membaca ceritanya,Mas Toto adalah TKI Mandiri. Maka dengan sudah adanya Passport, Visa, KTKLN…tiket pesawat…tinggal berangkat aja. Gak usah ke PJTKI. Nanti sy kontak via whatsapp kalo njenengan ada.

  71. Eko Wahyudi says:

    Assalamu alaikum mas Sugeng. Kenalkan nama saya Eko Wahyudi. Alhamdulillah sy dpt email visa kerja dari Qatar. Saya mau tanya, apa saja langkah saya agar saya bisa berangkat ke Qatar. Katanya harus ke Embassy di Jakarta, syaratnya apa saja? Trus setelah itu apa lagi? Mohon informasinya. Terima kasih. Wassalamu alaikum wr.wb

    • JQ says:

      @EkoWahyudi…wa’alaikumsalam wr wb…

      Alhamdulillah atas diterimanya visa kerja dari Qatar. Smg mjd rejeki yang barokah.

      Jika sbg pekerja profesional, selain passport, perlu juga disiapkan terjemah ijazah terakhir (ijazah yg melamar kerja) oleh lembaga penterjemah kemudian diatestasi oleh kementrian hukum & ham, kementrian luar negeri dan Qatar embassy di Jakarta.

      Untuk pengurusan berbagai macam urusan di Qatar, ada baiknya nyiapin pas photo passport size 20 an lembar.

      Kalao ada rencana ngurus driving license di Qatar, bawa juga SIM dari Indonesia. smg membantu.

  72. Agam says:

    Hallo adakah batasan umur untuk pekerjaan layalknya di indonesia misal entry level harus umur sekian dan sebagainya, karena kebetulan saya ingin mencari kerja di qatar

    • JQ says:

      Qatar mengikuti ILO, kalo ga salah minimum umur 18 tahun.

      • Agam says:

        Thx infonya oya mau tanya lagi apakah di qatar ada lowongan pekerjaan dibidang TI karena setelah lihat di pt guna mandiri parpurna kebanyakan di oil dan sejenisnya kebetulan saya ada skill di bidang IT khususnya di networking / network engginer, dan untuk bidang IT biasanya minimal lulusan apa disana

      • JQ says:

        @Agam, mungkin solusinya coba search via manpower agent web seperti Gulftalent, Monstergulf, dll

  73. Esti says:

    Hi Salam kenal,

    Saya berencana ingin mengunjungi Qatar (sebelum memutuskan untuk bekerja di Doha) & mengajukan visa turis tapi sudah dua kali pengajuan, dua2nya ditolak. Pertama pengajuan visa turisnya via Al Bustan Hotel (Oktober 2014) dan kedua via Ramada Encore Hotel (April, 2015) juga ditolak. Tidak ada alasan yang jelas mengapa visa turis Saya ditolak. Bisa tolong info bagaimana agar visa Saya bisa disetujui?

    Terima kasih.

  74. hattly samotan manurung says:

    selamat malam pak
    nama saya hattly saat ini saya bekerja di nakilat sevitzer wijsmuller qatar,saya seamen tp visa saya residence permit.tanggal 14 april 2015 perusahaan saya memberikan renotice of termination kepada saya dengan alasan harga minyak turun dan perusahaan akan mem phk sebagian pekerjanya dan salah satunya saya.pertanyaan saya apa saja kewajiban perusahaan yang mem phk sepihak sebelum masa kontrak menurut peraturan labor di qatar khusus soal gaji dan konpensasi lainya,tolong informasinya.
    terimakasih

  75. JQ says:

    @Hattly, malam juga…terkait masalah itu, setiap perusahaan sebenarnya punya aturan. Bisa dicek kembali peraturan tentang karyawan di perusahaan anda bekerja.

    Sebagai referensi, bisa membaca aturan Qatar Labor Law yang tercantum di website ILO.

    Berikut saya kutip

    “CHAPTER 4 – END OF SERVICE COMPENSATION

    Section 24:

    1) In addition to any amount due to the worker at the end of his service, the employer must pay the worker an end of service compensation (reward) for the duration in accordance with this Act, after working for at least one year.

    This compensation is calculated as follows:

    a) The base wage of the worker plus a cost of living allowance, if any, of three weeks for each year of the first five years of continuous service.
    b) The base wage plus a cost of living allowance, if any, of four weeks for each year of service of the second five years of continuous service.
    c) The base wage plus a cost of living allowance, if any, of five weeks for each year of the next following ten years of continuous service.
    d) The base wage plus a cost of living allowance, if any, of six weeks for each year of service which exceeds twenty years of continuous service.
    2) After the first year of continuous service, the worker shall be entitled to a compensation of the fraction of the year thereafter in which he served.

    3) If the employer terminated the worker from his job after 1 month of continuous service, under conditions other than those stated in section 20 above, and then reinstated the worker in his job within two months after terminating his employment, the employer must consider the worker’s service as continuous and uninterrupted with regard to the application of the provisions of this Act. *

    * This subsection was renumbered by Act No. 1 of 1963 (G1/1963)”

    Secara lengkap terkait END OF SERVICE COMPENSATION bisa dibuka di link berikut http://www.ilo.org/dyn/natlex/docs/WEBTEXT/49369/65107/e87qat01.htm#c4

    atau referensi kesini

    1. http://dohape.dfa.gov.ph/images/Logo/forms/LABOUR-LAW-STATE-OF-QATAR.pdf
    2. http://www.gulf-times.com/opinion/189/details/371296/qatar-labour-law:-end-of-service-benefits
    3. http://www.ilo.org/dyn/natlex/docs/WEBTEXT/49369/65107/e87qat01.htm
    4. http://thepeninsulaqatar.com/special-page/law/302377/calculating-end-of-service-benefits

    Semoga bermanfaat.

  76. Hima Sanjaya bagianata says:

    Assalamualaikum
    Mas, saya minggu depan ada walk in interview dengan Guna mandiri untuk QAFCO posisi NDT Inspector. Bisa ngasih gambaran untuk proses interviewnya? Dan untuk range salary yg mereka tawarkan kira2 brp?

    Terima kasih

    • @HimaSanjaya…wa’alaikumsalam…semoga wawancara lancar. Sekedar info dari teman yg di qafco, sebelum interview ada kemungkonan test tulis. kalo test tulis lulus, nanti baru ada interview.

      “Proses interviewnya setelah dinyatakan lulus test tulis, trus range salary paling rendah 6500 basic tp tergantung gradenya.

      Els grade brapa? Paling rendah els 6500 basic, + transport, location allowance”

      Berikut diatas kutipan info dari teman saya.

      Kurs real normalnya 2500 rupiah per satu real, saat ini berkisar 3500 rupiah per real qatar.

      smg membantu.

  77. rukman says:

    Istri saya kabur dari majikan sekarang ada di KBRI. Istri saya pingin pulang ke indonesia katanya sih harus ada uang sekitar 5jt klo dirupiahkan. Apakah benar di pungut biaya?

  78. Hima Sanjaya bagianata says:

    Els yg dimaksud apa ya, saya nggak tau..?
    Untuk Salary apa msih bisa negosiasi?
    Iya betul, ternyata msih ada tes tulis saya sudah konfirmasi dengan Guna mandiri. Terima kasih pencerahannya..

    • ELS: Employee Level Staff. SS: Senior Staff. Silahkan coba aja pak, siapa tau beruntung bisa nego gaji. Kalo mmg punya kepantasan utk nego pak. Dulu temen sy disini jg pernah ada yg nego dan disetujui (rejeki masing2).

  79. Farid says:

    Mas saya dapat tawaran ss.technician dengan gaji 15.000 gross. Apakah itu cukup untuk biaya hidup di qatar dengan istri dan 1 anak. Makasih sebelumya.

    • @Farid….kerja di company mana? adakah education allowance utk anak2? health insurance? housing allowance?

      Kalo misal gak dapat education dan housing allowance lumayan berat juga. Tapi kalo keduanya dapat…bagus itu.

  80. Abu Syuja says:

    Assalamu’alaykum. Wr. Wb.
    Saya berminat untuk bekerja di qatar. Saya lulusan sarjana S1 Akuntansi. Berdasarkan background pendidikan saya tsb bagaimanakah peluang saya utk bisa bekerja di qatar? Mhn infonya. Jazakallah.
    Wassalamu’alaykum

    • Wa’alaikumsalam…secara umum…utk yg mau bekerja di Qatar sudah berpengalaman kerja sebelumnya. Mengenai peluang mgkn banyak ya…akan tetapi nggak tau lwt mana. coba search via website pencari kerja seperti gulftalent dll

  81. faz says:

    Bisa minta emailnya?

  82. dwipa nugraha says:

    Assalamualaikum…. Salam kenal mas nama ane Dwipa Nugraha saya mo tanya loker disana,karna sudah lama saya sangat ingin bekerja di Qatar. Pengalaman saya pernah bekerja di perusahab migas namun sudah resign saya mempunyai sertifikat K3 safety, nah apakah ada lowongan di sana,bila ada saya mohon bantuan infonya ya mas, mudah2an ada kabar baik ya mas…trima kasih…wassalam

  83. asep syaripudin says:

    Salam alaikum,
    Saya buruh migran di Qatar yang kebetulan bisa melukis dan setiap ada waktu senggang kugunakan buat melukis.
    Saya ingin nanya ada gak artshop di Qatar yang suka beli lukisan .
    Saya butuh buat nambah penghasilan,
    mskasih

  84. cak git says:

    Mohon infonya
    Sy pernah kerja di Qatar, oleh karena perusahaan yg kurang cocok, sy minta exit tp perusahaan ngasih cuti
    Pertanyaan sy,
    ada masalahkah bila lewat 2 th lalu saya masuk lagi ke perusahaan lain??

    • @CakGit, Sepanjang tdk ada masalah terkait clearance saat keluar dari Qatar dulu (misal telp bill, kahrama bill, bank loan dan semisalnya), maka tdk ada masalah balik lagi ke Qatar. Artinya anda tdk masuk daftar orang bermasalah dan Ok saja gabung kembali ke Qatar. Itu setahu saya. smg membantu

      • cak git says:

        Terima kasih infonya.
        Sekedar info sy sudah di Qatar tepatnya di Qchem, tgl 23 juni kemarin sy datang, sy jadi lemas oleh kabar teman klau id sy gak akan bs keluar dgn masalah itu, dan dg info mas JQ sy semangat lagi
        Matur nuwun….

  85. mohammad says:

    Assalamualaikum mas sugeng, saya mahasiswa jurusan teknik industri , di semester 6 saya ingin magang di Qatar apakah ada lowongan magang di perusahaan yang ada di Qatar ?
    Terima kasih

    • Wa’alaikumsalam…untuk urusan magang kerja di Qatar bagi mahasiswa Indonesia saya belum pernah dapat infonya. Sampai hari ini belum pernah ada, akan tetapi mahasiswa Indonesia yang dapat beasiswa atau lanjut kuliah disini ada dari tahun ke tahunnya. Demikian yg bisa saya share.

      • mohammad says:

        Lowongan kerja untuk S1 teknik ada ga mas ? Apakah kalau baru lulus kuliah susah dapet kerja di qatar ?

      • Ya begitulAh disini…rata2 employer minta yg experienced.

      • Sekedar info, siapa tahu ada yg membutuhkan :

        PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, perusahaan baja terpadu dan terbesar di Indonesia yang terletak di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Indonesia, memberikan kesempatan kepada insan terbaik bangsa untuk diangkat menjadi tenaga profesional dalam program:

        Management Trainee (MT)
        Sebuah program pengembangan yang dirancang bagi lulusan Sarjana dan D3 jurusan teknik dan non teknik untuk dipersiapkan menjadi kader potensial di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Group.

        Persyaratan:
        A. Warga Negara Indonesia (WNI)
        B. IPK minimal 2,75 (skala 4.00), Lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (akreditasi program studi minimal B-),

        Jurusan:
        1. Akutansi, Laki-laki/Perempuan (L/P), kebutuhan 4 orang Sarjana S1.
        2. Hukum (L/P). kebutuhan 5 orang S1.
        3. Psikologi (L/P), kebutuhan 1 orang S1.
        4. Teknik Lingkungan (L), kebutuhan 2 orang S1.
        5. Teknik Kimia, (L), kebutuhan 4 S1 dan 13 orang D3.
        6. Teknik Elektro, (L), kebutuhan 10 orang S1 dan 8 D3.
        7. Teknik Mesin, (L) dibutuhkan 13 S1 dan 29 orang D3.
        8. Teknik Metalurgi (L), dibutuhkan 7 orang S1.
        9. Teknik Material (L), dibutuhkan 2 orang S1.
        10. Teknik Fisika (L), dibutuhkan 4 orang S1.
        11. Teknik Industri (L/P) dibutuhkan 14 orang S1.
        12. Teknik Sipil (L), dibutuhkan 2 S1 dan 1 Orang D3.
        13. Ekonomi Manajemen (L/P), dibutuhkan 2 orang D3.
        14. Teknik Listrik (L), dibutuhkan 9 orang D3.
        15. Analis Kimia (L/P), dibutuhkan 13 orang D3.
        16. Hiperkes/K3 (L), dibutuhkan 1 orang D3.
        17. Sistem Informasi (L/P), dibutuhkan 1 orang D3.

        C. Usia maksimum per 1 September 2015, 26 tahun untuk S1 dan 24 tahun untuk D3.
        D. Dapat berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan.
        E. Bersedia ditempatkan di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Group (PT Krakatau Tirta Industri dan PT KHI Pipe Industries).
        F. Mengikuti Proses Seleksi.

        Periode Pembukaan Lamaran 27 Juni – 10 Juli 2015
        Untuk pendaftaran hanya melalui website
        http://www.krakatausteel.com
        http://www.bandungoc.com
        Semoga bermanfaat.

  86. Karina putri says:

    Halo pak saya mau bertanya . Papah saya seorang pelaut di qatar . Papah saya kontrak 3 bulan sesuai kontrak ia akan di gajih perbulan nya tetapi sudah dua bulan belum keluarga saya belum menerima uang jaji itu . Saya berencana melaporkan nya ke dubes tetapi saya masih belum terlalu mengerti . Mohon bantuan nya ya pak

    • @KarinaPutri…Gaji tersebut maksudnya belum dibayarkan oleh pihak perusahaan papahnya atau gimana? bisa jadi papahnya sdh terima gaji tapi blm sempat kirim ke Indonesia. Coba diklarifikasi lg apa maksudnya…thx

  87. dysa says:

    assalamualaikum mas,saya dysa 25thn,dari sby.saya bekerja di yellow cap pizza al-markhiya branch sebagai kitchen crew sudah setahun lebih.yg mana gaji pokok saya hanya 900qr+food allowance 250qr.jam kerja 8jam sehari dengan libur sehari per minggu.dapat fasilitas akomodasi n transports.apakah itu sudah sesuai dengan peraturan undang2 tenaga kerja di qatar?dan perusahaan tempat saya bekerja ini tidak memberi N.O.C sekali pun menyelesaikan kontrak kerja yakni rata2 2 tahun,bisakah saya melamar kerja kembali di qatar kalo nanti finish contract di perusahaan lain tanpa NOC?trimah kasih jazzakallah khair

    • @Dysa, terkait standar gaji itu tergantung masing2 employer, yang tentunya sudah mempunyai standar masing2 sesuai dengan job deskripsi dan tanggung jawabnya.

      Apa yg dimaksud dengan ‘perusahaan tdk memberi NOC sekalipin menyelesaikan kontrak kerja?? Setahu saya, sepanjang karyawan tidak memiliki permasalahan baik itu dg perusahaan atau dgn negara ini, artinya dia berhak mendapatkan NOC dari perusahaan. Akan tetapi jika memiliki permasalahan itu akan menjadi berbeda.

      Bisa tidaknya diterima kerja oleh perusahaan lain itu tergantung perusahaan yanv baru nantinya. Selama ini perusahaan2 di qatar rata2 masih meminta NOC jikalau calon karyawan pernah kerja di Qatar. Tdk ada salahnya mencoba melamar, masalah ketrima tidaknya dipikir sambil berjalan saja.

      Terkait aturan kafallah system di Qatar, hal ini sedang dalam pembahasan negara ini. Tunggu saja kabarnya sampai akhir tahun ini. Makasih dan smoga membantu.

      • dysa says:

        perusahaan tempat saya kerja sekarang ini masalahnya yg g mau ngasih NOC sekalipun g ada masalahnya,itu sudah jd rahasia umum di perusahaan ini n dari pengalaman sama senior yg udah finish contract…jadi kalopun mereka mau kembali ke qatar dengan cepat yaa terpaksa balik ke perusahaan ini wkwwk,..dimana kita bisa mengadu jika perusahaan tetap g mau ngasih NOC….?
        n satu lagi ya mass hhh
        gimana cara ngurus police clearance n berapa lama?
        trima kasih atas jawaban pertanyaan saya sebelumnya
        jazzakallah khair

      • @Dysa, utk NOC jikalau mmg tdk bisa keluar juga…tolong xoba hubungi pihak KBRI Doha…smg bisa membantu. Utk police clearance di RI, bisa urus di mabes polri trunojoyo. atau bisa jg buat di polda setempat..tentu dg pengantar dr polsek dan polres.

  88. erin says:

    mau tanya .. kalo job vacancy hotel di qatar .. dimana yaa alamatnya.. sy pengen sekali kerja di qatar .. thank you

    • @Erin, coba search ke bayt.com, gulftalent.com atau langsung ke website hotel terkait

      • eric says:

        Assalamualaikum..Mas mau tanya nih, ane ditawarin ker melalui agency India Brentfordservices utk posisi Procurement Assistant. Dan fasilitasnya adl Gaji QR 4000 + akomodasi + tiket. Padahal waktu saya searching utk standar gaji Procurement Assistant di Qatar antara QR 7000 – QR 9000. Apakah itu brarti ada pemotongan gaji tiap bulannya oleh agency tsb? Apakah cukup dg gaji QR 4000, krn saya search living cost di Qatar sangat tinggi

  89. eric says:

    Assalamualaikum..Mas mau tanya nih, ane ditawarin ker melalui agency India Brentfordservices utk posisi Procurement Assistant. Dan fasilitasnya adl Gaji QR 4000 + akomodasi + tiket. Padahal waktu saya searching utk standar gaji Procurement Assistant di Qatar antara QR 7000 – QR 9000. Apakah itu brarti ada pemotongan gaji tiap bulannya oleh agency tsb? Apakah cukup dg gaji QR 4000, krn saya search living cost di Qatar sangat tinggi

    • @Eric, wa’alaikumsalam…info2 gaji yang terpampang di beberapa website bisa jadi hanya sebagai referensi, namun besar kecilnya gaji akan kembali pada user atau agency yang menangani.

      Gaji 4000 plus akomodasi dan tiket sudah lumayan lah. Anggap lah 1000 utk living cost sebulan…sisanya utk ditabung. Namun jika bisa lebih ya lebih baik. Keputusan ada pada anda gimana baiknya.

  90. Assalamu’alaikum mas

    Perkenalkan saya farid viko. Saya sekarang bekerja di bidang automasi bagian safety system selama 2 tahun. saya ingin sekali bekerja di negara gulf termasuk qatar mas.

    ada beberapa pemikiran sya untuk bisa mencapai tujuan terebut, yakni : saya melanjutkan sekolah s2 di qatar, lalu melamar pekerjaan disana?ato saya memperbanyak pengalaman saya di bidang saya ini?

    terima kasih

    • @Vikobhaskarra, wa’alaikumsalam…sudah sering sy sampaikan bahwa user di middle east rata2 minta yg experienced. Jika berminat di middle east…silahkan saja di browse di job seeker websites. jikalau ingin kuliah S2 di Qatar…pertanyaannya ada nggak bidang studi yg akan dituju itu. thx

  91. Farhan Arif says:

    Assalamualaikum
    mas saya pengen nanya, gimana cara dapet beasiswa di qatar dan apa syarat”nya?, Terima Kasih
    Assalamualaikum

    • @Farhan, wa’alaikumsalam …. silahkan dibaca artikel alumni qatar university 2015. https://taufiqaffandi.wordpress.com/qatar-university-scholarship/ semoga bermanfaat

      • M. Alfatih says:

        Mas mau tanya, saya baru dapat offering dari Qatar Petroleum utk posisi teknisi permanent position dengan tawaran gaji $2500/bln + accomodation+healt insurance+education. Apakah itu cukup untuk hidup diqatar dengan family status istri dan 1 anak? Mohon info range gaji qatar petroleum dan perusahan migas lainnya di qatar. Manakah yg biasanya menawarkan benefit yg bagus? Terima kasih

      • @AlFatih….sekedar info bahwa QP baru saja ada pengurangan karyawan (PHK). Kalo mmg dapat offer segitu utk posisi Employee Level Staff, gaji basic segitu ya sdh standarnya. Tentu dg benefit dan allowance seperti disebutkan.

  92. edi pranoto says:

    Saya ingin bekerja di Qatar sekarang ini,bisa bantu saya,saya lulusan S1 Teknik Mesin dan saya mempunyai banyak pengalaman di industry minyak dan packaging..tolong bantu saya informasinya ya,,,please

  93. Nurul Hidayat says:

    Asalamualaikum Pa saya mw tanya saya ada rencana krj ke Qatar di supermarket doha lewat sponsor PT tpi sebelum nya saya prnh krj di saudi arabia dgn sttus saya kaburan dan saya jg bru di deportasi dri pemerintah saudi apkah saya msh bisa brgkt lgi untuk yg ke Qatar. .trm

  94. elmafebdilla says:

    Hallo.. saya ingin bertanya, adakah pilot dr indonesia yg bekerja di qatar airways? , bagaimana peluang untuk bekerja di qatar airways sebagai pilot dr indonesia?
    terimakasih 🙂

  95. fajar says:

    asslamu alaikum om…dlu sy pernah iikut tes utk field operator di qapco…tp blm rejeki background sy 12 years di chemical company “dystar group” sy msh berminat sekali…mohon info apakah diqatar ada pabrik kimia selain petrochem….terima kasih sebelumya 🙂

  96. asslamu’alaikum…mas mau tanya saya bulan depan saya akan berangkat ke qatar sbg staff di hotel westin dengan gaji QR1300 dan tmpat tinggal,makan,laundry,transport,tiket di tanggung hotel apa itu sudah aman untuk bekerja dan hidup di sana?

    dan saya ingin ambil S1 atau D3 di sana apa ada universitas yang biayanya terjangkau?…..syukron mas

    • @fajar… wa’alaikumsalam… memang dg gaji segitu terhitung rendah. PRT Filipina saja minimum 1500 QAR/bln.

      Tp dg ditanggungnya transport dll…smg bisa membantu menikmati apa yg didapat. Paling nambah biaya telpon/pulsa HP. 100-200 QAR/bln ya sdh cukup lah.

      • mau tanya lagi mas kalo disana saya harus punya kartu identitas tki dri pemerintah qatar ya baru bisa jalan” keluar apartemen saya?

        dan tempat belajar alqur’an dan bahasa arab di doha di mana ya? syukron mas

      • @fajar… setelah masa probation selesai … pekerja expatriAt termasuk para TKI akan memproses kartu tanda penduduk qatar (resident permit/iqomah) yg akan dibantuboleh employer.

      • tempat belajar alqur’an dan bahasa arab di doha di mana ya? syukron mas

      • @fajar… bisa di al fanar islamic center…atau belajar langsung dari ustadz2 dari Indonesia yg ada di Qatar

  97. Devara honesta says:

    Mohon info lowongan kerja di qatar

  98. muhammad says:

    assalamualaikum , mau nanya S1 chemical/petroleum engineering disana ada beasiswanya kah ? . cara applynya gimana ya ?

    • @Muhammad, coba cari infonya di Texas AM University Qatar. Buka websitenya ya…

      • faizal says:

        Assalamualaikum ..mas saya sudah melakukan interview dg qatar airways pada 30 april 2015 dan dpt email lolos pada 11 mei 2015 untuk posisi Licensed Aircraft Engineer ..tp sampai skrg blm ada kbr lagi (hampir 4 bln)..saya sudah raise query 3 kali utk menanyakan perihal offer letter yg saya tunggu2..tp jawabannya selalu “be patience”.. Apakah ini normal atau ada sesuatu yg bisa membatalkan hasil interview saya..terima kasih

      • @Faizal…Wa’alaikumsalam…Selamat atas lulusnya interview yg sdh dijalani.

        Mengenai lamanya proses visa kerja sy kurang paham, akan tetapi tergantung user. Jika memang urgent needed, secara otomatis akan cepat…paling lama 3 bulan.

        Sekedar info…ada PHK di beberapa perusahaan di Qatar akhir2 ini. Bisa saja ada hubungannya. Wallohua’lam.

  99. Aulia Reema says:

    Assalamualaikum mas sya mau tanya,kalau di qatar ada hotel syariah gak yah? atau hotel yang mmperbolehkn wanita bekerja memakai kerudung kbetulan saya rencana selesai magang ingin kerja ke sana saya bagian pastry di hotel dan mw nanya jga kalo disana kira-kira bisa sperti di indonesia gak ya kita bekerja sambil kuliah misalnya kaya di indo kuliah kelas karyawan hr sabtu minggu.. dan kalaupun ada kira” biayanya lebih besar gk dr kuliah biasa …
    maaf mw tanya lagi kalau untuk jurusan pendidikan ttg islam di qatar ada tidak ya? kaya syariah atau yang lainnya ..
    terimakasih mohon bantuan nya ya mas

  100. shasha suyadi says:

    mf pak mau nanya sya pernah bekerja di qatar dan kabur dn di cancel dua thun tpi sdh slesei cancel an sya dn skrng mau blik lgi kesana krna ada job di caffe tpi visa sya di tlak krena sya ada denda atau mukalifa kalau denda itu di byar apa bsa sya kesana lagi

    • @Sasha, di Qatar dan negara2 teluk, jika kita melakukan kejahatan dan kabur dari pekerjaan, maka nama kita akan tercatat di pemerintah setempat (utamanya imigrasi). Maka ketika akan masuk lagi, akan mengalami permasalahan. Bisa tidaknya membayar denda dimaksud, saya belum mengetahuinya. Coba saja tanyakan ke employer yang mau merekrut tersebut.

  101. Ly says:

    Ass, mau tanya info mengenai perusahaan migas yang memiliki bagian untuk catering? terimakasih

  102. Dimas says:

    assalammualaikum warahmatullah wabrakatuh
    salam kenal pa..
    sebenarnya saya ingin bertanya hal2 mendasar.
    ada kemungkinan Insya Allah saya diterima kerja di Qatar..aamiin
    sebenernya masih nunggu review dari user, sedangkan sudah ada kontak sebelumnya dengan agensi
    hal apa yang mesti saya siapkan.
    untuk akomodasi, tidak di cover oleh agensi..berapa ya harga akomodasi seperti tempat tinggal perbulannya?
    kalau biaya konsumsi dan transportasi berapa besar pengeluarannya?
    itu dulu deh..semoga sukses selalu blognya

    • @Dimas, wa’alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh…

      Salam kenal kembali Mas Dimas. Semoga lancar proses interview kerjanya.

      Mengenai sewa akomodasi itu tergantung seberapa besar dan lokasinya. Semakin ke Kota, semakin mahal. Kalau bisa share dengan teman, akan lebih murah.

      Untuk konsumsi dan transportasi, tergantung areanya mana…

      Kalau bisa, yang dapat transportasi dan konsumsi…biayanya lumayan juga disini.

      Ngomong-ngomong untuk job dimana?

      • Dimas says:

        untuk lokasi di doha. perusahaannya ericsson
        dengan pa siapa, maaf?

        rencananya, dibutuhkan 2 org utk posisi yang sama. dan saya sudah rekomendasi teman saya. biar gampang kordinasi segala macem, termasuk sharing tempat tinggal.

        utk admin blog ini, saya ucapkan terima kasih sebelumnya. sangat membantu. semoga sehat selalu. dan semoga bisa bersua di qatar sana insya Allah

      • @Dimas, nama saya Sugeng. Bagus kalo ada temennya…bisa bareng nyari akomodasinya. Smg dimudahkan urusannya n makasih doanya.

  103. fauzi ms says:

    Assalamualaikum mas, saya mau ikutan nanya blh ya 🙂

    beberapa hri yg lalu saya ditawari oleh gulfsearch.ae utk bekerja di qatar di dealer mobil GM (chevrolet, dll) sebagai Inventory supervisor, katanya klo disana namanya jaidah automotive ya? krna kbtulan saya di indo jg krj di GM.

    nah, dia mnta cv saya, trs stlh saya kirim saya dtlp lgs oleh mereka (gulfsearch) dan blg cv saya akan diteruskan ke pihak jaidah, jika ok akan dihbungi lbh lnjut.

    pertnyaan saya adalah :
    1.offering salary dr mereka sbsar QR7000, apakah sesuai dg levelny jika saya membawa keluarga saya ke qatar? (1 istri, 1 anak) dan stlh saya tnya ttg housing mereka menyediakan.

    2. setau mas gmn dunia otomotif dsana khususny produk GM? jjur saya agak khwatir nasib saya di qatar gk panjang soalny nasib GM di indo jg lg gk bagus skrg2 ini.

    3. umumnya brp lama prushaan mengkontrak krywanny?

    agak kget jg sh pas saya bca tulisan mas ttg nilai kurs QR trhdp Rp skrg, saya pikir sampai Rp4rb/Qr trnyata gk sampe ya :p

    • @Fauzi…wa’alaikumsalam wr wb…dipersilahkan mas. GM di Qatar ada memang, kalo ga salah namanya Jaidah Otomotive.

      Tawaran gaji 7000 QAR utk supervisor di perusahaan otomotive saya kurang pastinya, sekedar gambaran….utk level operator atau karyawan biasa/bukan supervisor di perusahaan migas sekitat 7000-8000 QAR/bln, dg housing dan insurance.
      Utk first selling cars di Qatar, toyota berada di urutan pertama. Utk mobil2 amrik dan eropa mmg ga terlalu banyak.
      Utk lamanya kontrak..tergantung masing2 perusahaan. Tanyakan aja dulu mas ke pihak user nya. Sedetail2nya…termasuk kalo ada rencana membawa keluarga..tanyakan apakah biaya sekolah anak dan kesehatan ditanggung juga (biaya mahal)… dan tanyakan leave ticketnya jg… smg membantu.

      Wassalamu’alaikum

      • fauzi ms says:

        Thanks mas atas jwbnnya yg fast respond 🙂

        Iya sh, saya emang smpe saat ini blm bsa menggali informasi lbh dlm ttg apa yg saya dpt dsana nntiny, soalny pihak gulf nya jg msh nunggu respon dr jaidahny dlu trtarik dg saya atau gk.

        Tp mnurut mas nih, misalny dg gaji QR7000 dan misalnya sdh dpt housing, insurance, n education allowance itu ckup gak ya? Mksdny jika dibandingny dg krj di indo dg gaji sktr Rp5jt?

        Ibarat kata kalo jauh2 kita ke qatar tp klo yg bsa di saving gk begitu byk kn sayang jg toh 😀

      • @fauzi..utk biaya hidup bulanan dg anak 1-2.. mgkn sekitar 2000-3000 QAR.

  104. Assalamualaikum Mas, salam kenal. Saya iyan, usia 27 tahun, insyaallah Desember 2015 ini baru akan menikah. Saat ini saya bekerja di National Petroleum Service Company di negara tetangga, Kuwait, untuk project di refineries milik Kuwait National Petroleum Company. Kebetulan baru-baru ini saya dapat tawaran untuk project di bidang yg sama berlokasi di Raslaffan, Qatar, dan yang membuat saya bingung adalah ketika dia mengajukan query tentang jumlah salary yang saya expect. Dengan situasi saya sedemikian(berencana memboyong istri nantinya setelah menikah), dan belum ada concern yg terkait dengan biaya pendidikan anak sebagai pasangan baru (nantinya), apakah memungkinkan dengan asumsi expected salary saya diterima, 15 ribu QR gross untuk hidup berdua dgn istri di Qatar?

    Sebagai pembanding, 15 ribu QR yang saat ini kira-kira setara dengan 1200 KWD (Kuwait Dinar) sudah cukup untuk hidup berdua istri di Kuwait dengan rincian kasar untuk sewa apartemen 2 kamar non furnished, mencicil mobil, membayar cicilan di Indonesia, keperluan bulanan(pulsa, makanan, transportasi) plus jajan jajan diluar serta tiket pesawat pp di high season untuk 2 orang akan ter-cover semua sehingga jumlah tersebut menjadi patokan saya. Mohon pencerahannya, terimakasih sebelumnya 🙂

    Wassalamualaikum

    • @Satriawiguna…wa’alaikumsalam…salam kenal kembali.

      Mencoba membantu menjawab pertanyaan…saya coba tanya ke kawan yang kerjanya tak jauh dari Raslaffan city…berikut jawabannya…smg bisa jadi bahan pertimbangan…

      ” Waalaikum salam.
      Mas Sugeng, mencoba ikut jawab.
      Katakan 15 ribu QR adalah gross, all item.
      Berarti Mas Iyan tadi harus mengeluarkan :
      1. Sewa rumah alkhor : kira2 5,000
      2. Cicil mobill : mungkin bisa 2,000 tergantung buatan/merk, model, tahun
      3. Land line + internet : 500
      4. Pulsa utk komunikasi : 500
      5. Makan berdua kira2 sebulan : 2,000
      6. Bensin : +/- 750
      7. Tiket : 4,000 × 2 peak season = 8,000
      8,000 ÷ 12 = +/- 750

      Kira2 pengeluaran : 11,500

      Masih ada saving : 3,500

      Tapi itu blm masuk emergency expense, pengobatan, uang sekolah anak2.

      Demikian buat bahan pertimbangan. Data2 tsb adalah perkiraan bisa lebih atau kurang.”

  105. Harunsyah says:

    Assalamualaikum mau nanya pak, kalo gaji steward di Hilton Doha kira2 berapa pak?

  106. Ryo Kusumo says:

    Assalamualaikum Mas, salam kenal, nama saya Ryo. Baru kemarin ini saya mendapat offering dari Technip Qatar sbg planning engineer, date join 15 September’15. Salary 12.000 QAR inclusive all item dengan cashless medical dan shared housing. Saya menikah tetapi mendapat single status dan bisa di upgrade mejadi familiy status setelah 1 tahun.

    Apakah salary segitu kira2 sdh mencukupi? Karena single status, jadi ya saya rencana hidup biasa saja di qatar untuk sisanya diberikan ke keluarga di Indo. Apa benar ada kebijakan upgrade family statis setelah jangka waktu tertentu?

    Oya, untuk masalah transfer uang ke indo, apakah ada saran terbaik? Saya betul2 masih blank saoal Qatar, mohon petunjuk, terutama utk komunitas Indonesia disana mas

    Terima kasih banyak
    Salam. Ryo

    • @RyoKusumo, wa’alaikumsalam Mas..lam kenal kembali.

      Saya tdk tau pastinya standar gaji utk planning engineer di perusahaan itu, akan tetapi gaji 12000 inclusive dg all item dan housingnya…inshaa Alloh mencukupi utk hidup bachelor.

      Mengenai bisa tidaknya membawa keluarga, itu memang tergantung employernya. Jika memang perusahaan membisakan merubah status mas ryo, inshaa Alloh bisa. Lagian minimal gaji utk bisa membawa keluarga ke Qatar sekitar 10000 QAR.

      Untuk masalah transfer uang, ada dua cara. Bisa via ebanking Bank di Qatar atau melalui money exchange. Untuk di Qatar, ada layanan BNI remittance (city exchange dan gulf exchange), kemudian ada Mandiri Money Transfer (Alfardan exchange).

      Silahkan bisa dicoba semuanya nanti. Biaya per kirim sekitar 10-20 QAR. Dan kiriman akan sampai di hari yang sama jika dikirim saat hari kerja di Qatar.

      • Ryo Kusumo says:

        Terima kasih mas JQ sarannya, mencerahkan. Kalau saya baca dari atas, utk hidup bachelor tdi sekitar 2000-3000 QAR ya mas. Oke mas terima kasih, btw mas JQ masih di Qatar? boleh minta no kontak atau email pribadi mas?

        Terima kasih sekali lagi
        Salam

      • Makasih kembali…utk Bachelor (makan, pulsa, dll)…jika hemat, 1000 saja sdh cukup sekali.

        Silahkan kontak sy via BBM 55BDF1B4 atau email jelajahqatar@gmail.com

  107. Syaiful says:

    Assalamualaikum..
    Hallo mas bisa bantu saya nyari kerja di qatar kah ?
    Saya umur 34th single,
    Ex sopir pribadi di madinah th 2003-2005, di th 2010_2011 masuk skolh kjuruan D1 perhotelan&kapal pesiar , ad sertifikat perhotelan n magang 6bln f&b service banquet detp. di sangrila hatel sby th 2011, saya jg bs operator sound system konser live music outdoor indoor / bs jg nyopir segala macan motor/mobil/truk/bus dll.
    Intinya sy mau kerja apsj yg penting mn yg gajinya oke hehee…
    Tp gk bs ingris byk yg udh lupa looo..
    Mohon pencerahanya …
    Trimakasih..
    082245869777/7e638281
    Ipul sadewa

  108. dysa says:

    assalamualaikum mas saya dysa udah setahunan di qatar, mau nanya tempat kumpul2 komunitas indo palink banyak dimana yaaa?n tempat hang out yg bagus pas malem selain souq waqif hhh makasih

    • @dysa…Wa’alaikumsalam…utk kumpul2 mungkin lbh banyak di komunitas masing-masing seperti di Dukhan, Alkhor, Messaeed…maksud saya di komplek dekat rumah saja mgkn.

      Jika musim dingin tiba, ada bazaar di MIA Park setiap sabtu minggu pertama.

  109. tati susilawati says:

    Assalamualaikum,sblmnya saya ingin tinggal di Qatar brsama kluarga saya akan tetapi saya hanya seorang pembantu dgn gaji yg blm mencapai seribu, tpi majikan saya disini baik dan gak judes Alhamdulillah, saya rencana mau nyuruh adik saya krja di anak majikan saya,dan mnyuruh suami adik saya kerja disi juga dan tentunya mau minta bantuan sama majikan saya, lalu saya akan membawa ibu saya dan bpk saya untk kerja disini juga, dan mungkin kita akn satu agen dan visa semuanya atas nama majikan saya. akan tetapi yg jadi masalah kita ingin ttp bkrja di Qatar sdngkn jika majikan saya sudah tdk butuh kita, atau salah satu dari kita adakah pekerjaan lain untk kita disini tanpa di kmbalikn ke indonesia. dan jika salah satu di antara kita di pulngkn ke agen bisakh agen mncari pkerjaan lain untk kita,agr kmi dan kluarga ttp tinggl di Qatar dan mmpunyai pkrjaan disini.
    mohon jawabannya dan trimakasih

    • @TatiSusilawati, keinginan anda sangat komplek dan tidak mudah sepertinya. Apalagi saat ini ada moratorium pengiriman TKI non formal ke Timur Tengah. Jadi bisa jadi tidak ada lagi agency yg mengirim TKI/TKW ke Qatar. Itu sepengetahuan saya. Terkecuali kalo Calling Visa dari majikan…mungkin masih bisa…namun mungkin beresiko jika terjadi apa-apa.

  110. wulan says:

    malem…nama saya wulan,saya baru mendapatkan tawaran kerja di doha dengan gaji 3500 dirham+flight and acomodation
    saat ini saya sedang menunggu proses visa kerja ,mudah”an dalam 1 bulan sudah jadi..
    karna ini kali pertama saya bekerja diluar negri jadi saya sedikit was was…mudah”an nanti bisa dapet contak anda..
    kali aja saya butuh informasi dari anda tentang kehidupan di sana. tku

  111. toto iswanto says:

    assalamualaikum bagi teman yang mau bergabung dgn perusahaan di qatar.bekerja ataupun paetner perusahaan silahkan cek webnya atau bisa info ke no saya +97455649321

    • dysa says:

      assalamualaikum mas toto,ntar kalo abis contract saya bisa lompat perusahaan g mas….saya sekarang bekerja di yellow cab pizza sebagai kitchen crew………….no saya+97466093466

    • @Toto Iswanto…wa’alaikumsalam…boleh dishare…perusahaan anda bergerak bidang apa? apa ada kontrak langsung dg user di Qatar?

  112. suwardi says:

    maaf mas sugeng saya suwardi saya bisa mengoprasikan banyak jenis alat berar posisi terahir saya mining superintendent bisa bantu kh saya pingin kerja ke qatar link nya di mna ya

    matur nuwun mas

    salam

    suwardi

    • @suwardi…utk di Qatar…konstruksi memang sedang banyak2nya…akan tetapi banyak dari mereka diambil dari India, Nepal, Pakistan dan negara2 afrika. Dulu ada proyek yg digarap oleh perusahaan malaysia…dan banyak karyawan konstruksi asal Indonesia…namun sekarang proyek sdh selesai.

  113. ali says:

    Perkanalkan saya ali umur 23 th lulusan sma saja.saya hanya pemuda biasa yg ingin membahagiakan orang tua dan keluarga saya..
    Saya ingin bekerja diqatar tapi saya tidak pernah bekerja diluar negri dan saya tidak bisa bahasa asing,pekerjaan saya di indonesia cuma buruh pabrik.apakah saya bisa bekerja diqatar ? Dan apa ada bimbingan untuk saya. Terimaksih

  114. aidil says:

    Assalamualaikum,
    Ikut bertanya pak, gaji untuk teknisi bidang listrik/ac utk hotel di qatar, kira-kira berapa, pak? Dan untuk batas umurnya melamar kira-kira berapa?

  115. chairuman says:

    assalamu’alaikum, saya mau tanya tentang beasiswa di Qatar, rencana saya mau mengambil jurusan teknik. ada tidak link untuk beasiswa di Qatar untuk tahun depan? sekarang saya masih kelas 3 sma, bagaimana dengan beasiswa bagi penghafal qur’an? apakah di Qatar juga ada beasiswa bagi penghafal al-quran? mohon bantuannya ya.

    • @Chairuman, wa’alaikumsalam…untuk beasiswa di Qatar…silahkan buka website QATAR UNIVERSITY dan Hamad Bin Khalifa University. Untuk beasiswa Hafizh Qur’an saya blm pernah dengar/tahu. Untuk beasiswa teknik, coba buka website Texas AM university Qatar. Selamat berselancar. Giat belajar ya…smg tercapai cita2nya.

  116. yuni says:

    Apakah benar warga negara syria. Yang tinggal / bekerja di Qatar tidak dapat berkunjung ke Indonesia?

  117. Dyda says:

    Mas minta vontak2 nya, tgl 25 saya berangkat ke qatar ni mas

    • Dyda says:

      Mkstnya kontak,,, ehmmmm pin bb mas,,,, ati mas invite pin qu donk 57710CDC, biar dsna gk bgtu bingung

    • @Dyda…connected via BBM 🙂

      • Mega says:

        Selamat malam mas
        Saya dapet offer letter dari qatar airways sekitar 2minggu yg lalu dan mereka minta required document untuk process visa karena mahal biaya telpon saya tanya disini aja ya
        1. Mereka minta medical report dari GAMCA(dlu saya pernah kerja di dubai dan pernah medical di GAMCA) apakah processnya sama?dan dimana saya bisa translate report ke bahasa inggris??apakah GAMCA cuma di jakarta?saya tinggal di bali
        2.pda saat interview d cv saya buat last education university(undergraduate) karena memang gak lulus kurang 6sks aja buat jadi bachelor degree di univ local bali pertanyaannya will it be problem kalo saya kasih ijasah sma aja?n bagaimana pengesahannya dmn n biaya berapa?
        3. Kalau saya sudah lengkap semua berapa lama kira2 estimasi visa done dari mereka?karena at the moment saya tidak bekerja karena baru datang dari dubai 2bln lalu
        4.di email mereka gak mention deadline,menurut masnya berapa lama maksimal saya harua complete all the requirement document since the day they send the offer letter?karena masalah saya di bali dan medical di jakarta
        Makasi banyak mas info nya mohon pencerahannya yaa

      • @Mega, pertanyaan pertama sy sdh jawab di komen lain.

        Pertanyaan kedua, jika demikian mungkin akan ada masalah..karena tdk match antara CV yg dikirim dg ijazah yg dipunyai. Sebelum terlanjur..lbh baik dikomunikasikan dari sekarang. Menghindari adanya verifikasi ijazah di qatar nantinya.

        Mengenai berapa lama proses..tergantung usernya. Jika mmg sedang perlu ..ya mereka akan memproses cepat selagi persyaratan semua lengkap.

      • diah says:

        Malam pak sugeng, tlg invite pin ku dong 24CF3491, aku udh invite pin pak sugeng tp blm di approve mungkin krna ga kenal ya.. ada bbrpa hal yg mau saya tnyakan.

  118. Mega says:

    Siang pak
    Mau tanya lagi,saya kan di terima di qatar airways
    Mereka sih via email minta saya kirim document medical report yg di translate n di stamp sama gamca,yg ini saya sudah paham caranya
    Yang bikin saya pusing,kenapa banyak sekali yg melegalisir doc ke deplu depkumham n qatar embassy,ini memang harus atau required doc dari perusahaan masing2 aja?
    Karena setelah surfing di internet process legalisir itu lama sekali ya?
    Tolong bantu pencerahannya pak

    • Mega says:

      Kalau berkenan boleh bantu add saya di bbm juga pak sugeng?
      Soalnya pihak HR service QA nya lempeng2 aja takutnya pas udah ke jakarta urus ini itu malah gak kelar
      Soal ijasah sudah saya verified dan tidk masalah terima kasih masukannua kemaren ya pak ini bbm pin saya 56F5EA47

    • @Mega… jika sudah di translate dan stamp oleh medical provider sdh cukup itu. utk yg stamp kemenlu, kemkumham dan qatar embassy itu biasanya terkait ijazah terakhir yg utk apply kerja.

  119. dewi says:

    Siang pak,suami saya ada tawaran kerja di qatar, klo disana utk skolah anak setingkat sd dan smp bagaimana ya,dan keamanan disana bgmna, dan penting lagi utk kehidupan di masy, tingkat toleransi dll

    • @Dewi…Kalo memang tawaran kerjanya mengijinkan utk membawa anak2…yaa Alhamdulillah. Utk sekolah selevel SD,SMP dan SMA disini merupakan kelas international. Rata2 menggunakan British Curriculum. Utk tingkat keamanan…alhamdulillah Qatar aman terkendali. Cuaca saja yang berbeda dg indonesia. Masyarakat Indonesia alhamdulillah banyak juga…ada di hampir tiap wilayah.

  120. dewi says:

    Pagi, trimakaaih tanggapan sebelumny. Mohon share pengalaman, ….karena saya blm pernah tinggal di luar negri, kalau tinggal di qatar…dengan poaisi anak saya klas 5 sd di indonesia, kira kira lingkungan skolah dan metode di skolah bditish bisa membantu anak saya utk mampu beradaptasi tdk ya? Dan saya katolik, apakah di qatar kami juga mudah ke gereja, dan ada komunitas2 katolik di sana, dan toleransi yg baik? Trimakaaih skali peehatian dan tanggapannya.

    • @Dewi, Trekait pengalaman beberapa teman yang memboyong keluarganya ke Qatar, beberapa bulan di awal tentu akan menjadi proses adaptasi bagi anak-anak menghadapi lingkungan baru, teman-teman baru dan bahasa baru (bahasa inggris sebagai bahasa pengantar).

      Beberapa sekolah memberikan extra class ke siswa yang belum menguasai bahasa inggris.

      Jadi nggak usah khawatir, anak-anak akan lebih mudah beradaptasi dalam hal ini. Bahkan ada teman saya yang memindah anaknya yang sudah usia SMP.

      Walaupun mayoritas masyarakat lokal di Qatar adalah muslim, namun Qatar juga mempunyai gereja yang bisa digunakan oleh umat kristiani dan katolik. Lokasinya di Abu Hamour.

      Demikian semoga membantu.

  121. Slmt Pagi, sya ingin coba kerja di qatar pengalaman kerja sy dari shipping company di bagian office nya mohon infonya recruitment agency atau perusahaan apa yg bisa sy apply.. dan range salary berapa ya?

    mohon bantuan infonya dan terimakasih atas tanggapannya..

  122. dewi says:

    Mkasih tanggapannya. Mohon infonya, klo school stara sd smp yg terdekat dng hotel ritz carlton doha, seberapa jauh ya, dan skolah apa yg terdekat. Makadih. Slamat malam

  123. Assmlkm, gan kalo biaya hidup untuk single disana berapa QAR ? Dan kalo DIII disana masih dibutuhkan gak ?
    Thanks ya

    • @Indra Wa’alaikumsalam…bicara biaya hidup itu tergantung kondisi kontrak kerjanya. Jika akomodasi, transport dan makan minum ditanggung tentu akan murah. Paling tinggal nambah biaya Pulsa HP/internet utk komunikasi dg keluarga dan sahabat.

      Jika tdk ditanggung, maka mau beli makan diluar atau masak sendiri. Jika masak sendiri tentu bisa lbh hemat, cuma lbh repot. Namun jika mau makan diluar, sekali makan di resto india berkisar 10-15 real sekali makan. Itu gambaran yg bisa saya berikan.

      • Maaf pak, pake gan2 segala, hehehe
        Terima kasih pak, atas jawabannya. Oh ya pak, kalo range untuk tempat tinggal / kos / apartemen / dll berapa ya pak ?
        Soalnya kemarin ada tawaran dengan gaji 9984 QAR, jadi biar ada planning pak, sekali lagi terima kasih banyak pak

      • @Indra, makasih kembali. utk range sewa kost/apartemen tergantung lokasi. Makin di kota makin mahal. Utk bachelor dg satu kamar, share dapur berkisar 2500-3000 an per bulan. Jika beruntung dapat share dg WNI lain…mgkn bisa lbh murah.

  124. Murni says:

    Selamat malam,
    Suami saya diterima di qatar, salah satu bank di doha, kami berencana membawa 2 anak kmi, yg besar akan masuk sd, berapa kira2 biaya sekolah sd international di doha? lalu utk biaya hidup 12000Qar apakah cukup, sudah termasuk sewa rumah/apt, makn, sekolah anak, dll.
    Kalau saya mau berjualan kue bisa ngga ya di doha, krn saya terbiasa kerja di jakarta.
    Mhn infonya
    Terima kasih
    Salam,
    Murni – Jakarta

    • @Murni, mabrouk atas diterimanya suami ibu kerja di Qatar. Semoga membawa kemaslahatan untuk keluarga.

      Untuk gambaran biaya sekolah anak2 ibu level SD, silahkan ibu bisa cek website Cambridge International School Doha http://www.tcsqatar.com/admission/fees.php.

      Untuk biaya hidup tergantung keluarga masing-masing bu. 12000 QAR sudah termasuk semuanya maksudnya atau bagaimana bu?

      Sekedar gambaran untuk sewa apartemen dengan 2-3 kamar mungkin minimum 7000 an per bulan. Tapi itu juga tergantung lokasi dan type bangunannya. semakin strategis dan bagus bangunannya, maka akan semakin mahal.

      Untuk peluang jualan, mungkin bisa bu, tapi ya sesama warga atau komunitas indonesia saja. Bukan jualan resmi di toko, kalaupun mau buka lapak, ada proses tersendiri yang perijinannya membutuhkan biaya tersendiri.

      Semoga membantu.

  125. arif munardi says:

    Assalamualaikum mas sugeng,
    Saya arif, saya Baru lulus Diploma 3 jur Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut Sains Dan Teknologi Nasional Jakarta.
    Saya punya pengalaman 3 Tahun bekerja di perusahaan konstruksi sewaktu lulus SMA Dan sambil kuliah, 3 Bulan menjadi pelaksana lapangan saya langsung diangkat menjadi Konsultan Pengawas.
    Saya tertarik untuk bisa bekerja ke Qatar Dan meneruskan kuliah disana.
    Bisa dibantu untuk infonya mas? Terimakasih

  126. zica88888 says:

    Saya ada kawan sebagai broker guide oil. Perjanjian sudah di tandatangan. Semasa nak loading atas kapal datang beberapa orang kerajaan Minta sijil untuk keluarkan barang. Tetapi kawan saya tak ambil lagi. So dia pergi ke selling company for ask the certificate. But the company said he must paid the amount. But now my friend just tak cukup hanya usd5450. Tapi the selling cannot received. So now the guide oil stop for two months. He don’t have money to paid. Can you help me.

  127. Pn Nor says:

    Assalamualaikum..saya Pn Nor dari Msia ingin bertanya

    1. Suami saya dpt tawaran berkerja di Qatar dlm bidang oil n gas dan akan membawa family kesana. Gajinya alhamdulillah dan house allowance, medical, n education semua di bagi secara lump sum dan perlu memcari sendiri rumah, transportation, school etc.
    i. Boleh tak tuan perjelaskan tentang harga kos sara hidup di Qatar.

    ii. Harga apartment fully furnished disana.

    iii. Berapakah rent per month utk kereta dan boleh bg link utk sewa kereta disana.

    iv. Berapa kos per month Private school utk ank2 umur 12thn dan 17thn.

    Terima kasih.

    • @Pn Noor…wa’alaikumsalam…Saya coba jawab ya:

      1. Selamat atas diterimanya suami kerja di Qatar. Semoga menjadi rezeki yang berkah untuk keluarga.

      i. Biaya hidup itu juga tergantunng berapa banyak anggota keluarga. Untuk biaya keluarga dengan 2 anak mungkin berkisar 3000-4000 QAR/bulan (minimum). Bisa saja lebih.

      ii. Biaya sewa apartment itu bervariasi. Tergantung kapasitas kamar, dan lokasi bangunannya. Sewanya berkisar dari yang paling murah 5000-an QAR/bulan.

      iii. Untuk sewa mobil per bulan sektar 1500 QAR. Silahkan cek http://www.oasiscars.net/rent.aspx

      iv. Untuk gambaran biaya school anak-anak, silahkan bisa cek http://www.tcsqatar.com/admission/fees.php

      Semoga bermanfaat.

      • andik says:

        assalamualaikum,, . mau tanyak pak/buk,, . mahkamah di doha tmptnya dmn ya?

      • @Andik, kalau nggak salah berada di Kawasan Alsaad. Kalao dari arah Sport roundabout, lurus terus sampai lampu merah Hamad Hospital…trus ambil kanan…tak jauh dari situ akan ketemu di kanan jalan.

  128. yanto says:

    Assalamualaikum, pak.,, saya 2 bulan yg lalu. Ada job untuk bekerja sebagai cleaning service di bandara, Qatar hamad, dan ahirnya saya daftar dengsn ongkos 7,5 jta, yg ingin saya tanyakan, benarkah informasi tersebut,, dan apabila benar berapa bulan proses nya, dan umr ya berapa, katanya 1500 real per bulan. Mkcy pak,

    • @Yanto, wa’alaikumsalam. Boleh tau..penawaran kerjanya via agency mana? adakah kontrak kerjanya yg jelas? utk gaji cleaning service bandara saya blm tau berapa… tp sebagai gambaran…ya sekitar 1500 an QAR per bulan. Jlasnya tanyakan ke agency atau pihak user…apa saja benefit selain gaji (transport, akomodasi, makan dll).

  129. yanto says:

    Justru, itu pak., itu tidak jelas. Cuman hasil medical cek up. Sama paspor, aja, m skarsng belum ada visa ataupun apa,, menurut bpa gmana resmikah,, job tersebut

  130. jfsaputra says:

    Saya seorang dokter yang ingin bekerja di qatar.
    lewat agency atau perusahaan apa yang bisa membantu..?

  131. Achmad hidayah says:

    maaf mau tanya, saya mau medaftar program medical internship buat mahasiswa kedokteran tahun terakhir do Hamad, tapi saya kurang paham di persyaratannya saya harus menunjukkan valid residency permit. pertanyaan saya adalah
    – bagaimana cara mendaftar residence permit sedangkan saya belum tentu diterima?
    – di https://www.hamad.qa/EN/Education-and-research/Medical-Education/Internship%20Program/Pages/default.aspx saya harus mencantumkan sponsor fotocopy passport, bagaimana cara saya mendapatkan sponsor?
    – apakah ada agen kerja atau yang lainnya yg bisa membantu saya menyelesaikan masalah residency permit?

    terima kasih

    • @Achmad: Membaca isi link tersebut ada persyaratan di nomer pertama ” Priority will be given to expatriate doctors who were born in Qatar and/or hold a valid residency permit in the State of Qatar.” Ini artinya program ini dikhususkan untuk orang yang lahir di Qatar. Yang sudah tentu orangtuanya jg kerja dan tinggal di Qatar. Orang yg tinggal di Qatar tentu akan memiliki Qatar Residency Permit.

      Lebih baik Mas Achmad menanyakan ke alamat email yg tercantum di link tersebut tentang peluang program tersebut untuk orang yang tinggal di luar Qatar.

      Semoga membantu.

  132. iis langgeng says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Mohon bantuannya. Saya mau tanya bagaimana sistem asuransi kesehatan di Qatar ? Berapa rasio tenaga kesehatan dan berapa rasio fasilitas kesehatan disana? Terimakasih

    • @Iis langgeng: Sistem asuransi kesehatan di Qatar ada 2 macam. Satunya yg diberikan pemerintah dan satunya lagi swasta.

      Yang di pemerintah, layanan ini dibawah kendali Hamad Medical Corporation. Makanya kartunya lebih dikenal dgn Hamad Card (Health Card). Pemilik kartu adalah warga negara yang turut serta juga membayar iuran sebesar 100 QAR/tahun. Untuk penduduk asli Qatar (penulis tidak mengerti, apakah membayar atau tidak).

      Untuk yang kedua, asuransi kesehatan swasta. Satu yang saya kenal adalah diberikan oleh Axxa atau dikenal dengan Axxa Health Insurance. Besaran biayanya tergantung masing-masing paket insurance nya. Biasanya dibayarkan oleh perusahaan. Jadi karyawan tinggal nerima kartu asuransinya yang selanjutnya bisa dipakai di layanan kesehatn yang ditunjuk oleh penyedia jasa asuransi tsb.

      Mengenai rasio jumlah tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan saya tdk faham.

      Boleh tahu kah dengan siapa anda dan untuk keperluan apa?

  133. dewi says:

    Siang pak…boleh share kehidupan sosial masyarakat di qatar? Tuk anak anak?

    • @Dewi, kehidupan sosial disini ya tak beda dg masyarakat lainnya. Cuma yg membedakan disini merupakan negara yang menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 100 kewarganegaraan. Makanya menjadi masyarakat multi etnik, multi karakter, multi budaya dan multi-multi lainnya.

      Disini kita belajar banyak tentang karakter manusia dari berbagai bangsa. Utamanya masyarakat negara2 arab, dan negara2 asia selatan (india, nepal, pakistan, srilanka, bangladesh).

      Ada juga masyarakat dari negara2 eropa, australia dan amerika.

      Untuk anak-anak, ya seperti kebanyakan. Anak-anak tidak mempusingkan tentang lingkungannya. Dimanapun ada teman bermain, mereka pun enjoy aja. Bahasa bukan menjadi penghalang untuk menyatu dengan yang lain.

      Bahasa inggris menjadi bahasa pemersatu kedua setelah bahasa arab.

      Enjoy Qatar!

  134. dewi says:

    Malam pak…..boleh share info, tentang qatar international school dan american school at doha?apakah ada yg punya pengalaman menyekolahkan anaknya disana?….trimakasih yg berkenan share.

  135. Assalamu’alaikum. Selamat Siang. Perkenalkan Mas Saya Azim. Saya kerja di sebuah Butik yang memproduksi sekaligus memasarkan Produk Busana Muslim Syar’i dengan kualitas yang sangat baik. Insya Alloh tanggal 12-18 November 2015 Kami akan Mengikuti “HEYA ARABIAN FASHION EXHIBITION 2015” yang akan diselengarakan di New Doha Exhibition and Convention Center (DECC) yang di fasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. Oleh karena itu ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan terkait dengan potensial market berhubung kami belum tau persis pasar disana:
    1. Bagaimana perkembangan Trend Fashion Di Qatar?
    2. Apakah terdapat komunitas-komunitas WNI di Qatar? Jika ada bisa minta tolong list Cotact Person-nya atau nomor dari ketua dari komunitas tersebut)
    3. Untuk bahasa pengantar di sana sebaiknya menggunakan bahasa arab atau inggris? Jika Pakai Bahasa Arab kira-kira ada kontak person yang bisa membantu kami sebagai tranlator?

    Kami Juga membuka kesempatan seluas-luasnya untuk sodara-sodara WNI disana jika berkenan untuk menjadi re-seller atau agent kami disana.

    Demikian disampaikan atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih..

    Salam,

    Azim

    • @Azim: wa’alaikumsalam. Salam kenal balik mas. Wow keren sekali. Sayang ya..saya lagi cuti di Indonesia…so ga bisa menghadiri acara pameran nanti.

      Soal peluang busana muslim untuk wanita Arab (khususnya Qatari Women) saya kira selalu ada. Dalam keseharian mereka selalu berbusana muslimah, walaupun masih didominasi busana abaya (busana gamis warna hitam khas arab).

      Komunitas Masyarakat Indonesia di Qatar banyak sekali. Dalam lingkup nasional ada PERMIQA (Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar). Organisasi resmi WNI di Qatar yang bermitra dengan KBRI Doha. Jika berminat nomor kontak, silahkan japri di 55BDF1B4.

      Untuk bahasa pengantar dalam pameran sebaiknya dwi bahasa (inggris dan arab). Untuk general pakai bhs inggris, namun masih banyak wanita2 arab yg masih berbahasa arab saja.

      Demikian semoga membantu.

      • Terima Kasih Banyak Mas atas informasinya. Saya Segera Invite Pin tersebut. Semoga bisa menjadi jalan untuk kami agar dapat memasarkan produk Indonesia khususnya busana Muslim di Qatar.

        Mungkin jika Bapak ada waktu luang kami bisa tanya-tanya lebih lanjut dan detail terkait kondisi di Qatar sebelum kami berangkat ke Qatar?

        Demikian disampaikan atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

        Salam,
        Azim

      • @Azim…lanjut di PIN BB.

  136. @JelajahQatar.. Baik Pak terima kasih banyak.

  137. dewi says:

    SlamT malam pak,, mohon info lagi. Kalau dengan gaji 5500 us dollar, utk hidup di qatar bagaimana pak. Kami keluarga dengan satu anak,

  138. dewi says:

    Trimakasih pak respon jawabnya.info smentara rumah, pendidikan ditanggung 75% nya. Kesehatan ditanggung. Harapannya dpt0 skolah yg baik utk anak saya yg seusia sd klas 6.

  139. Asri says:

    Selamat siang pak… Saya seorang guru, saya berminat untuk bisa bekerja di qatar karena suami saya pun kerja disana, kalo boleh tau informasi perusahaan ato agent yg bisa membantu saya… Terima kasih

  140. Rayn Ridwan says:

    Asalamualaikum mas perkenalkan saya rayn, saya mendapat tawaran kerja jadi koki di salah satu restaurant di doha qatar, dengan gaji 2500QR, ticket pesawat dan akomodasi ditanggung tapi untuk makan tidak ditanggung, kira kira dengan gaji 2500QR apa bisa saya saving cost disana ?

    • @Rayn, wa’alaikumsalam…terkait gaji segitu utk koki sy ga bisa tau standarnya. Utk biaya makan jika makannya di resto…uang segitu gak cukup. Tapi jika masak sendiri atau makan ala India… sekali makan 10-15 real.

      • dysa says:

        yg ini tha pak maksud pean di bbm

      • dysa says:

        sekedar info..klo di tempat saya egyptian resto chef de party new recruitment rata2 segitu mas rayn,klo makan paling pas di akomodasi klo pas kerja pasti dapet,kan kita kerja di dapur,tergantung head chef nya juga sich hihihi,

      • @Dysa…makasih infonya.. smg membantu mas @Rayn

      • Rayn says:

        terimakasih pak sugeng infonya, insya allah saya tgl 1 desember flight kesana, mohon bantuan info nya pak jika saya sudah tiba disana untuk perkumpulan warga indonesia dll nya, semoga dengan salary 2500qr untuk saya yang fresh graduate dan single ini bisa saving money untuk dikirim ke indonesia

  141. yanti says:

    Assalamualaikum pak saya yanti, beda dari yang lain, saya mohon bantuannya untuk mengecek kebenaran seseorang yang tinggal di Doha, Qatar. Takutnya penipu cinta/love scammer. Orang ini mengaku bekerja di TGI Fridays restaurant sebagai assistant manager, asalnya dari Mesir. Apakah bapak ada kenalan yang dekat disana untuk mengecek langsung orangnya, saya sangat mohon bantuannya. Terima kasih banyak

    • @Yanti…wa’alaikumsalam..maaf saya tidak kenal dan tidak ada kenalan temen di TGI Fridays. Tanpa mendiskreditkan kewarganegaraan tertentu, lebih baiknya untuk urusan cinta dengan sesama WNI saja.

  142. Asri says:

    Ooo gt yah pak, terima kasih info nya 🙂

  143. yanti says:

    terima kasih banyak pak atas saran dan nasehatnya

  144. dewi says:

    Slamat sore, pak sugeng ya namanya. Klo boleh tahu, bpk sudah brapa lama tinggal di qatar ya, dan bpk kerja dimana?

  145. Assalamualaikum Pak Sugeng,

    Tmpat tinggal Bpk di Qatar jauh gak dari Al Khor. Komplek Al Khor ini di domisili warga Indonesia yah.

    • @Sarjuadvertising… Wa’alaikumsalam…Tempat ngekost saya lumayan jauh dari Alkhor (sekitar 150 KM an). Komunitas Indonesia ada dimana2 di Qatar, ada di Doha, Dukhan, Wakrah, Messaeed dan Alkhor. Tersebar di berbagai wilayah di Qatar.

  146. Pak Sugeng, boleh mnta alamat email Pak?

    Terimakasih

  147. roma rahdian syah says:

    saya ingin kerja ke qatar dapat tawaran gaji 2500 qr sebagai baker di restoran akomodasi dan transport di tanggung perusahaan. kira2 cukup ga buat biaya hidup dan mengirim untuk anak istri yg di tinggalkan .terima kasih atas bantuan wasalamualaikum

    • @Roma… kisaran gajinya saya tidak tau pastinya…akan tetapi dg gaji segitu dgn sudah ditanggung akomodasi dan transport saya kira masih bisa berbagi untuk anak istri.

      Anggap pengeluaran sebanyak2nya 1000…maka masih sisa 1500 utk dikirim ke istri.

    • Rayn says:

      ini sama seperti saya mas, saya berangkat duluan tgl 1 desember mas, semoga mas jadi menyusul…….mohon bantuan nya pak sugeng jika saya sudah sampai di qtar nanti….terimakasih

  148. roma rahdian syah says:

    terima kasih atas infonya semoga kita semua di rahmati allah swt dan selalu dalam lindungannya aamiin

      • hendra says:

        Asslm.wbb..
        alhmdllh bs menemukan blog. anda pak..Sugeng .yg mau ikhlas berbagi informasi..
        smg anda selalu d beri kesehatan slalu..
        Pak Sugeng sy hendra pny pengalaman +18 tahun di heavy equipment mechanic,terakhir sbg spv di tambang batubara nasional saja.
        sy mhn bantuan info nya utk link2.. yg ada bisa utk sy apply kerja di qatar dari Bapak..
        Syukron sblm dan sesudah nya,
        wassalam,

      • @Hendra…wa’alaikumsalam…Aamiin. Terima kasih do’anya. Semoga demikian bagi semua pembaca blog ini. Jazakumullah khoiron.

  149. dewi says:

    Slamat siang pak sugeng. Kembali saya butuh bantuan informasi. Utk mencari rumah, sya krluarga dengan1anak. Harga sewa tempat tinggal di skitar ml abdul aziz bin jasim, hotel sharq village & spa,biaya skitar brapa, kemudian utk transportasinya, misal taxi, itu berap malasih pak

    • @Dewi…utk info tempat tinggal di Doha..terus terang saya ga begitu paham (saya tinggal di luar kota Doha). Tapi kisarannya 5000-10000 QAR per apartemen/bulan utk keluarga. Utk taksi bisa pakai taksi karwa.

      • dewi says:

        Trimakasih pak infonya. Pak saya perlu info ttng pendaftara skolah dan skolah internadional yg baik aman nyaman untuk anak saya umur 11. Kalau bapak punya info, mohon share ya. Biasanya ekspat indonedia, anaknya di skolahkan dimana. Makasih pak responnya. Tuhan memberkati.

      • @Dewi… di Qatar banyak International School. Tergantung minat orangtua mau milih yang mana. Ada Cambridge Int’l School, Indian Modern School, Pakistani School, Philippines School, Lebanese School, dan banyak lagi.

        Untuk referensi bisa di googling Cambridge International School Doha. Di webnya banyak info mengenai pendaftaran termasuk biayanya. Semoga bermanfaat.

  150. fikri says:

    bismillahirahmanirahim, asslamualaikum pak..
    insyaAllaah akhir tahun 2015 saya akan bekerja disalah satu hotel diqatar doha dan saya punya “rencana & niat” juga kalo sudah 1 tahun saya mau apply untuk pindah tempat kerja (perusahaan airline) tp ttp di negara timur tengah. pertanyaan saya adalah Bisa gak ya, saya melamar langsung ke kantor pusatnya kaya diIndonesia??, karena kan gak jauh tuh tempatnya. terima kasih banyak.

    • @Fikri… wa’alaikumsalam. Semoga niatnya bisa terkabul.

      Untuk ngelamar kerja di jaman sekarang kan gak harus datang ke kantor, cukup via website resmi perusahaan sudah cukup. Selanjutnya tinggal ngikuti proses. Wawancara kerja banyak dilakukan di negara2 kandidat, jika memang banyak kandidatnya. Biasanya ada job campaign yg diselenggarakan oleh manpower agency, yg tentu bekerjasama dg user. smg membantu.

  151. ari says:

    assalamualaikum maaf pak mau tanya apakah ada lowomgan guru di qatar? apa syaratnya ? brp range gajinya ya pak? terimakasih sblmnya pak. ari

  152. Andi Nugraha says:

    Assalamualaikum master sekalian 😀
    Saya sedikit pengen curhat nih
    Sedikit dilema antara pengen kerja di qatar atau ngga
    Mungkin sebagian bapak-bapak yang kerja disana merasakan dilema seperti saya sebelhm berangkat ke Qatar

    Perkenalkan saya andi nugraha
    Untuk saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan migas di indonesia
    Benefit yang saya dapat sbagai berikut

    OFFSHORE base field operator masa kerja 2 tahun umur saya sekarang 24 tahun
    Total gaji 13 juta rupiah = 3700 QR
    kesehatan VIP 3 anak unlimited

    Umur saya 24 tahun memiliki 1 istri dan 1 anak masih bayi
    Pengenluaran perbulan sekitar 5 juta rupiah = 1400 QR di indonesia yang artinya saya bisa saving 8 juta perbulan = 2300 QR

    Dengan pendapatan itu kehidupan saya lebih dari sukup
    Hanya karena sudah ada bayi jadi mulai memikirkan beli rumah dan alhasil saving saya makin kecil
    Namanya juga manusia selalu berusaha untuk mencari yang lebih baik, bukan berarti tidak bersyukur 😀

    Nah dengan penawaran di qatar
    Yang saya perhatikan untuk selevel saya

    Filed operator tapi onshore base adalah 7000 QR/ bulan dan benefit lain

    Klo boleh tau total THP perbulan yang didapat berapa jika basic sgitu ?

    Sementara biaya hidup bisa 4000-5000 QR/bulan belum cicilan mobil disana karena disana hal biasa dan jarang transportasi umum

    Jika dibandingkan dengan benefit yang saya dapatkan sekrang apakah worthed untuk pindah ke qatar ?

    Saya menggunakan perbandingan dan data biaya hidup di qatar di atas karena saya tidak mau pindah ke qatar hanya untuk hidup susah agar bisa saving lebih banyak

    Karena standar saya adalah nilai saving setelah di kurangi biaya standar hidup yang layak di qatar

    Mohon pencerahannya

    Terima kasih
    Salam,
    Andi

    • @AndiNugraha: wa’alaikumsalam wr wb.. Sharing pengalaman yg luar biasa. Semoga kehidupan keluarga mas andi berkah dan bahagia selalu.

      Utk salary range field operator memang kisaran 7000-8000QAR/bulan. Plus allowance2nya. Jika di onshore, maka sebulan bisa dapat 10-12000 QAR. Jika dikurangi dengan pengeluaran yang 4000 QAR maka mas andi masih bisa saving 8000 an. Jika dikurangi cicilan mobil 2000 QAR per bulan..artinya masih sisa 6000 QAR. Semoga membantu.

  153. Ronald says:

    Selamat siang Pak Sugeng..
    Kebetulan ada disinggung diatas mengenai cara mempastikan apakah Tawaran kerja itu palsu atau asli. Saya sekalian Tanya Pak, karena saya juga baru dapat tawaran kerja dari ZADCO, sebelumnya memang email yg mengatasnamakan HRD Zadco mengirimkan email kepada saya untuk submit CV dan isi aplikasi form untuk sebuah pekerjaan. Kemudian saya Submit semua yang diminta. Namun setelah 3 hari dari email yang sama telah memberikan Contract letter bahwa saya diterima, kemudian dirinci semua item2 dalam kontrak, kemudian disuruh tanda tangan jika saya bersedia.
    Dalam contract letter juga dijelaskan bahwa qualifikasi saya sesuai dan mereka ingin memperkerjakan saya sebagai employ kontrak. Namun yang saya ragukan adalah tidak ada interview sebelum nya, namun mereka langsg menerima saya gitu? Trus untuk segala dokumen visa dll utk Non UEA di arahakan untuk menghubung agen travel yang bekerja sama dengan perusahaan mereka. Saya menjadi ragu bahwa domain emailnya adalah benar adanya dan situs nya bisa juga dibuka. Bagaimana ya cara memastikannya lagi.. domain emailnya adlh: @zakumdevcoae.com dan situsnya adalah http://www.zakumdevcoae.com, dan bagian travel http://www.alsharaftt.ae

    Terimakasih Pak Sugeng, Salam Kenal

    Ronald

    • @Ronald, met siang pak roland. saya liat sekilas websitenya memang web resmi. Jika memang dianggap lulus tanpa interview…ya alhamdulillah…tapi utk perusahaan besar akan ada medical check up. Sepanjang tdk diminta membayar uang sejumlah tertentu…inshaa Allah aman.

  154. rosikchun says:

    info kerja perawat cuci darah pak..dyalisis nurses,,sudah pnglman 3 th d rscm anggota JCI.maka..sihwasslkm

  155. rosikchun says:

    makasih pak, semalam,, saya sudah kirim email, ,, belum ada balasan,,coba saya tunggu balasan dehh,, oiya, harus S1 yaaa?saya D3 nihh,, semoga aja kebagian rejeki…makasih

  156. yanti says:

    Gimana cara kerja di qatar yang bisa hidup dengan keluarga

  157. zulham azhar says:

    assalamualaikum mas, saya zulham mahasiswa dari riau. insyaallah tgl 4 desember akan berangkat ke qatar untuk acara IPTC (international petroleum technology confrence). acaranya dr tgl 5-9 desember. apa2 saja yang harus saya lakukan sebelum berangkat? apakah harus melakukan vaksin miningitis? terimakasih mas

    • @zulham… wa’alaikumsalam mas zulham. Semoga rencana ikutan IPTC nya dimudahkan.

      Yang disiapkan tentu dokumen2 terkait keimigrasian dan yang terkait dengan kegiatan tersebut. Misal paspor dan visa. Utk vaksin meningitis tdk ada aturannya jika hendak ke Qatar. Meningitis vaccines hanya utk jamaah yg mau umrah dan haji ke Saudi. thanks

  158. Ai darmiati says:

    Saya,seorang ibu.ingin kerja di qatar.tpi saya hanya lulusan SmA ,pengalaman krja di singapura selama2thn menjadiPRt,maunya ga jdi pembantu lgi,kalau bisa jadi cleaning service,pelayan restoran,gimana caranya mencari lowongan seperti itu?mohon bantuannya

  159. roma rahdian syah says:

    insya allah mas rayn saya menyusul kesana hari ini saya mau mengurus KTKLN, dan semoga kita semua selalu di beri kesehatan dan di permudah segala urusan nya serta mendapatkan rezeki yang berkah aamiin ya robal aalamiin, saya boleh minta kontak nya mas rayn

  160. Budi luhur says:

    Blog yang sangat menarik.
    Selamat sore Pak. Melalui blog ini, saya hendak menanyakan bagaimana perkembangan industri oil and gas Qatar dan peluang mendapatkan pekerjaan yg relevant dg experience saya saat ini.
    Perkenalkan saya Budi, bekerja di salah satu manufacture pipa migas / tubular good yg ada di indo, pengalaman 6th di Quality Assurance ( Foreign company ).
    Belakangan, ada program effisiensi / pengurangan karyawan dikarenakan oil price turun, sehingga order pipa pun ikut menurun.
    Saya biasa di panggil Inspector OCTG. Memahami flow process dari green pipe, heat threatment, NDT (EMI, UT, WMPI), pipe hydrotest, Threading process ( ulir pipa ), furnish coating. Kira2 adakah pekerjaan yg relevant dg experiences saya tersebut saat ini di Qatar… ??
    Berapa standard sallary untuk OCTG inspector.??
    Jika ada, baiknya saya via Agen atau TKI mandiri… Fyi, saya pernah beberapa kali melakukan inspection di luar negeri, tetapi hanya lingkup asia tenggara.
    Terima kasih sekali infonya…

    • @BudiLuhur: Makasih pak & met sore juga.

      Terkait perkembangan industri migas di Qatar, secara sekilas negara ini memang menjadi salah satu pemasok gas terbesar di dunia. Disamping jg sebagai produsen minyak tentunya.

      Membaca pengalaman kerja bapak, well experienced. Mengenai peluang kerjanya, saya ga ada info saat ini. Coba aja browse ke beberapa web job search misal bayt.com, monstergulf, gunamandiri, dan lainnya.

      Atau langsung browse ke beberapa perusahaan migas di Qatar seperti qp, rasgas, qatargas, shell qatar, dll.

    • @BudiLuhur: utk perusahaan drilling milik negara ini ada Gf Drilling Int’l.

      • Maksudnya Gulf Drilling International.

      • Budi luhur says:

        Terima kasih untuk fast respond_nya pak. Sangat membantu.
        Jadi tau, ternyata perlu translate ijazah dahulu sebelum ke next phase.
        Dan jangan bosan jika kapan2 saya mnanyakan lg, hal yg ada kaitannya dg job di Qatar.
        Smoga blog ini makin ramai dan bermanfaat. Amin.

      • Budi luhur says:

        Terima kasih untuk fast respond_nya pak. Sangat membantu.
        Jadi tau, ternyata perlu translate ijazah dahulu sebelum ke next phase.
        Dan jangan bosan jika kapan2 saya mnanyakan lg, hal yg ada kaitannya dg job di Qatar.
        Smoga blog ini makin ramai dan bermanfaat. Amin.

      • @BudiLuhur: Makasih kembali.

  161. dewi says:

    Slamat sore pak, kembali sya muncul. Finally kami sekluarga akan move ke doha. Suami berangkat terlebih dahulu, kmd saya dan anak mrnyusul. Spertinya disana saya harus mrngendarai mobil utk antar jemput ansk slama penyesuaian. Mohon sharing bagaimana dan sesulit apa disana utk mencari ijin mengemudi ya. Trimakasih

  162. Ulfah Fauziah Nur Amaluciana says:

    Assalaamu’alaikum pa saya Ulfah mahasiswa S1 yang baru saja lulus. Rencana nya saya ingin melamar kerja di Qatar. Cuma yang masih jadi kendala sekarang adalah dokumen/berkas apa saja yang diperlukan. Ada yang bilang harus ada cap dari rektor dulu lalu ke dikti,dll. Jadi urutannya yang mana dulu terus ke bagian apa saja. Mohon infonya. Syukron

    • @UlfahFauziah, wa’alaikumsalam wr wb…Mba Ulfah…selamat ya atas lulusnya. Semoga menjadi ilmu yang berkah dan bermanfaat dunia akhirat, aamiin.

      Untuk kerja di Qatar, saya ga tau apakah menerima fresh graduate atau tidak. Setau saya user disini banyak merekrut yang well experienced dari negara2 asalnya. Namun, tidak ada salahnya mencoba melamar kerja. Coba sebanyak-banyaknya, kesempatan jaman digital kian luas asalkan kita membuka jendela informasi selebar2nya.

      Terkait dokumen ijazah, jika dokumen ijazah sudah dalam bahasa inggris atau bilingual (inggris & indonesia) maka tidak perlu diterjemah lagi. Ijazah asli tentu sudah ditandatangani pihak berwenang dari pihak kampus. Langkah selanjutnya adalah melakukan atestasi ke Kementrian luar negeri, kementrian hukum & ham serta Qatar embassy (jika akan melamar ke Qatar).

      Namun jika ijazah msh dlm format bahasa indonesia, maka perlu diterjemahkan ke bhs inggris di lembaga penterjemah tersumpah.

      Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. smg bermanfaat.

  163. Yanie says:

    Assalamualaikum,
    Pak Sugeng, untuk drafter oil n gas dengan pengalaman 13 tahun dan pernah kerja di malaysia…kira-kira berapa ya standard salary di Qatar…trims

    • @Yanie, wa’alaikumsalam.. utk standar gaji drafter oil & gas saya blm tau persisnya. Tapi sebagai gambaran saja, utk level new entry bagi field operator migas disini sekitar 7000-8000 QAR/bulan. Itu termasuk karyawan level staff biasa bukan senior staff. plus2 allowance lainnya.

      Untuk level supervisor kisarannya mungkin sekitar 15000-20000 per bulan.

      Utk bagian drilling, lebih gedhe lagi nampaknya.

  164. Muslim says:

    Assalamualaikum mas..

    Perkenalkan nama saya muslim, to the point aja ya mas. Skrg saya bekerja sebagai field atm engineer disebuah perusahaan swasta, jobdesk saya melakukan preventive maintenance & handling problem di atm salah satu bank terbesar di indonesia bank B*A, dan saya sudah 6 tahun bekerja disini. yg saya mau tanyakan adalah, apakah anda tau perusahaan yg bergerak di bidang field atm engineer di qatar? Atau apakah saya bisa masuk diperusahaan oil & gas? Mohon pencerahan nya mas..

    Terima kasih
    Wassalamualaikum

    • @Muslim, wa’alaikumsalam. salam kenal kembali mas. melihat background mas muslim, cocoknya ya ke perbankan lagi (untuk ke migas mungkin gak pas). Mengenai ada tidaknya peluang tersebut coba browsing ke web bank2 besar di Qatar: QNB, QIB, Dohabank, Mashreq bank, Barwa bank, QIIB, dsb. thanks

      • muslim says:

        Lalu mas, apakah di qatar ada semacam agency atau headhunter yg menyalur kan tenaga pekerja profesional dibidang perbankan? Thanks mas.

      • @Muslim, Agency tentu ada, akan tetapi saya tidak tau pastinya. Mungkin bisa search via web Bank tsb atau via job seeker online seperti bayt.com, monstergulf.com, dan lainnya.

  165. Panji says:

    assalamualaikum, saya panji bekerja di arab saudi (mekah) ingin mengunjungi tunangan saya yang baru datang di qatar untuk bekerja.
    pertanyaan saya :
    1. untuk berangkat ke qatar adakah visa on arrival? atau saya harus apply visa dulu di embassy qatar disini (jeddah)? Jika iya, apa jenis visa yang harus saya apply dan berapa lama proses selesai nya?
    2. adakah informasi hotel murah dsna? karna yang saya cari via internet rata2 diatas 300QAR
    terimakasih sebelumnya.

  166. Martyono Sembodo says:

    Assalamu’alaikum, mas JQ..

    Terima kasih untuk sharing infonya di forum ini. Saya kebetulan di-email oleh salah satu recruitment agency di middle east — nama agencynya Jerry Varghese Global, untuk posisi System Engineer (oilfield).

    Dia meminta saya untuk memberikan expected salary. Yang saya mau tanyakan berapa kira-kira nilai yang harus saya sebut, karena saya benar-benar tidak punya bayangan; takutnya nanti jadi terlalu banyak atau terlalu sedikit.

    Untuk gambaran: Saya umur 35thn, berkeluarga 3 anak, pengalaman 10+ tahun.

    Saya lihat di atas mas bilang untuk berkeluarga disana butuh gaji minimum 10,000QAR — ini apakah untuk standar hidup layak (lingkungan yang baik / sekolah anak2 / dsb) atau irit? Apakah dengan ini bisa saving?

    Satu lagi.. Bagaimana gambaran nilai upah untuk oilfield engineer disana?

    Terima kasih sebelumnya.

    • @Martyono, wa’alaikumsalam…saya ga tau kisaran gaji utk posisi bapak sbg system engineer (oilfield), namun sbg referensi bisa buka web ini http://www.salaryexplorer.com/best-paying-jobs.php?loc=176&loctype=1.

      10 ribu itu hanya salah satu syarat agar bisa membawa keluarga ke Qatar. Mengenai biaya hidup sebenarnya tergantung keluarga masing2. Apalagi saat ini ketika harga minyak sdg ga bagus…banyak jg perusahaan yg memPHK karyawannya. Soal biaya hidup, sewa rumah disini mahal, biaya sekolah jg mahal…akan ttp jika perusahaan migas rata2 sdh mengcover perumahan dan biaya sekolah anak hingga selevel SMA. Thx

  167. Uchup1994@gmail.com says:

    Assalamualaikum, saya mau tanya, kalo kita mau ke qatar bagaimana? terus apakah banyak lowongan kerja di qatar? kalo banyak lowongan kerja disana saya pengen ke sana?

    • @Uchup1994, wa’alaikumsalam. pekerjaan apa yg diinginkan?

    • Yanti says:

      Assalamu’alaikum wr.wb. Mas, kami Insha Allah mau berangkat umroh dan sdh beli tiket saudia. Plgnya Jedah – Doha dan Doha Jakarta. Lama transit 24 jam.Tapi tiketnya tdk connecting. Apakah kami hrs urus visa walaupun ngg ada rencana keluar bandara? Terima-kasih atas bantuannya

      • @Yanti, wa’alaikumsalam. Jika tidak ada rencana keluar bandara nggak perlu urus visa. Tp jika ada rencana mau jalan-jalan keluar bandara maka baru urus visa. Itu sepengetahuan dan pengalaman saya.

  168. mufliha says:

    Hello…sy mufliha… skrng hamil 30 weeks…suami sy orng Qatar. Mertua nyaranin minggu depan balik ke Qatar pasca melahirkan cucu pertama mereka…yg jadi pertanyaan sy… jika ank sy lahir di Qatar apakah nantinya jd wrg Qatar seprti ayahnya??? Terus kalo mau bolak balik indo Qatar apa harus by visa or Kitas??? Tolong infonya …..

    • @Mufliha, sebelum berangkat ke Qatar yakinkan mendapatkan surat keterangan dokter tentang kehamilannya, karena sudah hamil 30 minggu.

      Terkait apakah anaknya nanti mendapatkan kewarganegaraan qatar atau nggak, silahkan tanya ke suaminya. thx

  169. saadah says:

    Salam dr jogja.
    Sya prempuan fresh graduate s1 ilmu pemerintahan, ingin skali bekerja dan hidup d ln. Kbtulan ad beasiswa pasca dr hbku khususnya faculty of islamic studies. dgn bbrpa jurusan, jika ingin lanjut bekerja d qatar stelah llus s2 dsna nanti, jurusan apa yg lebih baik saya ambil dgn pilihan: islamic public policy, study of contemporary muslim thought and societies, atau islamic studies in comparative religions?
    Smoga ad rezeki saya kali ini untuk lanjut study dan berkarir d negara muslim besar sperti qatar. Insya Allah

    • @Saadah, wa’alaikumsalam… semoga impiannya terkabul. Mengenai peluang bisa bekerja di Qatar selepas belajar disini, saya tidak tahu peluangnya. Mengenai pilihan yang terbaik yang mana, tentu kembali kepada yang mau menjalani.

  170. Melki MJS says:

    Assalamu’alaikum
    Mohon infonya tuk tahapan pengurusan admin hingga bisa sampe di qatar
    Nuhun
    Wassalam
    Melki MJS

    • @MelkiMJS, wa’alaikumsalam…pertanyaannya bisa lebih spesifik, biar lebih gamblang menjawabnya. Thanks

      • MELKI MJS says:

        Maksud saya mengurus visa di kedutaan, invitation letter dan seterusnya pa syarif
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

      • @MelkiMJS, saya masih blm paham banget dengan pertanyaannya…karena tdk lengkap ceritanya. Maaf..saya Sugeng (bukan Pak Syarif TQ). Untuk visa kerja itu tergantung user di negara tujuan, jika mereka siap mrmprosesnya..maka agency pun akan cepat memberitahu ke kandidat terpilih.

      • MELKI MJS says:

        Owh iyah mas sugeng yah mas
        Saya ingin ber wisata dan jalan2x ke qatar, gimana tahapannya dari awal pengurusan visa tourist (brp biayanya dan kemana urusnya, lama pengurusan dst) dan harus butuh sponsor or undangan dr kawan di negara qatar nya yah
        Mau kah mas sugeng jd sponsor saya or sbg pengundang
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

      • @MelkiMJS, oo mau berwisata. Coba kontak teman saya yg biasa bantu mengurus tourist visa +974 55733904 (Pak Sudirman namanya).

      • MELKI MJS says:

        Makasih mas sugeng
        Mohon info tuk email nya mas sudirman, mas sugeng
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  171. assalamualaikum, saya mahasiswa teknik industri, kebetulan saya tertarik untuk bekerja di Qatar khususnya perusahaan migas, saya ingin menanyakan mengenai info untuk perusahaan migas di Qatar. Kedua saya juga ingin menanyakan selain perusahaan migas, perusahaan apa saja yang kira – kira recommended di Qatar, untuk sebagai referensi saya. Terimakasih sebelumnya

    • @Rahadi, wa’alaikumsalam.. Sekedar info, sektor migas sedang kurang bergairah seiring harga minyak dunia yg masih rendah. Akan tetapi sektor migas terus berjalan.

      Di Qatar ada beberapa perusahaan migas besar diantaranya Qatar Petroleum, Rasgas, Qatar Gas, dan perusahaan pendukungnya seperti Qafco, Qapco, Qchem, Qatar steel…dan lainnya. Rata2 mereka ngambil yg sdh well experienced (bukan fresh graduates). Jika ingin info terkini loker nya..bisa cek ke website resmi masing2 perusahaan atau tanya ke agency (gunamandiri.com).

  172. Septia Catur Putrihari says:

    Hai Kak aku sekarang kerja di Qatar. aku tinggal di Doha kerja di salah satu 5 star hotel di Doha. tapi aku mau pindah ke Abu dhabi dan bekerja disana. mereka minta Medical check up aku di stemped dari kedutaan Indonesia. Tolong bantu dong ka kalo mau legalisir di kedutaan buat medical check up itu apa saja ya syarat dan ketentuan yang saya harus bawa untuk ke kedutaan? makasih kak mohon bantuan nya.

    • @Septia, Biar lebih jelas, silahkan hubungi alamat berikut:

      Kedutaan Besar Republik Indonesia 
      Al Maheed St., Al Salata Al Jadeeda,
      P.O. Box 22375, Doha, Qatar

      Email    : admin@kbridoha.com

      Telepon : +974-44657945, 44664981, 44657436, 44662759 
      Faksimil : +974-44657610

  173. kun says:

    dapat email penerimaan di chornice hospital abu dhabi. sepertinya dari monster gulf say melamarnya. lewat email ini,, cara ngecek ini asli n penipuan gimana ya.nih alamat emailnya +Corniche Hospital <career-corniche.hospital@bk.ru
    skedar infonya sih saya disosodrin kontrak slary 20.500 dirham UEA,,, dan blm termasuk allowanced lainya. dibagian cuci darah.
    tapi suruh menghubungi Royal Air Travel n tours di abu dhabi… saya belum pernah keluar negri.mksh

    • @Kun, apa alamat emailnya? jika alamat emailnya sama dg nama usernya

      • kun says:

        ini alamat email rumah sakit chorniche TEL: +971 524575283
        Email:royalairtravel@outlook.com
        Website: http://www.royalairtraveltour.com

        dan
        Royal Air Travel & Tours LLC
        TEL: +971 524575283
        Email: royalairtravel@outlook.com
        Website: http://www.royalairtraveltour.com

        ini potongan isi email dar royal air travel barusan pak,, saya curiga pak,, mohon bantuan

        akomodasi Total: USD 1,450.00 (For Single)

        For Family visa Processing; you will have to pay the sum USD 2,650 and this will cover for you and your entire family. Also include the passport copies/photos of all your family members.

        Payment of the above mentioned regulated and tariffs will be made by applicant to our office via BANK ACCOUNT TRANSFER OR WESTERN UNION MONEY TRANSFER.

        Based on the expatriate policy of UAE employee is entitled to personally pay for Resident / Working permits papers which are USD1,450 that is for single applicant.
        On this note, if you are coming with your family, you are advised to make only the payment of USD 2,650 which is the fees for Family Resident/Work Permit.

        You are to send the processing fee by Money Gram OR Western Union Money Transfer in the name of our Accountant Cashier (RICHARD ADDISON) for immediate confirmation as to avoid further delay as time is limited.

        SEE OUR TRANSFER PAYMENT INFORMATION:

        Receiver Name:………….. RICHARD ADDISON

        Receiver Country:………..DUBAI UAE

        Address: Dubai, UAE,

        TEL: + +971 524575283

        Amount: …..1,450 USD for (SINGLE Status) OR
        Amount: …..2,650 USD for (FAMILY Status)

        We will send you by courier service the original work permit/entry visa and all the hard copies of documents to your forwarding address, please indicate your preferred postal address while reverting with the work permit requirements.

  174. Bahruddin bashori says:

    Makasi atas sharenya,, moga dapat info bnyak

  175. kun says:

    career-corniche.hospital@bk.ru, ini alamat email rumah sakit, dan ini alamat email Royal air travel royalairtravel@outlook.com
    Website: http://www.royalairtraveltour.com,

    maaf, saya copas isi email dari pihak royal travel, saya kok merasa ini penipuan ya?? mohon pencerahan para senior..makasih

    Total: USD 1,450.00 (For Single)

    For Family visa Processing; you will have to pay the sum USD 2,650 and this will cover for you and your entire family. Also include the passport copies/photos of all your family members.

    Payment of the above mentioned regulated and tariffs will be made by applicant to our office via BANK ACCOUNT TRANSFER OR WESTERN UNION MONEY TRANSFER.

    Based on the expatriate policy of UAE employee is entitled to personally pay for Resident / Working permits papers which are USD1,450 that is for single applicant.
    On this note, if you are coming with your family, you are advised to make only the payment of USD 2,650 which is the fees for Family Resident/Work Permit.

    You are to send the processing fee by Money Gram OR Western Union Money Transfer in the name of our Accountant Cashier (RICHARD ADDISON) for immediate confirmation as to avoid further delay as time is limited.

    SEE OUR TRANSFER PAYMENT INFORMATION:

    Receiver Name:………….. RICHARD ADDISON

    Receiver Country:………..DUBAI UAE

    Address: Dubai, UAE,

    TEL: + +971 524575283

    Amount: …..1,450 USD for (SINGLE Status) OR
    Amount: …..2,650 USD for (FAMILY Status)

    We will send you by courier service the original work permit/entry visa and all the hard copies of documents to your forwarding address, please indicate your preferred postal address while reverting with the work permit requirements.

    • @Kun, membaca isi emailnya, menurut saya itu diragukan kebenarannya (kemungkinan penipuan) karena di belakangnya bukan email addrress milik RS tersebut.

      Dan ada permintaan pembayaran sejumlah uang, itu juga tanda kejanggalan berikutnya. Saran saya, jangan ikuti proses selanjutnya.

      semoga bermanfaat.

    • Selalu perhatikan alamat email resmi sebuah perusahaan setelah tanda @.

      Misal nama perusahaannya PT. Beneran, maka email resminya akan seperti ini, misalnya pihak HRD, maka akan hrd@beneran.com

      • kun says:

        ok pak makasih saya juga sudah curiga, makasih sekali lagi, ,, salam hormat @JQ

      • kun says:

        ternyata di monster gulf bnyak penipu ya pak, ato gmn? ,, saya dulu prnah cari job di monster gulf,

        Recommendation by our recruitment management team monstergulf.com as your CV where submitted by them and our recruitment is purely online.

  176. eri says:

    Asslmkm…Nama saya erry.Tahun 2008 saya pernah bekerja di saudi tetapi baru berjalan 5 bulan saya kabur ke indo…2 bulan yang lalu saya join dgn company dari singapore untuk bekerja di saudi akan tetapi di emigration riyadh saya tidak bisa masuk dan saya di pulangkan ke indo lagi alasan mereka saya pernah di deportasi…bulan depan company berencana mengirim saya ke qatar…..yang ingin saya tanyakan : bisa tidak saya masuk qatar ??????…sebab saya trauma dengan kejadian 2 bulan yang lalu tidak bisa masuk saudi….tolong penjelasan nya gan…

    • @Erry, wa’alaikumsalam. Mengenai bisa tidaknya masuk ke Qatar, tergantung status bapak di Saudi. Jika pemerintah saudi sudah mengirimkan black list ke negara2 teluk (GCC) maka kemungkinan bapak akan mengalami nasib sama ketika masuk ke Qatar. Akan tetapi jika tdk ada GCC Blacklist maka hanya tdk bisa masuk saudi saja. Demikian pak..smg membantu.

  177. dewi says:

    Siang pak sugeng….kembali saya muncul, karena sudah tinggal beberapa hari lg suami move ke qatar….jadi smakin penasaran keadaan di qatar. Wacana untuk usaha jual batik atau yg lainnya, apskah harus sesuai dengan ijin tinggalnya ya?. Mksud saya kan visanya bukan visa kerja, tapi mengikuti visa suami yg bekerja. Dan satu lagi…..mengapa ya bnyk org kok pengen kerja di qatar ya? Saya baca dari blog blog. Makasih p sugeng utk share nya

    • @Dewi, Smg dimudahkan urusannya sampai suami beserta keluarga nyampai ke Qatar.

      Untuk wacana jualan batik, mungkin nanti bisa konsultasi dg para pengusaha Indonesia di Qatar. Bisa jg menghadiri MIA Bazaar di MIA Park tiap hari sabtu.

      Salah satu alasan kenapa banyak orang di Qatar mgkn free tax. Bisa dibaca jg di Detik, Qatar masuk salah satu dari 10 negara teraman di dunia.

  178. dewi says:

    Makasih pak atas quick respont ya……boleh ya suatu saat saya minta no kontak bpak klo saya sudah di qtar….trimakasih

  179. Don says:

    Assalamualaikum
    Saya mau tanya pak, saya punya pengalaman kerja sebagai operator pembangkit listrik, saya mau tanya kira-kira bisa di jadiin bekal tidak pengalaman saya ini untuk bekerja di qatar, apakah banyak lowongan untuk operator di pembangkit listrik, dan cara melamarnya apabila ingin kerja kesana bagaimana ya cari lowonganya, dan apakah apabila kita kerja ke sana bahasa inggris itu harus expert banget krn saya bahasa inggrisnya msh menengah krn blm terbiasa, mungkin klo udh bekerja disana bisa terbiasa dengan sendirinya akan lancar?
    Terima kasih

  180. rudi harianto says:

    Saya karyawan di oleochemical fatty acid plant.saya bekerja dibagian produksi.bisakah saya mendapat peluang bekrja di qatar petroleum dngn pengalamn yang ada saat ini.apa syarat lain yng saya butuhkan agar bisa bekerja di qp.makasih.

    • @RudiHarianto, Coba cek di web qp.com.qa pak. Sekedar info, pertengahan tahun ini baru saja ada pengurangan karyawan di qp. Tapi tdk ada salahnya ngecek ke website resminya..mgkn ada perekrutan lagi. Bisa jg kontak gunamandiri.com yg biasa ngirim naker migas ke Qatar.

      • Veni indrayani says:

        Mas numpang nanya, suami saya minat bgt kerja di qatar tapi masih bingung pembuatan cv nya dan semua biaya pembuatan visa aturan dan sbgnya, kbtulan ada temen dsna yg mau bantu apply kerjaan dsana. Dan apa bisa suami saya hanya lulusan sma pengalamannya hanya di bidang marketing, pernah kuliah di jurusan PR tinggal skripsi masih berhenti krna terpentok biaya . tolong infonya mas saya harus melalui agency atau hanya tki mandiri, butuh info visa sedetil mungkin mas. Saya udh invite bbm nya mas tp blm di confirm. Thanks 😊

      • @Veni, Contoh2 pembuatan CV bisa dicari di Google. Banyak sekali contohnya. Yang terpenting adalah kita bisa mrnginformasikan ttg diri kita di dalam CV tsb, ringkas, padat dan berisi.

        Mengenai peluang kerja tentu akan selalu ada sepanjang lowongan kerjanya ada.

        Agency bisa, tki mandiri bisa. Yakinkan bhs inggrisnya jg bisa bu.

  181. Suher says:

    Saya ex karyawan dealer alat berat Catterpilar di indonesia dengan pengalaman kerja 5 tahun

    Saya ada mengirimkan resume ke bina mandiri (ras gas) dan guna mandiri (qafco)

    Apakah besar kemungkinan saya bisa ke qatar ?.soalnya saya harap2 cemas pak

    Mohon pendapatnya pak

  182. Heru Purwoko says:

    Bagaimana cara nya bisa bekerja di qatar? Saya mempunyai pendidikan terakhir sarjana geologi S-1 universitas terkenal di Jakarta, saya saat ini lebih dominan bekerja di bidang Marketing dan sales di alat berat (Heavy Equipment Distributors), yang saya mau tanyakan apakah memungkinkan bisa bekerja di Qatar dengan kondisi yang kami miliki dominan pengalaman dibidang SALES & MARKETING (20<) dan pendidikan saya terakhir.? Terima kasih

    • @HeruPurwoko, Membaca pengalaman kerja bapak mmg Marketing banget. Mungkin saja bisa untuk di bidang mana saja, sepanjang marketing. Info lowongannya saya belum punya, mungkin bisa browse via job seeker website. Atau browse ke company2 besar seperti Qatar Airways, QNB, dan perusahaan2 lainnya di Qatar.

  183. Dadan says:

    Asalamualaikum… saya mau tanya soal proses pembuatan visa non imigran dan work permit untuk ke negara Qatar itu gmna ya..?

  184. RIANDI RAHMAT says:

    selamat mlm mas saya mau tanya,saya ada tawaran kerja dari bos temen saya utk bekerja di Qatar sebagai machining Lathe (bubut) tp saya blm mengetahui nama company yg akan merekrut saya dan temen saya yang lain tetapi saya sedikit kawatir apakah ini beneran sampai disana utuk berkerja ato untuk di jadikn anggota oganisasi yang skrg lg buming di negara kita,bagaimana caranya untuk mengetahui tawaran ini beneran untuk di jd kn pekerja di sana atau tidak.

    terima kasih bnyk atas bantuannya.
    saya tunggu jawabannya secepatny mas

    • @Riandi…utk di Qatar…organisasi2 terlarang sepertinya ngga ada. Negara ini termasuk aman dibanding negara2 tetangganya. Yakinkan tau nama perusahaannya. Visa biasanya akan diurus oleh company. Jd kalo disuruh bayar…itu perlu hati2.

      • riandi says:

        saya di bayar kalo di rupiah kn sekitar 20jt perbulan apakah itu standart untuk gaji disana sebagai machinig

      • @Riandi, saya tdk tau standar gaji sesuai posisi bapak. Kurs sekarang 1 Qatar riyals= 3800 IDR. jika 20 juta IDR berarti berkisar 6000 an QAR per bulan. Gaji segitu sudah bagus. Sbg gambaran saja…utk pekerja supir, waitres, pelayan toko, sekitar 1500-2000 QAR perbulan. Tanyakan apakah dapat akomodasi, transport dan makan.

      • @Riandi…maaf td salah itung…dg kurs 3800 an…maka gaji 20 juta itu sekitar 5300 QAR per bulan. Sdh bagus lah.

      • riandi says:

        jd untuk mengantisipasikan kalau tawaran ini bener atau tidaknya bagaimana ya mas
        terima kasih banyak atas bantuannya

      • @Riandi…tanyakan nama companynya…siapa tau kami ada yg tau

      • riandi says:

        saya lewat supply man power mas n nama supply man powernya OPS GRUP n plant nya di sana HYDRATECH mas

      • @Riandi…jika sdh ada visanya…bisa dicek ke web MOI QATAR utk croscek kebenarannya.

  185. riandi says:

    ok thanks bgt mas infonya semoga sllu sejahtera mas

  186. TB Nawaf Musyaffa says:

    Assalamualaikum.Wr.Wb

    saya mau nanya, saya ada rencana untuk berkuliah di Qatar University, fakultas mechanical engineering, apakah diharuskan memiliki sertifikat TOEFL untuk fakultas tersebut? (tolong sebutkan daftar-daftar fakultas yang harus menggunakan TOEFL jika memang ada) dan tolong beritahu saya apa itu Foundation Program dan High School percentage

  187. riandi says:

    saya mw tnya lagi ni mas apakah setiap kota di Qatar kantor kudebes indonesia ya mas

  188. riandi says:

    maaf krg jls apakah di setiap kota di Qatar memiliki kantor kudebes indonesia atau hanya di kota besarnya aja mas

  189. riandi says:

    mohon infokan alamat kudebes indonesia di Qatar no tlpnnya
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih mas

  190. Mohamad Aziz says:

    ass…. saya mohon informasi nya tentang PT. Zadco (UEA), karena belum lama ini setelah saya coba apply loker pada Oil&Gas saya menerima jawaban untuk mengisi form yang telah dikirim, setelah saya isi form tersebut, kira2 1 mingguan saya menerima kembali email dari ENG, TALGAT ALIMGAZINOV – HR DIRECTOR Zadco, berupa dokumen KONTRAK KERJA, akan tetapi dari informasinya saya harus menghubungi atau komunikasi pada EDWARD DEL PEDRO CHIEF IMMIGRATION OFFICER AL MASAAD TRAVELS & TOURS LLC
    P.O.BOX 524.
    DUBAI, UNITED ARAB EMIRATES
    yang telah ditunjuk PT.Zadco, yg saya mau share atau tanyakan ke teman2 mungkin yg pernah bekerja pada PT.Zadco, apakah prosedur ini yang harus di lakukan untuk orang seperti saya yang kebetulan baru pertama ini.
    Atas informasi dan bantuan penjelasan dari teman2 semua sebelum nya saya ucapkan terima kasih…
    wass…
    Mohamad.Aziz

    • @MohamadAziz, saya sempat diskusi ttg permasalahan bapak dengan rekan yg saat ini kerja di UAE. Berikut komentarbeliau atas pertanyaan bapak diatas:

      “Mas kl dilihat dr emailnya jelas spam. Nggak ada cerita kita disuruh menghubungi pihak travel agen…Ujung2nya disuruh kirim uang utk VISA…dimana utk yg profesional nggak ada yang kayak begitu…dr pengalaman saya di saudi, qatar dan Abu Dhabi.

      Disini kl mmg terseleksi akan di test lalu disuruh kesini dan baru proses visa dan akan makan waktu yg agak lama krn lebih ketat utk visa di oil dan gas sector.”

      Semoga memberikan gambaran.

  191. S3LV says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Saya baru saja mendapat tawaran kerja dari outsourcing company. Mohon informasinya apakah perusahaan ini bonafide atau hanya spam?
    Mohon info juga rate level coordinator di oil&gas company. Tawarannya adalah Residential, maksudnya bagaimana ya?

    Intertek Industry Services

    Technical Staffing Services

    P.O. Box 47146

    Building No. 242, Office # 3

    Opposite Ministry of Consulate Affairs

    Near Gulf Cinema Signal

    Doha, Qatar

    Direct Line: +974 44316759

    Telephone: +974 44271607

    Fax: +974 44368742

    Terima kasih sebelumnya atas perhatiannya.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  192. Zantya Siti Maryam says:

    Assalamualaikum wr wb.

    Nama Saya Zantya, suami saya mendapat tawaran bekerja di perusahaan advertising di Doha, dengan posisi sebagai Desainer grafis.
    Lalu suami saya diminta untuk memberikan informasi tentang expected salary nya..Kira-kira berapa salary untuk desainer grafis disana??
    Suami saya bukan fresh graduate, sudah berpengalaman kerja.
    Lalu jika kami berencana untuk pindah bersama kesana dengan 2 orang anak, sulung (3y), bungsu (4m)..berapa salary yang cukup untuk
    biaya hidup kami disana+savings??

    Mohon bantuannya, terimakasih

    Salam

  193. Bongit says:

    Yth. Bapak/Ibu
    Pengelola Perusahaan di Doha & Middle East (All)

    Saya sangat berminat utk bisa bekerja di Dubai, Doha, Qatar di kota Middle East lainnya.
    Basic pengalaman dan background : Food and Beverage Department di Perhotelan di Jakarta dan sekitar nya ± 18 tahun.

    Saya menganut kepercayaan : Kristen
    Apakah ada larangan/tdk di perbolehkan di terima bekerja di Middle East atau Negara mayoritas beragama Islam.
    Saya berminat bisa bekerja di Middle East.
    Saya siap berangkat koq? Terima kasih. Bongit 0813 9892 8891

    • @Bongit, Bapak bisa saja bekerja di Qatar, sepanjang ada lowongan. Di Qatar, tidak hanya yang muslim yg bekerja. Disini ada multinasional,multiagama,multisuku, multibudaya..

  194. suardi says:

    Assalamu’alaikum…mohon ma’af mas klu mengangu…mas kami rencanany ingin mencari karunia di qatar,ada peluang di proyek HABTOOR LEIGHTON CONSTRUCTING-QATAR sebagai operator alat Berat,dgn Basic Rate/Month 1400/5320000 kira2 sebulan dapt brapa ya mas,o ya kami udh dpt fasilits makan 3kali,perumahan,dan pakaian dicucikan,trs Interview nya ini melalui PT.RUYUNG KARYA MANDIRI ini resmi atau tidak ya mas.Mohon pencerahany Mas,Matur Nuwun wassalam….

  195. amir madya says:

    sy pingin kerja/tki di qatar, apa lebih enak melamar sendiri/daftarin diri ke PT, klo boleh tau PT yg baik dan jelas buat TKI ke qatar.. apa nama PTxa dan bertmpat dmana?

  196. yudi adnan says:

    Ass..saya ingin bekerja di qatar sbgi store keeper,tlng bantu saya.

    • @Yudi…coba kontak PT. LANSIMA – Human Resources Development Institution

      Head Office:Jl. Tegal Parang Utara No. 41, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12790, Indonesia
      Telp: 62 21 7948521-22 ( Hunting), 79196226
      Fax: 62 21 7992283E-mail:lansima@lansima.com

  197. rudizeiland says:

    Mas JelajahQatar

    Bantu saya juga donk, bisa kan 😀

    I’m a Professional employee with over then 11+ year experience in HSE roles, having a good knowledge, interpersonal skills and also excellent communication for English and Malay.
    I had been working with numerous companies and many of projects likes onshore, offshore and mining construction with multi-complex problem which I was facing before.
    Presently I have been seeking an employer for my next challenge and set up my best knowledge in HSE role and ready to growing up to be international standard
    I would be able to discuss for further opportunities as your convenience and here is my personal contact number for direct line +62 81254009080 or you could drop an email to rudi.zeiland@gmail.com

    Looking forward from you soon and your valuable feedback will be highly appreciated.

    • @Rudizeiland, I am personally unable to help you find a proper job. But you may find through job seeker websites (be careful always with scam/spam). Or you may contact manpower agency such gunamandiri, lansima or any other manpower agency in Jakarta. Good luck!

      • rudizeiland says:

        Mas @JelajahQatar
        Thanks so much for your quick respond. I’ve done it in a much earlier time so just wait for the provision of Allah 🙂
        But if one day you get information related to my skills, do not forget to contact me ok.

  198. guruh yulianto says:

    Assalamualaikum Mas Sugeng,
    saya mau bertanya. kebetulan saya mendapatkan offering dari Al Jabeer Eng, sebagai Electrician dengan tawaran 9500 QR, dan mendapatkan cuti 1 kali setaun. namun untuk tempat tinggal dan makan saya tidak ditanggung, yang mau saya tanyakan apakah dengan gaji tersebut apakah bisa menutupi biaya hidup di Qatar? adakah Mas Sugeng perincian untuk berapa biaya tempat tinggal dan biaya makan perbulan untuk bujangan?
    terima kasih banyak Mas Sugeng atas share nya
    Wasallamualaikum..Guruh

    • @GuruhYulianto, wa’alaikumsalam. Tawaran gajinya bagus tuh. Tapi memang masih hrs nanggung biaya akomodasi dan makan.

      Utk akomodasi mgkn sewa sebulannya status bujangan sekitar 2000-3000 an. Tergantung lokasi juga. Kemudian utk makan…tergantung lg…mau beli atau mau masak. Jika mau beli di resto yg plg murah sekali makan sekitar 10 real. Kalikan aja mas.

      Ini ada tambahan jawaban dari teman…

      “Waalaikumsalam….Tanyain pendidikan basic opo dan pengalaman dmn brp tahun.Status saiki opo dan rumah dimn.Kl flat share itu tergantung personal orange sesuai pendidikan dan kharakter ngirit,boros atau sederhana.Temenku share jg gaji 7000qar ,purchaser,lulusan sma soale.share dgn aku 1400qar.Makan sebulan paling maks 1000qar mewah…Masih bisa nabung.Krn tiket sekali ditanggung…..Wslm.”

      • guruh yulianto says:

        Terima kasih Mas Sugeng, Basic pendidikan saya D3. saya berasal dari Blitar Jawa timur, pengalaman kerja di kontraktor mas, Leighton Asia selama 11 tahun. karena dunia pertambangan dan kontruksi di Indonesia lagi lesu dan kebetulan saya sudah surplus saya mencoba u ntuk Apply ke Timur Tengeh dan Allhamdulillah dapat offering. kalo boleh share kontak mas Sugeng, email saya guruhguritno@gmail.com.
        Terimakasih banyak Mas Sugeng

      • @GuruhY., silahkan kontak jelajahqatar@gmail.com thanks

      • @GuruhYulianto, mas..ini ada yg nanya lg. Dimana penempatan kerjanya? Jika di Messaeed,, disana ada akomodasi yg bisa sharing satu rumah 6 orang…bayarnya sekitar 1500 QAR per orang. Kemudian utk yg akomdasi tdk sharing…murah2nya sekitar 2500 QAR/bln.

      • @Guruh…jika ingin bertanya lbh privat..bisa via PIN 55BDF1B4. Monggo.

  199. Ima says:

    Salam Mas Sugeng,

    Terimakasih banyak untuk blognya yang sangat membantu sekali.
    Saya dan keluarga akan pidah Doha bulan Agustus. Anak anak akan sekolah di Qatar Academy dan harus belajar bahasa Arab.
    Adakah komunitas di Doha yg saya dan anak2 bisa belajar bahasa Arab?
    Matursuwun Mas Sugeng

  200. Defahvany says:

    Asalamualaikum.. Bulan juli nanti 2016 sy mau pulang cuti, gimana prosedur ny,,baru kali sy mau cuti,,tolong infomasi ny

    • @Defahnavy, boleh tau kerja dimana? Jika mau pulang…dokumen yg perlu disiapkan antara lain: Tiket pesawat, Qatar ID (Residence Permit/Iqomah), exit permit. Uang saku tentunya 🙂

  201. Kukuh says:

    Salam Bapak bapak,

    Pada kesempatan ini saya mau nanya bagi yang mendapat tawaran kerja di minyak bahwasanya harus ngurus visa sendiri dan musti menghubungi salah satu bisa dibilang agen imigrasi disana sebagai guide kita dan nanti biaya visa bisa dirembuse apakah memang seperti itu caranya atau hanya spam. Karena saya juga mendapatkan tawaran dan proses yang sama dalam pengurusannya. Saya curiga email tawaran yang masuk ke email saya hanya spam belaka. Mohon pencerahannya.

    Maturnuwun

    • @Kukuh, utk kasus seperti itu kemungkinan besar SPAM. nggak perlu diteruskan. Jika resmi, visa kerja itu menjadi tanggung jawab user. Jikapun user tdk mengurus sendiri, maka manpower agency yg mengurusnya.

  202. Lucky Nugroho says:

    Assalamu alaikum Wr. Wb.

    Mau nanya, saya berencana ingin melanjutkan studi di Qatar Faculty of Islamic Studies (QFIS), biaya hidup di sana bagaimana ya? Kalo misalkan dapat uang saku, biasanya nominalnya berapa ya?

    Terima kasih.

    Wassalamu alaikum Wr. Wb.

  203. Eka cahayati says:

    Saya seorang guru SMP swasta d SMP Gajah Mada Binjai
    Seperti yang kita ketahui gaji guru swasta tergantung jam mengajar ,, ya Alhamdulillah saya sudah mendapat sertifikasi walau belum PNS
    .
    Saya ingin mencoba pekerjaan lain , negara yang membuat saya terrtarik adalah Qatar
    .
    Bagaimana saya bisa mendapat info tentang pekerjaan disana

    • @EkaCahyati, utk peluang guru di Qatar khususnya bagi WNI, mungkin kurang yah. Karena sampai hari ini blm ada Sekolah Indonesia. Lain dengan India yg punya Indian School, Filipina yang punya Philippines School, Pakistan yg punya Pakistan School dsb.

      Ada memang sebagian ibu2 yang ikut suaminya ke Qatar,kemudian mereka bekerja sebagai Assistant Teacher di sekolah internasional dg British Curriculum.

      Demikian info seputar peluang kerja guru.

  204. fajar says:

    Assalamuallaikum,mas sugeng saya fajar sudah di qatar dan tinggal di gharaffa….mau tanya ada komunitas/org indo yang suka mengadakan umroh atau tidak ya? Kalau ada boleh minta kontaknya…..syukron

    • @Fajar, wa’alaikumsalam..berikut salah satunya…🌺AL-MUHAJIRIN For HAJJ & UMRAH🌺

      🚍UMRAH BARENG Gelombang 24, 2016🚍
      Bismillaah…Assalaamu’alaikum wr.wb…
      Kangen ingin Umrah Bareng Indo only ini dia waktunya pada tgl 24 Maret 2016, 3 hari di Madinah, 4 hari di Makkah Hotel Nawazy Watsiir…

      Harga terjangkau type kamar yg :
      A) Quad (4 Bed) QR 1350/org
      B) Triple (3 Bed) QR 1650/org
      C) Double (2 Bed) QR 1900/org
      Harga sudah termasuk Visa, Transport, Hotel, & Zam-zam

      Syarat2nya :
      – Paspor asli (validity tdk blh kurang dari 6 bln
      – Copy Kartu RP (Validity 5 bln)
      – Pasfoto 3×4 2 lbr background putih
      – Kartu Vaksin meningitis

      Adapun Jadwalnya:
      1). Doha-Madinah 24 Maret
      2). Madinah-Makkah 28 Maret.
      3). Makkah-Doha 01 April.
      4) Tiba diDoha 02 April 2016 In Syaa Allah

      Selengkapnya hubungi kami 👉: 📱55733904 ☎44567146 Sudirman Sattar. (Abu Ammar)

      Terima kasih sudah disebarkan….

      Ahlan wa sahlan fi Qatar..smg betah

  205. seni Yuliana says:

    Assalamualaikummmm.. saya sekarang berada di Qatar saya bekerja disini sebagai prt. tahun Ini sudah finish contract saya. Dan saya tidak Mau pulang ke indo. saya mau mencari kerjaan lagi sebagai pekerja formal, mohon bantuan nya. dari pihak mana saja mohon carikan pekerjaan Dan apa aja sarat nya,?

    • @SeniYuliana, Wa’alaikumsalam. Utk bisa pindah kerja ke sektor formal (non PRT) tentu perlu via manpower agency. Saya blm tau apakah bisa langsung transfer atau mesti pulang dulu. Sy blm ada info ttg hal itu.

  206. seni Yuliana says:

    Assalamualaikummmm. . bisa Tolong bantu saya carikan pekerjaan Dan apa saja sarat nya. saya sekarang berada di Qatar saya bekerja disini sebagai prt. kerjaan apa saja, cooking, babysitter, waiter, apa saja. mohon bantuan nya.

  207. seni Yuliana says:

    berbahasa inggris Dan Arabic bisa. cooking, saya disini mengurus nenek jompo. Dan saya Punya penglaman kerja di super maket waktu di indo. kemarin sempat ada yg menawarkan sebagai sales lady, tapi belum ada kepastian karna cuman lewat Internet takut nya penilaian. Dan saya masih ada contrak disini 20 juni slesai contract saya.

  208. seni Yuliana says:

    berbahasa inggris Dan Arabic bisa, cooking and saya bekerja disini mengurus nenek jompo. saya Punya penglaman kerja di super maket waktu di indo. kemarin sempat ada yg menawarkan sebagai sales lady, tapi belum ada kepastian karna cuman lewat Internet takut nya penipuan. Dan contract kerja saya slesai pada 20 juni. mohon bantuan nya. apa dari pihak kbri bisa membantu saya.

  209. seni Yuliana says:

    Ya terimakasih banyak. ..

  210. seni Yuliana says:

    sudah saya kirim cv

  211. Lenny Sihombing says:

    Hallo salam kenal.. Nama saya Lenny dan berasal dari Medan. Saya mau sharing. Saat ini saya sedang dekat dengan seseorang yang bekerja di Qatar. Singkat cerita dia mau mengajak saya datang ke Qatar dan menikah dengan dia disana. Akan tetapi dia warga negara nigeria. Jadi saya mau bertanya bagaimana cara saya untuk membuat Visa. Dan jenis visa apa yang harus saya buat. Dia hendak mengurus visa saya disana tapi beliau tidak tahu prosedurnya. Saya harap bp bisa memberi informasi kepada saya. Terima kasih.

    • @LennySihombing, Mohon maaf jika jawaban saya tdk pas. Jangan terlalu mudah percaya dg orang asing. Apalagi kita blm pernah bertatap muka secara langsung. Utk membuat visa ke Qatar oleh seorang pekerja disini tdk mudah-mudah amat. Jika visa utk keluarga inti (ayah, ibu, istri dan anak) mudah urusannya. Jika selain itu…nggak gampang. Lebih baik tdk dilanjutkan saja. Jikapun mau dilanjut…silahkan coba tanya visa ke hotel.

  212. seni Yuliana says:

    Ya, tapi kalou ada impormasi tentang lowongan kerja di Qatar Tolong kasih tau saya. terus saya mau nanya pa, kalou misal kan sudah slesai contract kerja di majikan yg Ini bisa pulang ke KBRI untuk mencari pekerjaan yg lain di bidang pormal? soal nya saya tdk berminat pulang ke indo. Dan apa benar 2017 semua tkw di pulang kan secara paksa oleh pemerintah? termasuk pekerja formal juga??

  213. Abie Syach says:

    salam…

    saya juga mau tanya juga dong mas 🙂

    saya dari surabaya,
    mau ikutan juga bisa kerja di qatar mas.
    tapi… saya masih bingung mau cari kerjaan di bidang apa ya disana.
    kalau melihat basic saya disini, kerja freelance, sales resprentive di berbagai product.
    mungkin di qatar juga ada kerjaan dibidang sales,
    tapi karena terbentur bahasanya (english atau arabic qatar) saya kira gak bakalan bisa tembus mas. hehehehe.. 🙂

    lalu skill yang paling mudah (sopir)saja, saya gak ada pengalaman.

    satu lagi..
    soal cv saya juga gak mampu untuk menuliskannya dalam bahasa inggris, apa boleh pakai bahasa indonesia aja mas.

    • @AbieSyach, wa’alaikumsalam. Peluang kerja mmg akan selalu ada. Tinggal kapan dan dimana yg kita tdk selalu tau. Tp di jaman keterbukaan seperti sekarang ini, saya rasa semua bisa dicari infonya.

      Jika mmg mau kerja di Qatar, maka mau nggak mau kemampuan bahasa inggris bisa, walaupun nggak mesti excellence.

      Infonya sendiri terkait peluang kerja sales,driver..sy blm tau. Banyaknya mereka datang dari Nepal, India, Srilanka & Filipina.

  214. rizky says:

    Berapa gajih fresh grade Teknik mesin,

  215. rizky says:

    Bang kalo mu kerja di qatar harus jago b.arab ama inggris yah? Lowongan buat engginer piping ada ga yah,berapa gajihnya trus klo buat fresh grade Teknik Mesin brapa kira2 gajihnya ,klo kerja di migas Qatar susah ga bang masuk kerja ke migas Qatar

  216. Benu_bae says:

    Salam,,, mas sugeng
    Saya ingin bertanya soal salary di qatar untuk pekerjaan site LNG.
    Untuk level supervisor sandblasting & painting saya ditawarkan 5000 QAR bisa lebih
    Apakah itu cukup untuk biaya hidup di sana, dan di janjikan fasilitas tempat tinggal dan makan 3 x sehari.
    Tawaran ini saya dapatkan dari agency manpower supply yg berada di jakarta.
    Dari segi keamanan apakah kita yang lewat pjtki lebih aman, soalnya bnyk kasus di indonesia yang tersebar soal telantarnya org kita disana.
    cuaca di sana apakah ekstreme sesuai dengan informasi yg saya dapat dari searching.
    Mohon tanggapannya terima kasih
    Salah

    • @Benu, salam kenal kembali Mas. Situasi harga minyak dunia mmg masih rendah…scr tdk langsung berdampak ke perusahaan migas dan temen2nya. Bahkan thn kmrn sempat ada PHK di bbbrp perusahaan.

      Utk tawaran gaji segitu mgkn sbg kontraktor di perusahaan migas (bukan di migas nya langsung). Krn setau saya di migas..level operator saja sdh srkitar 8000 an. Tp dg uang segitu..sdh sangat bagus. Apalagi sdh dicover akomodasi dan makan.

      Qatar hingga hari ini msh aman2 saja mas.

  217. farid says:

    Sya ingin kembali ke majikan sya yg dulu tp pihak pt meminta jumlh uang yg byk.pertanyaan y bsa ga aku pergi ke qatat tanpa melalui pt

    • @Farid, posisi kerja sbg apa?

      • farid says:

        Aq sbagai beby sister udh kerja 5 tahun trz pulkam 2011.pasporku hilang ga thu kmna tp aq msh keep kontak sma majikanku di qatar.kata dia susah ambil tkw dri indo.dia pengen aq balik lg ke qatar kbtulan aq jg minat bgt prgi kesana .cuma.pjtki diisini.minta 42jt untk smua proses y.smntra mjikan ku minta aku utk pake paspor n vissa trvel.sbnr y bisa ga sih pke paspor n vissa travel ke qatar trz gmna cara y

  218. Feraniaulva says:

    Kak qatar airlines buka beasiswa pendidikan untuk calon pilot qatar airways nggak?

  219. lelly says:

    Assalamu’alaikum.
    Suami saya baru dapat tawaran langsung dari perusahaan shipping sebagai qc.
    Tapi persyaratan disitunya biaya untuk kesana cuman di tanggung buat suami saya saja termasuk di sediakan tempat tinggal.
    Yang saya mau tanyakan apakah ada kebijakan dari perusahaan disana untuk membawa serta keluarga tinggal di tempat yang telah di sediakan perusahaan?

    • @Lelly, wa’alaikumsalam. Jika mmg tawarannya utk status bachelor…ya mgkn itu benefitnya Bu. Tp tdk ada salahnya bertanya ketika sdh lulus masa probration ttg peluang membawa keluarga ke Qatar.

  220. assalamualaikum, bang mau tanya kalau loker perawat di qatar bisa gak ,dan bagaimana cara keberangkatnya? terima kasih sebelumnya

  221. Guswas says:

    Assalamu’alaikum, mohon informasi bagaimana cara mengurus untuk legalisir ijazah di Ministry of Foreign affairs(MOFA) dan persyaratannya apa aza?. mungkin ada yang bisa membantu pengurusannya?. terimakasih sebelumnya.

    • @Guswas, wa’alaikumsalam. Utk ngurus legalisasi/atestasi MOFA, langkah pertama mendapatkan legalisasi dari KBRI DOHA terlrbih dahulu. Silahkan konsultasikan ke kbri doha.

  222. farid says:

    Aq sbagai beby sister udh kerja 5 tahun trz pulkam 2011.pasporku hilang ga thu kmna tp aq msh keep kontak sma majikanku di qatar.kata dia susah ambil tkw dri indo.dia pengen aq balik lg ke qatar kbtulan aq jg minat bgt prgi kesana .cuma.pjtki diisini.minta 42jt untk smua proses y.smntra mjikan ku minta aku utk pake paspor n vissa trvel.sbnr y bisa ga sih pke paspor n vissa travel ke qatar trz gmna cara y

  223. dewi says:

    Halooo pak sugeng…mohon share info. Tentang kirim barang dari indonesia ke qatar. Barang betupa spa yg dilarang dan biasanya memakai jasa apa ya. Mohon share pengslaman …..trimakasih

    • @Dewi…rencana mau kerja di Qatar atau ngikut suami? Brp banyak barang yg akan dikirim? Jika mmg banyak ya mesti via cargo.

      • dewi says:

        Ngikut suami pak…jadi kami diberi biaya relokasi. Soal kerja….blm tahu…siapa tahu slanjutnya saya juga pengen kerja. Saya diminta mengajukan 3 tawaran jasa pengiriman barang pak. Saya pengen kirim bumbu2 masak kedelai alat rt dll. Adakah barang larangan. Atau klo ada yg punya pengalaman….mohon share…mkasih pak.

      • Utk yg dilarang..jelas obat2an narkoba. Utk obat2 herbal jg perlu hati2. Perlu clearance di hamad medical.

  224. Benu_bae says:

    Konvensi riyal qatar ke rupiah indinesia sekarang berapa ya mas sugeng.

  225. Bunga says:

    Assalamualaikum selamat siang. Saya fresh graduate teknik kimia dari salah satu PTN di indonesia. Saya ingin bertanya apakah ada kesempatan bagi fresh graduate dari universitas di indonesia untuk bekerja di qatar? Mohon informasinya terima kasih.

  226. answer me says:

    Gaji untuk teknik mesin fresh grade kira2 berap paling rendah di qatar,ato aramco bang

  227. Muh. Hadi S says:

    Assalamualaikum, permisi sebelumnya pak saya mau tanya, insyallah tahun ini saya lulus dari d3 tknik penerbangan. Kira” bisa tidak saya kerja jadi mekanik pesawat untuk fresh graduate? Kalau bisa, biasanya persayaratannya apa saja yh?

  228. Anak rantau says:

    Assalamualaikum selamat siang pak, mohon info pak, apakah salary 35000 QAR all in, cukup untuk hidup di qatar dengan membawa dua orang anak yang pendidikan nya SMP dan SMA??

    • @AnakRantau, Wa’alaikumsalam. Utk info biaya sekolah bisa buka web cambridge school doha..mgkn bisa jd referensi kisaran biaya sekolahnya pak. Dg 35000 QAR all in maksudnya sdh dicover health insurance blm?

      • Anak rantau says:

        terima kasih pak untuk fast response., angka yang sebutkan adalah take home pay sudah termasuk housing, biaya pendidikan anak dan transportasi. untuk pengobatan sudah ada ada asuransi terpisah untuk. istri dan 2 anak..benefit lain adalah cuti 21 hari plus tiket pulang ke indonesia bersama keluarga setahun sekali..terima kasih banyak pak untuk sharing info nya

  229. anaka rantau says:

    terima kasih pak untuk fast response., angka yang sebutkan adalah take home pay sudah termasuk housing, biaya pendidikan anak dan transportasi. untuk pengobatan sudah ada ada asurans
    i terpisah untuk. istri dan 2 anak..benefit lain cuti 21 hari plus tiket pulang ke indonesia bersama keluarga setahun sekali..terima kasih banyak pak untuk sharing info nya.

  230. Syifa fauziyyah says:

    Assalamualaikum saya syifa mahasiswa HI UNJANI . Saat ini saya sedang skripsi dan mengambil judul ttg tenaga kerja di Qatar , mohon ijin bisa bantu saya untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah tenaga kerja Indonesia yg bekerja di perusahaan migas di Qatar? Karna saya kesulitan mencari data
    Mohon bantuan nya 😊😊
    Terimakasih

  231. Ekky Kisnata Fawzia says:

    Assalamualaikum kak,
    saya Mau bertanya kira kira kakak tau tidak perkiraan gaji Qatar Airways yang di indonesia terutama yang di Airport Denpasar ? Apakah itu akan ikut UMR di daerah tersebut atau mungkin ada standart gaji tersendiri dari pihak qatar airwaysnya kak ? Terima Kasih

  232. rizal karunia says:

    assalamualaikum ?
    maaf sebelumnya saya akan mencritakn kronologis orang tua saya, orang tua saya adalah seorang tkw yang bekerja di qatar, beliau berangkat pada bulan september tahun 2012, beliau mengikat kontrak kerja selama 2 tahun, namun hingga saat ini beliau tidak diijinkan pulang oleh bosnya, tapi bukan itu yang menjadi puncak prmasalahan, selama beliau disana hak hak gaji beliau tidak diterima seutuhnya dengan berbagai alasan yang dikatakn oleh bosnya, hal yang disayangkn lagi bosnya itu melakukan hal hal yang dianggap tidak manusiawi, saat ini orang tua saya menghubungi saya dan beliau mengatakan bahwa beliau telah dikurung dalam sebuah kamar selama kurang lebih satu minggu, naasnya lagi bosnya tidak memberikan tlpon dikamar tmpat di sekap orang tua saya, beliau menghubungi saya mnggunakan alat komunikasi rekannya yang menyuruh untuk menghubungi kelurga orang tua saya di kampung dan orang tua saya selama di sekap hnya diberi makan awalnya 2x sehari dan sekarng 1x shari, alasannya karena orang tua saya menanyakan hak hak nya yang sudah beberapu puluh bulan tidak pernah diberikn, apakah itu manusiawi ? mohon pencerahannya mas admin langkah apa yang harus saya lakukan ?
    terima kasih.

  233. Yudhistira Rizal Firmansyah says:

    Hi,
    Apakah ada ulasan bagaimana keadaan musim-musim di Qatar??
    Dan foto2nya?

    Kalau ada bisa minta tolong linknya?
    Atau kalo belum,
    Bisa jd saran untuk membuat postingan musim di Qatar?

    – terimakasih.

  234. Hi,

    This forum is excellent.
    I am Ruth, graduated from a private university in Indonesia. At the moment, I am living in Qatar and would like very much to get a job in here.
    I have been applying to various of website you mentioned such as monstergulf, bayt, gulftimes and other. Unfortunately, I haven’t even got a single interview at all. AT ALL, which makes me frustrated.
    Is there a special document needed in order for an Indonesian woman to land a job in Qatar?
    I heard that if you have a valid Qatari driving licence, is a plus to the employer. Is it true?
    Do you have any connection where I could send my CV to?

    Can you please help me and give me some advice on how to land a job in Qatar for Indonesia woman? Where to look for advertisemet?
    What do the employer search in a CV?

    Thank you.

    • @Azeliaaqmarina, thanks for your appreciation. The global economy is facing difficult situation, especially when the oil price is goes down drastically. Maybe this is one of the reason why not so easy to get a job here. Keep trying and get a better chance and connection. Thanks

  235. selamat pagi, saya ingin menanyakan apakah di qatar ada lowongan untuk pekerja kayu pembuatan mebel atau furniture, saya ingin sekali coba kerja di luar negeri umur saya tahun ini 35tahun. mohon infonya

  236. syamsul huda says:

    assalamualaikum…insya allah bulan depan saya berangkat k qatar kerja di instalasi listrik,dan saya punya keahlian di bidang kuliner terutama baso,gmn peluang dagang baso di sana dan susah ngak buka kedai baso disana? ,,terimakasih wassalam…

    • @Syamsul, smg dimudahkan urusannya. Utk bakso, sebagian warga disini sdh ada yg memulainya. Setahu saya, ada yg dijual bakso frozen di qatindo. Ada jg yg mateng di central resto. Ada jg yg jualan di MIA Park ketika ada bazaar.

  237. syamsul huda says:

    Aamiin…terimakasih sahabat jelajah qatar,forum ini sangat membantu sekali,semoga ALLAH meridhoi…

  238. Natalia says:

    Selamat siang pak sugeng, terima kasih untuk forum yg sangat mencerahkan 🙂

    Saya natalia pak,mau tanya2 tentang pekerjaan di Qatar. Jadi begini, suami saya, sarjana hukum, sekarang masih PNS di pemerintah kota, sudah 6 thn. Beliau sedang cari info pekerjaan di qatar. Untuk luludan hukum, dengan exeperience kerja di pemerinahan seperti suami kira2 ada pekerjaan yang cocok?bisa bantu saya memberi contoh pak?

    Saya sudah coba search di beberapa website yg bapak kasih di komentar2 sebelumnya (sudah saya baca semua komentarnya hehe). Tapi saya malah bingung harus menulis kualifikasi suami apa. Bahasa inggrisnya aktif tapi ga bisa bahasa arab.

    Mohon infonya ya pak. Thank you so much in advance.

    • @Natalia, met siang juga. Terima kasih apresiasinya utk blog ini. Mengenai peluang untuk SH di Qatar saya blm pernah mendengarnya. Ada teman kami kerja di Mahkamah..namun beliau bisa krn keahliannya dlm bahasa arab. Mengenai advokat…sepertinya rata2 jg bahasa arab Bu. Demikian infonya.

      • Natalia says:

        Terimakasih banyak responnya pak. Saya tanya lagi ya pak, kalau memang terjun dibidang hukum agak sulit, adakah kemungkinan titel sarjana hukum dan pengalaman kerja di pemerintahan digunakan untuk apply pekerjaan dibidang lain?
        Misalnya bagian HRf, general affair atau apapun?jadi ga ha us dibidang hukum.
        Mohon maaf kalau bertanya ya pak, dari beberapa sumber hasil browsing, jelajah qatar yg kredibel mnurut saya.
        Makasi sekali lagi pak

      • @Natalia, sepanjang peluang itu ada..tentu ngga ada salahnya. Yang susah…kita yg blm tau ada tdknya peluang itu. Seiring harga minyak dunia yg lagi lesu….rekrutmen karyawanpun sedang lesu di berbagai sektor.

      • Natalia says:

        Thankyou so much untuk jawabannya pak. Mencerahlan saya. Berarti tetap berusaha cari peluang yg ada, kalau Tuhan berkenan.
        Sukses terus ya pak 🙂

      • @Natalia, sukses juga buat Ibu dan keluarga. Salam dari Qatar

  239. Aiman says:

    Saya bercita cita masuk jurusan minyak untuk kuliah saya,kronologisnnya gimana ya dan butuh saran juga,tolong balas ke email aimanm135@gmail.com

  240. Nico abdillah says:

    Assalamu’alaikum
    Disini saya mau bertanya
    1.berapa jam batas kerja maximal wni diQatar?
    2.bagaimana kehidupan dinegara Qatar?
    3.berapa umr dinegara Qatar?
    4.untuk sistem kendaraan diQatar apakah 5 tahun harus ganti kendaraan?
    Terimakasih

    • @Nico, wa’alaikumsalam. Jam kerja Qatar mengikuti aturan internasional (ILO) yaitu 40 jam kerja per minggu. Lebih dari itu biasanya dihitung lembur. Mengenai kehidupan di Qatar secara garis besar aman. Kisah2nya tentu akan puanjang sekali ditulis. Silahkan baca2 artikel di blog jelajahqatar.com. Disini sy blm menemukan istilah UMR. Gaji itu tergantung profesi masing2 dan aturan perusahaan.

      Sementara untuk kendaraan, blm ada aturan ttg lamanya usia kendaraan yang bisa beroperasi di jalan. Sepanjang lulus uji teknik tiap tahun maka kendaraan masih boleh beroperasi. Demikian

  241. veni dian says:

    assalamualaikum mas sugeng saya dian, saya fresh graduate pendidikan bahasa arab UIN Jakarta. Saya ingin bertanya apakah ada kesempatan bagi saya untuk bekerja di qatar? Mohon informasinya ya mas terima kasih sebelumnya.

    • @VeniDian, Wa’alaikumsalam. Saya blm kesempatan kerja bidang apa yang pas buat Mba Dian. Apalagi fresh graduate. Ada baiknya cari info beasiswa utk islamic finance study di Qatar.

      • veni dian says:

        terimakasih mas sugeng untuk responnya, dengan kemampuan saya bisa berbahasa arab apakah ada kerja di qatar buat saya mas? saya punya sertifikat TOAFL dengan skor 502 , saya ingin sekali bekerja diqatar termakasih ya mas..

  242. Syifa fauziyyah says:

    Assalamualaikum saya syfa mhsw yg sdg penelitian.. Ijin bertanya pak, kebetulan skripsi sy ttg tenaga kerja profesional di Qatar saya butuh data fix ttg brp jumlah WNI yg bekerja disana(maaf tapi bukan yg non skill seperti PRT) bisa bantu saya mendapatkan data dari setiap profesi nya pak? Seperti di perusahaan migas sekian, dokter sekian dll
    Karna saya sulit mendapatkan info real nya pak
    Mohon bantuan nya pak
    Syukron

    • @Syifa, wa’alaikumsalam. Untuk mendapatkan data akurat dan terbaru ttg TKI Profesional di Qatar mgkn bisa ditanyakan ke KBRI Doha. Di Qatar, terbagi di beberapa wilayah. Sebagian ada organisasinya sebagian tdk.

      Utk gambaran tenaga kesehatan, di Qatar ada 2 dokter, 61 perawat, 1 lab technician dan 1 xray technician. Utk tenaga migas.banyak sekali.

  243. Farah says:

    Assalamualaikum. Mas saya ada niat mau tinggal Di Qatar & kerja sebagai guru. Tapi masih ga tau gimana cara urus izin tinggal, dokumen apa saja untuk mengurus izin tinggal, berapa rata rata gaji guru Di Qatar, Dan apakah Ada tempat tinggal yang layak yang harganya terjangkau ?? Mohon dibantu infonya mas, terima kasih ya…

  244. Lye Dj R says:

    Assalamualaikum ,, salam kenal
    Insya allah saya punya rencana secepatnya ingin menikah dgn tkw wni di doha qatar ( sah secara hukum negara indonesia ) sambil bekerja dgn majikan yg sama ( agreement gaji sy sdh deal )
    CV, Passport, SKCK, medical check-up, Numpang Nikah dll ( sdh selesai )
    Gimana caranya bikin visa TKI Mandiri ?
    Apa saja persyaratan yg kurang ?
    Domisili saya di serang banten ,,, terimakasih

    • @Lye, wa’alaikumsalam. Utk urusan nikah di Luar Negeri itu nggak semudah di dlm negeri (karena kita sbg warga pendatang). Kemudian utk visa TKI mandiri itu dikeluarkan oleh user (perusahaan). Demikian infonya

  245. Zainul Akbar, S.Pd says:

    Ingin cari lowongan kerja pak / ibu. Saya bisa nyetir

  246. Assalamu’alaikum.

    Sebelumnya salam kenal saya Ananda, saya sangat ingin bekerja di negara qatar khususnya dalam sector migas meski saat ini sector migas kurang baik karena harga minyak masih juga rendah.
    Dalam hal ini yang ingin saya tanyakan, mengenai kebutuhan tenaga kerja untuk di qatar tersebut membutuhkan tenaga profesional tentunya dengan experience dan apakah experience saya di indonesia bisa mendukung karena mengingat saat ini saya sedang bekerja di salah satu perusahaan jasa inspeksi dalam sector migas dan bahasa apa saja yang menjadi point untuk dapat bekerja disana (apakah harus disertai dengan sertifikat Toefl.
    Terimakasih.

    • @Andre, wa’alaikumsalam. Loker utk sektor migas memang sedang lesu seiring harga minyak yg msh rendah. Sekedar info utk bahasa…inggris mandatory…bhs arab bagus jika mampu.

    • @Andre, rata2 ngga menyertakan toefl. Sepanjang lulus wawancara…sdh cukup.

    • @Andre..mengenai pengalaman tentu akan sangat bermanfaat bagi user yg akan memakainya.

      • sandi says:

        Sore mas sugeng.. salam kenal saya sandi.. saya udah add pin bb mas sugeng.. saya baca dr atas ada jawabnya cm saya masih ganjel.. maap klo nanya prtanyaan yg sudah ditanya..
        gini mas.. saya dulu tahun 2012-2013 pernah kerja qatar.. tp ga abis kontrak cm 1 thn dr kontrak kerja 2 tahun.. dan dulu masuk qatar saya melalui agen. dulu saya ikut medical di indo.. trus di qatar ada medical lg.. skip skip.. tahun ini tepatnya minggu lalu 20 april 2016.. stelah melewati online assesment dan interview saya dapat kontrak mas alias tki mandiri.. user minta.saya dokument scan passport, signed contract, photo, certificate las education dll utk urus visa.. nah waktu.user kirim offer ke saya dia cc email ke beberapa pihak hotel asmen, hr manager, admin dan doha consulting (DC)
        akhirnya saya kirim dokument lengkap spt yg diminta ke email user dan smua CC nya.
        di bali saya prnah masukin cv ke agen pptkis (SAP). disini ada problem doha.consulting sbg pihak ke dua punya kerja sama dgn.agen.di indo (SAP).. lalu saya.ditelp SAP saya ditanya.. dr mana saya tau email doha consulting? (sptnya nama saya sudah masuk ke doha consulting) trus DC tanya Ke SAP..SAP nelp saya..
        Saya.jawab saya apply.direct ke user.. lalu saya.dpt smacam ancaman klo direct saya ga bs.diproteksi dan visa pasti di reject..
        saya.smpat konsultasi dgn teman saya di qatar.. mreka cuma gertak.. lalu pihak DC nelp saya. Saya.disuruh ke SAP utk dibantu pengurusannya.. saya jwb saya.direct apply.. klo ke agen brarti saya kluar uang dong.. DC bersikukuh saya harus ke SAP. saya.cm mikir.. lucu jg.. saya.ngelamar sndiri.. saya online assesment sndiri.. ngetik form sndiri.. intrview jg langsung dan sndiri.. knp kok ni agen mau maen masuk aja.. apalagi saya.sudah tanda tangan kontrak dr user.. langkah saya harus gmana mas? saya baca tki mandiri jg harus ada.KTKLN .. tp ada diatas yg dipersulit klo mau KTKLN harus dr pptkis.. sia sia dong saya tki mandiri judulnya.. dan saya ga pake medical tp saya langsung dikasi kontrak knp ya? Apa krn dulu saya.prnah kerja di qatar?
        nanti saya gmana misal dpersulit masalah KTKLN.. mohon pencerahannya mas.. trima kasih

      • @Sandi, boleh tau apa nama usernya? Jika mmg sudah dpt kontrak langsung dg user tsb, sy rasa ga perlu agency. Namun beda cerita ketika user tsb menyewa agency utk mengurus visa dan tetek bengeknya.

        Mengenai KTKLN, sdh beberapa kali pulang sdh ga ditanya lagi. Tp ada baiknya buat aja, tunjukkan visa kerja dan kontrak dg usernya saat membuat KTKLN di BP3TKI.

      • sandi says:

        user nya marriot marquis mas.. saya smpt email hr marriot.. masalah intimidate SAP .. dan yg masalah saya.email.dokument saya ikut sertakan.DOHA CONSULTINGb. pihak marriot ga balas.. tdk.ada pemberitahuan apapun kecuali saya disuruh kirim dokumen ke marriot.. dan di akhir email pun dia blg.. stlah smua dokumen dikirim maka akan diurus.visa.. ya itu masalah muncul krn saya kirim email ke DC.. anehnya knp dia nanya ke SAP “kok kandidat anda tau email DC?” kok menurut analisis saya marriot secara tidak sengaja CC doha consulting.. mslh visa jg.. kan saya apply langsung..dan tdk ada pemberitahuan akan ditangani oleh pihak ke tiga..

  247. Rulli Putri says:

    Assalamualaikum. Mas/mbk admin, ini ada teman saya lagi kerja di qatar airways sbg flight attendance. Baru sampe 2 hari lalu. Kalo misal pengen ketemu n kumpul2 dgn teman2 dr indonesia, menghubungi kemana ya? Terimakasih

    • @Rulli, wa’alaikumsalam. Doha itu luas dan kota metropolitan layaknya jakarta. Tempat tinggal WNI pun tersebar dimana2. Boleh tau tinggal dimana? Cewek atau cowok?

  248. @syifaauzyh says:

    Assalamualaikum ijin bertanya, di Qatar sendiri ada ga sih wni yg bekerja sbg PLRT? Kalaupun ada apakah mereka melalui jalur resmi atau bukan? Mohon pencerahannya makasih

  249. wawan says:

    Assalamualaikum….mau tanya berapa gaji rata rata di QP ataupun Rasgas sebagai Operator? sebagai operator lebih baik yg mana, membawa keluarga dengan 2 anak atau sendiri? terima kasih

    • @Wawan, wa’alaikumsalam…utk gaji operator kisaran gaji basic sekitr 7000-8000 QAR/BLN. jika mmg dari perusahaan ada fsilits bwa keluarga…bawa aja pak. Tp semua keputusan ada di bapak.

      • wawan says:

        menurut email yg saya dapat dari Sofomation meliputi, family status accomodation & housing, food, medical & dental,/education/anual leave/anual tickets/bonus…….itu benar g?saya rencananya interview tgl 26 27 28 mei ini di jkt. mohon masukannya

  250. Dadan says:

    Asalamualaikum. Mas mau tanya soal gaji rata” waiter di doha brp ya?

  251. ruziana says:

    Assalamualaikum.. @jelajahQatar sya puan ana ingin bertanya.. suami sy berkelulusan master dalan QS ada ke peluang pekerjaan untuknya di Qatar.. bukan apa ya ingin merubah kehidupan lebih baik

  252. ade andhika says:

    Assalamualaikum salam kenal..
    Maaf saya mau kalau sudah di beri vusa dan tiket ke qatar lalu tidak jadi berangkat karena ada masalah di sini bagaiman ya dgn pihan perusahaan disana..apa kita nt d suruh mengganti semua biaya??terima kasih

    • @AdeAndhika, mengenai hal tsb..sy blm pernah pengalaman atau informasi. Lebh baik tanyakan ke user atau agency. Jika dikomunikasikan dg baik..sy rasa nggak harus bayar. Bilang saja apa adanya bahwa ada masalah yg hrs diselesaikan. Demikian mas.

  253. Ungki says:

    Assalamu’alaikum, salam kenal mas. Sy ada offering dr QP dgn basic 7000 QAR sebagai teknisi, apakah cukup untuk biaya hidup di dukhan? Tahun2 sebelumnya standard basic d QP brp y? Dengan status sy menikah dan 4 orang anak. Rumah, pendidikan n kesehatan ditanggung QP. Kira2 biaya hidup brp QAR dgn kondisi sy? Mohon bantuannya

    • @Ungki, Wa’alaikumsalam. Salam kenal kembali. Kisaran basic salary utk teknisi antara 7000-8000 QAR. Selain itu biasanya akan ada tambahan allowance: transport, location dan shift (jika masuk shift). Health and life insurance jg dicover.

      Kemudian utk living cost nya kisaran 4000 QAR per bulan.

      Demikian..smg membantu.

    • Tambahan masukan dari rekan saya, Arief Hidayat: Selain faktor salary, banyak variabel bebas yg lain, yg turut menentukan.

      Kalo pertimbangannya hanya biaya hidup dimana kita tinggal, berapapun nominalnya pasti cukup. Asal punya disiplin.

      Biaya 3000-4000 sdh cukup baik.

      Sekali suduk di sanghai garden : untuk 6 orang, sekitar 420 qar. Tiket anak main 250 qar.

      Atau, tiap kali ke doha makannya susu 2 liter dan parota, sesampai di dukhan sebelum jam 22:00 hrs, pesan chicken/mutton biryani di lewan restoran.

      2 scenario itu bisa di jadikan gambaran.

      Mengingat kita belum tahu backgroundnya orang tsb.

    • Ini ada tambahan lagi…

      Irfan Adrianto: masukan dari saya yg menbuat beberapa faktor akan mempengaruhi keadaan.
      1. beli kendaraan
      butuh uang cash atau kredit
      2. kredit di bank
      bermaksud utk investasi di tanah air atau yg lainnya
      3. tanggungan di tanah air, keluarga, masih ada kredit rumah, mobil, dsb
      monggo ada yg namabahkan

      Slamet Riyadi: Ikut nimbrung…
      Sebenarnya biaya hidup tergantung pada tingkat consumptives dari masing2 klg.
      Berapapun yg kita dapat tergantung niat penggunaan Dan peruntukannya. Tinggal perencanaan nya yg dimatangkan.

      Andry Faslah: sebagai perbandingan diluar bulan ramadhan average 2000 – 3000 real buat 2 anak sdh cukup wah itu mas sugeng.

  254. Rizky anugrah says:

    Selamat pagi.
    Sya pengen banget kerja ke qatar. Klw melalui agen” biaya sampai 10jt.
    Klw misal cara lamar via online gimana sih?! Trus dokument yg harus di lampirkan apa saja?!
    Bantu dong buat kerja di qatar.
    Pengalaman kasir dan waiter restoran.
    Nuhun

  255. erna says:

    Selamat siang pak Sugeng, saya mau tanya apakah pernah denger Sofomation agency, alamatnya di Mumbai,India. website:www.sofomation.com phone:+91 22 42459841, tgl 27 mei ini ada panggilan interview untuk suami di JW marriot Jakarta, dan kalau lulus interviewnya akan di tempatkan di dukhan,Petroleum Qatar. Trims

    • @Erna, siang jg Bu. Saya sendiri blm pernah punya pengalaman dg agen ini. Tp sy sempat tanya ke seorang teman, mmg mereka manpower agency. Td sy sempat browsing jg, mmg ada kontak resminya http://www.sofomation.com/Website/WebPages/Contact.aspx#widgets.

      Jika mmg ada interview, ikuti saja, yg terpenting tdk dimintai biaya2. Jangan keburu resign, sebelum visa kerja keluar.

    • wawan says:

      bu Erna, saya juga panggilan interview oleh sofomation tapi saya minta surat undangan resminya untuk interview…karena 2 minggu ini cuma telp saja yg saya terima dari sofomation…takut di kibuli aja makanya saya minta undangan interviewnya via email

      • nurul says:

        assalammualaikum ibu erna dan mas wawan.
        saya nurul, kebetulan suami saya juga interview dengan sofomation di jw merriot sabtu tgl 27 mei.
        dan suami saya sudah mendapatkan email undamgan resmi untuk interview.

      • Ungki Wahyudi says:

        Sudah ada invitation dr sofomation Bu? Kebetulan sy juga dipanggil namun sampai saat ini blm ada invitation resmi lewat email

      • wawan says:

        semoga sukses bu nurul

      • wawan says:

        @ mas ungki……sama mas, saya juga blum dpt emailnya

  256. Hellen says:

    Perkenalkan saya hellen.
    Minggu ini saya mendapatkan tawaran dari employer untuk bekerja di salon kecantikan di Doha.
    Mereka menawarkan gaji QAR 2800, akomodasi, transportasi ditanggung perusahaan. Yang saya mau tanyakan apakah gaji tersebut sudah cukup sebagai beautician di sana? Dan saya juga butuh teman untuk sharing2

    Thanks

    • @Hellen, lam kenal kembali. Cukup tidaknya tergantung masing-masing mba. Tp akomodasi dan transport sdh ditanggung itu sdh lumayan membantu. Tinggal ngurangi biaya makan n biaya bulanan…kisarannya mgkn 1000 an. Utk teman sharing ..sy ga tau pastinya. Karena Doha itu ibukota.

  257. Lihat orang gampang kali ya dapet kerja di qatar, koq saya susah bgt. Saya perempuan 27 tahun, lulusan s1 PAI udah menikah punya 1 anak, masih ada gak ya kesempatan buat kerja disana,. Mohon bantuannya. Kerja apa saja, asalkan halal dan sesuai aturan pemerintah (legal)

  258. tio says:

    Hi, Selamat malam

    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan disini, Saya mendapatkan tawaran kerja di salah satu hotel di doha dan satu minggu yang lalu saya baru saja mengirimkan kembali offering letter beserta tanda tangan saya yg sudah discan kepada pihak user, berdasarkan email yang saya terima bahwa pihak user setelah terima sign offering letter dari saya akan segera memproses visa nya, yang saya ingin tanyakan adalah 1. Berapa lama proses visa tersebut issued, apakah saya nantinya akan tetap datang ke embassy qatar di jakarta setelah mendapatkan info lebih lanjut dari pihak user? Dan dokumen apa saja yang perlu saya siapkan kembali ? 2. Saya mengikut recruitment secara direct hire namun menggunakan agent, namun agent tidak berasal dari indonesia, apakah hal tersebut aman ? Dan dimana saya bisa cek validasi nya, apakah ada pusat bantuan informasi di kedutaan qatar di jakarta perihal ini? Yang terakhir, apakah ada komunitas untuk para pekerja hotel di qatar? Boleh saya minta link groupnya juga

    Terima kasih dan mohon dibantu pencerahan nya yah 😉

    • @Tio…proses pengurusan visa kerja kisarannya 1-3 bulan, tergantung juga akan urgent tidaknya kebutuhan karyawan di perusahaan tsb. Semakin urgent maka semakin cepat keluar visa kerjanya.

      Dokumen yg disiapkan selain passport..ijazah terakhir yg dipakai ngelamar. Khususnya utk pekerja profesional. Jika visa kerja sudah keluar…bisa dicek keabsahannya via website ministry of interior qatar.

  259. dedikusumadi says:

    Sangat informatif pak Sugeng. Saya suka website ini. Mudahan2 saya bisa berangkat mengikuti jejak pak Sugeng di Qatar. Amiin.
    Salam

  260. Hellen says:

    Apakah setelah kita mendapat visa dari user kita perlu mengurus ke qatar embassy juga?

    Setelah mendapat visa dari user bagaimana prosedur selanjutnya?

    Apa saja yang perlu kita persiapkan seblum keberangkatan?

  261. Dwi Rahmawati says:

    Assalamu’alaikum wrwb Pak Sugeng.. langsung saja saya ingin bertanya, saya lulusan S1 Manajemen Ekonomi, bekerja di Indo 6th kurang lebih, skrg penghasilan mencapai 6jt, tp karena 1 dan lain hal saya ingin kerja diluar negri, saya di tawarkan utk bekerja di Doha perusahaan konstruksi dari Jepang yang cabangnya di Indo pernah menjadi tmpat saya bekerja, saya ditawarkan basic salary QR3000 atau setara dgn 11juta ya? dan utk accomodation QR800 skitaran 3jt ya? apakah tempat tinggal disana akan lebih dari 3jt utk single sperti saya? dan apakah QR3000 worthed untuk saya terima dan cukupkah jika itu untuk bertahan hidup dan menabung?
    Saya sudah tanyakan apakah ada allowance2 lain namun belum ada jawaban..
    tapi orang tua saya bilang dgn gaji segitu di Qatar akan hidup pas2an..
    Ada orang jepang lain disana yang bilang kepada saya bahwa Qatar is bouring country, I will be feel alone there, he is not recommend his colleagues to work in Qatar, sampe2 dia bilang gini “I’m sure there are something more trouble with working here than you expect there.
    Jadi, saya bingung deh pak kudu piye..
    Btw, saya memakai Jilbab, disana common kah?

    Maturnuwun nggeh pak untuk sharingnya yang bermanfaat banget ini..

    Bisa contact email saya jika ingin surat menyurat dwirahmaa1010@gmail.com (a nya dua pak)

    Wassalam

    • @DwiRahmawati, Wa’alaikumsalam wr wb…basic sakary 3000 QAR itu kalau boleh tau untuk posisi kerja apa ya? jika bisa akomodasi ditanggung perusahaan..karena nyari akomodasi jg nggak gampang-gampang amat (khususnya jika ingin dapat temen cewek juga, sebangsa lagi). Kisaran housing single disini, info dari kawan sekitar 2000-an. Mungkin ada yang lebih murah, sharing kamar dengan kawan.

      Mengenai kehidupan di Qatar, ya memang tak seperti di Indonesia. Namanya juga diluar negeri. Perasaan bosan dimana-mana terkadang muncul, yang terpenting bagaimana masing-masing menyikapi dan mengisi waktunya.

      Mengenai jilbab, don’t worry. Pakaian yang ketat-ketat di jalanan malah dilarang disini. Jadi pakaian syar’i tentu akan sangat diperbolehkan.

      Demikian mba dwi..semoga bermanfaat.

    • Silahkan add PIN 55BDF1B4 jika berminat. Thanks

      • Dwi Rahmawati says:

        Assalamu’alaikum
        Baik pak Sugeng, saya sudah add pin BBM nya.. QR3000 untuk posisi di Admin, sebenarnya di Jakarta saya sebagai finance accounting, akomodasi untuk tiket mereka provide pak katanya company provide ticket annual leave 1 thn itu 3minggu, tapi untuk tmpat tinggal sih saya belum tahu bagaimana pak? housing single mahal skali ya pa QR2000, salary habis utk housing saja hhu.. hanya di kasih QR800, entah mereka bantu atau tidak…. sebab informasi nya, tdk ada org Indo dikantor, adanya India dan Filipina..

        jiika orang tua saya ijinkan saya pergi, saya mungkin akan banyak nanya2 ke bapak kalau bapak tak keberatan 😀 saya dapat balasan email dari sana, QR3000 hanya basic salary, tidak ada meal allowance tp beliau rincikan mereka sediakan kantin untuk lunch QR12 , dinner atau breakfast skitaran 15QR. transport ke kantor mereka provide, yang saya pikirkan, utk transport jalan2 diluar pekerjaan apakah mahal ya biaya nya.. sebab saya hitung2 untuk uang makan sbulan Inshaa Allah cukup dengan QR1000an.. jadi dari 11juta saya bisa saving 5juta tapi harus prepare biaya lain2 ya…
        kira2, apakah bisa saya dapat kerjaan freelance untuk tambah2 biaya hidup pak hehe.. belum berangkat, sudah plan ini itu aja^^
        Jazzakallah khoir pak, sangat bermanfaat informasi bapa^^,

      • @Dwi..kisaran biaya makan yg ekonomis mmg segitu (menu india). Utk menu resto indonesia 25-30 per porsi. Itupun mesti naik taksi kesananya. Utk biaya naik bis kota sy gak tau rate terkini…kisarannya 10-15 QAR. Naik taksi sekitar 25 real utk di kota. Tergantung argo jg. Kurs hari ini kisaran 3600an.

        Mengenai freelance job..sy kurang paham infonya.

  262. Sofyan says:

    Assalmualaikum mas, salam kenal sy sofyan dr jember Jatim, mau nanya tuk peluang perhotelan level entry n middle brp range salarynya saat ini disana? Kmudian tuk peluang jd guru ato dosen brp salary disana? Lulusan S1 pariwisata…4thn kerja dikapal pesiar keliling dunia…experience cukuplah insyaalloh..bhs arab n inggris lancar jaya mas….kalo kerja via agensi ato pjtki..please info agensi or pjtki yg rekomended membersngkatkan ke Qatar ya..ini no hp saya 081 336 30 7777. Tx bgt bantuannya mas. Wassalam

    • @Sofyan, wa’alaikumsalam. Salam kenal kembali mas. Utk salary perhotelan level entry maksudnya posisi apa? Utk posisi waitres sekitar 1500-2000 an QAR kalao ngga salah (dpt akomodasi, transport n makan). Utk agency yg saya tau ada lansima, guna mandiri, millenium…lainnya blm tau. Itu aja infonya mas.

  263. Mega tambunan says:

    Selamat sore mas, saya mega kerja di qatar airways, mau tanya mas kan passport saya expired tgl 02 maret 2017 saya mau perpanjang tapi mau buat yg biometrik (e paspor) sayangnya embassy di doha cuma bisa issue paspor biasa, pertanyaan saya bisa gak ya saya perpanjang paspor biasa ke e paspor tanpa harus ke kantor imigrasi di jakarta? Karena saya gak punya waktu libur cuma untuk ke jakarta, mohon pencerahan

    • @Mega, sore juga. Mengenai perpanjangan e-pasport setahu saya harus ke kantor imigrasi langsung. karena blm semua imigrasi bisa melayani. Termasuk kbri doha blm bisa.

  264. Rusdi says:

    Assalamualaikum, saya pengen bnget krja di qatar tp sya blm tau alamat pjtki yg terpercaya dan sya blm ada pengalaman kerja diluar negeri, mohon infonya donk mas alamat pjtki yang resmi untuk ke qatar. Terimakasih

  265. Guswas says:

    Assalamu’alaikum pak,

    Mau tanya untuk pengurusan family visa apa aza document yang diperlukan. Ada agen yang bs ngurusin ini tdk pak.
    Makasoh

  266. kudrat nur alfian says:

    Assalamu’alaikum
    Saya baru beberapa hari di doha qatar
    Saya datang kesini sendiiri
    Sementara ini sya tinggal di hotel dg dibiayai oleh perusahaan (hanya sementara)
    Tempatt kerja sya didaerah sallwa road,.
    Adakah tempat tinggal orang2 indonesia dekat sini???

    Mohon bangett bantuanya..
    97433037185

  267. assalamu’alaikum,,
    maaf saya ingin menanyakan info mengenai kehidupan mahasiswi disana, dan apakah studi syariah dan islamic studies memerlukan tes toefl dan hasil yang tinggi untuk S1 di QU,Thanks
    wassalamu’alaikum,,

    • @UmmuMaghfiroh, wa’alaikumsalam. Informasi tersebut mungkin bisa dicek di web QU dan HBKU.

      • aqil says:

        assalamu alaikum

        maaf saya mau nanya ,aku berniat jadi tki qatar,ada banyak job di qatar terutama kontruksi bikin stadion.setelah aku broswing ada berita
        miring mengenai keadaan di sana ,jadi aku ragu dg kondisi seperti yg di beritakan,minta infonya mas trimakasih ,

  268. yuanita says:

    Assalamualaikum .. Suami saya sekarang sedang bekerja d oil dan gas.. Jabatan tekhnisi sand monitoring d balikpapan.. Dan sekaran kan pasaran minta d dunia sedang turun yg menyebab kan banyak pengurangan karyawan.. Dan perusahaan oil dan gas swasta mau d ambil alih oleh pemerintah atau pertamina.. Saya dan suami ingin cari krj d qatar arab saudi tp kami masih binggung mao mencari dmna? Repotkah surat2 buat krj d luar negri..?? Kira2 klo ijasah suami saya hanya sma ipa tp punya pengalaman krj d oil dan gas sebagai tehknisi sand monitoring selama kurang lbh 8tahun bisa aj kah d terima krj d oil dan gas d qatar .. Mohon petunjuk nya buat kami .. Terimakasih sebelum nya was sam aku alaikum ..

    • @Yuanita, wa’alaikumsalam. Efek harga migas yg rendah tak hanya berimbas di Indonesia, namun berimbas di negara2 produsen migas di seluruh jagad. Peluang utk ke Qatar, sy blm bisa kasih info. Bisa tanya ke Gunamandiri.

  269. citra says:

    assalamualaikum
    saya mahasiswa tingkat akhir public health department at university of indonesia, saya sangat tertarik untuk bisa bekerja di qatar. sebelumnya saya tidak ada pengalaman hidup di luar negeri namun saya sudah memiliki beberapa pengalaman kerja di bidang administrasi kesehatan di indonesia.apakah akan diperhitungkan? adakah prospek saya dapat bekerja kesana? dan dari mana saya harus memulai persiapannya?
    terimakasih mohon pencerahannya

  270. Malam, bagi info dong agency untuk kerja di doha, qatar. Makasih sblmnya

  271. Malam, saya mau tanya ttg informasi agency dijakarta yg biasa menyalurkan tenaga kerja ke doha. Makasih sebelumnya. 🙂

  272. Iqbal says:

    mas, numpang tanya.

    ada informasi tidak mengenai minimal gaji yang diterima oleh pekerja untuk bisa membawa keluarga ke Qatar?
    saya pernah kerja di Qatar beberapa tahun yang lalu dan ingin kembali lagi (jika ada rejekinya disana)

    terima kasih.

  273. Dadan says:

    Asalamualaikum pak, perkenalkan nama saya Dadan, saya sudah lama mengikuti blog bapa dan alhamdulilah saya dapat offer letter dr slah satu hotel di Doha, yang mau saya tanyakan adalah perihal tentang KTKLN? nah di persayaratan saya ini tidak di cantumkan tentang KTKLN? dan itu bagaimana pak?

    • @Dadan…wa’alaikumsalam. salam kenal kembali Kang Dadan. Smg prosesnya dimudahkan. Mengenai KTKLN…kalau mengikuti aturan mmg masih perlu diurus. Bisa disimak di web bnp2tki. Tp dalam kenyataannya…sejak hampir 2 tahun terakhir sudah tdk pernah ditanya lg di Bandara soetta. Mungkin krn sy TKI lama kali ya. Tp yg jelas counter milik bnp2tki di bandara soetta sdh ditiadakan.

  274. Dadan says:

    dan kalau boleh saya mau minta kontak person bapak untuk bertanya-tanya lebih lanjut, soalnya ini pertama kalinya saya urus” sendiri pak. terima kasih atas waktunya 🙂

  275. wawan says:

    Assalamualaikum….numpang tanya, saya terima email dari adnoc career, disuruh mengisi aplikasi data saya yg katanya untuk pengurusan visa,medical, dan lainnya… tapi kok harus lewat travel agency yg namanya Al-Bashir Travels….kalo dari alamat email nya sama seperti di careers@adnoccareers.com……..mohon kejelasannya, siapa tahu ini hanya penipuan….

    • Wa’alaikumsalam. Pak Wawan nerima offernya dari alamat email diatas? Jika diamati bisa jd itu bukan alamat email resmi adnoc. Karena web resmi adnoc sbb: https://careers.adnoc.ae/apply/. Tp tdk ada salahnya mencoba, yg penting kalo sudah dimintai dana utk pengurusan visa jangan mau. Yg begituan biasanya SPAM/SCAM. waspada itu perlu.

  276. Hendy Ilham says:

    Assalamualaikum. Selamat malam, Pak.

    Mau bertanya, apakah sekarang (July – Agustus 2016 ) di Qatar ada lowongan kerja? saya ingin kerja ke negara tersebut sebagai waiter/barista/driver tapi saya tidak ada pengalaman / teman yang bekerja disana. Saya juga sudah mencoba melamar via Direct Hire ke beberapa perusahaan disana lewat agent maupun PJTKI resmi di Kota Malang (Kota asal) yang sampai detik ini masih menunggu panggilan interview. Saya jg udah review tentang negara tersebut lewat websitenya Pak Syarif (www.tentangqatar.com) mengenai bahasa, budaya, gaji, dll. Untuk Bahasa Inggris, saya lebih aktif daripada bahasa Arab, hehehe (masih belajar juga)..:p
    Mungkin ada info lain dari bapak yang bisa saya jadikan acuan untuk bisa bekerja disana dengan mengirim ke email saya hendyilham@gmail.com.

    Terima kasih banyak pak. 🙂

    Wassalamua’alaikum..

    • @Hendyilham, wa’alaikumsalam. Utk saat ini sy tdk ada info mas.

    • Mas @Hendy..pas ada info nih

      Proudly announce
      Dear all my colleagues untuk yang sepupunya atau saudara, handai taulan mau mencoba bekerja overseas

      Allow us to introduce our self.
      We are 5 star resort Banana island resort Doha by Anantara will come for direct recruitment
      Jakarta! 5 and 6 august
      Bali! 7 and 8 august
      We are hiring! The best candidate of hotelier in indonesia
      Please drop us your updated cv with potograph (cv should be in english!) for interview appointment to
      Maya.putri.septiani@gmail.com
      With the subject : name.position
      Eg : bibo.waiter
      Vacant position
      Room attendant
      Slumber guru
      Spa therapis
      Commis
      Chef de partie
      Waiter
      Waitress
      Steward
      Linen runner
      Restaurant hostess

      PS: this is direct recruitmet, applicant dont need to pay anything
      Selected candidate do not require to pay anything
      Company will pay for all onboarding expenses

      Qatar is ready to have indonesian here

  277. Ada lowongan di Banana Island Resort, Qatar

    Proudly announce
    Dear all my colleagues untuk yang sepupunya atau saudara, handai taulan mau mencoba bekerja overseas

    Allow us to introduce our self.
    We are 5 star resort Banana island resort Doha by Anantara will come for direct recruitment
    Jakarta! 5 and 6 august
    Bali! 7 and 8 august
    We are hiring! The best candidate of hotelier in indonesia
    Please drop us your updated cv with potograph (cv should be in english!) for interview appointment to
    Maya.putri.septiani@gmail.com
    With the subject : name.position
    Eg : bibo.waiter
    Vacant position
    Room attendant
    Slumber guru
    Spa therapis
    Commis
    Chef de partie
    Waiter
    Waitress
    Steward
    Linen runner
    Restaurant hostess

    PS: this is direct recruitmet, applicant dont need to pay anything
    Selected candidate do not require to pay anything
    Company will pay for all onboarding expenses

    Qatar is ready to have indonesian here

    • Blakrax Trip Organizer says:

      Oh iya pak, siap. Terima kasih banyak atas informasinya. 🙂 Secepatnya saya coba kirim lamaran ke email tersebut. 🙂

  278. SUPANJI says:

    cari lowongan kerja di qatar tlg infonya kalau ada yang berhubungan dengan perusahaan migas/pertambangan dan skil saya mechanik alat berat dan pernah kerja di PT NEW MONT. NUSA TENGGARA

  279. Mohamad Subroto says:

    Assalamualaikum
    Pak, mohon bantuan info nya… Kemana / kesiapa mencari info atau adakah bpk tau lowongan kerja di Qatar utk bidang broadcast/televisi/media? Saya pengalaman kerja 5tahun sebagai produser TV/pembuat acara tv (total kerja 10 taun di tv). Trima kasih. email sy : m_subroto@yahoo.com

  280. rosa says:

    assalamualaikum, saya baru lulus dari jurusan analis kimia Bogor, saya dan ketiga teman saya berniat untuk bekerja di industri migas di Qatar, apakah ada peluang untuk kami pak bekerja di qatar ? saat ini kami belum apply pak,

    • @Rosa, wa’alaikumsalam. Mengenai peluang kerja di sektor migas sedang lesu Mba. Maklumlah harga minyak dunia msh rendah. Jd sementara blm ada info loker utk sektor migas.

  281. rosa says:

    Terimakasih pak, untuk industri non migas di qatar(qafco, qatar cement, dll) apakah bisa menerima fresh graduate pak? maaf pak, kalau ada info mohon di share ya pak,

  282. Farah says:

    Assalamualaikum. Mas Di Qatar ada ga bimbingan belajar utk sd-sma ? Kan, kl di indonesia ada ganesha operation, primagama, o friends, nurul fikri, dll.. Kl di qatar ada, punya info ga mengenai gajinya?? Makasih sebelumnya …

  283. Onil Imas Yusharyahya says:

    Assalamu’alaikum Pak. Saya Onil mahasiswa Geofisika tingkat akhir yang akan segera lulus tahun ini (In sya Allah). Saya sangat berminat untuk bekerja/hijrah ke luar negeri, khususnya bekerja di wilayah Timur Tengah setelah lulus nanti. Mengingat jurusan saya yang lebih cenderung ke industri migas sedangkan kondisi migas lesu, berarti saya harus memilih untuk bekerja di bidang lain. Saya mau bertanya Pak, apakah kesempatan untuk fresh grad dengan bidang lintas jurusan disana terbuka lebar? Layaknya di Indonesia yang sering ada penerimaan pegawai untuk fresh grad dengan persyaratan semua jurusan, biasanya lewat jalur Management Trainee. Terima kasih Pak.

  284. Dede says:

    Assalamu’alaikum Pak. Mungkin saya copas dan edit sedikit dari komen atas, karena emang pertanyaannya tidak terlalu jauh. Saya Dede mahasiswa Hubungan Internasional Unpad 2009, baru lulus tahun ini, 7 tahun kuliah karena saya 2 tahun cuti wirausaha. IPK juga tidak sampai 3 hanya 2,89. Saya sangat berminat untuk bekerja/hijrah ke luar negeri, khususnya bekerja di wilayah Timur Tengah setelah lulus nanti. Terutama di Qatar setelah baca sana sini. Saya mau bertanya Pak, apakah ada kesempatan untuk fresh grad dengan jurusan saya di Qatar? Untuk bahasa Inggris saya merasa cukup baik, namun apakah disana harus bisa bahasa arab? Terima kasih

    • @Dede, wa’alaikumsalam. Bahasa inggris mjd bahasa yg banyak dipakai utk komunikasi kerja sehari2. Bila bisa bahasa arab akan mjd nilai plus. Mengenai peluang utk fresh graduate terkait hubungan internasional…sy blm paham. Coba browse di google utk peluangnya.

  285. Miena says:

    Mas Jelajah Qatar,

    Mohon minta bantuan mengenai cara membawa bayi ke Doha, Qatar. Suami saya sekarang bekerja di Doha, Qatar and memenuhi persyaratan sponsorship dan saya berada dalam sponsorhip dia.

    Kami berdua sudah memiliki Resident Permit tetapi sekarang saya lagi hamil and baru saja pulang ke Riau, Pekanbaru supaya waktu melahirkan dekat dengan orang rumah dan bisa di bantu jika terjadi sesuatu.

    Karena ini kehamilan pertama, kami berencana akan membawa bayi kami kembali ke Doha sesudah bayi nya berusia 3 bulan. Saya sudah menge-check kalo untuk bayi berusia lebih dari 1 bulan, kami mesti apply visa buat nya.

    Masalah nya…saya ingin mengetahui apa Mas Jelajah ada teman yang punya pengalaman yang sama? Karena saya ingin memastikan dokumen apa saja yang di perlukan supaya pas sampai di Doha, Qatar nga mendapat masalah di airport Doha, takut nga di ijinkan masuk sama imigrasinya.

    Saya akan mempersiapkan:
    1. Akte Kelahiran – akan saya translate ke bahasa English terus mungkin pakai biro jasa untuk kirim ke Jakarta supaya bisa di legalisasi MenHam and Deplu terus ke kedutaan besar Qatar di Jakarta
    2. Akte Nikah – kita sudah di legalisasi sewaktu pembuatan Resident permit saya
    3. Fotokopi pasport suami dan istri
    4. Fotokopi Resident Permit suami and istri
    5. Surat dari perusahaan Suami sebagai jaminan

    Dokumen tersebut akan saya siapkan and suami saya akan mengurusi nya pas pulang ke Doha. Suami saya akan pulang ke Indonesia bulan Oktober untuk menjenguk kita.
    Saya cuma ingin confirm….apa ada dokumen lain yang perlu saya persiapkan?

    Kami berencana membawa bayi kami ke Doha bulan Januari 2017, semoga-moga proses visa nya sudah jadi pada saat itu.

    Karena dulu sewaktu mengurusi Resident Permit buat saya….kita banyak mendapat kesulitan karena kurang dokumen terus website nya government di Qatar tidak banyak membantu karena penjelesan di website selalu kurang jelas.

    Terima Kasih atas bantuannya.

  286. Farah says:

    Assalamualaikum. Pak, saya mau Tanya..kalau gaji Di Qatar sekitar 5 juta rupiah, dpt asrama Dan dpt satu Kali mkn Dr perusahaan…kira kira uang 5juta ITU Sudah cukup atau tidak yah utk menghidupi diri sendiri ???

  287. nadya faradisa says:

    Assalamu’alaikum, saya nadya faradisa. saya berencana ingin melanjutkan study di qatar untuk jenjang sarjana S1, saya hanya lulusan pondok modern darussalam gontor tahun ini, rencana saya tahun depan ingin mendaftarkan diri di universitas qatar. kalau boleh berbagi sedikit info, bagaimana cara saya untuk mendaftarkan ke universitas di qatar dan mendaftar dalam fakultas hukum. berapa biaya yang harus ditanggung selama persemesternya dan wajibkah saya mengikuti ujian toefl apabila saya mengambil fakultas syariah ? terima kasih sebelumnya

  288. habiskan fawazi says:

    Assalamualaikum… Pak saya tamatan SMK dan sudah berpengalaman di bidang elektrikal maintenance selama 10 thn lebih dan saya searching kerja ke Qatar untuk pekerjaan yang sama. Berapa gaji rata2 yg saya peroleh pak baik migas atau non migas serta benefit apa yang saya dapat? Mohon tuntunan nya pak terima kasih.

    • Wa’alaikumsalam Mas Fawazi…utk loker ke Qatar khususnya sektor migas sedang lesu mas. Utk yg non migas sy kurang paham. Utk kisaran benefit tergantung usernya. Di sektor non migas kisaran gaji 3000 QAR. Utk migas mgkn bisa sampe 7000 QAR.

  289. Rustinah Syamsudin says:

    Assalamualaikum, maaf mau tanya, saya kerja d Qatar sebagai Caregiver,, 1 tahun yang lalu pulang cuti sekarang mau balik lagi pada sponsor yg sama direckhiring,, apa aja syaratnya? Apa harus bikin ktln lagi?rurr

    • @Rustinah, wa’alaikumsalam. Jika mmg di hire lg…sepanjang ada Visa Kerja…maka sdh bisa berangkat lagi. Syarat lain…seperti biasa ya passport. Utk KTKLN sesuai UU msh wajib punya utk TKI. Walaupun counter BNP2TKI di Bandara Soetta sdh dihapus sejak 2015 (kalo ngga salah). Punya KTKLN ngga ada salahnya.

  290. susi says:

    assalamualaikum, maaf ini saya supplier tki, mau menanyakan kalau ingin mengirimkan tki informal ke sana bagaimana ya untuk prosedurnya, terus langkah apa yang bisa saya lakukan ya? apa ada agen penerima tki formal begitu atau bagaimana? terimkasih

  291. susi says:

    tki informalnya itu untuk pekerjaan tenaga kerja indonesia di bidang pembantu rumah tangga. ini rencana mau mengirimkan yang formal, untuk prosedurnya bagaimana ya?????

  292. susi says:

    hmm,, disini saya suplier untuk PRT HONG Kong, taiwan, singapore dan malaysia, lha rencananya kan mau buka untuk yang tki FORMAL ke timur tengah, hhehehhe.. maaf ini njenengan posisi di timur tengah ya?

  293. susi says:

    mohon infonya ya kalau mengetahui untuk prosedur pengiriman yang TKI formal. terimakasih

  294. Alfian Surahmat says:

    Assalam. Pak untuk lowongan kerja di perhotelan adakah ? saya ingin bekerja di qatar untuk bidang perhotelan pak. mohon arahannya pak

  295. arsanto says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Anak saya perlu ke Doha sebelum tanggal 2 oct 2016, jadi perlu segera mengurus visa turis. Bagaimana prosedur dan persyaratan nya, kebetulan tidak ada keluarga di sana.
    Terima kasih.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  296. wahyu says:

    pak saya dapat tawaran kerja di qatar sebagai operator dgn salary 3000 riyal qatar. untuk biaya hidup biasa di sana kira kira berapa ya sekarang? untuk kesehatan, akomodasi, dan tempat tinggal sudah di tanggung sama perusahaan. kira kira dengan salary segitu masih bisa menabung berapa ya? mohon pencerahannya

    • @Wahyu, boleh tau tawaran kerja dimana mas…posisi apa? Jika sdh ditanggung kesehatan, akomodasi dan tramsportasi…maka tinggal biaya makan saja. Pengeluaran ya relatif saja. Mgkn utk bujangan…kisaran 1000 dah cukup.

  297. susi says:

    Selamat pagi pak,,,,mohon info ya pak untuk prosedur pengiriman tki formal bagaimana ya pak kalau lewat agen disana? mohon infonya ya pak, terimakasih

  298. wati says:

    Assalamu’alaikum Pak..
    Pak, saya ingin bertanya, teman saya hampir sebulan di Doha. dia bekerja disini secara langsung dari bosnya yang sudah kenal dari Indonesia (Mandiri). Dia tidak diminta melakukan serangkaian tes maupun dokumen2 apapun. Nah, kalau disini kan wajib test MCU, dia sudah 3x jalanin, katanya rontgen nya abnormal , terakhir test mantoux, dan hasilnya klo menurut saya yg awam sih kemungkinan positif TB. Jika itu benar adanya, apakah teman saya akan langsung dipulangkan ke Indo atau akan mendapat pengobatan dahulu ya pak barangkali bapak ada informasi mengenai hal ini.

    Terima kasih sebelumnya ya pak.

    Wassalamu’alaikum.

    • @Wati, wa’alaikumsalam. Utk MCU dg kemungkinan hasil TB positif…maka dimungkinkan hasil kesehatan tdk lulus. Tp mengenai pengobatannya…perlu ditanyakan ke Medical Commission. Sy blm paham..apa langsung dipulangkan atau diterapi dulu.

  299. abdul gofur says:

    Asalamualaikum mas saya mau Tanya, mudah2an urusan mas sugeng & kita smua di mudahkan oleh Allah ada kah perusahaan Al anis company krn sy ada perekrutan di Qatar trs salary yg di tawarkan 2300qr apakah sdh bisa untuk kehidupan di sana?
    itu pun sy sdh mendapat akomodasi tempat tinggal,transport,&mkn
    Terima kasih sebelum nya
    Wasalam

    • @AbdulGofur: Wa’alaikumsalam. Makasih do’anya Mas. Sy blm pernah mendengar nama perusahaan tsb. Mengenai tawaran gaji, dg melihat sdh ditanggungnya kebutuhan2 pokok seperti akomodasi, transport n makan, maka mas abdulgofur tinggal budget biaya komunikasi dg keluarga (biaya pulsa n mobile data). Kisaran 100-200 real cukup lah. Syukur2 ada tebengan Wifi hehe…boleh tau..posisi kerjanya apa mas?

  300. eka septia says:

    Assalamungalaikum ..mohon maaf,,,apakah per tahun 2016 ini di qatar sudah menghapus upah lembur pak?terima kasih

  301. Fajar says:

    Assalammuallaikum…mas saya mau tanya kalo mau desert safari di sealine butuh sewa mobil buat desert safarinya atau dtg ke sana dng taksi lalu di sana ada penyewaan mobil untuk desert safarinya,?? Atau mungkin ada kontak org indo yang suka opentrip ksana? Kebetulan saya tinggal di al gharaffa…syukron

  302. Anto says:

    Sore pak admin
    Salam sejahtera buat kita semua
    Pak admin saya berencana kerja di doha qatar pasport saya haya ada dua suku kata,apa akan bermasalah?soalnya saya denger” dari org” kalo ke timur tengah minimal harus punya 3 suku kata nama

  303. Ivan Choerussaleh says:

    selamat malam mas, mas saya dapat tawaran untuk bekerja di qatar jadi MEP Supervisor di sektor konstruksi gedung. yang mau saya tanyakan :
    1. gajih yang pantas untuk posisi tersebut berapa ?
    2. apa ada tunjangan2 lain ??
    3. kira2 dapat cuti berapa tahun sekali ??
    4. kalau di sektor konstruksi bangunan, apa bisa continue kerja disana atau setelah habis kontrak pulang ke indo ga bisa di perpanjang lagi ??

  304. Tanto says:

    Dear admin, mohon infonya untuk sekolah boy/girl di Doha qatar sperti doha cambridge. Rencana klrga datang akhir oktober dan mau daftarkan sklh buat anak. Kira2 kapan bs mendaftarkan sekolah utk tingkat SD. Makasih

    • dewi says:

      Slamat siang. Mungkin bisa bantu info. Skolah setara sd di sini sudah mulai september ini. Tapi spertinya masih bnyk skolah skolah yg nerima pendaftaran. Kami juga baru 4 bulan di doha..dan anak saya baru mulai skolah di sini septwmber ini. Smoga membantu

    • @Tanto, silahkan dibrowsing sendiri di google ya. Ini daftar lengkapnya. Berikut ini nama sekolah-sekolah International yang ada di Doha:

      1. Cambridge International School
      2. Qatar International School
      3. Doha Academy
      4. Middle East International School
      5. Global International School
      6. English Modern School
      7. Kompas International School
      8. Newton International School
      9. DPS MIS Doha

  305. Tanto says:

    Makasih Ibu dewi atas infonya. Kalo boleh tau anak ibu daftar di sklah mana ya?.

    • Wenefrida Dewi Wulandari says:

      Anak saya di indonesia slesai klas 5. Skarng skolah di Pearling Season International School masuk year 6. Skolahnya di kota doha pak. Sent from Yahoo Mail on Android

  306. Tanto says:

    Ok mksh admin dan ibu Dewi..☺

  307. permisi saya mau bertanya tentang apakah ada hubungan visa kerja qatar dengan last education yg kita miliki?

    • @MarioRezky, hubungan seperti apa yg dimaksud ya? Setau saya, visa kerja itu terkait dg profesi apa yg kita punya. Misalkan seseorang bekerja sebagai insinyur perminyakan, maka tentu dia memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja di bidang perminyakan. Yang sudah barangtentu sudah diketahui oleh pihak pewawancara atau user saat rekrutmen.

      Nah, dokumen2 yg diberikan oleh kandidat saat wawancara adalah dokumen yg menjadi acuan user saat memproses pengurusan visa kerja ke pemerintah Qatar.

      Dengan begitu, maka last education tentu ada hubungannya dengan visa kerjs yang dimiliki seorang pekerja di Qatar.

      Demikian, semoga membantu.